iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…sangat menarik bagi kita untuk mengetahui, siapa sih sebenarnya negara penyumbang penjualan terbesar kendaraan roda dua didunia? negara mana yang memiliki penjualan terbesar selain Indonesia? Apakah merah putih menjadi negara terbesar ? atau malah negara lain ? nah, ketimbang banyak cing-cong, inilah Ranking penjualan Motor Tahun 2019….!

Tidak bisa dipungkiri Indonesia adalah surganya otomotif. Dibandingkan dengan negeri tetangga Jiran Malaysia bahkan Indonesia hanya membutuhkan waktu 1 bulan untuk menembus penjualan Malaysia selama 1 tahun. Tapi siapa menyangka jika kita kalkulasi secara global (60.1 juta unit)…. Indonesia masih belum bisa dikatakan sebagai negara terbesar soal penjualan. Dari data terbaru yang dirilis oleh motorcycledata… diperoleh kepastian bahwa India adalah negara yang menjadi penyumbang terbesar roda dua di dunia…

Yup… penjualan Negeri Bollywood berhasil menyalip Cina dengan total penjualan tahun 2019 mencapai 18,5 juta unit. Angka ini tentu sangat mencengangkan karena hampir tiga kali lipatnya penjualan di tanah air. Hal ini tidak lepas dari populasi penduduk India yang jumlah penduduknya sudah tembus 1,2 miliar di tahun 2012. Dilalah angka tersebut terus merangkak naik dan tercatat di tahun 2019 jumlah penduduk India sudah tembus 1,37 miliar jiwa. Bandingkan dengan penduduk Indonesia yang berkisar 270 jutaan. Ediannnn jauhh cakkk….

iklan iwb

Herannya walau jumlah penduduk India masih kalah dibandingkan dengan Tiongkok yang pada tahun 2019 memiliki populasi hingga 1,43 miliar jiwa…. India berhasil menempati posisi pertama soal penjualan motor. Hal ini karena regulasi yang semakin ketat di negeri Tiongkok membuat penjualan motor pun sedikit tersendat. Dan bisa ditebak untuk posisi runner up ditempati oleh China dengan 16,3 juta unit motor. Pertanyaannya Indonesia menempati posisi berapa?

Nahhh….Indonesia nangkring diposisi 3 dengan penjualan motor tembus 6,4 juta unit. Walaupun jika kita bandingkan dengan India dan Cina gapnya terpaut jauh, tapi jika dibandingkan dengan kawasan Asia Tenggara Indonesia adalah raja. Bahkan dibandingkan dengan Vietnam ataupun Filipina Indonesia masih bukan lawan soal penjualan motor. Bisa kita lihat dari rangking di mana Vietnam menempati posisi keempat dengan 3,2 juta unit di 2019…

Baru posisi lima ditempati Filipina dengan 1,8 juta unit….keenam Thailand dengan 1,67 juta unit kemudian Pakistan dengan 1,6 juta unit ditempel Brazil dengan 1 juta unit lalu Meksiko dengan jumlah yang sama dan terakhir adalah Taiwan dengan 0,9 juta unit. Yup…. itulah 10 besar ranking penjualan motor terbesar di dunia tahun 2019. Dari sana bisa kita lihat mayoritas negara yang mengisi posisi 6 besar adalah Asia. Tidak mengejutkan karena jumlah tersebut banyak disumbang dari motor berkapasitas kecil…..

Last…. penjualan motor dunia Memang luar biasa. Khususnya India dan Cina yang tidak bisa kita pandang sebelah mata mengingat jumlah populasi penduduk yang fantastis. Tidak heran Suzuki masih setia menggunakan India sebagai acuan serta pengembangan banyak produknya di luar Cina. Btw..penjualan motor 2019 cukup baik dimana the best record masih dipegang tahun 2014 yang sukses terjual sebanyak 67,4 unit motor. Nah….. siapa negara dengan penjualan motor terbanyak di dunia tahun 2019? jawabannya adalah negara Tuan Takur cak. Eh…btw disana parah ya safety ridingnya, sering boncengan bertiga-berempat tanpa pakai helm….seremmmm !! (iwb)

Rangking 10 negara penjualan motor terbanyak tahun 2019

  1. India : 18,5 juta unit
  2. China : 16,3 juta unit
  3. Indonesia : 6.487.430  unit
  4. Vietnam : 3,2 Juta unit
  5. Filipina : 1,8 Juta unit
  6. Thailand : 1,67 Juta unit
  7. Pakistan : 1,6 Juta unit
  8. Brasil : 1 Juta unit
  9. Mexico : 1 juta unit
  10. Taiwan : 0,9 juta unit

Advertisements

51 COMMENTS

  1. Merk motornya dung lek webe… biar nggak hoax?..nanti be… mencak2 lhoo..dikira blogger titipan..

    • Dari angka sekian..
      1. Honbul
      2.
      3.
      4.
      5.
      6.
      7.
      8.
      9.
      10. Yamaha
      #peringkat produk dengan kualitas alakadarnya, terikol tp ga mau ngaku ada rikol, terikol tp ga dirikol, terikol tp ga diakui sama parabeha mbeat mbeot, terikol tp dirikolnya diem2 bae alias sembunyi alias pakai bahasa halus banget, dirikol tp parabeha mbeat mbeotnya suka teriak maling yg mana maling sebenarnta yaitu parabeha mbeat mbeot, parabehanya bergentayangan dimana mana ( dipinggir jalan melambaikan tangan menyebar brosur mengganggu lalu lintas, di blog2, di forum2 klub).. Parabeha mbeat mbeot kapokmu dan sadarmu kapaaaaan..??

  2. Artikel yg persaingan 600cc jarang wak!!
    bosan wak.. 250cc 150cc ora marem.
    ditunggu artikel prsaingan mtr 600cc

  3. Hebat India bisa bikin mesin sndiri. Smoga Indonesia jg bisa suatu saat nanti.
    Bikin loh ya bukan ngrakit comot sana sini

  4. Motor paling banyak disukai ya Honda
    Mesinya OK
    Bodinya keren meruncing

    Ini PR buat Yamaha, khususnya Vixion.
    Difacelit lagi biar jadi raja lagi.
    Vixion Advance tahun 2016-2017 sudah keren kok malah dirombak total, akhirnya disalip ama CB150R.

    • Ini parabeha mbeat mbeot nyamar pake niknem yamaha vixion segala, ganti lah pake honbul cebong.. Saleeees salessss honbul..

      • Emg bener desain pabrikn HONDA unggul dripda YAMAHA, Klo mesin, build quality, dll saya masih pegang YAMAHA. Jadi tipikal org indo tuh liat dri desain dulu

      • Huuuussst bukan sales tapi pengamat produk motor.

        Yamaha bagus build qualitynya tapi yaaaaaaa bentuk vixion sekarang kok kalah ama vixion 2016

  5. Semenjak Mei 2017 Yamaha Vixion dirombak diubah bentuknya malah penjualannya menurun.

    Ayo Yamaha Facelift Vixion yg sekarang, rubah bentuknya yg lebih sport tajam meruncing, ambil lagi tahta raja motor naked 150 dari CB150R

  6. tadi pagi aku posting di grub jual beli motor bekas di fb, maksudnya mau beli oper kredit nex II. tapi yg inbok sales honda & yamaha kabeh. edan….. bahkan ada juga yg mau dateng kerumah malam ini, sales ceweknyaaaaaa…… bening mulus mulusss gesss !!! ya ampun ! sampe segitunya…! dan yg saya heran, kagak ada satupun sales suzuki yg komen apalagi inbok. ato emang suzuki gak duwe sales ya ?!

  7. Honda
    Motor banyak
    Mobil dimana mana
    Robot punya
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap
    Lahhh yamalu cuma punya mongtor bosok di bangga banggain

  8. pantesan Suz*ki ketawa ketawa bae klo di bully soal design indihe disini. lha wong prioritasnya masih di India. bahkan penjualan mobil Suz*ki di India nomor 1, ibaratnya Toy*ta di Indonesia.
    Yah wajarlah klo suara disini ga begitu kedengeran sama SMC Japan lha wong saingannya berat banget (India), Suz*ki disana mobilnya termoncer trus motornya juga moncer ya wajar klo kiblat design disini dikit dikit dimirip-miripin disana.
    Klo H memang moncer juga di Indihe tapi pasar Indo ini ga mau direbut sama Y makanya disini masuk prioritas pertama karena dimari no. 1 di Ingihe no. 3

  9. pantesan Suz*ki senyum2 bae klo di bully soal design indihe disini. lha wong prioritasnya masih disana. bahkan penjualan mobil Suz*ki di India nomor 1, ibaratnya Toy*ta di Indonesia.
    Disana Suz*ki semuanya kendaraannya moncer, mobil no. 1 motor termasuk moncer diatas Y. ya ya ya jd tau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here