iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sebagai Blogger IWB emang wis koyok sesepuh motor cak. Seringkali mendapatkan seabreg email baik pertanyaan, saran ataupun keluh kesah. Saking banyaknya nyuwun sewu IWB nggak bisa jawab satu persatu karena keterbatasan waktu. Iso jenggot sariawan tenan rek-rek kalau jawab siji-siji. Namun kali ini IWB ingin membahas salah satu yang IWB pandang perlu karena owner motor ini kayaknya galau puollll cak. Wis dibawa kedealer, jawabannya sama. Biangnya adalah Suara “klik” saat geber mesin Yamaha New NMax 155, apa gerangan ?

IWB paham betul gimana sebagai biker yang kadangkala memiliki indera cukup tajam. Setiap perbedaan dimotor akan ngerasa, emang begitu cak. Mungkin inilah yang dialami cak Dinoz yang ngirim surel ke IWB. Meminang New Nmax ABS, doi sepertinya galau karena menemukan suara klik cukup kencang ketika motornya digeber dan indikator VVA menyala. Menurutnya ini cukup mengganggu hingga dibawalah tungganganya kedealer Yamaha. Dilalah jawabannya seperti yang IWB pikirkan. Berikut surel lengkapnya….

” Mas bro.. saya pengguna all new nmax abs 2020… dan ada terdengar bunyi “klik” cukup keras di bagian mesin sewaktu vva di indikator menyala.. yang saya amati awal-awal motor dipakai bunyi “klik” tidak terdengar.. namun setelah 400 km pemakaian bunyi “klik* makin keras dan cukup mengganggu. Saya tanyakan ke dealer menurut mereka itu ciri khas vva.. Namun saya masih ragu mas bro karena bunyi nya cukup keras waktu pake helm pun kedengeran.. mohon bantuan mas bro.. karena jawaban dari dealer kurang memuaskan…”

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Maddinoz

Hhmm…sebenarnya nggak ada yang salah dengan jawaban mekanik bengkel, sebab analisa IWB juga demikian. Indera masing-masing berbeda namun dengan munculnya suara “Klik” saat motor digeber dan VVA menyala, arahnya kemungkinan suara perpindahan pin kem yang dijalankan oleh selenoid actuator. Sebagai informasi Variable Valve Actuation merupakan sistem yang mengatur kerja klep (valve), berdasarkan putaran RPMā€¦dibekali Solenoid actuator, komponen ini akan mendorong pin untuk berpindah ke profil kem lebih tinggi atau sebaliknya. Batas perpindahan kisaran 5500-6000 RPM….

Ekskusi perpindahan ini dijalankan oleh selenoid actuator. Komponen ini akan mendorong pin berpindah sesuai kebutuhan (sensor dari ledakan RPM yang berada dikisaran 5500-6000RPM). Nah…kemungkinan suara klik tersebut adalah proses selenoid actuator yang mendorong pin. Tapi kenapa terdengar lebih kencang ? nah, untuk menjawab dan memastikan analisa ini IWB coba kontak lek Ari yang merupakan mantan jebolan mekanik andalan Yamaha…

Yup…sosok yang memiliki bengkel Zonaspeed dan pernah menjadi mekanik teladan Yamaha ini ternyata mengiyakan analisa IWB. ” Emang suara VVA-nya mz. Sekarang suara pada kenceng-kenceng. Pakai helm full face aja kedengaran kok. VVA aktif nyantol kepelatuk. Sebenarnya nggak jauh beda dengan yang dulu bunyi klik juga kenceng. Tapi dulu kalau pakai helm full face nggak kedengaran. Kalau yang sekarang rata-rata emang kenceng banget. Coba cek Aerox 2019, sama. Itu normal....” serunya mempertegas analisa IWB. Nahh wisss klop berarti…

Last…tidak usah kuatir jika sampeyan menemukan suara klik kencang saat motor ber VVA menyala khususnya New NMax ataupun Aerox 2020. Semua normal dan tidak berarti ada kerusakan. Artinya sampeyan hanya perlu membiasakan cak. Dan kalau sampeyan nanya kenapa yang sekarang lebih kencang dari pada yang lawas? mungkin hanya beda karakter. Apapun itu, semua normal dan nggak perlu galau karena suaranya memang demikian. Semoga bermanfaat buat teman-teman rider NMAX 2020 yang mungkin penasaran dan bingung termasuk cak Dinoz….okrekkk (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!