iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak….dalam beberapa hari terakhir, sepertinya adu debat fansboy sangat kencang. Saling menghujat dan menyalahkan produknya. Kenapa bisa kena recall ? gimana dengan QC (quality control) koq bisa lolos ? apakah mereka tidak menjalankan tugasnya dengan baik ? apakah recall sebagai tanda kualitas menurun ? berikut opini dan analisa IWB…..

Recall dalam beberapa hari ini memang dilakukan oleh pabrikan yang menemukan adanya ketidak optimalkan komponen dalam menjalankan fungsinya. Bisa dari durability dan reliability ataupun faktor-faktor lain yang bersifat preventif. Recall sendiri adalah hal yang lumrah di Eropa ataupun di negara-negara maju. Apalagi jika tindakan tersebut merupakan langkah pencegahan supaya meningkatkan kenyamanan dan keamanan kita berkendara di jalanan….

iklan iwb
iklan iwb

Untuk membuat sebuah motor sebenarnya dibutuhkan ratusan bahkan mungkin ribuan komponen. Komponen dan part tersebut rata-rata disuplai oleh vendor atau pihak ketiga. Jadi yang buat bukan pabrikan itu sendiri cak. Ada beberapa vendor yang cukup terkenal seperti Denso, Yutaka, Omron, Stanley, Kayaba, Showa, NoK, Sunstar, Enkei, Akebono, Nissin, Mikuni, Keihin dan buanyakkk lagi lainnya yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Mereka membuat komponen berdasarkan standar yang diminta oleh pabrikan….

Seluruh komponen tersebut pastinya sudah melalui serangkaian tes untuk menjamin durability dan reliability supaya komponen mampu menghadapi buruknya cuaca serta penggunaan ekstrem dalam jangka waktu lama. Semua pabrikan demikian kendati proses testing ataupun prosedur yang dilakukan berbeda. Para vendor akan meracik komponen berdasarkan permintaan atau request dari pabrikan. Ibarat makanan mulai dari bumbu dan garamnya di sesuaikan dengan budget yang sudah diberikan oleh pabrikan. Makanya hasil bervariasi…

So jangan heran Kadangkala kita menemukan komponen yang sama di pabrikan berbeda. Contohnya untuk suspensi. Pabrikan nggak jarang menggunakan Showa tapi mereka juga Tidak segan untuk menggunakan Kayaba. Tergantung proses tender cak…. vendor mana yang berani mengambil dengan budget yang dipatok oleh pabrikan. Ada juga karena kerjasama eksklusif sehingga pabrikan akan memprioritaskan  vendor tertentu. Dengan jumlah yang mencapai ribuan jelas ini adalah Project besar. Makanya IWB hanya bisa ngakak jika melihat antar fansboy saling hujat…lawong kalau di telanjangin banyak banget part yang sama….vendornya cak, komponen merknya sama…

Nah…. Recall akan dilakukan jika mereka menemukan adanya komponen yang tidak maksimal atau dipandang berpotensi memiliki umur lebih pendek dari yang seharusnya karena kesalahan pabrikan. Hal ini sebenarnya lumrah sebab komponen merupakan buatan manusia. Dalam sejarahnya tidak ada satupun pabrikan yang lolos dari recall. Bahkan pabrikan sekelas Ducati ataupun BMW yang notabene merupakan premium brand mereka juga pernah melakukan recall. Apakah ini berarti terjadi penurunan kualitas? sebenarnya terlalu prematur kita menyebut demikian. Bisa saja hanya miss kalkulasi, karena kondisi cuaca yang membuat komponen tidak bertahan lama. Itulah kenapa evaluasi secara terus menerus tetap harus dilakukan kendati produk sudah mengaspal dijalanan cukup lama….

” Ducati recall Mustistrada 1200….”

Apapun itu setiap langkah Recall pasti juga diiringi perbaikan komponen yang sedang dibidik. Perbaikan kualitas komponen yang justru akan menguntungkan kita sebagai konsumen. Walaupun tentu recall akan membuat kita sedikit repot karena harus datang ke dealer….itu saja. Selebihnya justru kita harus berikan apresiasi karena artinya pabrikan mau bertanggung jawab dan tidak tutup mata atau lepas tangan terhadap tidak maksimalnya komponen yang mereka cangkokan pada produknya…

Last…..mari kita ubah mindset Recall menjadi hal yang positif. Karena jika sampeyan berpikir sebaliknya justru akan membuat pabrikan enggan melakukan perbaikan komponen. Tidak mau melakukan evaluasi komponen karena takut image mereka tercederai. Sing rugi sopo? Tentu kita cak. Disisi lain kita juga berharap pabrikan terus meningkatkan kualitas supaya Recall komponen tidak diperlukan jika semua bekerja dengan baik. Apalagi campaign recall biayanya pasti sangat besar. Akhir kata, sebagai konsumen mari kita berikan apresiasi kepada pabrikan yang berani melakukan Recall karena itu artinya mereka berani bertanggung jawab tidak hanya lepas tangan. Kuwi pendapat IWB, piye pendapat sampeyan…monggo didiskusikan dengan sehat….(iwb)

” BMW recall karena airbag Takata….”

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

133 COMMENTS

    • Rikol sekali Gpp.
      Dua Kali dimaklumi.
      Ketiga Kali. … OK di maafkan. Manusiawi kok..!!
      Tapi….
      Sampai beribu ribu Kali…??
      Ni namanya VIRUS CORONA JILID 2

      • Betul Om , Recall bisa ada disetiap Pabrikan. Namun Recall untuk Y itu Racikannya Spesial dan Bumbune Spesial ?
        Dengan Budget murah mintanya yang bagus Yow ISO wae. dan Y diberikan iSO 3612
        Apa itu ISO 3612 ? Yaitu
        International Spesial Owner 3 bulan 6 bulan 12 bulan . Yang artinya Y memiliki Hak istimewah tersendiri dimana per 3 bulan ,per 6 bulan atau pertahun merayakan Pesta nya dengan RECALL ?

      • klotok klotok yo biarin kayak vario pertama yg injection dl. demi nama besar nya tidak luntur. tidak ada produk yg sempurna bro. bukan brrti juga honda tdk pernah melakukan recall itu sempurna. melainkan seperti menutup mata menutup telinga dr pd brand y luntur…apakah itu yg dinamakan hebat??? goblok

    • Urusan ketebalan plastik dan cat Y jagonya selain itu H jagonya
      Alangkah indahnya kalau mereka berkolaborasi.

      • Apakah RECALL karena menurunnya kualitas ? Tentu tidak segampang itu . Namun hal itu memang terjadi bagi Y , dikarenakan apa? Karena Kudu jual Murah . Selama Y masih berada diselangkhangan H ….maka selama itu Y akan melakukan Pesta Recall .
        Nafsu ingin menyamai H itu sangat besar…namun kemampuan kecil dan seadanya ?

    • Tetep aja salah pabrikan motornya karena kan yang minta spesifikasi produk, kalo ada recall itu karena abrik motornya yang minta emang harus gitu vendor sih cuma ya ya aja.

      • Justru Mental Y bagus umum in secara publish

        lah sesembahann lu ..diem2
        justru dipertanyakan mental mu dan sesembahannmu

        crf yg auto gosong apa kabar…

      • Masih mending yamaha di publish ke masyarkat nah kalo honda diem2 aja gimana itu. Udh kualitas amburadul gak mau ngakuin kesalahan alias customer service terburuk sepanjang masa

        • Gak lama lagi. Kita menunggu Recall berikutnya dari Y , Jadwal pesta Recall lagi digodox .
          Sebenarnya dalam tahun ini ada 5 jadwal Pesta Recall ,namun diusahakan diperketat menjadi 3 x… Sisanya diRAPEL untuk tahun berikutnya.
          Nah , makanya kita akan selalu menikmati Pesta Recall dari Y ini ada ditiap tahun , Karena apa?
          Karena diRapel tadi dan terkadang Rapelannya batal..jadinya ya Numpuk ?

    • Itulah cak beda pandangan fby dan fbh… Fby menilai recall adalah bukti nyata tanggung jawab produsen pada konsumen, sedangkan fbh berpandangan recall itu jelek karna KLOTOK, GREDEK, TANGKI BOCOR dan MIRING VISUAL itu suatu FITUR ????

  1. Knapa bisa Rikol..?
    Karena kualitas ancur..?
    Itu Pasti Bang Iwan…
    ___________________________________
    Lha tukang bikin piano kok coba2 bikin motor… Ya ancur..

    • masa pabrikan nomor 1 di dunia bikin motor kok gredek…..apa kata iwanbanaran?
      itu sangat sangat memalukan
      blm lagi dijalan banyak bgt motor motor honda masih baru bgt suaranya udh kasar bgt dan yang pake ojol….duh kasian yah motor buat cari nafkah tapi cepet rusak

      • H pu ya Heart…ehhh dia ikutan dengan Heart Kw ?
        H punya Smart…ehhh dia juga ikutan dengan Smart Kw ?

        Kehebatan Y dengan Statusnya sebagai Pemilik Recall no 1 didunia pantas diAcungi Jempol ( jempol kaki kambing ) ?
        Mengakui produk baru…padahal hasil DaurUlang , allNew rasa Facelift.
        Mengakui part2 keren..tapi part2 kelas 2 dan kelas 3 dan sebagian dibeli dari Ngastra , yang bagi ngastra sebagian murni sebatas jualan mereka ..sebagian lagi sebagai cara Y membayar hutang jangka panjangnya ?
        Mengakui produknya paling bagus , namun cuma jadi pilihan kedua dan ketiga dibelahan dunia Manapun?

          • @b05
            Saya pilih geter di awal jalan karena semua matic memakai komponen cvt ngejar topspeed rata2 dgn roller berat pasti geter termasuk matic bmw c400gt, adv150,, kalo nmex jelas dia ga geter karena ngejar akselerasi dia makai roller ringan 13gram,, kalo geter spanjang jalan lumayan nurunin berat badan tp saya udah kurus ?

        • Semenjak Vario hadir hingga sekarang , dengan Populasi Puluhan juta unit….artinya puluhan juta orang telah menikmati durabilitynya yang juga mungkin menikmati gredek sept efbeyek bilang…tapi , hal itu tidak menyurutkan rasa ” Kenikmatan” tsb, karena apa? Karena gredek lebih Manusiawi dan mudah dimaafkan daripada” kenikmatan Kesemutan hingga Kram retak oecah bocor error dsb ” yang ada pada produk2 Y ,
          Jangan Salahkan Keadaan jika ” kenikmatan H terus bertumbuh.. daripada ” kenikmatan Y ” yang semakin njeBlok ?

    • lah kalau piano dan motor aja bisa dibikin

      lah trus sesembahanmu yg tukang rongsok kug disuruh bikin motor jadinya apa dong….

      gitu kug mau BC Y…???

    • Kalau Recall saya setuju karena produk bozzox daur ulang scrap kualitas y dibawah KW 3 harus sering diganti…
      Tapi kalau di artikan kampanye… Ssstt anda telah mengambil kewenangan Komisi…

      • Kaluan semua orang goblok bin tolol …..
        Recall itu bagus…
        Beribu kali recall juga bagus.
        Kok menjelek merk ….
        Dasar otak udang….
        Goblok goblok…

      • @satisfication
        Sepertinya anda harus belajar main di cvt terutama timbal balik penggunaan roller ringan vs berat mas
        Jangan jadi anak motor yg nyalahin kesalahan pabrikan sebelum tau solusi buat permasalahan, saya pemakai motor gredek tp saya korbanin untuk ga ngejar topspeed lagi tp akselerasi karena saya di perkotaan dan hasilnya motor saya ga gredek sampe skrg, sering2 main ke bengkel bang, jgn main di sosmed dan nyinyir

    • Bagi pabrikan lain , RECALL tsb hanya sebatas pelajaran ekstrakurikuler.

      Namun bagi Y..RECALL tsb sudah menjadi KURIKULUM WAJIB yang sudah diterapkan bertahun tahun untuk setiap Produksinya ?

  2. untuk pabrikan motor di indonesia hanya yamaha yang berani mengumumkan secara terbuka…..pabrikan lain?
    honda?
    atuuuuuuttttt
    atut ga bisa makan
    maklum jual motor hasil black campign ya ga bakal berkah

    • Secara tak terlihat, LekWebe memberi tusukan perih dalam merangkul efbeye dalam kesedihan dan seseg mereka.

      Kalau dituliskan secara kalimat begini bunyinya :
      Makanyaaa…. Jangan terlau belagu , sadar diri , terima nasib…jangan pongah tapi gak ada isinya..produk junjungan ente ( Y ) kurangnya bejibun dibanding produk H.
      Gua mencoba berada disisi kalian, tapi kalau kalian masih diLumat efbeha…gua tak bisa apa2 ?

  3. Recall adalah salah satu bentuk tanggung jawab produsen ke konsumen.
    AKAN LEBIH BURUK LAGI JIKA PRODUSEN TIDAK MENGHIRAUKAN MASUKAN KONSUMEN AKAN KUALITAS PRODUKNYA misal Gredek2 yg sudah sejak tahun 2012 vario 125 muncul namun sampai sekarang belum ada perbaikan.

    • Recall adalah bentuk tanggung. Jawab pabrikan. Dan semua pabrikan menerapkan hal tsb.

      Tapi RECALL tipe khusus yang berkesibambungan dan berjilid jilid bahkan sudah sebagai Patern dan Paten…itu hanya milik Y ? makanya disematkan ISO 3612

    • @satisfication
      Gredek adalah kelemahan transmisi cvt
      Udah tau belum matic semahal dan premium bmw c400gt juga gredek diawal?
      Rolller yg dipake juga berat karena ngejar topspeed
      Kalo ga mau gredek, ya pake aja roller yg ringan resiko nya suara motor lebih keras dan kasar dari motor yg pake roller berat

  4. Kasihan fby n sales yamalu gak terima kang Iwan
    Masa motor ala kadarnya.. yang di bilang fby jelekin Honda terus menerus tapi kenapa gak pernah jatuh jualan nya malah makin apik
    Kayak Honda Genio
    Cb Verza
    Banyak plat baru di vario.beat.pcx.adv
    Saya cuma liat mongtor bosok yamalu plat baru cuma nemex doank plat baru
    Yang katanya mongtor teknologi canggih

  5. Recall sekali ok
    Recall dua kali ok
    Recall ketiga kali ok
    Tapi kalau satu merk Recall nya berkesinambungan opo orah ngilu lek?

  6. Puyeng mikir nih pabrikan
    Katanya di tes muter2 biar mewakili segala medan jalan di indonesia
    Tapi kok recall mulu.

  7. Recall ada bentuk maintenance dr pabrikan..
    Lebih baik recall dr pada terjadi hal2 yg tidak di inginkan..yg rugi kan pabrikan itu sendiri..
    Moge Sekelas ducati aja pernah recall..
    So recall bearti pabrik peduli pada konsumen..

    • Tapi kalau recall kek tradisi satu pabrikan opo gak miris. Apa iye kate BeYe itu bener kalau konsumen itu Sekedar kelinci percobaan.

      • sekarang gini deh ,, banyak juga konsumen yang ngeluh soal kualitas (material body) dan kualitas produkan dari honda ,, buanyak (masalah gredek gredek , masala klotok tensioner , masalah tralis yang berkarat , masalah spidometer yang ngembung “vario150,vario125”, ) belum lagi segelumit masalah yang ada di motor AHM ,,, mending berani recall toh juga biar gak kenapa kenapa dijalan dari pada tiba tiba rusak terus kecelakaan ,, hayo

        • Kadang yang banyak mengeluh itu efbeyek yang menunggang dibelakang . pencetus Petisi saja dari efbeyek ?

    • @ Mochin lovers

      lah trus gimana recal cuma sekali gitu ??
      Recal diam diam gitu maunya ?? ,?

      lah situ dibuatin produk baru yg gagal berjilid jilid..
      gredekkk gredekkk tensionar kendor Oli melerrrrr Sasis Patah dlll begitu ???

      yg penting Pabrikan tanggung jawab secara Gentlemen….

    • 1 sisi memperlihatkan tanggung jawab, seiring hal tsb…1 sisi lainnya memperlihatkan keBOBROKANNYA ?

  8. Lek, kalu honda wajar, tes nya di cirkuit internal.

    Lah kah ymh katanya kualiatas teruji.

    Karena test nya di jalanan langsung.

    Apa beda kualitas saat uji langsung jalanan dgn kualitas saat produksi massaal.?

    • masi aja dibilang WAJAR dibawa bawa O.oonda kata @ bdt ….

      pertanyaan Onda pernah di test jalanan juga loh dulu booming sampai di spyshoot…malah yg di test sesembahnya skarang gredekk gredekkk tensioner kendorr tralis patah dll…

      nah lohhh…

    • Selain sirkuit internal yang mewakili kondisi umum jalanan Indo, H juga punya laboratorium khusus dan canggih ( sebelah gak punya )
      Dahulu memang H melakukan hal yang sama dengan pabrikan lain ( atau pabrikan lain melakukan hal yang sama dengan H ? ) Tes produk dijalanan ,namun itu masa Lalu…zaman Tradisional.
      Saat H melakukan tes dijalanan…itu ada Paket tersendiri dan dilakukan diNegara luar.
      Dan kebanggaan gua sebagai pemilik Adv150 adalah dibagian ini.
      H melakukan Tes hingga Final di Eropa sana ??

      Bukan di 5 km pantura !!! ?

  9. Recall jauh lebih baik drpda pembiaran problem gredek GREDEK sejak matic tahun 2012 TANPA SOLUSI hingga sekarang.

  10. Salut sama Yamaha & Suzuki yang mau ttp bertanggung jawab untuk produk post-production. Biar bagaimanapun juga konsumen berhak mendapatkan pelayanan yang terbaik termasuk penggantian part langsung dr Pabrikan.

    Kita harus paham bahwa pelayanan konsumen bukan cuma sekedar ramah tamah sales marketing secara langsung atau via pesan ponsel, tapi juga pelayanan pemeliharaan produk setelah ditangan konsumen.

    • Lebih baik lagi langsung di Recall ,tapi mana bisa recall kalu jumlahnya seribuan ? harus menunggu banyak dulu agar bisa berjamaah. Nah ,sementara…menjelang populasinya bertambah , mil Check engine di NON AKTIFKAN DULU…sampai target korban eh target jumlah unit dan Jadwal yang Tepat di keluarkan ?

  11. Nakak aja liat Orang goblog debat di blog orang pinter.podo koyok di kandani metu melbu tengen metu kiwo
    Yakin dah 89% di sini gak bakalan paham komponen motor.di tanyain
    Recall itu Bagus Karena Pabrik evaluasi produk nya dan tanggung jawab pada konsumen.mau recall ribuan kali jga gpp
    Contoh nih motor mio meski dah lama ngaspal dan di evaluasi ada temuan komponen yg harus recall ya pasti recall daripada nanti mengancam keslamatan konsumen atau terjadi insiden tidak di inginkan paham orah ente sales para fasnboy

  12. setelah rilis produk, yamaha, suzuki dll tetap riset mencari celah2 yg ada kemungkinan bermasalah. kalo sebelah setelah rilis produk langsung lepas tangan, konsumen tanggung sendiri ?

    • dan H menguasai 70% penjualan di Indonesia …
      di blg produk bosok pabrikan ga tanggung jawab gredeg2 cat pudar plastik tipis …. malah lebih laku ….

      • ya itu krn bodoh nya konsumen.
        sy pemakai scoopy ya jujur ini mtr enak bgt jauh dibanding mio..

        tapi masalah gredek di vario itu serius !
        adek ipar sy korban nya, gredeknya itu diluar batas normal. bkin mangkel.. mtr baru kok kyk bgni..
        dan hanpir smua pengguna vario 150 itu sy tnyain ktnya keluhan nya sama,

        jadi sy jujur lbh apresiasi yamaha mau recall / menyempurnakan produk nya.
        drpd honda yg lepas tgg jwb dgn maslah gredek. capek bgt lho…

        tp gmnpun ya..harga jual kembali honda ttp nmr satu.

        • Penyakit H itu jumlahnya sedikit dibanding Penyakit Y ? makanya konsumen lebih memilih penyakit yang sedikit dan itu sangat masuk akal ?
          Yang pekok justru mau memilih yang banyak Penyakitan ?

      • yup, memang sdm mereka mayoritas digunakan untuk sales and marketing, dan terbukti penjualannya bagus. tapi seperti yg saya bilang tadi, sdmnya mayoritas digunakan untuk penjualan ?

        • sepintar-pintarnya jualan rongsokan, pasti ketauan juga. honda laku karena konsumen lebih percaya kualitasnya daripada yamaha.
          ke mana yamaha yang dulu agresif jualan produk berkualitas dengan harga murah, gw ingat dulu jualan vixion lebih murah dari megipret superjadul. di jamannya anak muda banget, monoshock, watercooled, tampilan sporty. tapi mengapa produk faceliftnya specdown dan dijual mahal.

      • Karena penggguna nya pintar, kalo ada penyakit ya diobatin dan dicarikan solusi sperti gredeg, bukan malah di nyinyirin
        Jangan lah jadi fans yg fanatik bgt, semua sama, H dan Y punya kelemahan dan kelebihan

  13. Baiknya IWB masih mau belain yamamam

    Padahal tau sendiri kelakuan fby ke iwb

    btw keseringan rikol artinya kualitas emang “suck”

  14. Saya mantan pengguna dtracker 150, ninja 250 fi, dan er6, lalu trakhir pakai nmax . sdh dijual semua utk bangun rumah.
    skg dirumah sisa scoopy 2pcs , mio gt 2014 1pcs.
    jujur ya mio ini bnr2 mtr ndak enak..geter dan bkin pegel.

    Alhamdulillah stlah lama nabung ini insyaAllah rencana mau ambil antara pcx atau all new nmax.

    saya tanya ke teman sy yg pemakai pcx.. mending ambil mana , doi sultan, dirumah nya ada : bmw gs, er6, pcx, xmax, HD sportster, cb1000 )

    [3/16, 5:33 PM] Saya: ndan mendinv pcx po all new nmax ?
    [3/16, 5:33 PM] Saya: #mending
    [3/16, 6:25 PM] Tmn: All new nmax
    [3/16, 7:33 PM] Saya: bingung tnan ki ak
    [3/16, 7:34 PM] Saya: pcx ko mburi apik e
    [3/16, 7:35 PM] Teman: Iyooo ngrep yo apik
    [3/16, 7:35 PM] Teman: Tp build quality ne elek
    [3/16, 7:35 PM] Teman: Bahan e rodo murahan
    [3/16, 7:35 PM] Saya: nane
    [3/16, 7:35 PM] Teman: Seko laci , jok
    [3/16, 7:35 PM] Saya: wis muni2 ?
    [3/16, 7:35 PM] Tmn: Engsel” e
    [3/16, 7:36 PM] Tmn: Ora muni
    [3/16, 7:36 PM] Tmn : Ning ringkih dab
    [3/16, 7:36 PM] Tmn: Ora solid

    insyaAllah pilihan sy jatuh ke nmax all new..
    mgkn nanti akhir thn 2021 muncul pcx dgn mesin baru ya saya tukar nmax sy hehe.
    jadi konsumen biasa itu enak, ga hrs honda, ga hrs kawasaki, asalkan mtr itu bagus dan kita suka ambil aja.
    yg capek itu sales yg suka jelek2in produk lain.

    • kalo real konsumen enak, ga ada beban. motor pilih yang berkualitas bukan merek.
      btw. matic kecil pilih honda, maxi skutik pilih yamaha, sport 150 cc pilih gsx r150, sport 250 pilih cbr 250 rr (fitur komplit my opinion : USD showa, banana swing arm, power 39,5ps, mode berkendara.

  15. Udah di jelasin lek iwan panjang lebar padahal….
    Masih ada aja para fansboy saling menghujattt..
    Hadehhhhh….
    Woy, FansBoy, gak di bayar kelen lohhh, ngapain ngebelain merek ampe segitunya.

  16. Tapi kenapa ya produk yg cuma dijual di indonesia gak pernah ada yg direcall?
    Saya yakin kualitas motor ekspor lebih bagus dari pada yg cuma dijual di dalam negeri
    Saya rasa perlindungan konsumen di dalam negeri gak ada kerjanya, bisa juga disumpal duit sama pabrikan motor
    Matic Y 110-125cc velg geol dari gen pertama
    Matic H suara ngorok, mesin gredeg
    Sport H tensioner kemrosak
    Indonesia gak ada harga dirinya, cuma jadi market terbesar buat mereka

  17. Sekedar Pendapat pribadi….. Mulai era meongJi Selain ketebalan plastik sama cat produk Y makin kemari emang makin payah,mungkin buat nutupin target Untung dari penjualan yang makin sauprit tapi tetep harus sering ganti model biar kagak ketinggalan jauh jadi pake part yg tidak sepeeti dulu lagi(kw).

    • Bayar hutang. Itu gak gampang bro.
      Dijual mahal belum tentu ada yang beli..wong murah saja jualannya seret.
      Akhirnya ditekan kualitas yang pasti bisa dipasang Dengan harga Murah , perlu. kw Ya Kw dipasang , target bbalik mmodall untung tipis bbuat bayar hutang yg penting ketutup?

    • Lahh sebelah sama saja
      harga malah semakin operpretttt…gredekkk gredekk tangki bicor body tambah tipis klotok klotokkk
      aplagi banyak produknya makin nyungsep disuntik matik…

  18. H payah di casing dan cat
    Y payah di daleman

    Wes rausa ribut
    Nikmarin liburan dg banyakin hal positif.

  19. Mungkin hal hal begini yg jadi alasan SUZ kagak berani grusak grusuk ngeluarin product,daripada bnyak potensi recall karena modal riset terbatas tapi dipaksakan nelorin produk baru terus menerus.

  20. komen nya pada sampAh semua . apa lagi masalah recall . . .DISQUS d atkif kan donk kang . . . kaya warung kotor

  21. Indikator kok senyap lek..cuba di tengkurepin apa di mlumahin

  22. kalo menurut saya sih…
    produknya terlalu prematur…
    mau pabrikan mana aja…
    kalo terlalu terburu2 memasarkan produk pasti peluang recallnya naik…

  23. Udah dibilang cak IWB bahwa kita harus merubah mindest recall sebagai hal yang positif, kok tetep aja FBH dan FBY gelut kayak sabung ayam. Ternyata kapasitas otak mereka cuma segitu :v

  24. Berani recall emang bagus saya setuju dengan itu, bukan maksud menghujat atau gimana. Tapi kalau keseringan juga jelek bagi bran tersebut di mata konsumen atau calon konsumen. Kalau buat aku sendiri asal bukan komponen vitalnya kendaraan gk masalah. Dari pada pabrik keluarin produk tapi permasalahan selalu di bagian sama dan di bawa ke gen selanjutnya malah kadang turun kualitas nya. Sekian dan trimakasih salam no fans boy fans boy club ?

  25. Percuma kang iwan njelasin ke fbh dn fby karena diotak mereka isinya cm gimana caranya dpt nasi bungkus dr sesembahanya…dn jelas bngt yg komen jg itu2 jg…memalukan sales2 ini..

  26. Recal itu tanggung jawab penjual kepada produk mereka, penjual memperhatikan keamanan,kenyamanan konsumen mereka.
    Saya punya Xabre 2016, Beat Street 2017.
    Untuk kiprok Xabre pernah bermasalah saya claim langsung diganti gratis, kualitas bodi pun tebal,catnya bagus. Sedangkan Beat, masalah kelahar belakang sampai ganti 3x, mekanik Honda Beres bilangnya part udah gak orilah inilah itulah, ternyata bawa ke bengkel biasa beres cukup 1x, kualitas plastik bodi tipis banget kayak maenan anak”murahan, mana geger juga cvt. Kapok ambil honda

  27. motor mio m3ku 4 bulanan gak dipake, cuma sesekali dipanasin aja, gegara males bocor bannya.
    tadi pagi kok keluar asep pas dipanasin, kenapa ya?
    bukan BC, beneran nanya… sebelum ke bengkel.
    ada yang tau ?

      • Karena penggguna nya pintar, kalo ada penyakit ya diobatin dan dicarikan solusi sperti gredeg, bukan malah di nyinyirin
        Jangan lah jadi fans yg fanatik bgt, semua sama, H dan Y punya kelemahan dan kelebihan

    • wajar itu karena uap dr ruang pembakaran pertama motor dihidupan …

      kalau di mobil pagi hari dipanasin keluar asap /air sedikit dr knalpot…

      atau lihat kmaren lihat teaser zX25 diberopa juga saat hidupin motor keluar asep …
      itu kondisi motor normal…

  28. Kalau istilahnya rikol Dsni di bilang aib, diluar negeri justru bangga? Karena produsen peduli kepuasan konsumen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here