iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…video teaser Kawasaki Ninja ZX25R tidak lepas dari pantauan para pemerhati Otomotif. Mulai dari biker enthusiast, mekanik hingga ahli dyno yang mengusung nama Leads Dyno asal Bandung. Mereka menyodorkan kalkulasi teknis, prediksi power berdasarkan video teaser Jonathan Rea Geber Ninja ZX25R dilintasan Jerez. Dan saat IWB intip hasilnyaa….gila hasilnya mengejutkan !!

Untuk memprediksi power tidak mudah jika spesifikasi lengkap belum lahir. Tapi ternyata kondisi ini tidak membuat produsen alat dynotest yang mengusung nama Leads Dyno mencoba memprediksi ledakan tenaga sang kuda besi. Mengambil sampel berdasarkan video teaser yang dirilis oleh Kawasaki ketika pembalap WSBK Jonathan Rea nggeber Kawasaki Ninja ZX 25R di lintasan di Jerez. Posisi RPM saat masuk gear 5 dan berada direntang speed berapa. Dari sampel tersebut Leads Dyno lalu mencoba untuk mengawinkan data bore dan stroke dari spek Kawasaki ZXR250 lawas (yang dirilis tahun 89 90-an)….

Dari spek tergali bore x stroke motor ini adalah 49 x 33,1mm. Setelah itu mereka mencoba mengkalkulasi dengan modal prediksi spek tersebut. Jika benar Kawasaki Ninja ZX25R mengusung bore dan stroke yang sama dengan ZXR250 maka tidak diragukan potensi ledakan tenaganya ngeri cak. Kenapa ? ketika RPM digeber hingga 18.000 posisinya masih sangat aman sebab piston Speed masih berada di bawah 20 m/s. Semua data tersebut kemudian coba dituangkan dalam aplikasi yang mereka buat. Lengkapnya sampeyan intip penjabaran Lead Dyno dibawah ini….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Prediksi power dari #ninjazx25r sebuah lineup baru dari @kawasaki_indonesia. Berdasarkan perhitungan konfigurasi mesin dan ujicoba yang dilakukan pembalap kawasaki @jonathan_rea yang video nya sudah release baru2 ini (slide 2). Pertama: Data bore dan stroke diambil dari spek zxr 250 tahun 80-90an. Karena biasanya Kawasaki tetap mempertahankan konfigurasi terdahulu yang pernah sukses. Yaitu Bore x Stroke : 49 x 33.1 mm.

Kedua: Pada slide 2 terlihat rpm aman di geber sampai 18000 rpm yang berarti piston speed ada di area aman yaitu dibawah 20 m/s.

Ketiga: Angka-angka teknis tersebut kami masukan pada app kami (LeadsTT) yang dapat menghitung estimasi power. Dan hasilnya ada di slide 4 yaitu sekitar 55hp (On crank) dan 44hp (On wheel dyno)

Jika benar nilai bore dan stroke seperti diatas maka #zx25r mampu berkitir sampai 20.850 rpm atau ketika piston speed 23m/s atau batas maksimal piston speed untuk silinder tipe nicasil dan piston forging. (Slide 5). Jika dilakukan tuning dengan baik maka masih ada potensi kenaikan power dengan nilai yang cukup besar

Ini hanya sebuah prediksi, angka sebenarnya kita tunggu setelah kawasaki mengumumkan secara resmi dan terlebih ada owner yang melakukan dynotest pada motor ini……

Yup, itulah Prediksi Power Kawasaki Ninja ZX25R oleh Leads Dyno asal Bandung. Sekali lagi disclaimernya adalah….ini hanya sebuah prediksi cak. Sebab data detil bore x stroke ZX25R hingga detik ini juga masih dikekepin Kawasaki sehingga akurasi kalkulasi belum bisa dipegang. IMHO kalkulasi data diatas sebenarnya cukup logis dan masuk akal. IWB sendiri diartikel lawas pernah menyebut power New Ninja ZX25R kemungkinan berada direntang 44-46HP…namun on crank. So…hasil 44HP on wheels jelas membuat kita tersenyum. Semoga saja akurat. Oh ya, kalkulasi diatas bisa berubah bila ternyata ukuran bore dan stroke berbeda. Ninja ZX25R 44HP on wheels? seru kieeeeee kalau akurat, monggo berikan opininya…juozzzz (iwb)

View this post on Instagram

Prediksi power dari #ninjazx25r sebuah lineup baru dari @kawasaki_indonesia. Berdasarkan perhitungan konfigurasi mesin dan ujicoba yang dilakukan pembalap kawasaki @jonathan_rea yang video nya sudah release baru2 ini (slide 2). Pertama: Data bore dan stroke diambil dari spek zxr 250 tahun 80-90an. Karena biasanya Kawasaki tetap mempertahankan konfigurasi terdahulu yang pernah sukses. Yaitu Bore x Stroke : 49 x 33.1 mm. Kedua: Pada slide 2 terlihat rpm aman di geber sampai 18000 rpm yang berarti piston speed ada di area aman yaitu dibawah 20 m/s. Ketiga: Angka-angka teknis tersebut kami masukan pada app kami (LeadsTT) yang dapat menghitung estimasi power. Dan hasilnya ada di slide 4 yaitu sekitar 55hp (On crank) dan 44hp (On wheel dyno) Jika benar nilai bore dan stroke seperti diatas maka #zx25r mampu berkitir sampai 20.850 rpm atau ketika piston speed 23m/s atau batas maksimal piston speed untuk silinder tipe nicasil dan piston forging. (Slide 5). Jika dilakukan tuning dengan baik maka masih ada potensi kenaikan power dengan nilai yang cukup besar Ini hanya sebuah prediksi, angka sebenarnya kita tunggu setelah kawasaki mengumumkan secara resmi dan terlebih ada owner yang melakukan dynotest pada motor ini.. #kawasakininjazx250r #kawasakizx250r #kawasakininja #kawasakiindonesia #ninjazx25r

A post shared by Enjoy Your Tune..!! (@leads.inc) on

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!