iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…video teaser Kawasaki Ninja ZX25R tidak lepas dari pantauan para pemerhati Otomotif. Mulai dari biker enthusiast, mekanik hingga ahli dyno yang mengusung nama Leads Dyno asal Bandung. Mereka menyodorkan kalkulasi teknis, prediksi power berdasarkan video teaser Jonathan Rea Geber Ninja ZX25R dilintasan Jerez. Dan saat IWB intip hasilnyaa….gila hasilnya mengejutkan !!

Untuk memprediksi power tidak mudah jika spesifikasi lengkap belum lahir. Tapi ternyata kondisi ini tidak membuat produsen alat dynotest yang mengusung nama Leads Dyno mencoba memprediksi ledakan tenaga sang kuda besi. Mengambil sampel berdasarkan video teaser yang dirilis oleh Kawasaki ketika pembalap WSBK Jonathan Rea nggeber Kawasaki Ninja ZX 25R di lintasan di Jerez. Posisi RPM saat masuk gear 5 dan berada direntang speed berapa. Dari sampel tersebut Leads Dyno lalu mencoba untuk mengawinkan data bore dan stroke dari spek Kawasaki ZXR250 lawas (yang dirilis tahun 89 90-an)….

Dari spek tergali bore x stroke motor ini adalah 49 x 33,1mm. Setelah itu mereka mencoba mengkalkulasi dengan modal prediksi spek tersebut. Jika benar Kawasaki Ninja ZX25R mengusung bore dan stroke yang sama dengan ZXR250 maka tidak diragukan potensi ledakan tenaganya ngeri cak. Kenapa ? ketika RPM digeber hingga 18.000 posisinya masih sangat aman sebab piston Speed masih berada di bawah 20 m/s. Semua data tersebut kemudian coba dituangkan dalam aplikasi yang mereka buat. Lengkapnya sampeyan intip penjabaran Lead Dyno dibawah ini….

” Prediksi power dari #ninjazx25r sebuah lineup baru dari @kawasaki_indonesia. Berdasarkan perhitungan konfigurasi mesin dan ujicoba yang dilakukan pembalap kawasaki @jonathan_rea yang video nya sudah release baru2 ini (slide 2). Pertama: Data bore dan stroke diambil dari spek zxr 250 tahun 80-90an. Karena biasanya Kawasaki tetap mempertahankan konfigurasi terdahulu yang pernah sukses. Yaitu Bore x Stroke : 49 x 33.1 mm.

Kedua: Pada slide 2 terlihat rpm aman di geber sampai 18000 rpm yang berarti piston speed ada di area aman yaitu dibawah 20 m/s.

Ketiga: Angka-angka teknis tersebut kami masukan pada app kami (LeadsTT) yang dapat menghitung estimasi power. Dan hasilnya ada di slide 4 yaitu sekitar 55hp (On crank) dan 44hp (On wheel dyno)

Jika benar nilai bore dan stroke seperti diatas maka #zx25r mampu berkitir sampai 20.850 rpm atau ketika piston speed 23m/s atau batas maksimal piston speed untuk silinder tipe nicasil dan piston forging. (Slide 5). Jika dilakukan tuning dengan baik maka masih ada potensi kenaikan power dengan nilai yang cukup besar

Ini hanya sebuah prediksi, angka sebenarnya kita tunggu setelah kawasaki mengumumkan secara resmi dan terlebih ada owner yang melakukan dynotest pada motor ini……

Yup, itulah Prediksi Power Kawasaki Ninja ZX25R oleh Leads Dyno asal Bandung. Sekali lagi disclaimernya adalah….ini hanya sebuah prediksi cak. Sebab data detil bore x stroke ZX25R hingga detik ini juga masih dikekepin Kawasaki sehingga akurasi kalkulasi belum bisa dipegang. IMHO kalkulasi data diatas sebenarnya cukup logis dan masuk akal. IWB sendiri diartikel lawas pernah menyebut power New Ninja ZX25R kemungkinan berada direntang 44-46HP…namun on crank. So…hasil 44HP on wheels jelas membuat kita tersenyum. Semoga saja akurat. Oh ya, kalkulasi diatas bisa berubah bila ternyata ukuran bore dan stroke berbeda. Ninja ZX25R 44HP on wheels? seru kieeeeee kalau akurat, monggo berikan opininya…juozzzz (iwb)

View this post on Instagram

Prediksi power dari #ninjazx25r sebuah lineup baru dari @kawasaki_indonesia. Berdasarkan perhitungan konfigurasi mesin dan ujicoba yang dilakukan pembalap kawasaki @jonathan_rea yang video nya sudah release baru2 ini (slide 2). Pertama: Data bore dan stroke diambil dari spek zxr 250 tahun 80-90an. Karena biasanya Kawasaki tetap mempertahankan konfigurasi terdahulu yang pernah sukses. Yaitu Bore x Stroke : 49 x 33.1 mm. Kedua: Pada slide 2 terlihat rpm aman di geber sampai 18000 rpm yang berarti piston speed ada di area aman yaitu dibawah 20 m/s. Ketiga: Angka-angka teknis tersebut kami masukan pada app kami (LeadsTT) yang dapat menghitung estimasi power. Dan hasilnya ada di slide 4 yaitu sekitar 55hp (On crank) dan 44hp (On wheel dyno) Jika benar nilai bore dan stroke seperti diatas maka #zx25r mampu berkitir sampai 20.850 rpm atau ketika piston speed 23m/s atau batas maksimal piston speed untuk silinder tipe nicasil dan piston forging. (Slide 5). Jika dilakukan tuning dengan baik maka masih ada potensi kenaikan power dengan nilai yang cukup besar Ini hanya sebuah prediksi, angka sebenarnya kita tunggu setelah kawasaki mengumumkan secara resmi dan terlebih ada owner yang melakukan dynotest pada motor ini.. #kawasakininjazx250r #kawasakizx250r #kawasakininja #kawasakiindonesia #ninjazx25r

A post shared by Enjoy Your Tune..!! (@leads.inc) on

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

56 COMMENTS

      • Kalau hitung2an saya, tetap dibawah angka 200 kmh dengan power sekitar 42 – 45 hp .
        160 kmh di gigi 5 dan kena redline di 17 ribu rpm… Maka mendapatkan 20-25 kmh di gigi terakhir ( 6 ) dengan redline 17 ribu itu sudah sangat bagus.
        Udah sah Lek…beli motor ini jangan Cari Power ,karena power tsb ada pada Cc diatasnya .

    • Bodok amat gua sama hp… 250 4 silinder…. Gk ada obat nya…
      Gak perlu bawak motor kayak setan… Suara duniawi uda keluar..

      Jozz kawasaki….

      Tinggal nunggu Yamaha sama Honda… Yakin panas pantat petinggi nie merek,, gara gara 250 4 silinder kawasaki..

      • Wwkwkwk Anti Sales Norak penjilat Merek..
        Nick name yang jozz , membuat penyembah triple R (sepuluh R untuk 2021) agak terdiam untuk beberapa saat..

    • Sampah yang bertahun tahun tahunn.. ga kelar2.. dan udah beribu ribu ribu artikel bahas ini motor.. padahal wujudnya ga ada.

    • Bagi yang pernah pake moge …maka kita dah pahamlah, berapa angka yang didapat di final gear 250 yang ini.
      Mari kita tunggu pembuktian sesungguhnya nanti setelah motor ini ada ditangan konsumen..hitungan saya kaga akan meleset 😂

    • Hahahaha dari dulu kan saya sudah sering bilang. Yg ngarep 250cc inline four bisa seganas inline four moge2 lain nya yg kapasitas mesin jelas jauh diatas 250cc ya cuma NGIMPI..
      Sedih nya di negara kita, biker lebih ke brosur oriented plus love sales talking. Yaa rasain deh skrg hahahaha… blom lagi perawatan nya pasti butuh yg high end secara ini motor lengkingan rpm nya diatas 600cc inline four sekalipun jelas butuh oli dan bbm yg jauh lebih mumpuni.. hahahahaa belum lg panas mesin dan juga effort lebih untuk setiap pemakaian nya…
      Pasti biker ngawam indonesia berharap 250cc inline four sekali plintir gass langsung wuusshhhhhh…… realita nya wkwkwkk pasti sama 250cc twin atau single sekalipun bakalan di tinggalin untuk sektor akselerasi hahahaha
      250cc inline four = smoth alias bolot bawah nya ,effort lebih untuk setiap pemakaian dan maintenance nya, blm lagi terasa boros di sektor apapun makanya pabrikan jaman dulu lebih ambil alternatif 650cc twin atau mungkin 500cc twin untuk mengatasi effort negatif yg banyak di timbulkan dr 250cc inline four.. satu2 nya yg unggul dr 250cc inline four cuma SUARA nya just it hahahahaha
      Selamat menghadapi realita yg ga setinggi ekspektasi biker ngawam… ciaooo
      *note : saya bukan sales, saya cuma hobi di roda dua dan prihatin melihat kemunduran pengetahuan biker di negara kita

      • Terima kasih telah menyuarakan isi hati saya:). Saya setuju, mayoritas biker kita lebih ke brochure oriented. Lebih miris lagi ketika nuntut fitur macem2, ketika dikasih fitur gak digunakan dengan baik dan benar. Sesimple minta sein LED, tp kalo belok atau pindah lajur gak nyalain Sein, dikasih Hazard untuk darurat, malah dinyalain sesuka hati, mengekspektasikan peforma pada satu jenis mesin tapi gak paham sama karakter/tipe mesinnya. Dikasih kendaraan spec tinggi, fitur berlimpah dengan harga yg seharusnya, pabrikan dibilang kasih harga overprice:).

        • Nahhh… kita liat aja nanti gimana si 250cc four setelah keluar.. krn pada dasar nya, 400cc four sekelas zxr400 aja untuk karakter tenaga nya keluar di rpm atas.. bawah nya ya smooth.. lhaa gimana ini yg 250cc four yg kapasitas per silinder nya cuma 60cc sekian hahahahaha.. power ga beda jauh dari 250cc twin. Top speed pun rasa2 nya ga beda jauh krn pasti sektor mesin terbentur standar emisi dan limit yg di batasin dari pabrikan mengingat gaya berkendara user newbie yg jd pangsa pasar dr 250 four pasti ga seapik yg biasa main moge dlm hal maintenance rutin yaa.. yakin saya palingan setelah masa garansi habis, jarang ada yg mau servis di bengkel resmi pas tau biaya nya mahal karena berharap ini perawatan nya sama dgn 250 twin , nya masih di kapasitas mesin, bukan seperti apa spek mesin tersebut. kan masyarakat kita dalam hal perawatan pasti mau nya yg murah, Tp kalo ekspektasi soal performa yg di keluarkan, mau nya lebih jauh dari apa yg udah ada di pasaran hahahaha

  1. Data aisi jadi di buka nggak lek iwan? Biar terang benderang😂😂😂

    • Beda kelas cak….
      Ini motor buat bergengsi
      Jd powernya bukan abal2 / alakadarnya yg cuman 36hp
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

  2. Klo hanya untuk daily use kenapa harus peduli dgn top speed? Bicara top speed klo tujuannya utk berkompetisi di sirkuit!

      • Gak sadar cibocor doyan cari akik dan hobi diospek si ijo ditrek lurus cuma modal usd singkong..ekkk

      • Buat gaya2 tongkrongan bareng CBR250RR pokoke jos…jandoss. .
        Yg gk di ajak jgn berkecil hati ya…..
        MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Main lo kurang jauh Oom, main-mainlah ke Channel Youtube_nya Harald Arkan, itulah fungsi nya gear 6 RPM 18.000

      • yg aq tanya bukan fungsinya pak dhe? aq cuma tanya seberapa lamakah orang mampu “GAS POLL” dgn motor tersebut di jalan umum? apakah bisa lebih dari 1 menit? paling juga keburu ngerem di pantat truk gandeng.

        • Emangnya lu klo gas pol dijalanan sampe berapa menit???
          Klo motornya lemot ya gas pol terus, mentoknya aja 90kpj lama2 lumer tuh mesin, beda klo hp motor lu tinggi lari 90kpj mesin lu bru anget2 mendoan.

          • Btw…yg mempengaruhi kecepatan motor adalah :
            – Power (kemempuan memindahkan berat)
            – Rasio gear
            – RPM (maksimal RPM dlm batas aman /pistonspeed)

            Kalo power gede tapi RMP metok segitu doang ya sama aja memble speednya.

        • Ga pake otak, lintasan moto gp aja ga ada trek lurus sampe 1 menit. Lain kali kalo ada pembagian otak dateng mas wkwkwk

  3. Jadilah manusia cerdas dan Bermartabat, hargai pikiran dan hasil karya orang lain. Kalo kalian bisanya hanya Mencela tanpa memberikan masukan dan solusi, sama saja dengan manusia Terkutuk.

  4. Yang penting gw bisa bayar.

    Bayar bozzzzz….

    Tapi lumayan. Raungan terkaing2 sales missqueen diatas sudah berkurang. Rodok ademmm….

  5. Kocak motor belum keluar juga 😂😂😂 orang jepang kalo baca juga geleng geleng plus ngomong pantek mau kau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here