iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bombastis cak, video perkara Kawasaki Ninja ZX25R langsung menjadi buruan para pembaca. Terbukti artikel ini termasuk booming. Namun yang menarik, cukup banyak yang menyimpulkan dengan judul besar bahwa top speed Kawasaki Ninja ZX25R pada gear 5 adalah 160 km per jam. Sebuah kesimpulan yang IMHO terlalu prematur. Pertanyaannya mungkinkah top speed Ninja ZX-25R pada gear 5 hanya 160km/jam mentok ? Berikut analisa IWB….

Video teaser Kawasaki Ninja ZX25R dirilis oleh Kawasaki Indonesia. Namun beda dengan beberapa video sebelumnya Jonathan Rea menggeber motor ini di atas lintasan sirkuit Jerez. Di sinilah beberapa kesimpulan muncul. Hanya dengan mengandalkan sebuah video teaser yang menunjukkan view dari speedometer semua percaya bahwa gear 5 mentok diangka 160 km/jam. Betulkah demikian ?

Rasanya mustahil. Yang sampeyan harus tahu kebiasaan pembalap akan mencari peak tertinggi power alias bukan limiter tertinggi motor. IMHO itulah yang dilakukan Jonathan Rea. So…IWB yakin saat upshift belum nabrak limiter. Yang pertama….di artikel sebelumnya IWB sudah membahas perihal analisa pribadi bahwa gear rasio Kawasaki Ninja ZX25R terbuka diseting cukup rapat. Hal ini ditempuh Kawasaki disinyalir untuk mengakali kelemahan mesin 4 silinder yang memiliki torsi lebih lemah dibandingkan mesin 2 silinder. Efeknya setiap gigi memiliki nafas yang lebih pendek namun akselerasi bawah lebih nampol. Sisi negatifnya…top speed pun sedikit turun. Tapi bukan berarti kita bisa menyimpulkan bahwa top speed gigi 5 hanya 160 km per jam. Kenapa?

iklan iwb

Yang pertama kita hanya melihat dari video tanpa tahu berapa sebenarnya limiter yang dipatok oleh Kawasaki pada ZX25R. Hal ini penting karena limiter mempengaruhi ledakan atas. Ketika mesin sudah dicekik oleh pabrikan di saat itulah speed tidak akan bertambah dan kita harus oper gigi. Sementara pada video Jonathan Rea, pembalap Kawasaki ini sudah oper gigi ketika RPM baru menyentuh Red Line yang berada di Kisaran 16,000. Nah yang menjadi pertanyaan, apakah pada saat oper gigi mesin sudah dicekik oleh limiter?

Tentu saja tidak ada yang tahu. Namun jika kita melihat beberapa motor produksi massal, posisi limiter biasanya diletakkan di tengah-tengah Red Line. Contohnya Honda CB150R? dan Yamaha R15 terbaru yang berada di angka 11.000 di saat Red Line berada di rentang angka 10 hingga 12,000 RPM. Bahkan khusus untuk motor motor Suzuki limiter dipatok jauh lebih tinggi yakni di Kisaran 13,000 RPM. Edian Suzuki emang cak. So….. jika kita kalkulasi dengan ilmu analisa seharusnya Kawasaki bisa mematok limiter di Kisaran 17500 RPM mengingat rentang Red Line Ninja ZX25R di angka 16,000 hingga 20 ribu RPM. Kuwi analisa pribadi…

Yang jelas semua hanyalah berdasarkan analisa. Teori diatas memang kudu dibuktikan diatas lintasan mengingat posisi limiter tergantung pabrikan. Mereka yang tahu cak karena kita juga belum tes ride. Dan soal limiter, pasti mereka memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu demi safety. Hanya saja dengan mengamati speed yang ditunjukkan IWB sangat yakin Kawasaki memang sengaja memasang mapping engine sangat rapat agar powerband merata khususnya mengail tenaga pada low RPM. Tapi gear 5 mentok 160km/jam ? IWB rasa tidak….lebih dari itu cak. Sebagai perbandingan CBR250RR pada kondisi standart gear 5 mentok diangka 165 km/jam RPM 13.000 (video terlampir dibawah)…

Last… top speed bukan segalanya. Bagaimana motor bisa meraih speed tertinggi dengan waktu yang singkat, itulah yang penting. Nah soal ini…secara basis teknis mesin, konfigurasi 4 silinder pasti lebih meledak dengan tenaga melimpah pada putaran atas. Dari pengalaman pribadi ketika dorongan mesin dua silinder sudah mulai melemah pada speed tertentu maka mesin 4 silinder masih kuat. Kira-kira demikian cak. Apalagi dikelas ini IMHO raungan 4 silinderlah yang menjadi nilai jual tertinggi. Jadi sampeyan nggak perlu speaker booster lagi wkwkwk. Btw….kita akan Coba buktikan di masa depan jika IWB sudah bisa mencicipi Kawasaki ZX25R. Masalahnya era sekarang pabrikan Jepang memang selalu sengaja membatasi top speed demi safety. Sebagai gambaran dan perbandingan, berikut video IWB saat test ride CBR250RR pertama kali…monggo diintip cakkkk…(iwb)

Video CBR250RR IWB test

 

116 COMMENTS

    • saya tidak setuju bro, bore, stroke dan kompresi disini yg berperan penting menghasilkan torsi dan power.. beda ukuran diatas akan beda hasilnya..

      • Cak iwan kayak gak tahu aja Spedometer Honbulll korupsinya minta ampunnnn…

        di spedoo 165 paling real gps sak criittttt kpj ….????

      • Klo kita liat, rpmnya sampe 17 ribu ( jika masih standar ) dan saya yakin ,powernya tak lebih dari 45 Hp ,maka sementok mentoknya topspeed 4 cyl ninja ini adalah 190 kmh.

      • Lek webih bisa 210 kmh. Itu at least. Yakin dan percayalah. Iman kuat pasti kencang lari motornya.
        Ngueennng swiiinnnngggg…..

      • Kalo ninja 250 4silinder cuma segitu aj bakal jadi santapan CBR 250.
        Masa 4 silinder dilahap sama 2 silinder.

        Kalo ane sih masih ngarep 250 cc, 2 silinder aj, tapi 2 tak.
        hehe…

    • kawasaki harus segera buktikan kalau produknya ini punya kecepatan yang lebih baik dari motor 250cc yang sudah ada…kalau ga segera buktikan itu…produknya bisa layu sebelum berkembang…Orang memang ga pingin kebut kebutan tapi kalau motornya punya potensi lari kencang orang juga akan senang, dihormati di jalan dan produknya banyak dibeli orang…kan gitu…

      • Potensi lebih kencang dari 2 cyl sedikit pasti ada.sedikit lowh ya ,kalau banyak mereka kan juga rugi ?

        • Lebih kenceng dikin memang iya, krn power lebih gede & RPM lebih tinggi.

          Tapi kalo balapan disirkuit belum tentu menang. Cz 2 silinder jelas menang torsi & akselerasi. Bobot pasti jg lebih ringan.

    • Bagi yang nyari kencang, ini bukan pilihan tepat..beli saja 600 Cc seken dengan kisaran harga yang sama dengan motor ini.
      Ini 4 cyl 250 cc mass-pro , mesin yang memang diperuntukkan sekelas 250 – 300 cc .
      Semaksimalnya yang bisa di kail dari kecepatannya adalah 195 kmh .
      Kecewa? Tidak bagi yang cari Suara ,
      Pokoke….
      Kalau kawak ini masih dibawah 190 kmh , artinya masih dibawah 250RR repsol gua ?

    • Kalau era nya 250cc 3 atau 4 cyl, pasti bakalan bosen denger raungan pas di jalan suara kayak mobil balap lewat mulu.
      Mending mbeerrrrr
      Awokawokawokawok

    • Cbr nyaris 200 kmh dengan ecu standar redline 14 ribuan ?
      Ecu racing ? Diatas 200 semua..lihat didata Arrc.

    • Nah buat omWebe sendiri..

      Kira2 2 cyl dirumah akan diganti dengan 4 cyl yang ini atau beli Speaker saja?? ?

    • Data arrc udah ditabokk sama genk ijo…
      itu Si biru masih adem ayem…

      maklum dulu Y pakai 250 ccmenguasai, H pakai 300 cc….masih aja Ditabokkk Y….

    • Lagian ekspektasi nya ketinggian sih, ingat pepatah: ” there is no replacement for displacement”. Mau silinder sebanyak apa pun klo kapasitas mesin nya cuma 250 cc ya lari nya tetap aja segitu2 doang???

      • Ente tdk belajar sejarah, 250cc 6silinder Honda RC166 bisa kepretin 250cc 4Tak 4silinder nya Yamaha/Suzuki /Norton saat itu

        • @dul jon, rc166 itu mesin balap om, sedangkan zx 25 r ini kan produksi massal ya gak bisa disamakan

        • yg d kepretin itu 250 2TAK brohh.. bukan 250 4tak. pada jaman semono yamama susuki & tronton blom bisa bikin 4 tak kuenceng..

    • c3Bokerrr spedometernya ngawuurrr tuhhhh….
      nyatanya tarikan sama Ninja dan R25 11:12…..??

    • @ Dul Jon

      H pakai 6 silinder selalu offset…
      yg lain pakai berapa silinder tuh kalau sama2 yaa ditinggal sekebon…??

      bandingin yg aple to aple…

      • Lu tau kaga gimana perbandingan power mesin 4tak dibanding 2tak dengan kapasitas mesin yg sama ?
        Udah pernah naik ninja 250 4tak sama ninja rr superkips kan ?

  1. di indonesia kecepatan bukan segalanya, yang penting suara knalpotnya yg bisa narik perhatian… beat aja kasih knalpot mbeeerr juga dah banyak yg ngelihatin

  2. Klo saya lihat di video cak, kecepatan 160km itu diraih di gigi 5 dan masuk ke gigi 6..di video juga kecepatan sempat naik diangka 162km (kemungkinan terus naik karena scane berganti)

    • itu naikknya juga cepet banget apalagi jerezz itu lintas lurusnya juga pendek …..

      dibandingkan dgn cebokerr segitu ngedennn dan butuh trek panjang…

      • Cbr ecu standar diredline 14 ribuan bisa 190an kmh ? mau ente ukur pake racelogic..gps atau apakek silahkan ?

      • 41 daya kambing maksudmu nak…ekekekek..Arrc aja trek lurus diospek terus ma si ijo..ekekek

      • 38 hp yang sekarang itu outputnya dah setara 40 an hp.
        Nah hadir lagi 41 hp artinya cbr 250 2 cyl memang mencari output 45 hp ??

        • NgepBeHahahah pada Haluu ..

          Power lebih tinggi top speed katanya lebih tinggi spampai spedometernya ngibulll bareng diadu posisi paling Buncit…???

  3. Fbh mendadak bangga mengira CBR 250 RRRRRRRRRRRRRRRRRR bisa ngimbangi zx 25 …. Wkwkwkwkkwk

    Dan lucunya mau menggiring opini lbh baik beli Ceboker trilpe R.. Wkwkwkw… Motor ga laku.

      • CBR 250 motor juara, Lihat noh di ARRC AP250 berapa kali CBR ngospek R25??? ekekekekekekekekekek

        • motor juara kok oprek reguaasi..ekkekk..sekarang noh di ospek si ijo..melulu..ekekek

        • Udah gak perlu kita lihat Arrc lagi bro, yang Penting kita sudah tau mana motor kencang ?
          DOMINASI CBR250 telah melahirkan reguLasi Sunat menyunat di Arrc ( sudah sama dengan yang d terapkan di WSBK ) .
          Sunat yang diterima Cbr dan Kawak tsb adalah jalan supaya Reject25 bisa mengambil alih pos depan. Namun sampe saat ini …Reject25 belum sanggup mengalahkan mesin2 Yang Sudah kena Sunat ?

      • Halaah Halaahh Lann lann.. Macem R25 Kamu itu laku kagak karuan ajaa.. Motor sepi peminat makin facelift makin ancur, fitur minim.

        Dimana2 semua juga tauu R25 itu motor 250 Cc yang powernya paling rendah diantara semua kompetitornya 😛

    • All new cbr triple R sudah mengukuhkan diri sebagai motor dengan power terbesar dikelasnya ( sesama Pabrikan japan ) dan nomor 2 sedikit dibawah Ducati ,namun topSpeednya Cbr bisa paling tinggi saat adu kencang ??
      Silahkan dibaca ,semenjak lahirnya mesin baru Triple R .

      • Yakin bos?
        Liat tuh motor2 honda 600 dan 1000cc nya power torsi kalah di bandingkan yamaha…apalagi kawasaki udh harga murah, tapi power dan torsi terbesar..

      • @Tak ada yang bisa bro, cbr1000rr-r tu knalpotny Dr standarny aja dah pake akrapovic. Merk sblh knalpot full standar pabrik. Jelas ndak fair sama merk sebelah!!!! Merk sebelah masih standar ting-ting sedangkan CBR rr-r tu standar sudah pake knalpot akrapovic. Honda bener2 licik dan curang.

    • TripleeeeRrTRr…lidah situ malah kesleoo ntarrrr….

      bilang aja RRrRrembesssss…,?

      Gak Usahh Haluuuuuuu….

  4. Sendal swallow kalo dilemparin ama emak emak top speednya bisa menyentuh kecepatan cahaya…

    kucing garong pun gak sanggup menghindarinya pak,

  5. top speed, hp, torsi, bobot itu urusan belakangan…
    yg penting suaranya dong…
    saya sadar saya bukan racer, enthusiast, dll…
    boro2 profesional…
    dibilang amatir pun saya gak pantes…
    lagian di kota saya gak ada sirkuitnya…
    bawa motor mentok 80kpj itupun jarang…

  6. Betul kang, waktu yg dibutuhkan mencapai speed 160km/ jam itu yang lebih penting. Sekarang dilogika pake akal saja aja masa 4 silinder kalah dgn 2 silinder dgn cc yg sama..

  7. Belum bisa banyak berkata sih kalau lihat dari teaser trailer saja.. harus ada yang review secara dalam baru tahu kapasitas dan kualitas mesin ZX-25R.. dan yang jadi penasaran apakah angka 160 yang di speedometer itu km/jam (kmh) atau m/jam (mph)… setau saya sih kalau diluar negeri satuan speed yang dipake mph.. kalau mph yang dipakai jadi 160 mph = 250 kmh.. CMIW ~

  8. Mt series, master of torque.
    Bang ipul banaran, master of click bait 😀
    Saran, skalian ditambahin di judul biar panas #zx25rprodukgagal

  9. Gak perlu kencang2, jalan di +62 ini gak layak untuk lari 160km/jam..
    Selama 250cc cukup untuk segitu sih, mau lari kemana lagi yg matic 155 dll jg belum tentu bisa lari segitu..
    Klo mau lebih kenceng naik ke 500-1200cc tapi tetap jln raya gak memadai untuk lari diatas 100km/jam ada banyak nyawa yg dipertaruhkan apabila diatas 100km/jam dijalan raya negara kita ini..

  10. Memang harusnya roda 2 itu kecepatan dibatasi, mungkin 120 km perjam udh terlalu cepat, apalagi lalulintas indo

  11. 160 vs 165, tapi akselerasi lebih cepat yg 160, ya ane lebih milih akselerasi lahh… karakter mesin 4 silinder, nafas pendek2, karena nguber akselerasi… yg 165 km/h pasti diasapin kalo akselerasi lemot…

    • Tipe mana yang mau diambil? Track pendek, panjang, keluar tikungan? Akselerasi cepat bakal mpot2an ketemu track panjang .pilihan kembali ke kita

  12. ekekk…motor diskon ketemu ini dibleyer langsung minggir..sampai nyemplung ke kali..

  13. Untuk kubikasi yang sama, angka top speed mgkn berada pada margin yang tidak akan terlalu jauh berbeda tergantung mapping enginenya, tetapi sensasi jambakan akselerasi pada peak power engine jelas terasa, silinder tunggal, dua silinder, empat silinder, masing2 mempunyai karakter engine sendiri

    • Gigi 5 speed 150 g masalah juga sih…klo mis ke speed segitu cuma butuh 8 detik… wkwkw…misal Lo ini

  14. Nek 4 cylinder ki sing penting suarane sing merdu itu.
    Banter2 malah tibo, motore remuk.
    Nangis cak.

  15. Yg jelas rongsok 25 udah makin nyusruk aja ke dasar tanah dgn teknologi jadulnya.
    CBR mah.. throttle by wire coyyy
    Nunggu aja duplikasi embel2 smart ?

  16. cuma video saja diributkan. kita kan tidak tahu seberapa cepat capai 160kpj di gigi 5. HP makin besar itu makin cepat capai top speed. simple kan gitu ? lagipula yg beli motor gituan cuma yg paham motor. bukan sekedar blogger abal2 kan ?

  17. Waduh masa iya cm 160.. masih kenceng cb siluman clasic thn76 saya donk.. mesin Tiger stroke custom oprekan 1400m gas poll.. masih diatas 200 dikit hehehe.. becanda ya.. ya ngga juga sih xixixixi

  18. Ya beda pakde Iwan..masa di samain 150cc biarpun gsxr punya limiter paling tinggi bukan jaminan bisa di samakan, power aja beda. Saya aja pernah nyoba rr mono vs gsxr 150 biar pun gsxr pakai knalpot racing plus ecu racing sharp, mono standart pabrik start lebih jauh 10 body msih bisa kesalip kok. Lgian klau di video itukan bukan patoan klau skilas spedonya ter liat 160 trrus top speednya segitu.kok pak De iwan gak bahas pas startnya kok pakai di dorong sama crewnya jonathan” biar di bilang rpm bawahnya lemot…hehehe. justru zxr skarang pakai knalpot pendek biar tambah dongkrak rpm awalnya biar pun saya yakin pakai knalpot yg bukan underbelly pun pastinya terep nendang karna mesin skarang sama tempo dulu jelas beda..

  19. apakah itu sebenernya 160mph? kalo iya lumayan gede juga dong cak, kurang lebih setara 250kph topspeed nya

  20. 160mph seharusnya mmueheheheh , setidaknya top speed ZX25R lebih cocok seperti top speed nya NSF 250RW lah , benar2 ampas zx25r , ngejual suara doang ):

    • @iwakbeneran bro, cbr250rr tu yg ampas. Sok pamer performa padahal bukan terkencang segalany. Cbr Bener2 ampas Dan curang!!!!!!!!

Comments are closed.