iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sebagai Blogger tuwo, IWB termasuk salah satu yang tepuk bathuk dengan klaim para fansboy. Mereka-mereka yang komen dengan keyakinan tingkat tinggi bahwa produk A paling laris disaat data sudah tidak lagi diumbar. IWB bahkan mencari berbagai sumber termasuk kenalan IWB yang aksesnya nggak usah diragukan. Namun hasil akhir data disribusi atau penjualan pervarian produk sudah zonk hampir setahun lamanya. Terus Data zonk tapi koq klaim paling laris dari mana ya ??

Cukup banyak surel dari para followers Iwanbanaran yang menanyakan kenapa warung ini tidak pernah lagi membahas perkara distribusi atau penjualan motor seperti masa lalu. Sebuah pertanyaan yang tentu saja juga membuat puyeng sebab absennya artikel tersebut bukanlah disengaja. Sebab dari beberapa sumber dipastikan bahwa data distribusi ataupun penjualan kendaraan bermotor yang biasanya bernaung di bawah AISI tidak lagi diumbar ke publik hampir setahun lamanya…

Sebenarnya IWB sudah berusaha untuk mencari beberapa informasi perihal data ini. Rasa penasaran yang menyeret IWB pada satu informasi penting bahwa data tersebut memang sudah tidak lagi eksis. Mungkin ada beberapa bagian atau Point yang masih di kantongi pabrikan namun data ini hanya secara general. Jika tidak salah, data hanyalah per segmen tanpa menyebut secara detil varian yang terjual. Artinya motor sport 150cc sekian….. skutik 150 cc sekian…..bebek 150 cc sekian dan masih banyak lagi lainnya. So emang bener-bener buta cak kalau pertanyaan sampeyan pervarian…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Nggak ada lagi data spesifik perproduk, hanya gabungan kapasitas mesin (125cc, 150cc, 250cc dll) udah lama. ….” seru sumber IWB. Makanya blogger ataupun media tidak pernah mengulas penjualan secara lengkap setiap produk yang ada di tanah air. Ulasan hanya general perkubikasi bukan perproduk contohnya Megapro sekian unit….Scorpio sekian ribu unit atau Thunder sekian unit…ora cak. Rata-rata hanya mengulas di permukaan saja tanpa mampu masuk lebih dalam. Sebenarnya kondisi ini sangat disayangkan. Apalagi data distribusi ataupun penjualan  kendaraan roda empat masih berjalan. Data yang saat ini bernaung dibawah kendali GAIKINDO (Roda dua AISI) tetap dijabarkan secara komprehensif dan lengkap sehingga kita tahu siapa raja low MPV saat ini…

Kita juga tahu apakah SUV masih dipegang oleh Mitsubishi Pajero. Kita juga sadar siapa penguasa market City car atau Hatch back di Pasar Tanah Air. Bagaimana performa penjualan Suzuki XL-7. Dan masih banyak lagi fakta lain yang bisa tertuang dalam sebuah data komprehensif tanpa ditutup-tutupi. Sementara roda dua sudah hampir setahun lamanya zonk. Sejauh ini mungkin Honda yang masih sesekali merilis data penjualan mereka. Walaupun juga jarang tidak sesering masa lalu mereka masih Sudi untuk nge-share data penjualan dan distribusi official via rilis resmi…

Tidak heran kondisi tersebut dipergunakan dengan cukup apik oleh para fansboy atau netizen yang senantiasa mendengungkan produk mereka laris. Klaim yang lebih mendekati daya khayal serta imajinasi tanpa dasar mengingat data distribusi ataupun penjualan sudah lama tidak pernah diekspos secara gamblang. Jadi judule lips service cak…lek boso jowone abang-abang lambe….lamisssss….

Kondisi ini sebenarnya tidak baik untuk persaingan karena tidak terdeteksi lagi produk mana yang paling laris di pasar atau sebaliknya. Ujung-ujungnya miskin inovasi sebab tidak ada pressure psikologis bagi pabrikan. Lawong publik nggak tahu apakah bebek A laku? Atau matic B laku? Apakah sampeyan tahu Siapa raja motor sport 150cc sekarang ? Mana motor yang paling tidak laku di kelas 250cc ? berapa penjualan lengkap skutik 150cc per varian ? Zonk cak…. nggak ada yang tahu. Artinya sekarang, siapa yang paling agresif komentatornya di dunia maya maka image laku akan tetap terpelihara. Nggak asyik…sebab ditakutkan akan melemahkan spirit kompetisi pada masing-masing pabrikan. Lawong tidak ketahuan laku nggaknya secara real….

Last…harapan kita sih Semoga di masa depan akan dipertimbangkan untuk mengekspos kembali data AISI… data lengkap masing-masing produk yang terdistribusi dan terjual setiap bulan. Semoga saja sehingga klaim produk laku lebih sahih karena berdasarkan data lengkap tidak asal njeplak mengandalkan keyboard. Bener horaaa. Sekarang IWB tanya kesampeyan, siapa raja matic 115cc…..150cc….250cc…kemudian sport 150cc….250cc….serta bebek 115cc….150cc ?? hayo sebutkan dengan bukti data, ora iso tooooo. Itulah jawaban kenapa IWB sekarang tidak pernah membuat artikel penjualan motor perbulan, faktanya memang tidak lagi eksis secara lengkap. So…sekarang kita hanya mengandalkan rilis resmi pabrikan dimana tidak semua pabrikan juga sudi melakukannya…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!