iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sebagai Blogger tuwo, IWB termasuk salah satu yang tepuk bathuk dengan klaim para fansboy. Mereka-mereka yang komen dengan keyakinan tingkat tinggi bahwa produk A paling laris disaat data sudah tidak lagi diumbar. IWB bahkan mencari berbagai sumber termasuk kenalan IWB yang aksesnya nggak usah diragukan. Namun hasil akhir data disribusi atau penjualan pervarian produk sudah zonk hampir setahun lamanya. Terus Data zonk tapi koq klaim paling laris dari mana ya ??

Cukup banyak surel dari para followers Iwanbanaran yang menanyakan kenapa warung ini tidak pernah lagi membahas perkara distribusi atau penjualan motor seperti masa lalu. Sebuah pertanyaan yang tentu saja juga membuat puyeng sebab absennya artikel tersebut bukanlah disengaja. Sebab dari beberapa sumber dipastikan bahwa data distribusi ataupun penjualan kendaraan bermotor yang biasanya bernaung di bawah AISI tidak lagi diumbar ke publik hampir setahun lamanya…

Sebenarnya IWB sudah berusaha untuk mencari beberapa informasi perihal data ini. Rasa penasaran yang menyeret IWB pada satu informasi penting bahwa data tersebut memang sudah tidak lagi eksis. Mungkin ada beberapa bagian atau Point yang masih di kantongi pabrikan namun data ini hanya secara general. Jika tidak salah, data hanyalah per segmen tanpa menyebut secara detil varian yang terjual. Artinya motor sport 150cc sekian….. skutik 150 cc sekian…..bebek 150 cc sekian dan masih banyak lagi lainnya. So emang bener-bener buta cak kalau pertanyaan sampeyan pervarian…..

iklan iwb

” Nggak ada lagi data spesifik perproduk, hanya gabungan kapasitas mesin (125cc, 150cc, 250cc dll) udah lama. ….” seru sumber IWB. Makanya blogger ataupun media tidak pernah mengulas penjualan secara lengkap setiap produk yang ada di tanah air. Ulasan hanya general perkubikasi bukan perproduk contohnya Megapro sekian unit….Scorpio sekian ribu unit atau Thunder sekian unit…ora cak. Rata-rata hanya mengulas di permukaan saja tanpa mampu masuk lebih dalam. Sebenarnya kondisi ini sangat disayangkan. Apalagi data distribusi ataupun penjualan  kendaraan roda empat masih berjalan. Data yang saat ini bernaung dibawah kendali GAIKINDO (Roda dua AISI) tetap dijabarkan secara komprehensif dan lengkap sehingga kita tahu siapa raja low MPV saat ini…

Kita juga tahu apakah SUV masih dipegang oleh Mitsubishi Pajero. Kita juga sadar siapa penguasa market City car atau Hatch back di Pasar Tanah Air. Bagaimana performa penjualan Suzuki XL-7. Dan masih banyak lagi fakta lain yang bisa tertuang dalam sebuah data komprehensif tanpa ditutup-tutupi. Sementara roda dua sudah hampir setahun lamanya zonk. Sejauh ini mungkin Honda yang masih sesekali merilis data penjualan mereka. Walaupun juga jarang tidak sesering masa lalu mereka masih Sudi untuk nge-share data penjualan dan distribusi official via rilis resmi…

Tidak heran kondisi tersebut dipergunakan dengan cukup apik oleh para fansboy atau netizen yang senantiasa mendengungkan produk mereka laris. Klaim yang lebih mendekati daya khayal serta imajinasi tanpa dasar mengingat data distribusi ataupun penjualan sudah lama tidak pernah diekspos secara gamblang. Jadi judule lips service cak…lek boso jowone abang-abang lambe….lamisssss….

Kondisi ini sebenarnya tidak baik untuk persaingan karena tidak terdeteksi lagi produk mana yang paling laris di pasar atau sebaliknya. Ujung-ujungnya miskin inovasi sebab tidak ada pressure psikologis bagi pabrikan. Lawong publik nggak tahu apakah bebek A laku? Atau matic B laku? Apakah sampeyan tahu Siapa raja motor sport 150cc sekarang ? Mana motor yang paling tidak laku di kelas 250cc ? berapa penjualan lengkap skutik 150cc per varian ? Zonk cak…. nggak ada yang tahu. Artinya sekarang, siapa yang paling agresif komentatornya di dunia maya maka image laku akan tetap terpelihara. Nggak asyik…sebab ditakutkan akan melemahkan spirit kompetisi pada masing-masing pabrikan. Lawong tidak ketahuan laku nggaknya secara real….

Last…harapan kita sih Semoga di masa depan akan dipertimbangkan untuk mengekspos kembali data AISI… data lengkap masing-masing produk yang terdistribusi dan terjual setiap bulan. Semoga saja sehingga klaim produk laku lebih sahih karena berdasarkan data lengkap tidak asal njeplak mengandalkan keyboard. Bener horaaa. Sekarang IWB tanya kesampeyan, siapa raja matic 115cc…..150cc….250cc…kemudian sport 150cc….250cc….serta bebek 115cc….150cc ?? hayo sebutkan dengan bukti data, ora iso tooooo. Itulah jawaban kenapa IWB sekarang tidak pernah membuat artikel penjualan motor perbulan, faktanya memang tidak lagi eksis secara lengkap. So…sekarang kita hanya mengandalkan rilis resmi pabrikan dimana tidak semua pabrikan juga sudi melakukannya…..(iwb)

Advertisements

205 COMMENTS

      • Bul bul 13 March, 2020 At 05:25
        Fby
        Pasti ulah Fby yg miskin itu..

        ——-
        kasihan lu nak bull kibulll….

      • Dulu FBY selalu panas dingin setiap ada artikel data AISI.

        Sekarang jadi lebih tenang karena bisa debat dan klaim tanpa data.

      • Makanya efbeye jangan terlalu berkoar koar ,
        2019 :
        Jualan Total ( all varian ) Y 1 koma 4 jt unit..itu Cuma SETARA dengan jualan beat 1 koma 4 jt unit…merasa paling laku? ?
        H nyaris 5 jt Unit Total ( all Varian ) !!!!

    • Tuh parabeha mbeat mbeot yg sering komen paling laris.. Malah teriak maling, lha kan malingnya mereka parabeha mbeat mbeot yg sok bener aja.. Miskan miskin..! Elu kaya ya..? Kaya apanya motor mbeot aja lu kredit tanpa dp dan dapat diskon aja blagu berani bilang miskin..!! Hayo parabeha mbeat mbeot waktu dipersilahkan untuk komen ngelanturnya..!!

    • Ah, ga punya data tapi ngeklaim paling laris mah masih biasa. Ada pabrikan, sudah prestasi jelas moncrot dan penjualan semakin jeblok, masih ngaku2 semakin di depan. Semakin di depan apa?..,jurang kebangkrutan dan kehancuran.

      • Maklum saja mereka sudah terkungkung dengan Pakem Gimmick negatif.
        Contoh dapat Abs 2 channel dari Ymh dan itu mereka anggap luarbiasa. Padahal 2 channel tsb cuma setara dengan Cbs nya Hnd dan malah Cbs Hnd lebih Smooth.
        2 channel..per channelnya 4 pijitan Perdetik kalau 2 berarti total 8 pijitan perdetik. Masih kalah tekhnologinya dibanding yang disematkan Hnd ,1 channel tapi 10 pijitan perdetik.
        Konsumen wajib tahu dengan part2 apa yang dipasangkan tsb baik secara kelas level dsb. Secara Umum apa yang dipasang Ymh memang kelasnya dibawah Hnd

    • Seles kalau kehilangan data biasanya blingsatan….tau kan mana yg seles dan mana konsumen…..pakabar efbeha….ekekekkkkkkkkk

    • @ Toejah…

      Apa salahnya Semakin di Depan…lha wong ngakunya no 1 aja Zonkkkk..

      Udah berjilid jilid Bani BeHa Bilang seperti itu ….gak ada kata kata yg lain yaakkk..???

    • Tak amati, yg sering mencak” ms ms ms.. Kan Fbh…
      Tapi yg di tuduk FBY…. Fby aja ude malas ikutan komen di warung ini tak.perhatikan, Darmo aja tah kemana,
      kayak bocah rebutan permen…aje
      Bisa di perhatikan,, setiap artikel baru.. Yg komen kayak bocah, gk bull bull, somplak dan thailancung… Perhatikan aja satu”..
      Ya saye prihatin sama mereka,, mereka mau makan aja harus jilat jilat merek dulu dan hina merek yg lain.

      Konsumen, bodo amat sama Ms.. Mau laku mau tidak, emang gue pikirin

      • Efbeye makin sibuk kerja Rodi Banting tulang dalam Proses daurUlang ? hutang jangka Panjang belum Lunassss ! ?

    • Ngaku paling laris di Eropa ,taunya cuma SEPERTIGA jualan Pcx ?
      2 pertiganya balik kampung ke Indo diDaurUlang !! ?

    • PRODUCT YAMALU ZOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOONK.. WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK

    • Pulll… Sipul…
      Lu ngga nyadar apa baru bikin artikel 89% majikan lu kuasai Jogja? Data dari mana pul?
      ?????????????????

  1. kok ada website lain yang tau angkanya ya, kalo sampe tau brarti nggak fair dong. kalo masalah condong ke siapa itu wajar lah, orang yang baca web juga pada tau,bisa milih mau baca informasi yang mana.punya kontrol atas informasi yang mereka inginkan.tapi kalo data nya ada yang tau sedangkan yang lain gak, itu dapet dari mana coba,palagi ditambahi bumbu penyedap, wkwkwk.

      • Yang jelas ya Sales lah, entah itu menjabat sbg rakyat,sebagai blogger, sebagai vlogger, atau yg cuma pensboy yg gak bisa beli. Karena bagi mereka logikanya produksi semakin banyak oromatis harga juga semakin murah. Yg ujung2nya mereka bisa beli. Jgn harap kualitas tetep sama. Karena murah berarti mengurangi kualitas. Istilahe ono rego ono rupo.

      • Sebenarnya bisa diketahui dan sangat mudah jika memang ada link k arah sana. Paling tidak dapat gambaran secara gatis besar perVariannya. ( Sekelas Iwebe pasti punya tapi gak bakal dibuka – kode etik )
        Misal bulan ini pcx ada diangka 16 ribu 700 unit, dibulatkan saja jadi 16 ribu .
        Nmex ada diangka 5 ribu 800 unit, bulatkan saja jadi 5 ribu.
        Pengambilan kendaraan secara cash ( mobil/motor ) gak lebih dari 5 persen. Artinya 95 persen konsumen membeli secara kredit.
        Link.
        Pastinya jika punya link dibeberapa perusahaan Pembiayaan, maka data dapat disimpulkan secara garis besar. Tiap2 Perusahaan2 Pembiayaan/leasing bisa melihat secara keseluruhan data ( setiap propinsi dimana mereka ada dalam merekap data tsb ).
        Dengan mudahnya koneksi sekarang ,kita bisa menerima foto atau video ( bahkan secara live ) bagian mana yang kita perlu dari relasi yang kita punya tsb.
        Congrat buat Hnd
        Ymh harus dan masih kerja keras.

      • Murah itu juga sesuai Kasta ? moso kasta bawah ngejual mahal dari kompetitor Sultan?
        Murah saja kaga Laku, gimana jual mahal? ? Sejak kapan?

    • Kalau rikolnya sering ngumpet ngumpet disinyalir,,,produknya memang ruwet….pakabar picex topeng rikoll….xiziziiiiiiiiii

      • Rekol ngumpet karena bukan Tabiat..perilaku ataupun Kurikulum ?
        Sedangkan Y itu sudah punya KURIKULUM WAJIB dengan Rekollnya , setiap produk..setiap masanya
        Ente beli mesin DaurUlang Y ..maka ente dapat Bonus Recall tsb ?

    • MS Tinggi Faktanya Zonkkkk…
      Pada diSuntik Mati Megapro, Blade, BeAt Pup Waria dan masih banyak lagi ….

      habis ini tanda tandanya new beAt suram Sport nyungsep….

      • Yang disuntik mati memang habis masanya ? semua Pabrikan juga punya. Kecuali baru lahir trus sebulan kemudian udah gak diproduksi.
        Kalau sudah terjual puluhan ribu artinya sudah menjalani Masa nya ? moga bisa lebih Nalar !

    • Tukang NGIBUL SALES MACAM TAK ADA YG BISA DAN THAILANCUNG WAKTU DAN TEMPAT DIPERSILAHKAN U menyampaikan data NGIBULNYA.

      • 2019 :
        Jualan Total ( all varian ) Y 1 koma 4 jt unit..itu Cuma SETARA dengan jualan beat 1 koma 4 jt unit…merasa paling laku? ?
        H nyaris 5 jt Unit Total ( all Varian ) !!!!
        ?

    • Kebiasaan fby yg suka menghayal
      Ngakunya :
      – nemex matic terlaris ( tanpa tata )
      – rajanya MotoGP ( zonk jurdun )
      – rajanya WSBK ( melempem )
      – produk berkualitas ( rekal terus )
      – MuuuuUUUuuuuehehehe…….

  2. Paling laris ADV, picex dan mbeat….
    Kamvas mbeat dah cukup buat byar gaji sales nya berdiri di lampu merah sebar brosur

    • Uuuuuuhhh.. Gila, banyak banget sales honbul pinggir jalan, tangan menjulur ke jalan mengganggu pengendara motor, angkot, dua sisi jalan lagi.. Perbandingannya dengan sales yamaha itu, 100:1.. Honbul 100 : yamaha1.. Gilaaa ckckckck.. Parabehanya bangga banget lihat MS..

      • juga pas di bengkel H dan Y waktu service lebih banyak H dari pada Y, dijalan juga lebih banyak H dari Y kenapa ya ? ya kenapa jieeehahahaa

      • Dealernya sepi. Sebelum mesin2 nya melantai diGudang ,maka sales2nya melantai dipinggir jalan ?

    • Kalaupun sales Honda nyebar brosur wajar ada hasilnya
      Beda klo sales yahaha disuruh nyebar brosur palah nyebar NGIBUL
      Ya wajar klo produk nya kurang laku
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

      • Jangan bingung bro …. banyak H d bengkel atau dijalan karena memang Habitat H itu jauh lebih GEDE dari habitat Y
        habitat/populasi Y cuma SEPERTIGA dari Habitat H ?
        Coba lihat dilampu merah ,H itu ada semua..beat vario Pcx Adv cbr skupi Genio dll. Lihat merk Y ? Paling lexy..nemex ?

  3. Banyak fanboy ngawur…
    Contohnya banyak yg bilang pabrikan anu raja penjualan di Eropa yg lain gk lulus Eropa…
    Eh gk taunya yg dibilang gk lulus Eropa malah paling laris….
    Hehehe

    • Larisnya di thailand. Karena juga di eropa udah pakai mobil kaleee. Klo disini pakai motor 150 cc gengsinya udah ngalahin yg bawa sedan.

    • Ada lg yg ngakunya kualitas eksprot
      Tapi barang nya di balikin lg ( rekal ) yg berjilid2
      Kibulanya mantap……
      MuuuuUUUuuuuehehehe……..

      • 10 komen dr pembaca yg sekedar ingin tau prkembangan otomotif lebih berhrg dn enak untuk dibaca drpd liat 1000 komen dr para sales yg ngga jelas..lama2 warung kang iwb ngga asik lg gara2 sales fbh dn fby

    • Fakta ….
      laris manis Eksport ke eropa banyak seliweran di jalanan eropa wes gitu sazaaa…

      masa dibandingkan dgn produk seluruh lokal eropa…

      gimana sih ????? paham eksport gak sih…

      • Harusnya Data Error dan Recall yang dihilangkan. Agar Ms Y bisa bertumbuh…bukan makin anjlok ?

    • Ekspor ratusan ribu ,yang laku gak sampe 50 ribu… Sisanya balik berKapal kapal k Indo untuk diDaurUlang ,liat data eropa….PCx jauh lebih laris dan Gapnya sangat jauh dengan mesin DaurUlang nemex yang berada dibawah ?

    • Weeeh iki…marahi sales ora duwe bahan kanggo ece-ecenan……lha ketok ngapusi sales e nek nganti duwe data dodolan……..?

    • Elu tar mau ngemeng apa kalau tar picekmu kelebihan cairan 7 cc yg katanya mau 4 katup tanpa vva.. Tapi elu parabeha mbeat mbeot tar bilang : picek dgn cairan lebih besar dari nmax, pake 4 katup tanpa vva aja udah lebih irit, kenceng dan canggih.. Ya itukan kata2 endasmu beha..!! Sadarmu kapan behaaaaa..?? Hayooo teriakanmu tanggung jawabmu.. Behaaaa behhhha.. Cekak cekak cekakkakakakaak..

      • Pastinya tanpa Peapea lah ? H punya Vitech not PeaPea tekhnologi Abalabal !!!!!
        Jika spek tanpa Vitech saja sudah bikin Kiamat Y….buat apa dikasih Vtech?
        Vitech bisa buat power Cadangan sekian tahun berikutnya ?

    • Tekhnologi H itu canggih , atau tekhnologi Y yang abal2 ? Moso 4 klep peapea plussss Cc offside masih bisa diCium 2 klep Esp 147 cc dari belakang ? ?

  4. artikel ini beresiko menyebabkan kegaduhan…
    saya ke mako brimob dulu…
    mau pinjem tameng anti huruhara…

  5. Gampang aja ngeliatnya di kota ente

    Dealer Honda lumayan terawat.

    Dealer Yamaha mulai buluk gak ada sisa duit buat perawatan.

    Dealer Suzuki hilang bak ditelan bumi.

    Dealer Kawasaki cuma kecil tp ttp exist.

    • Di kota saya dan sebelah (gabungan), dealer yamaha : 2 besar, 2 kecil, semua terawat.. Honbul : 1 sedang, 5 kecil, yg sedang biasa aja, yg kecil2nya pengap, gelap, kotor, sempit.. Suzuki : 0, kawasaki : 0..

    • Disini banyak sih dealer honda, tapi logikanya kn gak Seperti itu. Toko boleh banyak, jualan ??? Ya siapa tahu. Lokasinya pindah2.

      • Ketauan banget ya
        dealer yg gk pernah ada konsumennya bersih kinclong rapi
        Karena yg kerja di dealer cuman 5s doang gk pernah ada konsumen dtg
        MuuuuUUUuuuuehehehe……

  6. SI Tukang NGIBUL SALES TAK ADA YG BISA DAN THAILANCUNG WAKTU DAN TEMPAT DIPERSILAHKAN U menyampaikan data NGIBULNYA.

  7. Beye masih nggak percaya.. susahlah..cuba tanya samsat..kalo data aisi mau di buka lagi saya kira beye yg paling menentang..

  8. Biar blog ini di huni oleh mahluk Thai _landcuk dan tak ada yg bisa biar mulut berbusa busa itu kan dah di piara biar di kira rame kolom nya

    • Fakta itu menyedihkan ente bro ?
      Jangan lupa, nanti dalam menyusun Penjadwalan Recall …si Darmo jadikan OB ?

      • Yg di recall cocot mu biar gak bacot Sono tebar brosur kasihan hidup mu @ tak ada yg pandai eh tar goblok

  9. Honda mah komplit
    Motor banyak
    Mobil dimana mana
    Robot punya
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap
    Yamalu cuma punya mongtor bosok
    bangga banget

  10. Honda emang paling bagus no1
    Buktinya penjualan no1
    Paling banyak di beli harga jual tinggi
    Lahh ini yamalu mongtor bosok
    Ngaku 2 paling laris di ngeropah

  11. data yang mereka peroleh itu dari ajian lampah lumpuh serat jiwa turunan langsung dari brama kumbara ditambah lasmini dan mantili, di olah dengan Business Intelligence Robert Solow yang mengembangkan suatu ‘pondasi’ … tentang economic growth tentang digital economic motoristic aquatic menuju transformatic gedang gorengic

  12. Rilis pabrikan juga jangan langsung percaya, namanya juga orang jualan apa lagi kagak tau rivalnya seberapa. bisa juga ngakunya paling laris se nasional ternyata hanya di daerah tertentu. Kadang kuping yo panas ngerungono fans boy seng do rusuh ✌

    • Liat pickup H sampe 20 an sehari nganter mongtor.
      Lihat pickup Y cuma 2 kali bawa mongtor ..itupun isi pickupnya 2 – 3 dan gak tau dibawa kemana ..apa muter2 doang balik lagi? ?

  13. Para beye sulit mengakui bahwa produk honda paling laris dan banyak digunakan di tanah air
    Mereka hanya mengandalkan nmax dan vixion sebagai acuan bahwa produk yamaha laris

  14. Yg satu posting penjualanan membanggakan kelebihan produk junjungannya, yg satu giliran produk saingan kena recal langsung bikin artikel bombastis…. giliran produk junjunganya ada cacat diem diem bae… semua bloger sama aja…Hampir skrg gak ada bloger yg netral…

  15. kalaupun data per produk di kekepi oleh AISI ya gak masalah wak
    toh fakta di lapangan yang bicara,
    siapa yang paling banyak seliweran di jalan
    lihat dealer/beres ramai mana
    tanya pedagang mokas mana yang lebih cepat laku nya (ada korelasi lo dengan penjualan motor baru).
    ada yang ngomong di daerah A ini lebih laku dari pada itu dan inu, ya sah-sah saja
    sekarang sejak data penjualan di tutupi rapat parameter laris tidaknya gak usah melihat data nasional, tengok saja sekitar, meski sukar menghitung jumlah tapi mata yang melihat gak bisa bohong.

    • Nah Cerdas ?
      Lihat diparkiran…lihat mana merk yang banyak mengisi Parkiran, kalau perlu lihat plat nomornya keluaran tahun berapa ?
      Jangan aneh jika mesin Y makin dikit dijalanan..mungkin karena Getar SEPANJANG JALAN ?

    • gak bisa dilihat dr mata telanjang harus ada cek dan ricek kuantitas …

      bisa saja banyak di jalan tp ada juga numpuk digudang cth nya BeaT pup .discontinue…

  16. bersatunya produsen2 motor dalam satu asosiasi bagi saya itu kok sangat membingungkan….. Bukankah sebenarnya para produsen itu berkompetisi secara ketat untuk memikat konsumen agar memilih produknya….lha kok bisa bisanya kumpul dlm satu wadah…yg tentu disitu ada aturan main yg saling mengikat, ataukah mungkin asosiasi itu penting banget untuk tujuan tertentu…..? Data penjualan oleh AISI disimpan rapat pastilah ada maksudnya….jd yg tahu alasannya ya mereka yg ada di dalam asosiasi itu…..

    • Jangankan Aisi. Dijepang sendiri mereka punya persatuan aka asosiasi. Juga untuk global dengan nama
      Asosiasi sepeda motor jepun sedunia.
      Asosiasi memang berguna untuk mengontrol dan pastinya menyelamatkan konsumen.

  17. ini karena gegara adanya dugaan Kart* H dan Y yang tentunya membuat persaingan tidak sehat. dengan di Sharenya distribusi dari setiap produk maka yang prosentasenya tinggi sangat diuntungkan karena Image konsumen langsung terpengaruh ikut yang banyak meskipun banyak tak berarti lebih berkualitas dari yang sedikit.
    Dengan tidak dishare ke publik maka lebih berkeadilan, karena konsumen lepas dari pengaruh ikut yang banyak, sehingga konsumen ketika ingin menentukan pilihan maka konsumen akan melihat detail dari spesifikasi, fitur dan keunggulan masing-masing produk secara independen (tidak terpengaruhi oleh yang terbanyak).
    terbanyak itu Imagenya terbaik walaupun blm tentu demikian dan sedikit bkn berarti mutunya buruk.

    • Kartel itu hanya sebuah kambing hitam.
      Dibisnis apapun…yang namanya kartel itu ada, dipelabuhan..diPasar tradisional..dimangga dua.. diTanah Abang… Ditoko online…sampe ke pengelolaan Parkiran Kartel itu ada. Jangan melihat 1 sisi negatif dari Kartel tsb ,tapi apa Positifnya? Salah 1 nya adalah membangkitkan Perekonomian Usah kecil menengah .

  18. Yang koar koar paling laris kayaknya gak pernah bikin skripsi ya?
    Soal nya koar koar doank tanpa data sahih…
    Di skripsi, kalo ada hasil/kesimpulan A,B,C dan lain2 harus dibuktikan secara gamblang melalui sebuah data sahih…

    Jadi fix, yg koar2 doank adalah “penyembah” tanpa bukti

    Hehe…

    • Data Aisi 2019 :
      Jualan Total ( all varian ) Y 1 koma 4 jt unit..itu Cuma SETARA dengan jualan beat 1 koma 4 jt unit…merasa paling laku? ?
      H nyaris 5 jt Unit Total ( all Varian ) !!!!

      itu sudah bisa jadi Gambaran.
      Lebih detail artinya kita membuka sebuah Pelanggaran..dan itu Kasus , ente mau kasus? ?

    • Data Aisi 2019 :
      Jualan Total ( all varian ) Y 1 koma 4 jt unit..itu Cuma SETARA dengan jualan beat 1 koma 4 jt unit…merasa paling laku? ?
      H nyaris 5 jt Unit Total ( all Varian ) !!!
      Kalau mau detail, bisa usaha sendiri..tapi tetap tidak bisa diumbar ke Publik. Kecuali ente mau jadi Pesakitan dan berkasus dengan beberapa Pasal ?

  19. Yg butuh MS di medsos adalah sales dan konsumen yg hanya mampu beli satu motor (entry level). Untuk menghibur hati bahwa pilihannya paling tepat.. bila perlu jelekkan merk lain, cari pembenaran dr sesama orang susah. Ciri2 orang insecure, tp gengsinya tinggi.

  20. Gue tau si iwan lagi nabokin artikel triatmono yg ngaku nmex paling laris dunia akherat

    Time will tell lagh, ciaooo

  21. lebih laku belum tentu lebih baik..
    selama tingkat pendidikan negeri ini masih gini gini aja, maka orang pilih bukan berdasarkan motornya, tapi apa kata orang..

    • Konsumen akan menimbang dimana kelebihan dan kekurangan.
      Hasil yang balance akan mengarahkan mereka untuk memilih produk A dan bukan B.
      Mana yang pasti2 dan mana yang bohongan dsb.

  22. Bukannya data aisi cuma distribusi pabrik, yg artinya bukan penjualan jg. Ya walau bisa sebagai gambaran. Tapi tetap ga real.
    Lagi pula harusnya dibuat artikel kenapa ga di share lg??? Apakah ada kemungkinan monopoli yg ditutupi, atau berita kongkalikong memonopoli itu benar. Kan jago nih investigasinya, bisa kali diulas.

      • Atas ane dungunya kelewatan. Udah dibahas diatas hanya Honda yg sering share internal market mereka.. msh juga ngeyel.
        Otak ente sama dgn sembahan ente.. kepedean berlebihan mau lawan Honda, pdahal sekali injak aja.. mampus tuh sembahan ente ?

  23. Nggak penting data penjualan pabrikan di umbar, kita sendiri sama sama tau klo produksi AHM lebih besar dari pada yamaha krn pabrik AHM kebih besar, jdi klo di umbar datanya hanya akan menjadi ajang pembullyan para fans boy, yg akan menciptakan penyakit penyakit hati saling menghujat, ujung ujungnya dosa, terserah kalian trima pendapatku atau nggk.

    • Betul. Y Global itu hanya setara dengan Ngahaem.
      Kalau Y indo itu setara dengan Pabrik Olie ngahaem ?
      Perlu bukti ? Akan gua ulas…sambil menunggu yang bertanya ?

    • @tronjol
      Takjub gua dengan ke idiotan fby model begini, tragis bener yg jadi emaknya. Ngomong pake perasaan gak pake data.

      Data aisi wholesale indonesia 2019: ahm jual 4,9 juta unit, sedangkan yimm “cuma” 1,4 jutaan.

      Dengan ukuran pabrik yg tetap (tidak berubah ukuran besar kecilnya), pada 2010 yamlehoy menjual 3,3 jutaan unit, sedangkan tahun 2019 kemaren, yamlehoy cuma laku 1,4 jutaan unit.

      kesimpulan:
      -kemampuan menjual unit bukan berdasarkan besar kecilnya pabrik tetapi berdasarkan banyaknya jumlah demand konsumen
      -pabrik yamamah 2010 sama ukurannya dengan pabrik yamamah 2019 dengan kapasitas 4 juta++ unit pertahun
      -tahun 2010 y mampu jual 3,3 juta unit, tahun 2019 cuma 1,4 jutaan unit, artinya ada penurunan hampir 2 juta unit demand konsumen thd produk yamamah. Alias hora payu, paham?

    • @ Apaan sihh

      lihat tuh Data = Zonkkkk

      mana tahu Yamaha mengalami turun tp Laba meningkat Opersaional efisien…
      H Ngakunya ngeluarain data tapi Zonk Produny banyak discontinue aliasa
      Hora payu numpukkk digudang…

      AHEm Produksi aja yg dikejar biar kelihatan Wow gak lihat di deler Produk pada numpuk…lumrah juga pabrik dr pada nganggur …??

      • @ejoll
        Jidat lu anget? Data aisi ini malah gua ambil dari blog majapahit. Prajurit rendahan fby malah menghina data dari panglima fby nya sendiri? Wow!

      • Ejol dungu..
        Kl emang produk honda banyak numpuk digudang, bearti rugi dan berdampak pd tutupnya bbrp dealer. Emang ada dealer Honda yg sampai tutup?
        Kl dealer yamimi.. jgn ditanya, pd megap2 menjelang bangkrut ?

  24. Yng ngibul siapa yng dituduh siapa???….haduh santai saja bro.yng laku jualan dikit juga ga gulung tikar bangkrut.

  25. Honda udah buat teknologi canggih rading assist tanpa motor tanpa standar lagi
    Lahhh ini yamalu masih koar 2 mongtor bosok 4 klep.. Honda udah jauh ke arah sana

  26. Apa yang saya bilang fby n sales yamalu gak percaya Honda 89%du Jogja pasti bilang hoaxxxx
    Hahahaha kasihan banget mongtor bosok gak laku

  27. Fby akut hahaha..
    Gak terima kenyataan di dunia nyata..
    Mereka hanya bisa halu
    Honda gak selevel sama yamalu yg punya produksi mongtor bosok

    • yg penting Konsumen puas dimanjakan

      Lah sesembahanmu Recal diem diem aja Recal cuma sekali tp recalll Ambyarrrr….

  28. Yg Ngakunya 80 % Nyatanya Horaa Payu disuntikkk Mati….

    contoh…
    -BeAt Pup
    – Megaprotol
    – Beled
    – Varizonkkk…
    dll ada yg mau nambahin….

  29. Fixx yg ngeshare 80 % = Numpukkk digudang banyak debuunya ….

    pantes diler dibanyakin buat nampung rongsokan, pabrik dr pada nganggur suuruh kejar produksi ….????

  30. 80 % …= The Power of Haluuuuuu….

    Produknya Daur Ulanggg Bousookk Overprett Borosss Bensin Lemottttt Sampah jalannan tinggal di sapu aja gann…

  31. Udah mulai kelihatany
    BeAt semakin summ norakkk anehh Waguuuu…pakai LeD seperti gigi tonggosss

    dulu bilangnynya Beat juga gk akan pakai lampu Led setelah Mio dan lawan2 nya pakai LED…????

  32. Kalo pabrik sandal kapsitas 20 biji laku 18 biji sudah bagus….jangan samakan dengan yng kapsitas 50 biji tapi laku 30 biji,yng cilaka lah xixixi.. begitu juga dengan motor.

    • Trus fakta cilakanya apa?
      Coba buka2 google.. delaer honda tau dealer yamimi.. banyakan mana yg sdh tutup?
      Di eropa aja yamimi mesti datangkan dari Indo saking ancurnya pabrik yamimi disana ?

      • Deler Hodna banyak ditutup tuh
        pabrik Eropa juga ditutup..jgn cuma buka giogle ..cek yg lain

        Yamaha datangkan dr Indonesia krn Standar Yamaha Indonesia sudah memenuhi standar Global untuk produk dan material itu….

  33. Ngoahahaaaaaa…
    Banyak fby dan sales yamimi meradang krn fakta 89 di jogja.
    Sabar ya kacung yahomo…
    Kenyataan itu mmg pahit ?

  34. Intinya cak IWB itu ngasih tau ke para fansboy nggak usah mengklaim produk sesembahannya sebagai yang paling laris, lha kok komen2nya malah saling tuding. Kocak

    • Udah tajir brow iwb, kgk btuh pabrikan baperan ?

      Apalagi ymha receh bagi iwb,,,mtor bnyk,,,mobil keren2

      Hrsnya ymha deketin iwb, bodoh emng pjabatnya

    • Hadnoo
      – cbr250ererr layuuuuuu
      – cb150 nyungseppp
      – pciex kembang kempis
      – adeve plonga plngoo..
      – New BearoT ndak ada namanya

      padahal udah iklan dimane mane ..tetep numpuk digudang…

    • – Beat Pup
      – Variozonkkk
      – Beled
      – Supri
      – megapro
      – tiger
      -c3Boker berjilid22
      dll gak bisa disebutin satu persatu

      waduhh banyak banget bousookknya dr matic sampai semprott…

  35. RX king
    RX z
    Vega
    Force 1 ngebul
    Force 1
    Sigma
    Crypton
    Scorpio
    Mongtor sampah
    Ora payu
    Mongtor bosok
    Mio
    Mio j
    Mio z
    Mio soul
    Xeon
    Aerox
    Walahhhhhh
    Mongtor bosok Kabeh

  36. Honda :
    Motor banyak
    Mobil dimana mana
    Robot punya
    F1 ada
    Pesawat tinggal berangkat

    Lahhh yamalu cuma mongtor bosok di bangga banggain

    • Jangan sombongg

      diatas langit masih ada langit…

      lihat sejarahnya Yamaha sejak lahir udah Sultan….
      Situ masih mikirin bagaimana caranya bahagia…Yamaha udah nyantai sambil dengerin music…

  37. Penasaran berapa penjualan nmax & pcx di jogja. Krn sekarang banyak pcx sliweran di jalanan. Kalau dulu memang dominan nmax. Tp skrg sepertinya ga lagi….

  38. si wawan maenya kurang jauh. ngaku bloger kondang tapi kuper. membuat biar ketahuan cerdasnya eh malah kelihatan bodohnya… ngene yo seng ngamini akeh… emang fakra gak bohong orang bodoh itu jumlahnya lebih banyak dari orang pinter.

    ayo di rekal komenku

  39. Honda mah di suntik mati karena laku kyk beat pop.
    Lahh yamalu suntik mati karena gak laku
    Kyk pigson
    Mt150
    Mt 250
    R25
    Xabre
    Bentar lagi nyusul suntik mati WRR n XSR

    • wkwkwk

      mane ada yg disntik mati wong masih dijual banyak seliweran di jalan…

      yg ada
      Beat Pup
      Beled
      megaprotol
      Variozonnkkk
      diauntik mati…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here