iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..followers ki jian juozz gandozz tenan. Sepertinya sampeyan mengganggap IWB wis kayak dukun motor…kuwi cak, soale suka ngintip. Sebuah cap yang IWB sendiri ogah menerima karena takut bintitan…lha seneng nginceng lak yo ciloko cak. Nggak heran banyak para followers yang melemparkan pertanyaan mirip, apakah mesin SH155 4 katup akan dicangkokkan pada mesin next PCX 155 dan apakah tahun ini ? untuk menjawab pertanyaan ini, monggo sampeyan baca artikel berikut ini….

IWB memberikan judul PCX 155 karena mesin terbaru Honda 4 katup juga memiliki kubikasi hingga 156cc yang sudah dicangkokkan pada Honda SH155i. Yup…seperti yang sampeyan semua tahu, Honda resmi merilis new SH150i dengan mesin baru yakni SOHC 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power) di Eropa. Mesin ini diklaim lebih kencang dengan top speed jauh lebih tinggi namun tetap irit bahan bakar. Honda mengklaim dari testing internal, mesin yang memiliki kubikasi 156.9cc ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah 43,5 km….irit cakkk. Yang menarik lagi, pabrikan sayap mengepak ternyata juga sudah menjejali fitur Traction control pada SH150i…

iklan iwb

Yup…..disebut sebagai Honda Selectable Torque Control (HSTC), SH150i Eropa memiliki fitur yang memungkinkan ban belakang terkontrol agar tidak selip. Nahh ini yang menarik. Dengan kelahiran new SH150i Honda juga memperkenalkan new engine yang sudah mengusung 4 katup. Mesin ini merupakan jawaban atas pertanyaan kenapa Honda nggak mengeluarkan 4 katup guna menarik potensial buyer yang demen dengan performa? dilalah inilah jawabannya. Mesin yang secara spek ternyata sukses kalahkan NMax….

Intip saja ledakan power atas yang tembus 11,9KW pada 8500 RPM. Jika kita konversi ke PS jatuhnya adalah 16,1PS. Bandingkan dengan power new NMax 155 2020 yang bermain dikisaran 11,3KW pada 8000RPPM atau jika kita konversi jatuhnya 15,3PS. Terus gimana dengan torsi? untuk torsi mesin baru 4 katup Honda mampu menghasilkan angka [email protected]. Angka ini ternyata juga unggul dari new NMAX 155 yang memiliki torsi sebesar 13,[email protected] Tipis tapi bakal seru….

Yup…..new engine 4 valve Honda sepertinya cukup menjanjikan cak. Kendati tanpa embel-embel VVA ataupun VTEC pabrikan sayap mengepak sukses menunjukkan tajinya sebagai master dimesin 4 tak. Kenapa ? sebab dengan spek tersebut ternyata SH150i sudah Euro 5….edian juga sebab Euro 5 terkenal tidak bersahabat untuk performa akibat aturan emisi gas buang yang sangat ketat. Gebrakan Honda diduga tidak akan berhenti pada SH150i….

Mesin yang diklaim menggunakan “Low-friction technologies” ini disinyalir akan menjadi basis mesin untuk semua skutik 150cc Honda dimasa depan. Persaingan yang pelan-pelan akan merusak klaim ” 4 katup” sebagai andalan bahasa strategi marketing sebab dimasa depan kedua pabrikan diprediksi akan menganut mesin yang sama. Pertanyaannya…benarkah prediksi tersebut dan apakah sudah ada indikasi kearah sana ditanah air? Setidaknya melangkah pada new PCX 150 dulu, sudahkah ada pergerakan ?

Pertanyaan tersebut cukup banyak mampir kewarung IWB. Pertanyaan yang sulit dijawab karena aroma kearah sana dalam waktu dekat masih sangat lemah. Sepertinya AHM nggak terlalu ngoyo untuk ngobrak-ngabrik segmen maxi skutik cak. Hal ini bisa IWB pantau terhadap geliat mereka yang super rileks di segmen tersebut. Produksi yang lebih fokus pada segmen low entry yang menjadi lumbung Honda. Beat…..Vario dan next…Scoopy. Yup…justru IWB lebih kuat mencium pergerakan New Scoopy ketimbang PCX. IMHO AHM nggak bakal buru-buru sebab penjualan disegmen maxi kombinasi ADV-PCX masih sangat baik. So…berharap new PCX 155 dengan mesin 4 katup? mending telan dulu cak…..soale bakal sik suweeeeee…kode project wae belum nemu cak. Kuwi prediksi IWB…

Last…mesin 150 4 katup sepertinya akan menjadi gacoan Honda di masa depan. Nggak buru-buru cak, namun potensi kesana arahnya sangat besar. Walau hingga detik ini IWB belum mencium pergerakan kearah sana di tanah air, IMHO semua hanya masalah waktu. So….apakah dengan kehadiran mesin 4 katup ini Honda makin sadar bahwa mesin maxi skutik tidak hanya fokus pada kenyamanan dan fitur namun power juga perlu? bisa jadi. Faktanya rata-rata penunggang NMAX155 bangga dan menganggap mesin mereka lebih superior dibandingkan PCX. Jadi ngono pakde…horaaa usah ngarep berlebih, Honda soale sik suantaiiii puolllll (iwb)

iklan iwb
Previous articleBelum dua bulan, harga Yamaha New NMax 155 resmi naik !!
Next article[Breaking News] Motogp Argentina juga diundur, terburuk sepanjang sejarah !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!