iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..followers ki jian juozz gandozz tenan. Sepertinya sampeyan mengganggap IWB wis kayak dukun motor…kuwi cak, soale suka ngintip. Sebuah cap yang IWB sendiri ogah menerima karena takut bintitan…lha seneng nginceng lak yo ciloko cak. Nggak heran banyak para followers yang melemparkan pertanyaan mirip, apakah mesin SH155 4 katup akan dicangkokkan pada mesin next PCX 155 dan apakah tahun ini ? untuk menjawab pertanyaan ini, monggo sampeyan baca artikel berikut ini….

IWB memberikan judul PCX 155 karena mesin terbaru Honda 4 katup juga memiliki kubikasi hingga 156cc yang sudah dicangkokkan pada Honda SH155i. Yup…seperti yang sampeyan semua tahu, Honda resmi merilis new SH150i dengan mesin baru yakni SOHC 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power) di Eropa. Mesin ini diklaim lebih kencang dengan top speed jauh lebih tinggi namun tetap irit bahan bakar. Honda mengklaim dari testing internal, mesin yang memiliki kubikasi 156.9cc ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah 43,5 km?.irit cakkk. Yang menarik lagi, pabrikan sayap mengepak ternyata juga sudah menjejali fitur Traction control pada SH150i?

iklan iwb

Yup?..disebut sebagai Honda Selectable Torque Control (HSTC), SH150i Eropa memiliki fitur yang memungkinkan ban belakang terkontrol agar tidak selip. Nahh ini yang menarik. Dengan kelahiran new SH150i Honda juga memperkenalkan new engine yang sudah mengusung 4 katup. Mesin ini merupakan jawaban atas pertanyaan kenapa Honda nggak mengeluarkan 4 katup guna menarik potensial buyer yang demen dengan performa? dilalah inilah jawabannya. Mesin yang secara spek ternyata sukses kalahkan NMax….

Intip saja ledakan power atas yang tembus 11,9KW pada 8500 RPM. Jika kita konversi ke PS jatuhnya adalah 16,1PS. Bandingkan dengan power new NMax 155 2020 yang bermain dikisaran 11,3KW pada 8000RPPM atau jika kita konversi jatuhnya 15,3PS. Terus gimana dengan torsi? untuk torsi mesin baru 4 katup Honda mampu menghasilkan angka 14.2Nm@6500RPM. Angka ini ternyata juga unggul dari new NMAX 155 yang memiliki torsi sebesar?13,9NM@6500RPM. Tipis tapi bakal seru….

Yup?..new engine 4 valve Honda sepertinya cukup menjanjikan cak. Kendati tanpa embel-embel VVA ataupun VTEC pabrikan sayap mengepak sukses menunjukkan tajinya sebagai master dimesin 4 tak. Kenapa ? sebab dengan spek tersebut ternyata SH150i sudah Euro 5?.edian juga sebab Euro 5 terkenal tidak bersahabat untuk performa akibat aturan emisi gas buang yang sangat ketat. Gebrakan Honda diduga tidak akan berhenti pada SH150i….

Mesin yang diklaim menggunakan ?Low-friction technologies? ini disinyalir akan menjadi basis mesin untuk semua skutik 150cc Honda dimasa depan. Persaingan yang pelan-pelan akan merusak klaim ? 4 katup? sebagai andalan bahasa strategi marketing sebab dimasa depan kedua pabrikan diprediksi akan menganut mesin yang sama. Pertanyaannya…benarkah prediksi tersebut dan apakah sudah ada indikasi kearah sana ditanah air? Setidaknya melangkah pada new PCX 150 dulu, sudahkah ada pergerakan ?

Pertanyaan tersebut cukup banyak mampir kewarung IWB. Pertanyaan yang sulit dijawab karena aroma kearah sana dalam waktu dekat masih sangat lemah. Sepertinya AHM nggak terlalu ngoyo untuk ngobrak-ngabrik segmen maxi skutik cak. Hal ini bisa IWB pantau terhadap geliat mereka yang super rileks di segmen tersebut. Produksi yang lebih fokus pada segmen low entry yang menjadi lumbung Honda. Beat…..Vario dan next…Scoopy. Yup…justru IWB lebih kuat mencium pergerakan New Scoopy ketimbang PCX. IMHO AHM nggak bakal buru-buru sebab penjualan disegmen maxi kombinasi ADV-PCX masih sangat baik. So…berharap new PCX 155 dengan mesin 4 katup? mending telan dulu cak…..soale bakal sik suweeeeee…kode project wae belum nemu cak. Kuwi prediksi IWB…

Last…mesin 150 4 katup sepertinya akan menjadi gacoan Honda di masa depan. Nggak buru-buru cak, namun potensi kesana arahnya sangat besar. Walau hingga detik ini IWB belum mencium pergerakan kearah sana di tanah air, IMHO semua hanya masalah waktu. So….apakah dengan kehadiran mesin 4 katup ini Honda makin sadar bahwa mesin maxi skutik tidak hanya fokus pada kenyamanan dan fitur namun power juga perlu? bisa jadi. Faktanya rata-rata penunggang NMAX155 bangga dan menganggap mesin mereka lebih superior dibandingkan PCX. Jadi ngono pakde…horaaa usah ngarep berlebih, Honda soale sik suantaiiii puolllll (iwb)

122 COMMENTS

    • Ingat history ahen ahem, banyak customer terciderai dan menyesal, soalnya tertutup sekali, t-pro, pre-pro, mas-pro dan bahkan test di sircuit, jadi tidak terbaca gerak geriknya oleh warga +62, eh tiba tiba launching picex versi 4 Valve, yang sudah beli 2 Valve langsung kecewa (picex & adepeh). Kalo memang masih lama, warga +62 bisa paksa ahem ahem segera update engine. Caranya bagaimana? Gunakan buying power, jangan beli dulu kedua produk itu, akhirnya penjualan turun atau stagnan kecil, biasanya ga akan lama pasti di-update atau minor change, engine berubah ke 4 Valve sih hitungannya mayor change sih, nah kalo mayor change akan di-update juga body depan yang terlalu lebar, rear shock pakai tabung, ABS 2 channel, gadget connection, mungkin traction control juga, makanya customer loyalis Hando kompak dan tunggu saja, catat dan buktikan…masbroh, mbasis

      • Jangan buruburu.

        1. 4 klep peapea Y masih setara dengan 2 klep esp H yang cuma bisa 105- 107 kmh on gps . Tekh Y itu masih tekh nanggung dan abal2, tekh asal jadi dan asal ada. Yang penting ada gaji buat yang kerja Rodi ?

        2. Saat 4 klep H hadir ,itu adalah masa ” kiamat ” bagi Y . Yang akan benar2 terjadi yaitu Transisi Y untuk menjadi Pabrik Limbah Biji Plastik ? tiada lagi gimmick jualan yang bisa dipake .
        Tekh H yang canggih dengan 2 klepnya mampu meraup keuntungan yang sangat besar , apalagi nanti dihidangkan buat konsumen tekh H lanjutan. Tekh yang benar2 hitekh ( bukan abal2 sept tekh Y ) .

        3. Blue Ocean yang nyata akan semakin nampak, misal dimana nanti Y memasuki Fase eksport dan kaga laku sama sekali ,berhubung proses DaurUlang yang sudah sering d terapkan semakin merepotkan dan bikin habis modal…maka jalan Terbaik adalah eksport 1000 diReject Total , kemudian ditengah2 BLUE OCEAN diceplungi k laut ?

    • Kata fbh matic ga perlu top speed,. Klo mau kenceng pake sport saja ?

      Kata fbh 2 klep Honda sudah oke tapi sekarang malah pke 4 klep ?

      • Sadizzz….cak
        Yg 2 klep aj dah njengat2 apa lg nanti bikin 4 klep
        Hihihihihihi……… sebelah dah molai fanik lg

      • Itu yang dijabarkan udah euro 5 lowh… Masuk k indo dibikin versi euro 4 makin guanas lagi pastinya ?

    • yah berjilid jilid lagi produk kug sak crit critt

      saran aja mending gk usah beli Produk HonHon….rugii bandar

    • Honda biasanya pake 4 klep ukuran lebar…
      Kalo 4 klep versi Yahaha ukuranya imut-imut…
      Maklum Yahaha kalo bikin motor klep lebar boros doang lari kaga ekekekekek
      Terbukti Roadrace kelas ECU standar kebanyakan pake Sonic

    • @Marduk

      lah pakai klep lebar Y semakin di Depan…bukti noh kelas 150 bolak balik H ditabokkkk …
      apaan sosisonice itu yg lu lihat OMR kalik…???

      • Ekekekek gak liat Indoclub kelas ecu standar? itu asli motor standar pabrik, mx king babak belur ekekek

    • Gua gak bisa bayangin ,sekarang saja Ms H didunia rata2 70 persen.
      Nanti Powerfull sesungguhnya dihadirkan namun tetap irit dan efisien..maka Ms H bisa 100 persen !
      Makanya gua bilangin..saat itu tiba , maka itu adalah ” kiamat ” bagi Y ?

      Ingat ya…itu belum disematkan Vitech ! . Jika disematkan?? Makin hancur dunia Permotoran Tetangga ?

      2022 adalah momen tepat menghadirkannya.
      Dan ditahun tsb, kita bisa lihat… Cukup dengan 110 cc H , bisa bikin motor2 Y pada Nunduk ..Risih…minder…
      ?

      • Patokan bukan hanya top speed, akselerasi pcx sama nmax beda jauh bro, diajak naik gunung berdua pcx loyonya ampun, mesin meraung, lari gak ada

    • Kalo 4 klep pake yg lebar sekalian kaya Sonic/GTR… jangan kaya 4 klep Yahaha yg ukuranya imut-imut, maklum yahaha kalo bikin motor klep lebar biasanya boros doang lari kaga kaya Byson ekekekek

      • @ marduk
        masa sihh…
        lah kelas 150 cc yg megang siapa

        sochin /getetr cuma jd penggembira…???
        malah sama byson bisa2 kencengan byson….

      • Iwko
        haha, kalo udah bore up ya lain cerita dong bro..

        haha byson motor appan yah, cuma sekelas verza aja.. sama MX 135 aja udah cukup buat ngasepin byson mah… lihat saja d jalan bandung pasopati libas saja.. wkwkw

    • Blom pke VVA aj dah nyalip 1 kampung
      Pokoke juosss…lah 4 klep nya honda
      MuuuuUUUuuuuehehehe………

      • 4 klep tambah peapea ( inikah yang dinamakan tekhnologi ? ) , masih disamperin 2 klep esp dari belakang ?
        Tekh H itu sudah 50 tahun didepan Y , hanya saja H memberikannya secara bertahap. Tekh Y itu tekh dadakan. Hasil riset langsung dibuat yang hasilnya Nanggung dan abal2 ?

    • Giliran offset 1,5 CC sialan komen, tapi offset 5 CC plus 4 katup diem, bilangnya lebih powerfull yang offset 5cc
      Standar ganda macam banci

    • Org 1 kampung lagi pada tidur.. tiba2 ngacir sendirian trs berasa ud nyalip yo lek.. muehehehehe ?

    • 1,5 CC itu kecil loh cuma beda 1% nah yang kemarin offset 5cc plus 4 katup VVA bilangnya yang 150 CC loyo mlempem

  1. Mantab nih honda..strategi brilian..harusnya dari dulu yg 4 katub …biar smakin irit… mungkin vtec nya 2 taon kemudian..

    • Kalau dari dulu , maka kita2 udah gak liat merk Y ? yang dilihat kantong Plastik kresek dan kemasan Plastik dengan merk Y ?

    • Itu bukan sekedar offside ,tapi itu sebuah kesatuan dari rancang bangun mesin yang dibuatnya ? coba lihat hitung2annya dan masih Tanpa Vitech.
      Casenya beda dengan Y dimana dengan cc yang sama H itu sangat superior ,kemudian lari ke 155 menghindar namun masih saja bisa ditampuol 150. Kemudian disematkan peapea yang hanya diperuntukkan buat menyalamatkan penjualan ( Gimmick ) alias, yang penting ada laku…walaupun dijalanan, diracelogic,diatas dyno dan diGps tetap sejaban dengan 150 H .. dan masih gerah ,dirancang lagi bobot yang lebih ringan mengejar pwr , namun masih bisa diCium 150 cc dari belakang . Sekarang dikanibal klep si Reject15 ..setelah dites cuma 124 -125 kmh diSpeedo dengan ritme Getar yang semakin bertambah ( masih dibawah Adv gua ) ?
      Gua yakin, Y lagi dalam masa Bingung dan Cendrung ke batas Putus Asa .

      2022 apa yang bisa mereka lakukan ??
      Saat ini mereka sibuk mengatur jadwal ” perhelatan ” Recall massal yang bakal hadir pertengahan tahun ini ?

  2. pada ribut offside 2cc
    coba di inget lagi … saat yg lain 150 itu 148 -149cc yg artinya masih under 150cc …. namex muncul langsung offside 5cc …. 155cc
    skrg honda jabanin 2 cc di atas nmax kok ribut kebakaran jenggot … karna itungannya bukan lgi 150cc …. melainkan155cc yg jadi patokan …. klo yg murni 150 vario ada tuh ga offside kurang malah dr 150cc atau pcx current juga kurang dr 150cc ….
    lgian dr dlu yamimi mana berani bejaban klo sm cc nya …. jaman 100cc dia bikin 115cc …. jaman 125cc dia bikin 135cc …. dr dlu yamimi offside beye ga koar2 …. lebh offside dr next pcx loh 10-15cc offsidenya

      • Masa sih ? ? Berarti kencengan si lexy dari pada nyemex dan ngorox? Kok gua bisa gampang cium spakbord belakang si Ngorox dengan Adv gua? ?
        Hmmm…nanti gua beralih cari sasaran siLexy deh ?

      • @Esa
        Emak Lexy ngalahin bang adv? Situ ngukurnya dari mana di jalan macet selap selip? Wwkkwk
        Cc aja dah jelas beda, kalo pun kalah power to weight, tp bang adv di lintasan panjang akan menang jauh dibanding emak lexy

    • Yoi Man, dulu Nmax muncul ofset 5 cc para sales n fanboy larn jg pada nyela n bully, jadi wajar klo sekarang ofset 2 cc jg pada ribut, cc kecil power bejibun jga paati ada komen nyelenehnya..jadi ini cuma dinamika aja n sikapin wajar aj..

    • 135 vs 150 Satria, bukanya seperti itu bebek underbon. & itu sudh biasa yg kls 1000 Ja da yg 1200

    • Lha gmn toh? Situ pada protes nmax offside cc nya dr pcx adv? Makanya saya blg test aj sama lexy, vva lexy secara power beda tipis lho sm nmax..! trs kalah sama vario 150? Lha pcx adv emg apa..? Ya vario2 juga wong basis mesin vario kok wkwkwk… ?

      • KALO LEXY MENTOK DI 112KPJ mau LO SAMAIN NMAX 122KPJ trus VARIO150 MENTOK DI 117KPJ, PCX MENTOK 118KPJ, ADV MENTOG 116KPJ VARIO 125 MENTOK JUGA DI 110KPJ.. trus elo itu mau membandingkan yg mana??
        jangan” lo cuma lexy doang trus koar” kalo lexy kenceng.. wkwkwk

    • wkwkwkw

      Bani NgepBeHA pada ngelessss …ngakak so Hard

      Lexi vs Vario vs Adv udah banyak tuh …Lexi semakin di depa…. ehh kug ngomong kenceng2 an sih katanya matic kug buat kenceng2 an…???

    • @segogabruk iya cuk cm lexy doank.. td nya mau blg pcx+adv+vario vs nmax! Yahh pada protes cc offside takut malu2 in ? jd cukup 125 vva lexy aja ya… Gk usah baper hadapi kenyataan ???

      • Hhehe pcx or adv gk usah di jabanin yg cc offside cuy.. test sama lexy 125 aja ud ngosh2an ? ITU TADI CONGORNYA SAPA?? SAYA PUNYA DEALER MOTOR BEKAS, SAYA SUDAH MENCOBA SEMUA MERK TERSEBUT DAN SAYA TIDAK BAPER. LO KIRA LEXY BISA NGALAHIN MIO GUA> AYUK KALO MO ADU DRAG..

    • Gredeg mana yang bikin gagal ? ?
      Yang ente bilang gredek itu tetap dicari dan laku keras ?

    • @FBH NGEBUL GREDEG
      Gredeg itu apa ya? Adv gua ga gredek tu abis main di CVT,, jadi fansboy modal dikit, mau bagus tp ga mau berkorban, beli shock breaker, lampu odong2 berani mahal2 tp buat upgrade CVT ga modal wkwkwk

    • Semua bisa dilakukan , sekalipun udah injeksi kemudian disematkan kembali k sistim karbu ??
      Kalau mau mirip2 hasil Pabrikan ? Tunggu ” mainan ” BRT ( yang juga punya banyak dealer Wing ) .

  3. Mau offside 7-10 cc hora popo
    Yg pting ahm mnguasai pasar kekekeekkek..
    Wlpn ane pke produk Y ?
    Gara” pak eko di ganti semua ancur?
    Biarin Y bobrok kelkelkel.

    • Pasar H itu Super Edian ! Bukan hanya diIndo..tapi Dunia. ?
      Produk yang harus dicari dan dimiliki.. itu kata kuncinya .

    • Udah biasa bagi dia ( biasa ngenezzzz ) , Recall bagi Y itu udah KURIKULUM WAJIB ?

  4. Offside jadi 157 cc.. Wkwkwwk
    Ga sekalian 200 cc 16 klep….

    Tetep aja lemot dan ga laku, gampang bulukan… Wkwkkwkw

  5. harus nunggu 4 tahun baru bisa biat mesin 4 katup. Kata fanboy “Buat apa bikin 4 katup klau 2 katup aja larinya bisa ngalahin NMax/Aerox” Padahal kata yg punya pabrik 2 katup itu mmg lmot, makanya mau gk mau dia buat jg mesin 4katup.

    Fanboys mah mmg kadang luculucu. Mrasa lebih pinter dr para insinyur pabrikan.

    • Bukan menunggu bro, lihat sejarah 4 katup H ,apalagi plus vtechnya…itu sudah masalalu H. Terlalu superior jika H menyematkan itu disaat lawan tergopohgopoh mempertahankan hidupnya . Ada momen untuk melahirkan kembali ?

    • eh lupa, sama tambahin kompresi mesin yg baru.
      btw itu nmax baru kompresi mesinnya lebih tinggi lho dr pcx, wajar tenaganya “lebih”
      imho

  6. Mongtor bosok cuma laku nya nemex doank di bangga banggain
    Yang Laen mah ancur tuh jualan yamalu
    Jualan gak pernah menang lawan Honda masih aja koar 2
    Kalahin dulu jualan Honda

  7. Honda mengklaim dari testing internal, mesin yang memiliki kubikasi 156.9cc ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah 43,5 km?.irit cakkk.

    Ojo salah data diatas adlah Matic SH 150i jelas beda dimensi dg PCX yg lebih bongsor dan lebih berat!

  8. wew…
    kok 155…
    hmm…
    saya masih setia menunggu honda monkey jadi 25jtan…
    masih setia…
    bangke…

  9. Kalo beneran terus sebelah mau jualan apa cak?

    Kelas Sport, Bebek, Matic dikepretin semua

  10. Honda :
    Motor banyak
    Mobil punya
    F1 ada
    Robot sedia
    Pesawat Honda jet ada
    .. otak fby n sales yamalu kemana?
    Cuma punya mongtor bosok belagu banget
    Yang komen fby sales yamalu

    • Mas kurang jauh mainya ya.
      Baca deh sejarah otomotif.kalok yamaha g permah bikin mesin mobil dan F1.
      Ford aja sampai kerjasama tuh.pernah apa lagi di f1 ada tuh team yg pakek mesin yg di bangun yamaha baca deh

    • Saya pernah Overhoul Engine Toyota Celica 2003 1.8 model engine ZZT231
      Front Cover cilinder nya malah Yamaha
      Jd g usah debat
      Terima kasihlah sm Suzuki soalnya mtr Honda n Yamaha Klo dikirim dr Dealer kerumah rata2 pake mbl Suzuki
      Wwwkkk #ygbikinjepangkitaygribut

  11. Tidak ada gunanya kalau tenaga besar bobot juga berat, mending tenaga kecil bobot ringan. contoh tenaga besar bobot ringan itu seperti satria F karbu. .

Comments are closed.