iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…….sepak terjang Honda ditanah air memang luar biasa. Sebagai pabrikan yang memiliki jaringan bengkel sangat kuat serta pelayanan terbaik, gebrakan mereka disegala sisi patut kita acungin jempol. Mulai dari produk hingga orang-orang yang mengelola dibelakangnya dipegang SDM-SDM berkualitas….ahhh mosokkkk ? nggak usah berdebat dan monggo intip dari data. Tidak hanya nasional, bahkan region sekalipun Honda mayoritas sangat kuat. Contohnya Yogyakarta, Kedu dan Banyumas yang ternyata sudah menguasai market share hingga 89 %. Waaaahhhh…

Market share timpang sebenarnya nggak asyik. Apalagi ketika dominasi tersebut semakin lama semakin kuat. Tapi bukan salah Honda tentunya mereka menguasai pasar. Produk yang terus diimprove, pejabat yang profesional, respect sama masukan dan mendengarkan tiap gelintir input serta jauh dari kata “baperan” ketika dikritik menjadi kunci utama bangkitnya pabrikan sayap mengepak. Ketika mereka dihantam rival beratnya Mio dan Vixion….dua produk legendaris yang dalam sejarahnya berhasil menjungkalkan dominasi bebek dan sport Honda dibawah 2007….mereka langsung menata seluruh divisi…

Strategi dan produk dirombak. Tidak mulus cak…..namun pelan dan pasti. Perjuangan mereka diiringi penguatan sisi marketing online serta offline. Dan jika boleh blak-blakan…kiblat mereka dulu IMHO banyak nyomot dari strategi rival dimasa lalu. Saat rival mereka dipegang orang-orang cerdas, baik iklan….komunikasi marketing bahkan dari produk sendiri. Bayangin wae…turing hampir tiap bulan, kegiatan yang melibatkan segala unsur begitu bombastis. IWB wae sampe keponthal-ponthal susah ngikuti irama saking padatnya jadwal…

iklan iwb

IWB salah satu Blogger utama yang sering diajak sharing perihal produk. Kriteria yang diusung bukan berdasarkan “Like and Dislike”…namun dengan benchmark jelas dan terukur serta profesional. Hebatnya mereka sangat mendengarkan. Pahit atau manis dicatat dan diimprove untuk produk facelift. Nesu ? ora ono cak sebab dulu super pro….kalau ada produk yang kurang, pasti IWB utarakan. Contohnya gen awal 3C1 yang disebut memiliki headlamp ala sincan. Generasi kedua dengan embel-embel Advance-pun direvisi bagian headlamp sehingga makin ganteng. Efeknya ? disukai pasar dan laris manis….

Gerak lincah ini sulit diikuti Honda yang butuh adaptasi dengan perubahan dan perkembangan digital yang sangat masif. Rival memiliki ide R-Pit untuk memanjakan R series, mereka pun menyusul dengan Wing dealer. Sayang hal bagus justru nggak di maintain. Bentuk dan desain new CB150R K15A 1st gen bahkan terinspirasi dari rival. Fakta ini IWB gali secara langsung. Dilalah Honda saat itu kurang beruntung karena ternyata rival merilis 1PA menggantikan 3C1 sehingga K15A terkesan kurang update dari sisi desain. Hebatnya, nggak lama mereka merilis generasi kedua dengan project K15G. Produk ini melompat dan berhasil membuat semua tercengang karena desain yang uapikkkk puol disaat rival mulai meredup…

Yup..pergeseran dinamika rival sangat cepat. Tampuk pimpinan diisi orang berbeda yang bisa sampeyan lihat hasilnya sekarang. Orang berbeda, berbeda pula strateginya. Yang IWB terkejut Perbedaannya sangat signifikan….seperti langit dan bumi. Perbedaan yang membuat ringan pekerjaan Honda pastinya. Nggak perlu ngoyo cak walaupun dalam credo kerja mereka tidak ada waktu untuk santai….

Kini Honda makin tajam dan matang disegala segmen disaat rival melemah. Market share terus naik baik nasional ataupun regional. Contohnya di Yogyakarta (juga menaungi Kedu dan Banyumas) yang membuat IWB tercengang sebab market share mereka per 2019 tembus 89% dan konon akan terus ditingkatkan hingga 90% tahun. Asli IWB sampai bengong dan mengerutkan dahi dengan sodoran data tersebut. “What happen aya naon” kenapa begitu timpang ketika 4-5 tahun lalu masih nggak terpaut jauh ? Artinya prabrikan lain hanya disisain 10 % untuk bagi-bagi di 2020. Ugal-ugalan tenan euy….

Kuatnya penjualan per-region membuat market share Honda terus merangkak naik. Didukung SDM, jaringan dan strategi marketing mumpuni, secara nasional infonya AHM sudah menguasai 76% market share dan berpotensi terus merangsek keatas. Ini nggegirisi kangbro. Nggak bagus sih karena timpang banget. Tapi apa boleh buat karena faktanya strategi yang dipilih rival justru membuat Honda semakin berkibar…..

Last….PR Honda dari pengamatan pribadi yang cukup menonjol hanya di Bali. Kuatnya komunitas garputala serta agresifnya orang-orang yang menjabat disana membuat produk maxinya masih menjadi favorit. Selain itu dari informasi teman-teman Blogger di Bali….tim garputala di pulau dewata memang merangkul Blogger dalam berbagai aktifitas secara agresif. Main dealernya pinter cak…dan memang harus begitu. So…market share Honda di Yogyakarta tembus 89% dan nasional terus naik ? menurut sampeyan kenapa bisa begitu, monggo diskusikan secara sehat….okrekkk (iwb)

104 COMMENTS

    • Temen satu kantor, misuh-misuh, sumpah serapah gak mau beli motor dari salah satu brand gara-gara motor matik tunggangannya yang baru setahun harus ganti seher, buring lengkap karena kehabisan oli. Dia memang sama sekali tidak care dengan motor. Sebelumnya dia hanya tau nunggang saja dan gak pernak problem bertahun tahun hanya dengan supra fit

      • Klo gue asik.. malah sangat asyik lek.. liat beye hatinya panas dingin??

    • Honda dan IWB ibarat pinang di belah dua
      Selalu menerima kritik dan saran
      Beda sama sebelah di kritik ngambekan komen langsung di karungin
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

      • Bak langit dan bumi
        Bak Sultan dengan dayang ( dayang pun ada beberapa Kasta ) ?
        Jateng jangan ditanya ,emang edian Ms H disana .
        Dan benar, terjadi peningkatan besar penjualan H diDunia.
        H mesin yang diCintai masyarakat Indonesia dan Dunia… ?

    • Sejak nsr stop produksi, saya penggemar kawasaki pak, sejak honda ngeluarin cbr250rr, saya memahami bahwa honda itu sangat fokus membangun produknya satu persatu, kalo honda udah menguasai pasar dibawahnya, dia akan membangun cc diatasnya, sampe rata dikuasainya, saya jadi tau kenapa kawasaki selalu menghindari pasar yg udah di isi honda, sebaiknya memang bikin pasar baru, karena mustahil mengalahkan honda, kekuatan finansial honda luar biasa.

      • Istilah Kawak First mover
        Istilah Y blue Ocean

        2 istilah yang bermuara pada 1 tujuan…yaitu ” Pelarian ” ?
        Ditekan disini lari kesana…
        Diinjak disini kabur kesana..

      • rindu gebrakan yamaha saat launch vixion, disaat honda cuma punya megipret superjadul. saat itu yamaha jual vixion di bawah harga megipret dengan segala fitur canggih dijamannya, al : monoshock, watercooled (radiator), tampil sporty.

    • Wes tuku ae Honda CB150R + Yamaha Nmax, biar sales-nya dapat untung semua
      gak saling cakar-cakaran
      ???

      • Disaat honda fokus dengan jaringan 3S dan motor matic nya, pabrikan lain kipas kipas jualan FU dan Vixion. Setelah 3S selesai, bikin motor head to head sekelasnya. Yang lain gigit jari, 3S di suntik mati satu persatu.. honda sudah menyiapkan bekal peperangan dari 3Snya, yg lain cari untung lewat otak atik headlamp aja.

  1. Iya di Jogja honda brutal.
    Terutama kelas matic beginner.
    Beat. vario scoopy msh melenggang di jalan jogja dgn mulusnya. Ketika m3 dan sebangsanya sudsh tekk tekk dan terr terr saat di gas.

    • Suzuki tu sbenernya bagus. Tp kampret desainernya. Model tonggosnya keterlaluan…sama boncenger tidak manusiawi. Terus FUFI dr belakang kayak motor murahan.
      Cuman nex 2 sm gsx bandit kyknya yg enak diliat. Faktanya skrg nyari sekenan gsx bandit susahnya minta ampun.

    • Pasti cak…..
      HONDA pabrikan raksasa
      PRODUKYA Kualitas jempolan
      KONSUMENNYA smart
      Klop banget

  2. Jgn lupa support di olahraha macam BDL.
    Persib di Jabar dan PSM di sulsel.

    Belum lagi HRC.
    Sementara teman Jepang lainnya yg dulu suka bikin lomba sdh hilang kabarnya.

  3. Ngunda menguasai dg mbeot
    Yamama jualan motor eklusif (ningrat)
    Kaoskaki jualan motor pride
    Marzuki jualan gambar motor dan isu

    • Liat dulu penjualan motor berbagai line Up …. mulai dari mocil sampe bigbike , Masih H rajanya. ?

    • Sebelah untung se encrit …
      Habis buat ngurusin REKALAN dan buat iklan MOTOGP (tpi keokmulu)
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

      • sya lihat komen thailancung ini udah sring menjatuhkan merk yamaha min,komen kayak dini di cc jga,hati2 min,nte bsa kna tuntut undang2 ite sama thailancung ini

      • @adrian: Emangnya kaum FBenYek pada suci githu???, orang tiap hari kerjaannya nyampah mulu di dumay…

        note: gak ada asap jika gak ada api. klw gak mau disentil jangan suka nyentil….ekekekekekkkkk

      • @adrian sampeyan liat dulu FBY juga menjatuhkan merk juga, so disini anti baper jieeehahahahaha

        #eror12

    • Iya betul , Y secara Global sekelas dengan Ngastra.
      Yim itu sekelas dengan pabrik oli Ngahaem ?
      Pendapatan kerja rodi Y ( global ) disetor ke Induk Semang ( japun ) , kemudian dibagi sesuai kebutuhan Y ditiap2 negara yang ada ( global ) septnya Y indo mendapatkan prioritas karena baseprod.nya memang disini.

      Pendapatan H indo disetor ke Partner Japun sebesar 30an Persen…sisanya masuk Tabungan sendiri Bersih dan Mbulat ?.
      Belum lagi hasil tabungan Ngastra lainnya .

      • Emangnya Ngastra punya siapa? Coba cek pemegang saham mayoritasnya dari mana. Jadinya ya sama aja lah…

    • Yang pasti mbulet buat dimari… Dan sekian persen ( walaupun kecil ) ada juga Saham Gua ..bengkak semakin BENGKAK?

      Y malah Publik error ?

    • Pabrikan minoritas jual barangnya mepet honda mulu. Makanya semangkin minoritas.
      Coba harga jualnya selisih lumayan. Kalo cuma selisih 1 apa 2jt percuma, apalagi kalo pembeliannya kredit ga keliatan.
      Padahal kalo jual selisih 5jt dari honda tetap untung. Toh semangkin banyak pembelinya semangkin untung di jualan sparepartnya.

  4. Sejak pak eko di paksa mundur sejak saat itulah kemunduran yamaha di mulai, dulu saya salah satu anggota komunitas terbesar motor yamaha,tapi sekarang komunitas kami sudah tidak se eksis dulu lagi, pelan tapi pasti anggota banyak yang mundur,.
    Sempat kami berencana untuk membubarkan komunitas kami tapi kami ingat perjuangan kami dulu membangun komunitas ini ngga gampang, dengan bantuan pak eko saat itu akhirnya kami berhasil membentuk komunitas yamaha terbesar di Indonesia,..
    Keberadaan kami dulu di anggap penting, tidak jarang dulu kami di suport dana besar untuk acara? kami,..
    Tapi sejak pak eko mundur semua berubah, semua mati, semua petinggi yamaha ngga ada yang peduli dengan komunitasnya, jangankan komunitas kecilnya komunitas kami yang begitu besarnya aja skrg di anggap tidak ada.. entah skrg gimana kabarnya pak eko,kami dari komunitas yamaha sangat rindu sosok pak eko, sosok pemimpin yang bisa mengayomi, mengajarkan kami gimana caranya jd anggota komunitas yang baik, mengajari gimana caranya berbuat baik ke komunitas merk lain,.. semoga pak eko selalu dalam keadaan sehat…

    • Sebenarnya sebelum eko mundurpun sudah terjadi ? karena banyak part2 yang dipasok ngastra untuk Y ( termasuk yang digunakan secara Global ) lewat anak perusahaannya .

    • Oh ternyata isu tsb bukan isapan jempol semata yaa broo, klw petinggi Y yang sekarang itu emang betul” egois, maunya menang sendiri dan enaknya sj. beda jauh sama jaman pak eko dulu………., masuuukkkk pak ekoo…!!! Ekekekekekkkk.

    • Btw pengganti pak eko skarang siapa sih? Ngk pernah muncul di berita….

      Suka bingung siapa pejabat yimm skrng

  5. Supaya adil, makmur dan transparan serta tidak menimbulkan ke irian tlong provinsi yg lain juga di bahas kang. Demi azaz keadilan bersama dan juga supaya kesannya tidak berpihak pada salah satu. .

  6. SDM menjadi kunci utama, mulai dari penjualan sampai perawatan.

    Dan yg paling penting itu, setelah beli produk ya perawatan. SDM tukang rawat ini gimana? Apakah buat mongtor semakin sehat atau semakin sakit? Klen jawab ajalah yg pernah jd mekanik yamaha yg skrng bengkelnya tutup.

    • Resiko DaurUlang ya emang gitu…kakau gak retak, ya pecah … Amblas getar error dan akhirnya ?
      Masuk keKurikulum wajib…” Recall ” ?

  7. hahahaaha salese nangis gero-gero.aku pernah tuku motor wes 5 tahun plate durung dadi tekan sak iki……

  8. itulah Hebatnya Astra ! Pintar dalam Managementnya. skrng Astra jd Perusahaan palinh di Cari dan Diinginkan Untuk Bekerja. Banyak Orng” Hebay kerja d Astra. Standar buat masuk Astra Pun tinggi, hanya Orng” Pintar yg lolos.. Saya kemarin tes Astra gagal. memang Berat apalagi pelamarnya Buanyak

    • Alhamdulillah dr resign dr industri thn 2014 Masuk dunia retail sebagai marketing dan sampe skrng bekerja di A2000.
      hidup saya serba kecukupan.

      Astra is the best

  9. terakhir beli H anyar jaman Sonic150,sekarang gak tertarik motor anyar mau H,K,Y,S nawari motor dengan SPG rok mini pun
    malah pengen punya GL Pro atau Win saja ?

  10. Dari customercare di fb saja ketahuan cak gimana responya menanggapi apabila ada keluhan atau kritik dari produknya, walaupun yg jawab robot tapi gpp memang bener difollowup ke dealer atau ahass…
    Dan kalau dealer atau ahass habis dapat telp dari pusat sudah kaya kebakaran jenggot…
    Efeknya ke konsumen keluhan dari produknya langsung cepat terlesesaikan wkwkwk
    Berbeda dg sebelah jangankan mau bales apalagi follow up hihihi

  11. #baperan, mungkin harus ganti ke ymki lg kang..yimm krg mantul,.pdh product oke sayang petingginya skrg krg agresif..iklan nya aja gk se woww bang komeng am neng thesa dkk,,.

    • Iklan yg kelewat lebay itu ya?
      Yang justru bikin orang makin jijik krn slogan “yg lain semakin ketinggalan”?
      Ane jadi muak dgn produk yamimi.. salah satu alasannya krn itu.. iklan yg kelewat pongah. Baru aja dikasih nafas dikit sama honda, sdh belagu ?

  12. Bagi saya : siap siap konsumen ngerogoh kocek lebih dalam jika pasar sudah didominasi satu merek……Konsumen harus cerdas….

    • Kalau udah didominasi 1 merk …maka konsumennya sudah pasti makin condong ke 1 merk tsb.
      Dan konsumen yang lain yang tersisa akan Semakin mendapatkan produk lain dengan harga ” murah” yang tak bertanggungjawab dari pelayanan atas Hak konsumen sesungguhnya.
      Sedari dulu kita sudah tau, H itu lebih mahal dari lainnya..dan itu cukup sebagai jawaban.

    • Malah ada sampe Obral dengan Diskon 2 bulan cicilan ? ,belum sebulan udah diObral2…obral getar obral error obral ngadat obral unsimetris obral jalan miring ?
      Waiting 4 Recall schedule

  13. Serius tanya ke IWB, menurut pandangan IWB produk yamaha, apakah jauh berbeda dibawah ketika waktu dulu? (apakah downgrade)

    Bila perlu buat 1 artikel lagi dong, buat mukulin jidat jidat di yangmaho tu…

    • Lihat saja eksportnya ,eksport ratusan ribu ,yang k jual gak sampe 50 ribu…sisanya berkapal kapal balik Indo untuk proses DaurUlang , ingat…itu Produk global lowh .
      Yang mulus ekspornya cuman k malaysia. Dengan market total ( all merk ) Seperlima jabotabek ?

  14. Kalau di Jogja, menurut saya sektor pariwisata juga berpengaruh. kalau berbicara motor dan pariwisata, peluang bisnis yang paling empuk adalah sewa motor. dan di jogja, usaha sewa motor untuk turis dan pengunjung sangat marak dimana2. dari pengalaman pribadi, hampir semua motor yang ditawarkan adalah brand H. mngkin cuman NMAX yang mereka tawarkan mewakilli brand Y untuk motor sewaan. jadi tidak heran, jika brand H di jogja menguasai market share disana.

  15. Intinya si semua sumber daya harus dioptimalkan,bukan cuma merangkul bloger,susuki gencar ngerangkul bloger penjualannya juga tetep aja makin turun ga ketauaan kemana sekarang produk2nya di jalanan.Kalo Yamaha masih mending dengan perbandingan 5 banding 2 atao 3 di lapangan dengan honda.Ini berdasarkan pengamatan real di jalanan,ga tau klo data di atas kertas.

    • Jng disamakan suzuki bung, produk kgk ada mau blogger sejuta orang jg ngk ngaruh

      Tp pertama launching gsxr150 peran blogger sngat besar

      Ane aja kesengsem gara2 ulasan lek iwb. Sampai skrng puas sih. Lg nunggu facelift tp lama beut?

  16. Coba kang iwan tlg d bantu ptnggi ymh biar jualn laku gtu dikilik lah tuh bos ymh bnkit jgn mlongo aj mtr udh g laku jgn d poles doang gnti mdl bru gtu . Pelek mio aj udh brp plh thn g d gnti kmn itu pkirnnya desainer ymh. Jgn asal bikin motor aj model brubah ke jgn gtu2 aj….ksian ymh pemintnya sdkit…. Thanks…

  17. Secara keseluruhan emng strategi marketing dan sudut pandang si ono banyak berubah,dan jika di gali lebih dalam dalam hal teknis emang si ono banyak melakukan downgrade material,taruhlah contoh skarang hampir seluruh produknya cylinder compnya ga bisa di kolter harus ganti baru ini salah satu contoh yang fatal karena di lapangan suka tidak suka mau tidak mau terutama bengkel umum pasti bilang setiap ada bongkaran ganti piston yg di akibatkan berasap atau oil habis mending honda bisa di kolter dan otomatis biaya lebih murah untk maintenence itu mnurut saya menjandi pertimbangan seseorang untk beli produk yg sama

  18. berarti menurut fby mayoritas orang jogja bego semua ya, ga tau kualitas,ga tau mesin, kalo smart ya milihnya yamamah …

    itu argumen yang membunuh yamamah sendiri,dan sering banget saya denger.secara tidak sadar mungkin penilaian orang akan berbalik melawan argumen memojokkan seperti itu. apalagi brand awareness honda sangat tinggi,dari kakeknya, bapaknya sudah biasa memakai honda. argumen yang malah membuat integritas yamamah turun. kenapa harus ngebully orang karena motornya.

    • ya begitulah bro. negatif campaign bagaikan pedang bermata dua, tapi lebih menyerang diri sendiri daripada musuhnya.

  19. saya sih tidak meragukan kemampuan Honda untuk membuat produk apapun, yang saya ragukan adalah “kebijakan durabilitas produknya ahm” artinya apa honda bisa membuat produk yang awet seperti saat masih bernama Federal Motor yang begitu awet produk2nya, cat juga masih gilap walau umur sudah diatas 10 tahun, tapi sekarang dikantor scoopy tahun 2012 aja catnya sudah kusam, kalah sama shogun 125 tahun 2004 ku.
    Sebagai pengguna motor aku gak ingin mendapat julukan motor sejuta umat, cuman ingin market share motor yang aku gunakan sekitar 5 sampai maksimal 10 % biar tidak mendapat julukan motor sejuta umat, gak enak banget kalau di parkiran sampai bingung milih motor yang mana, cuman ya jangan sampai dibawah 5% karena akan terancam tutup pabriknya.

  20. Tetep aja lah… paling enak pake motor yang paling laris. Bengkelnya banyak, spare part banyak. Ngga pernah susah perawatannya. Lah wong saya pake motor buat transportasi harian. Bukan buat gaya.

  21. What happen aya naon?
    Coba sampean cek MS luar jawa sperti daerah makasar?
    #ojo baperan wes tuwo

Comments are closed.