iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…….sepak terjang Honda ditanah air memang luar biasa. Sebagai pabrikan yang memiliki jaringan bengkel sangat kuat serta pelayanan terbaik, gebrakan mereka disegala sisi patut kita acungin jempol. Mulai dari produk hingga orang-orang yang mengelola dibelakangnya dipegang SDM-SDM berkualitas….ahhh mosokkkk ? nggak usah berdebat dan monggo intip dari data. Tidak hanya nasional, bahkan region sekalipun Honda mayoritas sangat kuat. Contohnya Yogyakarta, Kedu dan Banyumas yang ternyata sudah menguasai market share hingga 89 %. Waaaahhhh…

Market share timpang sebenarnya nggak asyik. Apalagi ketika dominasi tersebut semakin lama semakin kuat. Tapi bukan salah Honda tentunya mereka menguasai pasar. Produk yang terus diimprove, pejabat yang profesional, respect sama masukan dan mendengarkan tiap gelintir input serta jauh dari kata “baperan” ketika dikritik menjadi kunci utama bangkitnya pabrikan sayap mengepak. Ketika mereka dihantam rival beratnya Mio dan Vixion….dua produk legendaris yang dalam sejarahnya berhasil menjungkalkan dominasi bebek dan sport Honda dibawah 2007….mereka langsung menata seluruh divisi…

Strategi dan produk dirombak. Tidak mulus cak…..namun pelan dan pasti. Perjuangan mereka diiringi penguatan sisi marketing online serta offline. Dan jika boleh blak-blakan…kiblat mereka dulu IMHO banyak nyomot dari strategi rival dimasa lalu. Saat rival mereka dipegang orang-orang cerdas, baik iklan….komunikasi marketing bahkan dari produk sendiri. Bayangin wae…turing hampir tiap bulan, kegiatan yang melibatkan segala unsur begitu bombastis. IWB wae sampe keponthal-ponthal susah ngikuti irama saking padatnya jadwal…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

IWB salah satu Blogger utama yang sering diajak sharing perihal produk. Kriteria yang diusung bukan berdasarkan “Like and Dislike”…namun dengan benchmark jelas dan terukur serta profesional. Hebatnya mereka sangat mendengarkan. Pahit atau manis dicatat dan diimprove untuk produk facelift. Nesu ? ora ono cak sebab dulu super pro….kalau ada produk yang kurang, pasti IWB utarakan. Contohnya gen awal 3C1 yang disebut memiliki headlamp ala sincan. Generasi kedua dengan embel-embel Advance-pun direvisi bagian headlamp sehingga makin ganteng. Efeknya ? disukai pasar dan laris manis….

Gerak lincah ini sulit diikuti Honda yang butuh adaptasi dengan perubahan dan perkembangan digital yang sangat masif. Rival memiliki ide R-Pit untuk memanjakan R series, mereka pun menyusul dengan Wing dealer. Sayang hal bagus justru nggak di maintain. Bentuk dan desain new CB150R K15A 1st gen bahkan terinspirasi dari rival. Fakta ini IWB gali secara langsung. Dilalah Honda saat itu kurang beruntung karena ternyata rival merilis 1PA menggantikan 3C1 sehingga K15A terkesan kurang update dari sisi desain. Hebatnya, nggak lama mereka merilis generasi kedua dengan project K15G. Produk ini melompat dan berhasil membuat semua tercengang karena desain yang uapikkkk puol disaat rival mulai meredup…

Yup..pergeseran dinamika rival sangat cepat. Tampuk pimpinan diisi orang berbeda yang bisa sampeyan lihat hasilnya sekarang. Orang berbeda, berbeda pula strateginya. Yang IWB terkejut Perbedaannya sangat signifikan….seperti langit dan bumi. Perbedaan yang membuat ringan pekerjaan Honda pastinya. Nggak perlu ngoyo cak walaupun dalam credo kerja mereka tidak ada waktu untuk santai….

Kini Honda makin tajam dan matang disegala segmen disaat rival melemah. Market share terus naik baik nasional ataupun regional. Contohnya di Yogyakarta (juga menaungi Kedu dan Banyumas) yang membuat IWB tercengang sebab market share mereka per 2019 tembus 89% dan konon akan terus ditingkatkan hingga 90% tahun. Asli IWB sampai bengong dan mengerutkan dahi dengan sodoran data tersebut. “What happen aya naon” kenapa begitu timpang ketika 4-5 tahun lalu masih nggak terpaut jauh ? Artinya prabrikan lain hanya disisain 10 % untuk bagi-bagi di 2020. Ugal-ugalan tenan euy….

Kuatnya penjualan per-region membuat market share Honda terus merangkak naik. Didukung SDM, jaringan dan strategi marketing mumpuni, secara nasional infonya AHM sudah menguasai 76% market share dan berpotensi terus merangsek keatas. Ini nggegirisi kangbro. Nggak bagus sih karena timpang banget. Tapi apa boleh buat karena faktanya strategi yang dipilih rival justru membuat Honda semakin berkibar…..

Last….PR Honda dari pengamatan pribadi yang cukup menonjol hanya di Bali. Kuatnya komunitas garputala serta agresifnya orang-orang yang menjabat disana membuat produk maxinya masih menjadi favorit. Selain itu dari informasi teman-teman Blogger di Bali….tim garputala di pulau dewata memang merangkul Blogger dalam berbagai aktifitas secara agresif. Main dealernya pinter cak…dan memang harus begitu. So…market share Honda di Yogyakarta tembus 89% dan nasional terus naik ? menurut sampeyan kenapa bisa begitu, monggo diskusikan secara sehat….okrekkk (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!