iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…pesonanya sulit ditampik. Desain yang everlasting dan nggak neko-neko. Lampu cenderung mengkotak…body membulat tidak agresif…spek ala kadarnya karena mengejar efisiensi bahan bakar dan kenyamana serta model suspensi belakang yang jadul banget termasuk cover rantai full tertutup rapat. Yup…inilah bebek Honda yang legendaris…..sosok bebek dengan desain identik “Astrea Prima” ditanah air yang resmi dirilis di tahun 2020. Seperti apa ? intip sosoknya berikut ini….

Honda Malaysia resmi merilis generasi terbaru bebek terlaris mereka yang legendaris yakni EX5 versi 2020. Bebek yang terkenal ditanah air sebagai “Astrea Prima” ini memang menjadi produk andalan Boon Siew Honda Malaysia. Desain yang Everlasting dan tetap enak dipandang mata kendati jaman terus berjalan membuat motor yang memiliki kubikasi mesini 110 cc ini tetap dipertahankan hingga sekarang. Nah… diawal tahun 2020 Honda Malaysia meluncurkan generasi terbaru yang sedikit berbeda dibandingkan dengan sebelumnya…

Perbedaan memang tidak menjamah pada bagian desain ataupun spesifikasi yang masih tetap dipertahankan seperti sebelumnya. Motor ini masih mengandalkan mesin 110cc SOHC 2 katup yang mampu memuntahkan tenaga hingga 8,6 PS pada 7500 RPM dan torsi 8,62 NM pada 5500 RPM. Kompresi motor ini cukup rendah yakni 9,3 : 1 yang artinya motor tidak membutuhkan asupan bensin oktan tinggi. Untuk pengabut bahan bakar sudah menggunakan sistem PGM-FI sebagai ciri khas Honda…

iklan iwb
iklan iwb

Tangki bahan bakar juga masih tetap sama yakni 4,3 liter dengan bobot motor yang sangat ringan yakni hanya 97 kg untuk model velg jari-jari serta 99 kg untuk model velg racing. Termasuk ban yang diusung motor ini juga tidak mengalami perbedaan. Pada generasi 2020 ban depan masih berukuran 70/90 17 inchi serta belakang 80/90 17 inchi. Yang edian cak…. untuk mempertahankan model jadul nya Honda masih menjejali perangkat rem model tromol depan belakang. Wwihhh edian klasik tenan kiiiieee. Artinya apa?

Versi 2020 hanyalah penyegaran warna dan striping. Sentuhan dengan striping berwarna orange di atas body yang di kelir warna biru. Stripe juga minimalis cak…nggak banyak coretan lebay yang membuat ke klasikan motor justru hilang. Honda Malaysia menjual bebek berdesain ” Astrea Prima” atau di Malaysia disebut sebagai EX5 ini di angka RM 4,783 atau setara dengan 16,2 juta rupiah untuk versi jari-jari serta RM 5,009 atau 17 jutaan untuk versi velg racing. Hanya ada dua warna di tawarkan oleh Honda Malaysia untuk bebek klasik ini yakni hitam dan biru. Tertarik pakde? 16 jutaan sih IWB sikat kalau ditanah air, sayang di Malaysia kiee…hiks…(iwb)

Spek EX5 dari Malaysia

ENJINSatu Silinder, Penyejuk Udara, SOHC 4 Lejang 2 Injap
SESARAN ENJIN109.17 cm³
GEREK & LEJANG50.0 mm X 55.6 mm
NISBAH MAMPATAN9.3 : 1
KUASA MAKSIMUM6.37 kW @ 7,500rpm
TORK MAKSIMUM8.62 N.m @ 5,500rpm
MUATAN MINYAK ENJIN1.0 ℓ (Selepas Ditanggalkan)
0.8 ℓ (Selepas Pembuangan)
SISTEM BAHAN APIPGM-FI (Suntikan Bahan Api)
MUATAN TANGKI PETROL4.3 ℓ
BENTUK KERANGKATulang Belakang
DIMENSI (P X L X T)1,923 mm x 696 mm x 1,046 mm
JARAK RODA1,212 mm
SUDUT CASTER26° 30′
JEJAK TRAIL68 mm
KETINGGIAN TEMPAT DUDUK747 mm
JARAK DARI JALAN138 mm
BERAT (DENGAN MINYAK & TANGKI PENUH)97 kg (Roda Jejari)
99 kg (Roda Tuangan)
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

66 COMMENTS

  1. Asik nih motor. 16 juta murah pollllll.

    Tinggal bayar. Gak perlu restorasi2an.

    Tp beli seken restorasi tetep ada kepuasan tersendiri.

    • Beritanya sdh sering muncul
      Yg jd pertanyaan,.
      Ini sebenernya honda astrea prima/grand ?
      Soale kmarn2 baca beritanya ini model astreà grand

      • @ Alan.. Daripada junjungan SiALAN yg g Payu2 ditumpuk digudang n bakal dijadikan rumpon/dibuang ke laut.. dilaut juga ikan2 g ada yang mau nempatin Rongsokan Yamalu Lan.. Kasian..

    • Y pingin jg bikin motor2 ala. Jadul, cuman mereka bingung.nantinya yang Kerja rodi gajinya bisa d rapel bertahun tahun ? trus lgi..klo bisa laku, kalau kaga? Cuman bsa nambah2i ongkos daurUlang saja ?

  2. Sebenarnya klo motor model kayak begini ini dijual di sini dan saat ini saya yakin orang masih milih motor beginian.
    kebanyakan manusia itu ingin yang Sederhana.
    termasuk motor, klo dilihat motor ini sederhana, simnple, ga aneh aneh tapi Elegan dan Berwibawa. klo dibawa ke sini saya yakin ga hanya generasi tua yang beli anak-anak muda yang berjiwa sederhana jg yakin kesengsem motor motor model beginian.
    Saya kira tadi di Indonesia, tp sayangnya di Malaysia, klo aja di Indonesia dikeluarin lg model begini dgn teknologi terkini (Mesin) saya malah pengen beli yg model beginian.
    Kangen motor teknologi terkini tp dengan design seperti : Smash, Shogun kebo, Supra 100, Honda Prima, RX-King, A-100, CB cepek/glatik, Kaze R, FizR, Satria Hiu.

  3. Mesinnya sekilas mirip Astrea Legenda..(yg terkenal rapuh)..
    Kenapa nggak dikasih mesin yg beneran Astrea Prima yang terkenal lembut dan bandel sebandel bandelnya..
    Btw ni motor yg worth to buy pada jamannya..Ora Prima ora kepenak

    • Ga minat cak. Saya tidak masalah dgn modelnya krn sampai skrg saya masih sering bawa astrea legenda. Yg jadi masalah adalah durabilitasnya cak.. apakah kualitas bodynya bisa sama dgn kualitas body motor2 jadul?

    • Bukan salah ngahaem jika sampe 40 jt ,, kan ngahaem cuman terima titip jual.
      Kalau ngerecoki harga motor yang ada tentu ngahaem kaga mau,, ngahaem punya kuasa ?
      Beda sama Y , apa kata tuannya wajib d lakukan..

  4. enek kolom komen, semakin akeh sing semakin membantu yg punya blog ratingnya naik.
    Komen sopan kok kadang masih hilang….kmn ya…?
    Suwi suwi males komen ki kang !!!
    Alon alon pindah sebelah.

  5. Komenku yo Insya Alloh sopan dimoderasi trus ga nungul.
    sing cakar cakaran mbelani junjungane ngerentet awet lolos moderasi.
    Tak komen ki mergo aku seneng karo blog iki, mugo smkin akeh sing komen sing nduwe blog san soyo akeh sing iklan.
    !!!

  6. Klo beli import ..kira2 brapa lek iwan ganteng blog ternama yg slalu updet dan berimbang beritanya?

  7. Spakbor knp ga pake plat besi lg, itu kan jg yg jd ciri khas motor jadul,
    Ga ada tuh yg pake spakbor plastik,
    Tp sepintas kya mirip Honda Kirana ya cak,

  8. Betul om … sayange Honda Astra tidak reponsive dengan motor untuk segment yang berusia 40 th ke atas atau penggemar motor jenis kalem2..
    Malah Honda Astra buatnya motor untuk segment anak smp… lancip2 kepala besar… racing2an.. njengking macam CBR dan sejenisnya…
    Daripada Honda Sonik atau GTR lebih baik menghadirkan Astrea Prima pembelinya jauh lebih banyak …

  9. Luwih masuk honda win injeksi lek…???
    Andai honda produksi lagi honda win ,pasti laris manis kie lek iwan.. opomaneh wis semi trail cakram ngarep mburi mesin over stroke koyok genio atau new beat, wesssss joss gandos seger tenann ndangak ndangak paklek …pasaran remook sriiiiiiii.

  10. Klo sampeyan beli, aku nitip ya cak… ???
    jd ingat Prima 91 ku yg pernah ndosor di tikungan Nagrek doeloe…

  11. Mtr Legendaris di Th 90 an.Bandel Awet dan Irit nya Pol.Sy dl Pernah Bl Br Msh di Angka 2,3Jt an di Sby.t Pake Sklh Smpe Lls Ttp Ngacir Mesin Ttp Hls… Kang Iwan Tlg Dong di Nego Pihak Astra Gmn Cr nya Bs Msk Ke INDO … Sy lgsg PINANG tu Mtr ?????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here