iklan iwb
iklan iwb
” Poster yang bikin geger….”

Iwanbanaran.com – Cakkkk…jian mumet ndas IWB cakkkkkkkk gara-gara sampeyan semua. Gara-gara sampeyan dan banderol Kawasaki Ninja ZX25R yang disebut hanya 70 jutaan…whatttttt?? karena isu banderol tersebut IWB dihujani pertanyaan yang sama….apakah benarkah isu tersebut ? kenapa bisa begitu murahhhh ?? ketimbang sampeyan puyeng monggo baca artikel IWB berikut ini….

Akhir-akhir ini IWB banyak dihujani pertanyaan para followers iwanbanaran tentang harga Kawasaki All New Ninja zx25r. Harga tersebut terbilang fantastis dan sangat mengejutkan karena entah Darimana asalnya disebut hanya sekitar 70 jutaan. Ternyata setelah IWB selidiki pertanyaan tersebut berdasarkan sebuah gambar editan yang menuangkan harga Off the road serta on the road dari Kawasaki All New Ninja 25R. Ketika IWB teliti harga yang menjadi patokan merupakan harga nilai jual kendaraan bermotor atau NJKB yang sudah tersebar di berbagai blogsphere beberapa minggu yang lalu….

Ada dua harga yang disebut yakni 73,2 jutaan serta 64,8 jutaan. Dalam poster tersebut harga disebut sebagai off the road. Dan berpatokan dari itu mereka mencoba untuk mengkalkulasi harga on the road dengan hasil angka termurah 74,3 jutaan dan termahal 83,9 jutaan. Pertanyaannya Apakah prediksi tersebut akurat? Benarkah Kawasaki All New Ninja zx25r hanya dijual 74 jutaan untuk non ABS dan 83,9 juta untuk versi ABS? Sebelum IWB menjawab…..IWB ingin tekankan kesampeyan bahwa harga NJKB tidak bisa disebut sebagai harga off the road karena ada unsur yang belum masuk kesana. Kita ambil contoh Mitsubishi Xpander cak….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
“NJKB Xpander Ultimate….”

Sampeyan pasti terkejut karena Xpander Ultimate di NJKB hanya 153 juta. Namun faktanya pabrikan menjual mobil ini diangka 245 jutaan OTR Jakarta saat rilis awal. Lhooo koq jauhhhh ? itulah kenapa NJKB nggak bisa dijadikan patokan. Karena untuk membuatnya on the road yang terdiri dari pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen, pajak kendaraan bermotor (PKB) 2 persen dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) 12,5 persen (kuwi jatuhnya total wis 24,5%)…masih ada komponen biaya lain. Yup….dari situ ada biaya faktor lain seperti biaya distribusi, servis atau pelayanan dan keuntungan dealer yang dipatok pemerintah maksimal 20%, maka jatuhnya adalah 245 jutaan. Itu Xpander, sekarang kita coba fokus ke Ninja…

Dari gambaran diatas dengan patokan simulasi persentase aja jika kita kalkulasi ngawur untuk ZX25R Non ABS adalah NJKB 64,8 jutaan + 24,5% (total pajak agar on the road) hasilnya adalah 80,6 jutaan. Waahh murah dong cak??

” NJKB Ninja ZX25R….”

Eittt tunggu dulu, itu benar-benar murni belum biaya lain-lain seperti biaya distribusi, keuntungan dealer dsb yang sudah IWB sebutkan diatas. Dari hasil tadi masih ada 20% yang merupakan keuntungan maksimal yang ditetapkan pemerintah dari dealer untuk satu unit motor. So…jika sampeyan kalkulasi lagi maka jatuhnya adalah 80,6 juta + 20 % hasilnya adalah 96,8 jutaan. Iki hitungan kasar IWB…kalkulasi ngawur karena kalkulasi asli jelas hanya Kawasaki yang tahu. Namun dengan hitungan ngawur ilmu dlosor gulung koming setidaknya klop dengan artikel prediksi IWB masa lalu berjudul “Rumor panas, harga Kawasaki ZX25R berpotensi lebih murah dari perkiraan ??….” yang menyebut angka 95 jutaan versi standart dan 115 maksimal untuk versi SE ABS….

Last…..jika dengan kalkulasi IWB diatas sepertinya Ninja ZX25R versi non ABS tetap akan dipasang diangka 95-96 jutaan dan ABS kisaran 110 hingga 115 jutaan. Rada optimis sih cak karena klop dengan bocoran IWB masa lalu. Btw…memang tidak ada yang tahu pasti harga asli New Kawasaki Ninja ZX25R begitupun IWB yang terbuka meleset karena kita semua hanya mengandalkan penyelidikan dan analisa. Namun kita lihat saja nanti siapa yang paling mendekati hehehe. So…saran IWB jangan mudah percaya dengan poster atau info yang cenderung menyesatkan. Terlalu besar berharap akibat iming-iming poster takutnya meleset jauh. Loro cak…sampeyan iso loro ati mengko. Menggantungkan harapan besar boleh tapi tetap yang realistis. Lha 70 jutaan…semua mesin 2 silinder 250 iso kukut gulung tikar rekkkk…nggak Ninja, CBR ataupun R25. So…New ZX25R dijual 70 jutaan? itu jawaban IWB, ada yang mau sharing dan nambahin??….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!