iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…… siapa menyangka motor yang masih terbilang baru dan fresh Facelift sudah ada promo menggiurkan. Yup… seakan tidak mau kalah dengan Astra Honda Motor, Yamaha memberikan iming-iming diskon bagi sampeyan yang ingin membeli New NMax155 untuk menggaet para potensial buyer. Konfirmasi ini IWB peroleh saat nyambangi salah satu mall di daerah Depok. Dua pabrikan dengan posisi yang bisa dibilang saling bersebelahan dan dua-duanya memiliki promo yang pastinya bikin pusing. Nahhh…emang apa saja promonya? Berikut detilnya…

Walaupun tidak pernah sudi dibilang sebagai persaingan namun kedua pabrikan Honda dan Yamaha memasang strategi masing-masing untuk mendongkrak penjualan Maxi scooter mereka di kelas 150. Uniknya cak…. selain dari sisi digital online mereka juga getol masuk ke mall mall besar berharap menjaring potensial buyer di lokasi pusat perbelanjaan. Fakta ini IWB temukan saat nyambangi salah satu mall di daerah Depok. Di sana nangkring Honda ADV-150 dan kawan-kawan yang dipajang di depan dengan tulisan sangat besar adanya spesial promo. Yup…. Promonya memang sangat menggiurkan. Apa gerangan?

Jadi cak….hanya dengan menunjukkan STNK motor sampean bakal langsung mendapatkan potongan diskon hingga Rp 1.000.000. Diskon ini berlaku baik untuk pembelian cash ataupun kredit. Promo ini berlaku untuk dua varian produk Honda yakni Honda PCX 150 serta Honda ADV-150. “ Sementara hanya untuk bulan ini, perkara nanti diperpanjang atau tidak kita menunggu instruksi…..” seru salah satu sales dengan ramah. Yang menarik cak promo ini tidak ada hubungannya dengan status penjualan. Kita pasti berpikir promo merupakan indikasi produk kurang melejit penjualannya….

iklan iwb

Oh nggak mz, penjualan PCX sangat bagus…. mudah menjualnya. Saya kemarin berhasil menjual 8 unit PCX 150. Sepertinya mungkin stok dari pusat produksinya sedang banyak. Yang pasti biasanya hanya sementara……” seru sales. Hhmm…make sense. Karena IWB ingat betul pada saat tes interview tahun lalu AHM memang berniat meningkatkan produksi ADV-150 ataupun PCX 150 ditahun 2020. Kayaknya klop cak. Btw…mana yang lebih laku antara Honda PCX 150 atau ADV150? “ Sebenarnya banyak yang tertarik dengan ADV150. Tapi mungkin karena harganya lebih mahal konsumen akhirnya memilih PCX 150. Jadi selama ini memang lebih banyak PCX150.…” tambah sales….

Nah…. beda Honda beda juga Yamaha. Sama-sama memamerkan motor andalannya dalam satu mall, mereka memiliki strategi lain. Jika Honda memberikan iming-iming promo cashback atau diskon langsung Rp1.000.000 baik pembelian cash ataupun kredit….. maka Yamaha mengambil Jalan berbeda dengan memberikan potongan 2 tenor angsuran pada all new Nmax 155. Dengan uang muka Rp 2,4 – 3 juta maka sampeyan berhak mendapatkan potongan 2 kali angsuran….

” Potongan untuk cash ada nggak ?...”tanya IWB. “ Untuk potongan tenor hanya berlaku kredit. Untuk cash harga Masih normal yakni 29,5 juta mz...” seru sales Yamaha. Total ada 4 sales yang sedang standby di lokasi. Namun Dua di antaranya sedang sibuk di belakang meja sambil mengawasi. ” Btw…. untuk versi ABS ready stock nggak? “ tanya IWB lagi. ” Harus inden mz karena kita hanya mendapatkan 1 hingga 4 unit untuk tipe ABS dalam 1 bulan. Kalau untuk non ABS ready mz…” cetusnya. Nahhh… Berarti benar dugaan IWB, Yamaha fokus pada versi non ABS sebagai senjata. Terbukti produksi untuk versi ABS jauh lebih kecil dibandingkan dengan non ABS setidaknya untuk saat ini….

Ngomong-ngomong kita beli cash bisa nggak untuk New NMax ? ” tanya IWB. Di sinilah moment mengejutkan terjadi. IWB nggak nyangka karena sales yang di belakang meja langsung berdiri dan nyeletuk….” Buat Mz Iwan pasti bisa cash…!! Mau ambil cash ready ! ” tukasnya tertawa. Hasyemmm….jebule kenal cak. “ Waduhh…gagal neh gali informasi yang real. Sampeyan kenal saya jadi jawabannya langsung tegas….” timpal IWB disambut tawa terkekeh. Singkat cerita ternyata doi merupakan followers Setia iwanbanaran…

Saya ucapkan terima kasih atas artikel mz IWB. Gara-gara disambangi dan dijadikan ulasan banyak biker cari R15 yang datang ke dealer kami saat itu…” cetusnya. Walaaahhh….IWB malah nggak ingat. Kapan kuwi? “ Udah lama mz…emang udah lama…” serunya. Oalaahhh….pantessss. Selama ini IWB lumayan sering survei langsung berpura-pura sebagai konsumen untuk menggali informasi ke dealer. Biar komprehensif cak. Tapi sekarang lumayan sulit karena banyak yang mengenali muka. Alhamdulillah sih cak…jadi punya banyak teman di manapun lokasinya…

Celakanya karena banyak yang yang mengenal justru sekarang sangat sulit untuk mencari informasi real di lapangan. ” Mz Iwb sekarang lagi demen ngulas RZR sama XSR ya….saya follow juga di IG…” serunya. Waladalah jebule follow semua kanal cak, mantap neh. Akhirnya kita pun ngobrol panjang lebar. Khususnya penjualan motor yang Memang sekarang di dominasi oleh Maxi Scooter. Bahkan untuk menjual Motor Sport favorit masa lalu juga sangat sulit. “ Vixion…..sekarang jarang banget nanya motor ini. Yang paling bagus ya NMax penjualannya. Mau model lama dan baru sama-sama laku….” tutupnya..

Tidak bisa dipungkiri senjata utama Yamaha memang NMax, itu yang paling kuat. Hal itu diakui oleh sales yang berkecimpung langsung dan menjadi garda terdepan. Nggak heran Yamaha all out berusaha mengangkat motor ini semaksimal mungkin. Terbukti produk masih anget wis langsung diiming-imingi promo potongan 2 bulan angsuran. Sayang, hilangnya data AISI membuat kita buta total terhadap pergerakan market ditanah air. Mana yang paling laris atau susah bergerak? ora terdeteksi cak….

Last….jadi kalau sampeyan nyidam ADV, PCX atau NMAX sekaranglah saatnya cak terutama ADV dan PCX karena promonya nampol tenan. Kalau NMAX masih fokus untuk kredit saja. Btw…Foto session menjadi penutup pertemuan kita bersama para sales Garda terdepan pabrikan garputala. Pakai kolor dan sandal swallow tidak menghalangi mereka minta foto bersama. Beihh jane isin cak asli….koyo wong mbambung soale pacakane rekkk. Singkat cerita setelah ngobrol ngalor ngidul IWB pun berpamitan. ” Yo wis saya pamit dulu….gagal neh mau ngetes bisa cash atau nggak…” cetus IWB disambut tawa para sales Yamaha. “Bisa mz IWB…mz IWB bisa cash koq..” jawab mereka tertawa. Sebuah pertemuan persahabatan yang menunjukkan betapa beratnya perjuangan para garda terdepan dalam menjual produk-produknya. Semangat cakkkk……(iwb)

59 COMMENTS

  1. Penjualan motor lagi lesu memang ya, garpu tala dan Kepakan Sayap saling tebar promosi.

    Coba mas Iwan Rekrut orang buat dadi mata – mata…

    • Buat memata matai udah berapa korban check engine bro? Kayaknya gak perlu.. terbuka dan dibuka dengan Gamblang bro ?
      Y memang luar biasa ,fresh dari oven DaurUlang langsung Obral potongan 2 bulan plus dapet Undangan k bengkel terdekat mendapatkan Pelayanan menonaktifkan Mil check engine dan Plus dapet Kupon untuk jadwal Gathering Recall nantinya ?

      • Ini kacung gembel masih aja bahas check engine, udah basi woy cuma indikatornya doang nyala tapi mesinnya normal tuh, bukan problem berarti… mending lu urus tuh Picex ama ADV motor LEMOT n GREDEK dari lahir, itu baru motor cacat ??

    • Mau tau jualan bulan januari 2020? ?
      Pcx rekor memang ,dari November 2019 sampe Januari edian naik Signifikan . Itulah gunanya H tandemkan Pcx dengan Adv ..saling mengerek Penjualan ??

    • ya gitu Hardno klaim market tertinggi
      nyatanya megapro, blade, spanci, lalu BeaT BeAT puup juga disuntik mati ???

      next pcx adv verzaa cbr …

      • Yg Lo sebutin itu pernah laku om
        Coba bandingin dari y
        Bison ,kalajengking,Xeon,dll
        Oh iya satu lagi aerox125
        Yg blm sempet kejual tapi dah di suntik obat celeng

    • SiAlan pasti hadir klu junjunganxa N-Error Max dibahas.. Ruarrrr biasa SiAlan mati2an mmbela Yamalu.. Beast tenan..

      • Nemex dan motor lain Y itu dieropa cuma mejeng doang diteras dealer , setelahnya…berKapal kapal dibalikin k Indo dan akhirnya didaurUlang ?
        Sh 300 dan 125 tiada lawan
        Xmax 300 ? Ko sama forza 300
        Xmax 125? Ko sama forza 125
        Nemx ? Jauuuuuuuuhhh dibawah jualan Pcx ?
        Bigbike H punya 7 varian yang laris..Y cuma 4 varian.
        dari metik sport menengah hingga bigbike , gak ada yang menonjol dari Y .
        So..yang laris Untuk intern Y cuma xmax125 ?
        .
        Udah dipotong 2 bulan angsuran kaga laku juga?
        Awas kram dan kesemutan Akut ?

    • 10 Merk Motor terlaris 2019 di Eropa

      Honda : 243,463 unit
      Yamaha : 170.321 unit
      Piaggio : 161.790 unit
      BMW : 106.639 unit
      Kawasaki : 68,512 unit
      Kymco : 70,019 unit
      SYM : 67.516 unit
      KTM : 62,185 unit
      Peugeot : 48,834 unit
      Triumph : 2% market share

  2. Yamaha gak berani ngasih diskon buat cash karena lagi butuh duit buat nambal biaya produksi motor2 yamaha yang lain.

    • Yamaha itu produksi dan mantau
      yg ngasih diskon deler
      deler melakukan secara efektif dan efisien
      diskon juga membebani deler
      yg penting deler melayani dengan menjual produk yg berkualitas dgn nilai harga OTR motor yg dijual pas di banding kompetitor , konsumen puas…

  3. ADV 150 kayaknya emang jarang peminat ya cak. di jogja jarang banget ktmu adv 150.. pdhl dulu di gembor2 kan. memang lbh banyak pcx bersliweran di jalan, faktor harga juga mungkin

    • Adv diperuntukan buat fbh yang antimainstream sj broo, ngomong” trabasan…,trail Y yang dilauncing kemarin kemana yaa kok dingin menggigil gini, sedingin ngemil es batu di kutub utara…???.!!! Eh lupa dink kan kebayakan Fby crosser berdaster mana mau mereka selangkangannya kenapa napa. Fby cukup naik Xered saja (dibaca=seret)…!!! Ekekekekekkkk.

  4. Tinggal pilih mau fitur gredeg atau engine check nyala terus. Kalau saya sudah terlanjur pilih fitur gredeg

  5. Seperti biasa…
    Yamama kalo ngasih potongan,,pasti buat yg kredit
    Heraannn deh…dpaksa buat kredit mulu

  6. Pengalaman pribadi pembelian cash nmax dan all new nmax dilayani dengan baik di yamaha fss bandung…silahkan hubungi sales counternya…kebetulan yg menangani pembelian saya sales nya namanya Sipa…., mangga di cobian…

Comments are closed.