iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….akhirnya penantian kita terjawab. Setelah Suzuki Saluto nongol diajang Taipei Motorshow 2019, kemarin Suzuki resmi merilis skutik yang digarap desainer Italia Alesandro Tartarini tersebut. Dan ternyata cak…warna yang ditawarkan banyak juga…keren semua. Nah, tahukah sampeyan berapa banderol resmi Suzuki Saluto 125 ? intip detilnya dibawah ini…

Akhirnya setelah kita menunggu selama hampir tiga bulan Suzuki resmi merilis skutik Retro mereka saluto 125. Motor yang berhasil menyita perhatian banyak fans Suzuki serta biker tanah air dengan desain yang kental rasa eropanya karena digarap oleh desainer Italia Alessandro tartarini tersebut secara resmi diluncurkan dengan harga yang ternyata cukup mencengangkan. Yup…. harga tidak bisa dibilang murah walaupun kita sendiri tidak tahu… Apakah banderol ini bagi Bikers Taiwan sudah sesuai mengingat pendapatan perkapita kita beda dengan mereka. Taiwan lebih tinggi cak gajinya….

Yup…. Suzuki Saluto 125 resmi dirilis di Taiwan sebagai negara satu-satunya yang mendapatkan secara awal sang retro. Menggunakan mesin 1 silinder SOHC 2 katup dengan bore x stroke 52,5mm x 57.4mm serta kompresi rasio 10.3 : 1….. motor Retro ini mampu memuntahkan tenaga hingga [email protected] RPM dan torsi 10NM/6000RPM. Cukup baik cak. Sementara bagian kaki-kaki motor ini dibekali dengan ban berukuran 100/90 depan dan belakang (ukuran sama) dengan ukuran ring pelk yang cukup imut yakni hanya 10 inch. Terus piye dengan kapasitas tanki ?

iklan iwb
iklan iwb

Suzuki saluto 125 memiliki kapasitas tangki 5,5 liter dengan konsumsi BBM yang ternyata sangat irit.  sebagai informasi dalam pengetesan internal konsumsi BBM untuk perkotaan mencapai 46,49 km per liter. Kemudian pada testing dengan gas konstan kondisi lancar bisa tembus 62,21 km per liter. Dan pada kondisi normal motor ini sukses menembus 51,7 km per liter. Jadi memang iritttt. Yang menyenangkan lagi cak, Suzuki Saluto 125 sudah dibekali dengan shock breaker model dual dibagian belakang. Jadi pasti bantingannya mantap…..

Yang menjadi poin penting lain adalah…Suzuki Saluto 125 sudah dijejali kunci model keyless sehingga aman dari maling. Termasuk USB charger 5V2A, jok yang sudah dibekali spring return dan semua lampu full LED. Sayang tidak tergali Berapa kapasitas bagasi sang kuda besi. Tapi jika menilik profil kontur dari bentuk bagasi sepertinya cukup besar. Suzuki Saluto memiliki bobot sekitar 114 kg dengan wheelbase 1,250mm serta jarak Jok ke tanah mencapai 760 MM. Dengan spek tersebut motor ini pasti lincah dan dan nyaman…

Suzuki Taiwan menjual Saluto 125 dengan beragam warna yang cukup keren. Total ada 5 warna yakni Milano White, Tuscany Grey, Emerald Green, Venice Red, dan Black. Yang jadi pertanyaan, berapa harga resmi Saluto 125? ternyata lumayan tinggi yakni di Kisaran 78,000 yuan. Jika kita konversi ke rupiah jatuhnya sekitar 35,3 jutaan. Hhhmm…mantap juga euy. Tapi kuwi harga Taiwan cak….. semoga saja untuk harga Global lebih rendah.

Last….Sejauh ini memang belum ada konfirmasi apakah Suzuki Indonesia akan membawa Saluto 125 ketanah air. Kabar terakhir dari pak Yohan Yahya (PT SIS) sih mereka sedang mempelajari kearah sana. Saluto 125 ? Bakal pusing nih berapa Suzuki Indonesia akan memasang harganya….udah CBU dilalah banderol cukup tinggi. Saluto ? 35 juta masuk ora kiro-kiro cak ? monggo berikan opininya…(iwb)

Spesifikasi Suzuki Saluto 125

  • Engine form: single-cylinder air-cooled engine SOHC 2 Klep
  • Displacement 124.0 c.c.
  • Bore / Stroke 52.5mm × 57.4 mm
  • Compression ratio 10.3: 1
  • Power : 9.26 HP / 7,000 rpm
  • Torque : 10Nm / 6,000 rpm
  • Driveline CVT
  • Instrument LCD electronic + pointer
  • Suspensi depan teleskopik
  • Suspensi belakang ganda
  • Ban depan 100/90-10 56J
  • Ban belakang 100/90-10 56J
  • Rem depan Single hydraulic disc brake
  • Rem belakang tromol
  • L x W x H 1,805mm x 690mm x 1090mm
  • Wheelbase 1,250mm
  • Seat height 760mm
  • Equipment weight: 114kg
  • Fuel tank capacity 5.5L

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

84 COMMENTS

  1. Paling ntar yamaha duluan yg rilis model mirip begini,trus ahm ikutan liat pasar dulu kalo laku baru bikin model yg lebih advance dr kompetitor

    • Suzuki klo kalo mau bangkit LG gampak kok cakkk.. hire aja saya kang, hehe.. klo saya dijadikan konsultan R&D Suzuki motor Indonesia, saya akan buat gebrakan cak :
      1. Datengin saluto ke Indonesia (harga 23-27jtan)
      2. Datengin V-Strom 250 (harga 45-50jtaan)
      3. Facelift GSX 150R, bikin jok belakang lebih landai(friendly boncenger)
      4. Facelift bandit 150(pasang keyless) striping baru (kuning Bumblebee & biru moto GP)
      5. Inazuma di permanis & harga di sesuaikan LG
      6. Masukkan GSX 250R 2 silinder (pricing strategi)
      7. Buat motor retro kyk xsr155, pakai basis mesin gsx150r( retro DOHC bringas)

      Insyaallah dgn Suzuki menerapkan strategi diatas, hanya butuh waktu kira2 6bulan, Suzuki bakalan no 3 besar di Indonesia setelah Honda & yamaha

      Salam jos gandos cak

      • Poin 7 sebenarnya Suzuki udah ada model neo-retronya. Cek aja Suzuki SV650X-TER. Kalo bisa di-lokalin ke 150cc, jozz gandozz qui..
        Dan harusnya sih sangat possible kalau pakai basis dari Bandit.

      • 1. bagus untuk ngisi pasar retro
        3. nggak begitu penting, tapi kalau dilakukan bagus karna bakal memudahkan konsumen untuk mengambil keputusan
        4,7. baiknya digabung, karna dari sejak gosip aku kira bandit bakal retro tapi ternyata…
        2,5,6. Ini sulit untuk pasar +62, terlalu sulit

        Masukan dari ku Suzuki ambil platform mesin Gixxer SF 250 karna dari situ bisa lebih mudah mengakar developmentnya apakah mau dibuat retro, adventure, trail, atau lebih gokil lagi itu mesin dipasang ke Satria jadilah Satria F250 ultra underbone

      • Terlepas dr harga dan modelnya, sy menyoroti lingkar rodanya yg 10 inch sepertinya kekecilan dan gak masuk mindset org sini, menurut gua mending dipelajari opsi ring 12 aja dulu , krena klo ring 12 itu demplonnya msh dapet

      • Bentar lagi scoopy advance 125 brojol..dengan seabrek fitur dan model super duper cuakep . Alhasil saluto makin enggan masuk k sini ,kec. Bisa diprod. Disini agar bisa petantang petenteng melawan bandrol Scoopy.

    • Cuma ini model suzuki cc kecil yg cantik… Sisanya Maaf… Jelek sekaleeeeeeeeeeeeeeeee..

      Jika si Salto.. Gk di lokalin….
      ???? mending,,,, kite lupakan merek 1 ini…

      • Si bloondy anggota parabeha mbeat mbeot cuihhh… Baru segitu langsung cuah cuih.. Yg pantes di cuah cuih itu lu pada.. Baru segitu udah sewot, padahal kerjaan kalian lebih parah nyinyir kaya setan merajalela.. Gila aja lu behaaaaa behhhha..

    • 35 juta ya mending beli Vespa sekalian.
      kalau Saluto mau laku di sini harus berani pasang harga setara atau lebih murah daripada Scoopy

  2. siap dana 40jt …. kang
    drpd merk italy saya mending tguin ini …
    tp semoga harga bisa kompetitif aja jika di bawa ke sini …. biar semua bisa merasakan kembali kejayaan sijuki …

    • halahhh kirain dilaunching di sini taunya di taiwan…sudah kadung semangat iki beneran di launching akhirnya dan ternyata judulnya disonoh lagi disonoh lagi pengen banget lempar ni sendal swallow sama yang bikin judul.. harganya kalo disini sama in aja sama honda beat pasti ngacir penjualan 125cc suzuki.. ampun dah mas iwb bikin beritanya

  3. Suzuki dimari mh budeg kang..motor keren djual dluar,motor design nyeleneh jual dsni..padahal market sepeda motor terbesar di Indonesia..semoga suzuki kmbali ke tagline inovasi tiada henti dan designer nya ganti sesuai selera sini,gsx mesin oke sayang design..

  4. 125 cc…?? saya kira 110cc… tapi klw harganya sama dengan vario 125 ato dibawah vario 150 masih okelah… dengan seabrek fitur yang disematkan…

  5. 35 jt buat pasar tiongkok worth it lahh dengan gapake sunat fitur teknologi,smisal di bawa ksni di harga sgitu + sunat teknologi fiturnya bru kebangetan

  6. WAJIB DI BAWA KE INDO KANG, PASANG HARGA 20 JUTAAN … MOTOR DESAIN CAKEP JGN DI LUAR NEGERI MULU ..YG DI BAWA KE INDO DESAIN APA ADANYA TOBAATT SUZUKI!!!

  7. skrg ini lg jaman nya resesi, para pabrikan konsen di pasar dimana posisi mereka kuat, dan meninggalkan negara yg dianggap tidak menjanjikan, untuk menghemat sumber daya dan mengurangi kerugian atau memaksimalkan keuntungan

  8. Suzuki selera jualannya gak banyak2 kan…., penting survive, market bertumbuh. mesti bikin model metic retro classic, stang telanjang, garpu ala sport.. Belajar dari fino, ambil celah…. Sebenarnya basic Fansnya di lapisan bawah masih banyak, sayang gak diapresiasi.

  9. Emang suzuki masih mau jualan di Indonesia..?? Niat gak niat gitu jualannya… Prediksi gue mah tahun depan udah tinggal nama nih pabrikan motor di Indonesia, heuheu

  10. Lawan Saluto itu Yamaha Nozza Grande/Grand Filano yg sama” 125cc dan beraura retro. Grand Filano pernah dijual secara IU oleh Yamaha dg harga 28 juta. Bisa dikira” Saluto kalo masuk ke Indonesia pasti kena bandrol 20an juta.

  11. Mosok 46km/l dibilang irit? Noh, HONDA REVO VIT gue, dipake geber2 sruntulan ngubek nmax masih tembus 65km/l. Mana lingkar ban lebih besar lagi, 17″. Ada lobang hajar, banjir dikit gak mempan, skutik mah mana berani kayak gitu. Kalau dari segi harga sih setara lah ya, motor gue dengan DP paling rendah dan angsuran paling lama juga totalnya tembus 35an juta, setara harga motor sport Mana sekarang sudah lunas lagi, bpkb udah di tangan cuy. Jadi ya so pride lah.

    • Hahaha…
      Soal irit-iritan emang Onda nggak paling juara karena dari awal berdiri mereka fokus mesin 4 tak sebab Sochiro Honda sudah memprediksi 4-tak bakal lebih menjajikan dimasa depan.
      Cuma yaitu motor H jaman now bodinya ringkih kalo udah usia 10 tahun, kadang lubang2 bautnya jg udah aus jadi kendar kendor gitu.

  12. digosok trus mas bro biar bisa masuk sini, lumayan model eropa kwalitas jepang, retronya banget ke Italy (Vespa).
    Tak nabung, klo ada rezeki beli 2, 1 Suzuki Esteem 95 satu lg saluto, klo blm ada rezeki ya ikhtiar lg sama trus berdoa minta pada yg Allah SWT.

  13. Di taiwan produk ini bisa saja bukan premium. Harga dibawah GSX-R150 ataupun S150. Dengan interpolasi harga harusnya dijual disini dengan harga 17 sampai 20jt sj. Syarat tapi lokal CKD. Jadi semoga di rakit di sini segera.

  14. Gak Payu alias gak laku kl dijual CBU, tau deh kalo dijual CKD. Ingat aja kasus Honda SH150 yg laris manis du Spanyol sana, tapi gak payu blas begitu dijual disini. Kalah bersaing sama PCX atau Vario.

  15. Kalo menurut saya pribadi kalo misalkan saluto di produksi lokal itu mesinnya juga di bore up ke 150cc biar nanti kalo mau bikin Maxi skuter juga pake mesin ini apalagi juga Vespa ada juga kan yg mesinnya 150cc dan juga kan Maxi skuter ini masih menjanjikan pasarnya

  16. Ora payu cak klo harganya segitu. Paling payu segelintir buat yg penasaran dan pengen tampil beda namun banyak uang. Klo dijual di bawah Scoopy lha baru payu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here