iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Bumi goncang gancing lintang kerlap kerlip (haiyahh opo sih kuwiiii :mrgreen: ). Pokoke semua dibikin geger terperanjat dengan gebrakan Suzuki yang berani menelurkan varian baru. Sebuah segmen anyar yang membuat mata IWB terbelalak…edian kreatif juga neh Suzuki. Bebek dirubah menjadi model semi trail dengan label Raider J crossOver. Dan setelah melihat fotonya secara komen pribadi…jangan dibawa kesini !! lho nyapooo ???

Suzuki Filipina secara mengejutkan meluncurkan segmen baru di kelas bebek. Sebuah segmen yang sudah digarap di kelas skutik namun untuk Moped memang baru pertama kali ini. Sebuah motor yang disebut sebagai cross over dengan label Suzuki Raider J crossover. Yup…. sesuai namanya sampeyan akan melihat sosok motor bebek menggunakan dual Shock bagian belakang … sementara suspensi depan cukup jangkung cak…

Suspensi ini memiliki jarak main yang panjang sehingga memang cocok untuk melibas jalanan rusak. Tidak mengherankan karena Suzuki meracik Raider J crossOver sebagai sosok Crossover yang artinya siap digunakan di jalanan rusak sekalipun. Intip saja bagian kaki-kaki….sampeyan akan melihat motor ini masih dibekali pelk jari-jari. Tidak hanya itu Suzuki juga menjejali rem cakram single piston dengan disk model kembang. Lalu pada tabung suspensi kita juga menemukan adanya rubber cover untuk menutupi Inner tube….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sementara di bagian belakang cenderung identik dengan motor bebek tanpa banyak ubahan. Rem belakang juga masih mengandalkan model tromol. Suzuki Raider J Crossover menggunakan mesin bebek 4 Speed kopling otomatis. Kendati mengusung model Crossover ternyata dapur pacu motor ini juga tidak terlalu besar yakni hanya 113 cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 9,2HP dan torsi 9,1 NM. Yup…. mesinnya memang identik dengan Suzuki Shooter FI ataupun Smash ditanah air. So… soal durability tidak usah diragukan. Pertanyaannya Mungkinkah motor ini memiliki potensi jika dibawa ke tanah air?

Dari pandangan pribadi sangat berat. IWB tidak sarankan PT SIS memasarkan motor ini kecuali mereka sudi berjuang keras. Sebab Filipina beda dengan Indonesia di mana porsi Market Share untuk motor bebek masih cukup kuat di sana. Sementara di Indonesia market bebek sudah tidak lagi menjadi favorit apalagi dibarengi dengan desain yang begitu melenceng dari selera Bikers Indonesia. Inovatif tapi selera pasar tetap harus diperhatikan. IMHO mendingan PT SIS fokus pada segmen matic yang digandrungi oleh para biker tanah air….bener ora cak…

Last…. Suzuki Raider J cross over dijual dengan harga 63.900 Peso Philipina atau sekitar 17,3 jutaan rupiah. Motor ini ditawarkan dengan banyak varian pilihan warna seperti merah, biru, kuning serta hitam. Nah…. kalau menurut sampeyan sendiri gimana Cak, tertarik nggak jika model Ini dibawa ke tanah air? Monggo berikan opini sampeyan di kolom komentar….gazzzz..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!