iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…selama ini kita cukup penasaran berapa sih market share serta jumlah motor yang terjual dinegeri gajah putih? Sebagai negara yang dipercaya menjadi pusat produksi beberapa pabrikan, pasti akan menarik untuk kita bedah. Namun siapa menyangka penjualan roda dua di Thailand ternyata lumayan jauh dibandingkan Indonesia. Dan yang menarik, ketika IWB mengintip market share motor Honda disana…walahhh jebule ternyataaaaaaaaaaa????

Seperti dilansir bangkokpost penjualan motor di Thailand pada tahun 2019 Mengalami penurunan dibandingkan 2018. Penurunan mencapai 3%,  sehingga Jika dikalkulasi jumlah motor yang terjual di negara Thailand tahun kemarin mencapai 1,74 juta unit. Dari sini IWB sudah garuk-garuk alis karena penjualan motor di Thailand ternyata tidak sampai 2 juta unit per tahun. Waaah adoh rek jebuleeee. Padahal di Indonesia, seperti yang kita tahu penjualan motor tahun 2019 sudah berada di Kisaran 4,5 jutaan. Menilik Thailand adalah pusat produksi banyak pabrikan seperti Honda ataupun Kawasaki bahkan juga Yamaha, jumlah ini cukup mengejutkan…

Mungkin karena jumlah penduduk Indonesia cukup besar yakni tembus 250 juta jiwa Sedang Thailand masih dibawah itu. Terus gimana pangsa pasar disana? Menurut informasi dari Mr. Kimura presiden direktur APHonda Thailand yang juga mantan direktur marketing PT Astra Honda Motor, Honda Mengalami penurunan penjualan sekitar 2% dibandingkan dengan tahun 2018. Tercatat 1,37juta motor Honda di Thailand terjual selama tahun 2019. Dari sini IWB kembali berhenti dan mencoba membaca ulang. Lha piye cak…. 1,7 juta unit sementara Honda menjual 1,3 juta unit….lha terus piro market sharenya ?? ….

Jika dikalkulasi menurut Bangkokpost berarti APHonda menguasai Market Share roda dua sebanyak 78,7% secara nasional (Thailand). Angka ini menandai penjualan terbesar Honda selama 31 tahun berturut-turut di Thailand. ” Kami puas dengan penjualan motor Honda di 2019 menilik market share yang terus turun 2% pertahun..…” seru Kimura san seperti dilansir bangkok Post. Honda saat ini juga getol mengembangkan sistem motor listrik di Thailand dengan menggandeng Universitas Teknologi King mongkut Thonburi Thailand menggunakan PCX electric…..

Last…. cukup mengejutkan Honda ternyata menguasai market yang juga sangat besar di Thailand. So APHonda dan Astra Honda Motor ternyata saingan soal market share. Jika AHM kisaran 76% namun di Thailand ternyata lebih besar dengan 78,7%. Sayang tidak dijabarkan produk apa saja yang menyumbang penjualan terbesar di Negeri gajah putih. Apakah Honda PCX 150, CB300? Atau varian lain? Nggak paham cak…sing jelas ternyataaaaa…..dominasi pabrikan sayap mengepak tidak hanya di Indonesia tapi juga di Thailand. Ediann tenan ! btw CB exmotion mbokya dibawa kesini rek….ganteng euy soaleeee….(Iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

91 COMMENTS

      • Secara market glogal H emang laris, tp yang perlu diketahui market itu ada 3 tiga yaitu kelas bawah, tengah dan atas, jika kita bicara market kelas bawah (motor cc kecil) ya jawabannya yang juara adalah H…. Sesuai kasta nya, tp jika bicara market kelas atas yang juara siapa? ya Ymh adl sultan dan master dikelas atas secara global… Paham

    • mau 70 kek 80 kek 90 % itu produksi yg numpuk digudang setiap bulan di target forecast

      sebelah adem ayemmm terpenting balance biaya operasional dgn margin income

      beda kalau H market turun mereka orientasi share jadi bakal AutoKebakaran
      jgnkan turun lha wong katanya udah market 80% BeAT pop vario, Megapro disuntik mati…😂😂😂😂😂😂😂

    • Bijmane pul? Ngga bikin artikel rikol CRF250 Rally? Ato artikel rikol sproket rontok? 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    • @soundwave

      kelas apanya sih kelas atas teh yang yamaha itu motor apa sih? nmax? xmax? tmax? atau apa sih?
      r25? r3? atau yang mana sih?
      asa ga ada gaungnya sama sekali yah.. persaaan kelasnya bnyak di baeah 500 cc.. sisanya ga terlalu laria manis.. ah
      suka halu dia…

      • Coba dibenturin jualan lokal disini ah
        Beat Vs mio (mio tepar)
        Revo vs vega(vega filek)
        Cb vs vixong (vikong asma)
        Cbr150 vs rombeng 15 (r15 mati suri )
        cbr250 vs recall25 (r25 ko)…..,
        andalan yamamah cmn di nyumex doank, itu juga sdh mulai goyah atas kehadiran pcx feat adv…!! Ekekekekekkkkk

    • Malaysia banyak motor jupi mx 135, mx king, rxz, y125zr 2tak, untuk moge xj6n yg sering liat.
      Klo honda, supra gtr150, blade125, honda ex5, mogenya cb400sf, cbr 1000rr fireblade.
      Moge merk lain z800,bmw1000rr, ducmon(gatau yg brp cc). Ini motor2 yg sering gw liat di malay, FYI honda malaysia yg di pegang boon siew honda ga se agresif ahm dlm pemasaran motor, jd pemilihan motor kecilnya ga terlalu banyak beda sma yamaha yg rata2 line up produknya mirip2 sama indonesia. Cuma kalo mocil hargnya rata2 lebih mahal dri indo, tp kalo moge jauh lebih murah di malay.

    • gak pernah ke Thailand yaa…

      lha emng produksi motor china banyak ???
      Share produksi berapa …

      yg dimari aja TVS masih bisa survive…

  1. Sedih saya lek iwan.. kok berita honda is the best terus sih. Good news Yamaha semakin di depannya maannnnnnaaaaaaaaaaaaaa???? Harusnya berita yamaha mengguncang dunia terus dooooooong…

  2. Ditunggu gebrakan yamaha seperti ketika launch vixion, disaat honda jualan megapro. Positioning harga yang di bawah megapro yg mendongkrak market yamaha hingga fifty2 dg honda. Sama2 45% MSnya.

  3. Eropa inggris thailand indonesia honda no.1…..yamaha menang bacot doang..

    ga heran sih …inget ga dulu yamaha pernah mepet ahm dimana sharenya 44%…tapi karena isinya orang2 tolol beserta beyek2 tolol nan kismin yg bau item dekil samvah….akhirnya yamaha sharenya jadi 18%….

    kadang perlu orang tolol untuk membedakan mana yg smart dan mana yg tolol…tul ga beyek ?….lu lihat tuh si triatmonyet bikin artikel puluhan tahun sampe berjilid2 berbusa ga ngaruh apapun yg pasti nyungsep terprediksi…yamaha mau sewa vendor digital buzzer blogger aja juga ga ngefek …cuma jadi lelucon sandiwara yamalu

    • perasan Ente yg malu maluin Hadno
      lha wong market 80 % kug masih nyinyyirrrr BC….
      sewa buzzer ??? loh masa katanya 18 % bisa nyewa begituan sampai sepemikiran sebegitu…
      malah justru bukannya kebalik tuh…😂😂😂😂😂 nah sampai nyinyiri gus tri

      • Harus kritis bro, bukan nyinyir. Kalo produsen bikin produk berkualitas, konsumen juga yang untung. Fanatik merek boleh, tapi goblok jangan.

      • Akhirnya keluar juga si mardy …org tolol yg tersentil hahaha…bawahannya si raja tolol yg bikin dalil yamaha kalah MS krn bersandiwara…si raja tolol ga bisa kemana2 lagi krn di tolak dimana2 pilihannya cuma jadi kacung yamalu walupun bayaran murah krn yamalu si kismin 18% yg 100% saham kepunyaan jepang hahahaha kuli kuli

      • @mardi siapa gus tri ??? mksd luh triatmonyet yg gw mksd itu gus tri ???…wah tolol juga luh…majikan lu di bilang monyet hahahaha…kadang perlu org tolol untuk membedakan mana yg tolol dan smart

  4. sejak era 2 tak bubar jelas Honda langsung menguasai krn sejak awalannya Honda identik dgn motor 4 taknya. disisi lain pengaruh di Motogp dimana beberapa thn belakangan Honda sangat kuat dan lawannya baru-baru ini malah Ducati. tp klo di Motogp bisa disaingin sama motor Jepun juga (Suzuki dan Yamaha) mungkin akan berpengaruh juga market share secara global. tapi klo Honda tetap kuat di Motogp susah untuk digoyang penjualannya soalnya Motogp ini Ikon banget buat menaikan Image Brand.

  5. Di banyak negara Honda memang selalu menguasai market share, di Asia, Eropa, Amerika, Afrika..
    Karena mereka tau mana pabrikan otomotif asli pembuat motor/mobil dan mana pabrikan alat musik yang ikutan membuat motor 😁

    • Kamu merujuk ke
      Kredit mio m3 modal ktp dp 0 rp
      Program lexi utk ojol
      Dan jualan depan minimarket karena ga punya uang sewa ruko dealer ya.
      Kok saya familiar
      Wkwk

  6. iku sing rambute belah pinggir awet tenan dadi ring 1 Honda Thailand, sejak balapan ARRC 1997 sampe 2019 selalu ada di Paddock tim AP Honda (kecuali pas Thailand absen ikut ARRC)

    • Sama bro…hehe…saya juga ambil merk non J…. penjajahan yg tiada henti dulu scr fisik…sekarang dgn masuknya barang barang asing yg bersliweran dan bertebaran ditanah air…..dan seolah tak memberi ruang untuk kita punya produk2 sendiri…..klopun ada yg berusaha membuat brand lokal…langsung banyak yg mbully…trus terkadang mblibet diperijinan…..

    • Ampassss?
      Yg moge ratusan sampai semilyar pun macam goldwing ludesss.. ente bilang ampas?
      Lha yamehek, yg banyakan laku apanya?
      Pompa airnya atau sulingnya?
      Wkwkwkwk..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here