iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….warung ini adalah jembatan terbaik buat sampeyan yang isinya permintaan kepada pabrikan. Sebab IWB yakin betul, setiap artikel yang lahir dari warung ini dipantau dengan seksama…dipelototin dan memang itu yang IWB harapkan. Nah, oleh karena itu…ketika ada surel yang sekiranya masuk untuk dibahas IWB akan coba muat diwarung IWB. Seperti surel dari cak Harry Nugroho berikut ini…yup Surat buat AHM !!

Dear Honda big bike team,

Apakah bisa dipertimbangkan memasukkan Honda CB400SF CBU dari Jepang?

iklan iwb

Peminat pasti ada banyak, karena harga second skrg di kisaran 200 juta untuk full paper.
Saya pikir, jika harga bisa ada di kisaran 150-300 juta akan sangat menjual.

Note:
CB400 sangat bagus untuk bahan custom, apalagi sekarang custom culture sangat menjamur trend. Pajak tidak begitu besar juga, karena hanya 400cc. CB500F thailand bisa harga 150 jt-an disini, tapi kurang menarik. Rangkanya sulit dicustom, dan hanya 2 silinder.

Satu lagi, Jika dibandingkan dengan CB650R, CB400 lebih menarik. CB400 lebih menarik untuk dijadikan koleksi atau bahan custom di masa depan. Harga mungkin kurang lebih sama antara CB400SF dan CB650R, perkiraan saya.

Saya pikir daripada menjual CB500F, lebih baik memasukkan CB400SF di masa depan. Coba dicek saja dulu, biaya-biaya yang muncul. Saya minat CB400, jika akan didatangkan silahkan hubungi saya via email/telepon.

Thanks and Best Regards,

Harry M. Nugroho
Surabaya
Penggemar @Indosuperfour

Ediann…wis sampai meninggalkan nomer telephone segala lho cak…opo ora sadis jal (IWB sengaja nggak tuangkan diartikel). Artinya minat cak Harry pada CB400F Superfour memang luar biasa. IWB berharap surel ini dibaca para petinggi AHM dan benar-benar dijadikan acuan dengan survei detil terhadap sang kuda besi. Soale memang seksi puol cak…

Sebagai informasi, Honda cb400 Super four memang motor yang sangat laris di Jepang. Honda CB400 bermesin 4 silinder pertama kali perkenalkan Honda pada tahun 1991 diajang Tokyo Motorshow ke 29. Konon CB400 ini adalah turunan CB1000 Superfour yang cukup kondang masa itu. Dari kelahirannya tersebut CB400 langsung menjadi idola bikers Jepang. Alasannya simpel cak?motor sangat nyaman dikendarai dengan power yang lumayan besar. Beberapa pembaharuan dilakukan Honda termasuk hadirnya versi Hyper VTECH ditahun 1999?.

Yup?.mesin baru ini membuat performa CB400 lebih baik. Dengan VTECH, performa torsi bawah membaik termasuk peningkatan efiensi bahan bakar. Ledakan atas juga semakin padat khususnya 6,750 RPM karena pada saat itu seluruh katup bekerja. CB400SF Hyper VTECH juga menggunakan suspensi milik CBR900RR sehingga handling meningkat. Honda juga merevisi wheelbase yang menjadi 40 mm lebih pendek, termasuk posisi pemasangan engine 10 mm lebih rendah. Alhasil center gravity meningkat, motor lebih stabil dan gampang dikendalikan. Hebatnya cak?justru pada gen ini motor lebih ringan 6kg…

Setelah itu Honda terus memperbaharui CB400SF dengan VTECH II (2002) dilanjutkan VTECH III (2004) dan puncaknya tahun 2005 Honda memperkenalkan CB400 Super Bold?Or. Versi ini membuat suspensi CB400 bisa diseting dengan hadirnya pre-load adjuster. Versi ini juga sedikit berbeda karena Honda membekali tebeng dibagian lampu dengan model half fairing seperti halnya Fazer pada Yamaha. Pengembangan terus terjadi dan ditahun 2006 pabrikan sayap mengepak memperharui kelistrikan dengan tegangan koil yang lebih besar agar pengapian lebih stabil saat low RPM?

Tahun 2008?Honda akhirnya melengserkan karburator dengan memperkenalkan New Honda CB400SF PGM FI. Itulah cikal bakal injeksi pada CB400 yang terus berlanjut hingga sekarang. Baru ditahun ditahun 2018 Honda dengan bangga memperkenalkan versi 25th anniversary Honda PROJECT BIG 1 (SuperFour sejak 1992). Pada generasi 2018 ini mereka merevisi throttle body supaya lebih ramah lingkungan namun sekaligus meningkatkan power menjadi 55HP. Beberapa revisi lain adalah hadirnya LED headlight termasuk update pada suspensi depan belakang plus cantolan helm dengan sistem penguncian anyar. Dan versi inilah yang IWB raba serta elus cak?

Wajah dari Honda CB400SF nyaris tidak banyak berbeda dibandingkan generasi klasik era 1990an. Justru itulah yang menjadi kunci utama produk ini tetap digandrungi. Satu poin penting lain adalah materialnya?.cadazzzz cicak bin kadal tenan. Tebal dan coating cat kinclong istimewa tenan. Casingnya padat diketuk ora bergeming. Opo maneh tankinya pakde?.kayak nggetok tembok, ora bunyi blas. Standart buatan Jepang memang beda, kita harus akui itu. Di Jepang sendiri Honda CB400SF dijual dikisaran 815,400 Yen atau setara dengan 108 jutaan rupiah. Pertanyaannya?.mungkinkah motor ini dibawa ketanah air ?

Last?..sebenarnya PT AHM nggak perlu ragu sebab pasar disegmen ini beda. Bawa saja beberapa unit CB400SF sebagai rare item seperti Supercub C125, pasti akan diuber. Yah?kalau dari sisi IWB sih ngelus dan meraba wis seneng. Sebuah motor legendaris dengan model everlasting yang membuat jiwa bikers siapapun bakal klepek-klepek. Wibawa, ganteng dan berkelas. Kalau model begini ..mau sampai 30 tahun kedepan juga tidak akan lekang oleh waktu. Semoga surel cak Harry dibaca oleh AHM lalu dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh. Indonesia apa sih yang nggak disikat, bener ora cak :mrgreen: ….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!