iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kemarin IWB turing singkat nunggang Yamaha XSR155 ke Sentul City. Lokasi sekitar satu jam dari kediaman IWB. Turing ini lumayan special soalnya IWB diundang pembalap Nasional Dimas Ekky yang memiliki bisnis baru yaki Pacul Kopi….semacam caffe untuk tempat nongkrong para bikers Onthelers (boso opo kuwiiii). Nah, sembari menyelam minum air…IWB ngetes konsumsi BBM sang retro modern. Irit atau boros? intip hasilnya cak….

Pengetesan berlangsung di kondisi jalanan yang cukup padat.  Maklum cak di hari Minggu Jalan Raya Bogor memang selalu membuat kita pusing tujuh keliling. Kendaraan mulai dari roda empat dan roda dua melebur menjadi satu sehingga menuntut kewaspadaan kita agar selalu safety riding. Pada kondisi tersebut motor dipaksa melakukan stop n Go…. ngerem ngegas beberapa kali dari Depok menuju ke area Sentul. Namun setelahnya jalanan termasuk lancar jaya sehingga IWB bisa mengembangkan kecepatan hingga 100 km per jam lebih…..

Betot mentok beberapa kali kemudian braking dan setelahnya berkendara biasa. Aksi betot gas dan hard braking memang tidak terlalu banyak mungkin hanya sekitar 20-30% saat touring. Metode pengukuran sendiri tidak menggunakan model full to full karena mesin generasi sekarang sudah mampu melakukan kalkulasi average konsumsi BBM….. berapa bahan bakar yang dibutuhkan oleh motor untuk berkendara selama 1 KM…. semuanya jelas terpampang di layar display speedometer XSR155. Nah… tahukah sampeyan Berapa hasilnya setelah kita lihat di layar MID?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Dengan bobot badan IWB yang termasuk gempal (ogah pakai bahasa gemuk hahhaha)…. setelah kita ngecek hasil konsumsi BBM bisa kita pastikan XSR155 membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah hingga 32,9 km. Artinya motor Retro model Yamaha ini bisa menjelajah hingga 32,9 KM untuk 1 liter bensin. Waowww….lumayan mengejutkan sih. IWB berharap konsumsi BBM bisa lebih daripada itu. Tapi kondisi jalan dan berat Rider di atasnya memang sangat berpengaruh. Kalau sampeyan ingin irit BBM dianjurkan jangan ngegas pecicilan itu kuncinya. Sedang IWB memang berkendara normal dan wajar nggak perduli boros atau tidak….

Last…. konsumsi BBM Yamaha XSR155 termasuk wajar tidak bisa dibilang irit tapi juga tidak bisa kita katakan boros. Mungkin jika pada saat touring kita disodori jalanan lancar hasilnya akan jauh lebih irit dari yang tertera di atas. Nah….wis dapat gambaran to cak…berapa konsumsi BBM XSR155. Btw untuk impressi riding dan lain-lain akan IWB kupas secara lengkap diartikel terpisah. Eh..selamat buat Dimas Ekky untuk bisnis barunya, semoga sukses terus…juozzz ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!