iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kemarin IWB turing singkat nunggang Yamaha XSR155 ke Sentul City. Lokasi sekitar satu jam dari kediaman IWB. Turing ini lumayan special soalnya IWB diundang pembalap Nasional Dimas Ekky yang memiliki bisnis baru yaki Pacul Kopi….semacam caffe untuk tempat nongkrong para bikers Onthelers (boso opo kuwiiii). Nah, sembari menyelam minum air…IWB ngetes konsumsi BBM sang retro modern. Irit atau boros? intip hasilnya cak….

Pengetesan berlangsung di kondisi jalanan yang cukup padat.  Maklum cak di hari Minggu Jalan Raya Bogor memang selalu membuat kita pusing tujuh keliling. Kendaraan mulai dari roda empat dan roda dua melebur menjadi satu sehingga menuntut kewaspadaan kita agar selalu safety riding. Pada kondisi tersebut motor dipaksa melakukan stop n Go…. ngerem ngegas beberapa kali dari Depok menuju ke area Sentul. Namun setelahnya jalanan termasuk lancar jaya sehingga IWB bisa mengembangkan kecepatan hingga 100 km per jam lebih…..

Betot mentok beberapa kali kemudian braking dan setelahnya berkendara biasa. Aksi betot gas dan hard braking memang tidak terlalu banyak mungkin hanya sekitar 20-30% saat touring. Metode pengukuran sendiri tidak menggunakan model full to full karena mesin generasi sekarang sudah mampu melakukan kalkulasi average konsumsi BBM….. berapa bahan bakar yang dibutuhkan oleh motor untuk berkendara selama 1 KM…. semuanya jelas terpampang di layar display speedometer XSR155. Nah… tahukah sampeyan Berapa hasilnya setelah kita lihat di layar MID?

Dengan bobot badan IWB yang termasuk gempal (ogah pakai bahasa gemuk hahhaha)…. setelah kita ngecek hasil konsumsi BBM bisa kita pastikan XSR155 membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah hingga 32,9 km. Artinya motor Retro model Yamaha ini bisa menjelajah hingga 32,9 KM untuk 1 liter bensin. Waowww….lumayan mengejutkan sih. IWB berharap konsumsi BBM bisa lebih daripada itu. Tapi kondisi jalan dan berat Rider di atasnya memang sangat berpengaruh. Kalau sampeyan ingin irit BBM dianjurkan jangan ngegas pecicilan itu kuncinya. Sedang IWB memang berkendara normal dan wajar nggak perduli boros atau tidak….

Last…. konsumsi BBM Yamaha XSR155 termasuk wajar tidak bisa dibilang irit tapi juga tidak bisa kita katakan boros. Mungkin jika pada saat touring kita disodori jalanan lancar hasilnya akan jauh lebih irit dari yang tertera di atas. Nah….wis dapat gambaran to cak…berapa konsumsi BBM XSR155. Btw untuk impressi riding dan lain-lain akan IWB kupas secara lengkap diartikel terpisah. Eh..selamat buat Dimas Ekky untuk bisnis barunya, semoga sukses terus…juozzz ! (iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

96 COMMENTS

  1. Pra minat..jangkung tenan..elek..mesin salome..ngekorrr hondut
    ..coba pke mesin jupi plus pasang goweasan
    .dijamin irit pooollll…🤣🤣🤣

  2. Kutipan detikcom
    breaking news:
    Astra Honda Motor (AHM) melakukan kampanye penarikan kembali model PCX 150 pada akhir 2019.
    Data Kemenhub menyebut ada recall skutik 150 cc tahun lalu, dengan angka mencapai 3.930 unit
    Kang Iwan mohon informasi perihal ini ( sumber detikcom).

  3. Hmm, biros jga ya?
    Padahal r155 bsa d atas 40km/l
    Apa mungkin perbandingan gearnya lbh ringan??
    Jdi mesin meraung terus d kecepatan 80-100km/j kalau gtu sih wajar lbh boros
    Model oke jga, ini persis yg ane liat d jalan beberapa waktu lalu, memang ergonomi keliatan gak terlalu nyantai, soalnya stang agak rendah sih ane liat, tpi model oke jga, sayang sih seinnya kurang bgt dah.

    • seperti biasa …no Tipu-Tipu
      cak iwb baik hati menampilkan boross…
      tapi nyatanya di lapangan Irittt poulll…

      dr pada produk Hadno dibikin Irit tapi nyatanya konsumen merasakan yang borosss

    • PS dari Cak IWB:

      “…Sedang IWB memang berkendara normal dan wajar nggak perduli boros atau tidak…”

      Beberapa kali disebutkan juga seeing betat-betot gas.

      Anggap saja cara berkendara IWB sudah yg terboros.

  4. Kalo mesin masih satu basis sama vision, r15 & mt15.. kemungkinan konsumsi BBMnya mirip2 aja ke 4 motor itu ya lek @iwanbanaran

  5. Total trip berapa km cak? Kalo dibawah 100km kadang suka kurang akurat, diukur pake full to full agak meleset, gak jauh sih.
    Saya kalo lagi pengen ngetest konsumsi bbm, tripnya saya reset terus jalan sampe 100km lebih, baru deh lumayan akurat.

  6. buset buoros tenan buat 155cc overstroke pulak. saya ekspektasi paling ga di atas 35kpl. kalau dibetat betot bisa mirip ama 250 jomblo mungkin ya buorosnya

    • Lihat real lapangann aja …beli dan rasakan lagian udah banyak kug referesi media lain
      produk sebelah malah luwih boros dgn gaya riding cak iwb

      masa dibandingkan dgn 250 ?? lue betot2 malah juga lebih boros…

  7. Masih lebih irit HONDA REVO FIT, 1 liter bisa tembus 60km lebih, mana harga jauh lebih murah dan multi fungsi lagi: bagasi luas, bisa nyantel plastik belanjaan, boncengan nyaman, spare part murah, speedometer lega, kurang apa lagi coba?

    • buat nanjak ngedenn, buat top speed loyo, buat turing ngos-ngossan buat nikung glondangan..
      apa lagi yg mau dilebihkan ???
      jgn kan lawan vixion lawan vega udah megap2 …
      bandingin jgn terlalu o.on mbinHaaaa..

      • Hei Hei Hei !!! Jangan menghina ya: “duit lu kurang banyak”. Lu kata yg beli HONDA REVO FIT itu kaum missqueen apa? Salah besar cuy. Coba deh sekali-sekali main ke dealer HONDA terdekat. Tanyain deh: kredit HONDA REVO FIT dengan DP terendah dan angsuran terlama itu berapa? Trus ambil kalkulator, hitung harga total DP plus angsuran perbulan berapa. Lihat noh baik-baik angka di kalkulator, dijamin kalau uang segitu dibeliin motor sport cash bisa dapet cuy! Jadi para pemilik HONDA REVO FIT kreditan bisa dengan bangga menepuk dada, karena total harga motornya SETARA dengan harga motor sport cash. Catet itu!

  8. Lebih irit cbr thailandku rasanya
    knalpot freeflow dan open filter 1 liter bisa dapat 35 km. Daily selalu d geber tinggi tetep dapat segitu. Bobot saya 123kg malah ._.

    • digeber yg bagaimana ???
      digeber sekali doang paling gebernya juga saat sepi dan nguruttttt….

      beda gaya ridinh beda kondisi…
      kalau mau lihat referensi lain boleh diadu sama cbr thai …😂

      • Di geber stop and go. Kalau d perkotaan rpm minimal 7k baru shifting gear.
        Pernah ke luar kota PP lintasan lurus gak ada persimpangan kec rata2 90kpj selama 1 jam lebih malah lebih irit lagi daripada dalam kota
        ._.

    • CengepBeHa mau bilang ape kalau berita recol pociex menyebarrr…

      mau nyinyir error …?? nyatanya yg error lebih parah produk sesembahannya sendiri…

  9. Sprocket cam-nya motor ini aman ga’ ??? Jangan kayak motor sebelah sudah ada petisi dari mei 2019 masih aja recall diem2x bae wkwkwkwk.
    Btw motor sekarang emang jelek2x kualitasnya sama aja semua hiya…hiya…..

  10. Mana ada segitu bbmnya? Motor ane MT15 ae 1liter bisa nempuh 45km/l yang motornya ga jauh beda sama XSR155. Coba aja gih masuk ke grup XSR tanya user disana konsumsi perliternya berapa! Wkwkwk
    Gue aja yang BBnya 95kg TB 171cm nempuh 45km/l wkkw

  11. Ancene kon iku fanboy honda, motor yamaha opo ae yo mesti mbok cacat. Ora mungkin konsumsi bensin xsr155 sakmono. Motorku mt 15 jelas2 mesin e podo ae oleh 42km/L. La kok iku iso sampek 33km/L ki piye maksudmu.

    • Ane liat nih bocah goblok…
      Maunya bela ymha tp malah menjatuhkan…
      Iwb menggunkan patokan mid speedo. Klo gitu error dong Speedometr ymha ngk akurat klo hasil loe protes…

    • Gua rasa iwb membahas sesuai hsil tes. Konsumsi bbm tergantung bobot, riding style dan situasi sudah dijelasin iwb. Harusnya bro rizal share pengalaman saza sbg perbandingan bukan nyolot

  12. Bodiku Gempal sama kaya IWB.
    MX King punyaku Konsumsi BBM 42 Km/Liter tenaga 16 HP 9.000 Rpm.
    Terlalu Boros XSR155 kalo buat harian, tapi mantap kalo buat Touring karena tenaga 19 HP 10.000 Rpm.

    • Gak mungkin om dapet konsumsi bensin segitu. Dia mungkin nyetirnya sambil geber2 gas. Orang motor saya mt 15 secara logika mesin sama kayak xsr, buat harian bisa dapet 42km/L kok

    • Aslinya ga boros kok om, gabung ke grup user XSR155 aja biar yakin, tanya disana biar lebih jelas. Toh paling boros juga ga mungkin segitu

      • Kalo motor sayah saya reset average fuel consumption nya..terus saya geber gigi satu ampe ngeden..rem ..terus gas lagi..rem lagi.ga usah dioper giginya.. saya liat di average..malah 27 km perliter

  13. Mahakarya dari ngondah….mesin cbr 150.dohc operstroke.power tertinggj,torsi terbesar tetapi konsumsi bbm teririt..super sekali.

  14. Hahahaha saya pengguna xsr dan tergabung dalam komunitas rata2 kosumsi bbm pertamax 1 liter 38-44 km tergantung kondisi jalan
    Dan ini hampir sama dengan tman tman sy di komunitas.

    Memang banyak pengaruh gaya berkendara dalam kosumsi bbm, lagian kan ini basis mesin mt 15 dan vxion R JADI KOSUMSI RATA2 BBM GAK JAUH JAUH AMAT DENGAN MOTOR2 TERSEBUT.

    HAHAHAHAHA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here