iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…budeee, sebagai Blogger IWB cukup tertarik untuk membedah secara dalam, sebenarnya siapa sih yang menjadi raja roda dua di Eropa. Di Asia sih wis ora kaget. Tapi kalau di Eropa, pasti nggak banyak yang mengetahui fakta sebenarnya tentang market share secara keseluruhan. Nah diartikel ini IWB akan bedah buat sampeyan…ngubek-ngubek dari beberapa referensi dan inilah market Share Eropa pertahun 2019 seperti dilansir Motorcyclesdata. Who is the King ??

Data yang dirilis oleh motorcycledata ini mengambil penjualan motor dari seluruh Eropa yang meliputi 37 negara termasuk komunitas Eropa inti yang mencapai 28 negara serta Eropa Timur seperti bosnia-serbia makedonia dan Turki. Data ini tidak termasuk beberapa negara yang disebut sebagai CIS country seperti Rusia, ukrania Moldova, Belarus serta Kazakhstan. Data Market Share juga fokus pada motor roda dua serta roda tiga seperti ATV misalnya. Dan menurut motorcycledata, di tahun 2019 ternyata hampir semua pabrikan mengalami peningkatan penjualan…

Di awal tahun 2019 raport seluruh pabrikan termasuk impresif karena mengalami peningkatan hingga 21,6% akan tetapi masuk akhir tahun peningkatan hanya bisa dijaga pada kisaran 7,9% atau sekitar 1.698.971 unit. Ini adalah raport penjualan terbesar selama 8 tahun di Eropa. Dan dari segala catatan dipastikan Prancis adalah negara Eropa yang menempati posisi tertinggi soal penjualan di tahun 2019. Prancis Berhasil menjual sebanyak 306.977 unit atau mengalami peningkatan sebesar 15,1% dibandingkan tahun sebelumnya…

Negara kedua adalah Italia yang berhasil menjual Motor sebanyak 260.522 unit. Walau tidak sebesar Perancis Italia juga berhasil menaikkan penjualan sebanyak 5,1% dibandingkan tahun 2018. Penyumbang terbesar ke-3 di Eropa adalah Spanyol. Negara ini berhasil menjual sebanyak 215.327 unit. Secara angka dan level peringkat mungkin Spanyol hanya nongkrong di posisi tiga. Tapi untuk persentase kenaikan penjualan negara yang terkenal dengan Matador ini sukses menaikkan penjualan hingga 17,8%. Wihhhh negorone Marc Marquez cakkk. Dibelakangnya nempel Jerman dengan 193.076 unit…. kemudian Turki dengan 152.196 unit….Inggris 107.551 unit….Belanda 76.117 unit dan Belgium 52.894 unit. Seluruh data diatas adalah negara yang mengalami kenaikan penjualan. Apakah semuanya mengalami kenaikan? Tidak juga cak..

Dari catatan terlihat bahwa Swiss ternyata turun 3,1%. Akan tetapi posisinya masih bertengger di 10 besar sebagai negara penyumbang terbesar penjualan di Eropa. Terus bagaimana soal pabrikan? pabrikan mana yang paling laris? Apakah Ducati? Atau motor Eropa lain? Ternyata tidak. Bisa dipastikan untuk market share terbesar Eropa masih dikuasai oleh pabrikan Jepang yakni Honda. Pabrikan yang juga menjadi penguasa pangsa pasar Asia tersebut berhasil menjual sebanyak 243.463 unit motor di tahun 2019. Sebagai market leader Honda ternyata sukses menaikkan penjualan hingga 9,4% dibandingkan dengan 2018….

Posisi kedua ditempati oleh Yamaha dengan gap yang cukup jauh dengan 170.321 unit. Pabrikan garputala mengalami kenaikan tipis yakni 2,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di belakang Yamaha menguntit ketat pabrikan Italia Piaggio yang sukses menaikkan penjualan hingga 2,8%. Pabrikan Italia ini ditempel BMW dengan jarak yang juga cukup jauh dengan 106.639 unit. Setelah pabrikan Jerman sampeyan akan terkejut karena pabrikan asal Taiwan Kymco ternyata menjadi pengisi top five penjualan di Eropa tahun 2019. Di belakang Kymco membuntuti dengan jarak lumayan dekat yakni Kawasaki, SYM, KTM, Peugeot dan ditutup oleh pabrikan Inggris Thriump…

Last…. Itulah sekilas gambaran Market Share roda dua Eropa. Negara yang notabene diisi oleh orang bule ternyata tetap dikuasai oleh pabrikan Jepang. Bahkan jika sampeyan perhatikan pabrikan sekelas Ducati juga tidak mampu masuk 10 besar. Justru pabrikan sekelas Kymco yang dulunya merupakan bagian dari Honda dan berpisah pada tahun 1963 ini Berdikari sendiri dan mampu menguasai pasar Eropa dengan masuk 5 besar….luar biasa cak. Nah…. sebagai gambaran buat sampeyan berikut 10 besar pabrikan Eropa pada 2019 berdasarkan data penjualan. Semoga bisa jadi bahan referensi….(iwb)

10 besar pabrikan di Eropa pada 2019 berdasarkan penjualan

1. Honda, 243.463 unit (+9.4% dibanding 2018)
2. Yamaha, 170.321 unit (+2.7% dibanding 2018)
3. Piaggio, 161.790 unit (+2.8% dibanding 2018)
4. BMW, 106.639 unit (+13.6% dibanding 2018)
5. Kymco with 70.019 (+1.5% dibanding 2018)
6. Kawasaki, 68.512 (+10.9% dibanding 2018)
7. SYM, 67.516 (+12.1% dibanding 2018)
8. KTM, 62.185 (+6.8% dibanding 2018)
9. Peugeot, 48.834 (+9.4% dibanding 2018)
10. Triumph, 36.782

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

125 COMMENTS

      • Error yang muncul adalah P0335
        artinya (CPS). Yamaha terbaru sudah OBD tipe 2. Berbeda dgn yang lama pakai OBD1 krn all New menggunakan SGCU. Sekadar informasi, all new yamaha ini telah mengadopsi on board diagnosis (OBD generasi 2) yang hanya bisa dibaca Yamaha Diagnostic Tool (YDT) versi tiga. YDT II tidak bisa membaca semua data NMax baru, hanya sebagian. Tapi kalau NMax lama bisa tetap terbaca oleh YDT III. Kalau NMax baru dibacanya pakai YDT terbaca cuma sebagian, logikanya namanya SGCU baru pasti lebih kompleks, YDT III memiliki akses khusus. “Sistemnya (YDT III) diproteksi dan saat dia terkoneksi sudah terhubung dengan internet, jadi laptop ini akan memberikan notifikasi ke server,” tambahnya.

      • Betul, sept yang gua bilang..New nemex hadir karena Terpaksa..masalah intern Y yang mengharuskannya hadir sebelum diLupakan orang .
        Mendaur Ulang dan Kanibal part2 yang menumpuk adalah salah 1 alasan lahirnya mesin Daur Ulang ini.
        Pengetatan dan efisiensi Produksi adalah bentuk program yang bisa dilakukan saat ini , gak tau deh beberapa tahun k depan…apa masih sanggup mendaur ulang atau memang akan fix jadi Pabrik biji Limbah Plastik atau Pabrik jualan Pulsa dan Paket data 😂

      • Men Seret untuk men RESET si nemex Mesin DaurUlang ke bengkel hanya untuk mematikan sementara lampu Error yang nyala, bukan menyelesaikan ke ERROR annya.

      • Eropa seberapa gede sih? Dah kebayang jumlah penjualan motor d sana masih dibawah Indo ,tak perlu Asia.
        Yang bikin eropa itu Gede kalau ada Rusia. Tapi tau sendiri kan rusia ?

      • Laris ? Larisnya itu kelas moge atau skutik minion 😂😂😂? Sudah bisa di tebak yang paling laris dr H di eropa hanya seri sh110i (mbingH versi eropa) disaat Yamaha jualan mt07, mt09, xsr700, xsr900, R1 dan R1M serta Ducati dengan seri Panigale nya, lalu BMW dengan super adventure rg1200s …. Jd klo dr segi laris wajar motor murah lebih banyak krna hanya sekedar untuk pergi ke warung beli rokok dan aqua, atau buat angkut sayur dan kotoran sapi / kambing bagi petani dieropa… Tp saat mereka jalan jalan dan touring atau mejeng ke kota orang eropa baru naik moge nya, motor yang sesungguhnya…. 😂😂😂

        Catet…!!!

    • Katanya Alan, nyumex kebanggaan masyarakat dan menguasai pasar eropa tapi ternyata pppffftttt……!!! #Bagaimanapun dan dimanapun juga honda tetap lebih unggul…..wkwkwkwkkkkk.

      • Gak salah juga sih masyarakat eropa sukanya nyumex, tapi tetep pilihnya honda…!!!!, gak jauh beda sama kaya kelakuannya beye disini setiap ada produk baru dari Y pasti bilangnya jas-jes-jos…eh tapi giliran beli malah melipir ke dealer sebelah…wkwkwkkkkk.

      • Baik Y ataupun Efbeyek..hanya bisa bangga untuk intern dan diri mereka sendiri, bukan Bangga untuk diTandingkan denga H 😂kaga level lah Sultan H dengan pabrikan2 kasta bawah 😂

    • hahaah mana nih yang katanya karanya..
      yang katanya the king off eropa
      katanya namex kualitas eropa..
      kualitas export eropa..
      mainanya eropa sana, tapi nyatanya HONDA

      TETEP HONDA. TUH

      mana ini darmo cs dan alan cs yang katanya JUMAWA baget.
      mangga di baca..

    • Yamuha bisa peringkat kedua.., itu juga karena ke bantu sama simbah rossa….!!!, gak kebayang klw simbah cabut, sepertinya bakalan saingan ketat nich dengan kymco dalam perebutan 5 besar…!!!!

    • Kenapa eropa lebih banyak import dari indo????, karena disana pabriknya sdh pada tumbang berguguran/tertunduk lesu/Loyo (sudah ejakulasi)…!!! Lain halnya dengan pabrik H yang tetap tegang berdiri kokoh (masih ereksi) sehingga gak perlu mendatangkan produk yang sebrand dari luar….!!!!, tapi lain lagi dengan pemikiran kaum smart yang kesohor dengan “pea-peanya”…!!! Yang katanya kenapa pabrikan Y lebih banyak impor dari indo??? Karena permintaannya disana yang membludak sehingga dealer dealer pada keteteran dalam melayani penjualan…… Tapi kenyataannya pppfffftttt….!!!!

    • Sebagai Pabrikan Sultan..Raja diSegala Raja Dunia..Pabrikan diKasta Tertinggi…maka H siap melakukan dengan senang dan Gembira.
      Apakah itu dalam waktu dekat? Atau waktu jauh…semua bergantung dengan Kondisi yang sudah ‘ tercipta ‘ 😂
      Kehadiran Awal suatu produk dari Pabrikan lain..adalah bentuk Taatnya mereka- sebagai Kasta2 bawah kepada Sang Sultan..untuk memancing apa dan bagaimana Selera calon konsumen atas Produk yang dilahirkan tsb 😂
      Kasta bawah harus siap menggunakan arit..cangkul..dll..untuk menebas Semak belukar…membuka jalan dan panggung hiburan . Setelah itu dilakukan..maka H sebagai Pabrikan Sultan akan melihat ,apakah disana ada Prospek bagus untuk diisi ,melakukan pengKaplingan lahan dll sebagainya 😂 jika dalam riset survey dan pengamatan berjalan hal itu tidak perlu dilakukan, maka H tidak akan melakukan..( contoh sudah ada pada beberapa produk Daur Ulang sebelah yang cuma Mangkrak doang, padahal H sama sekali gak menurukan Tandingan , karena memang dirasa tidak perlu 😂 ). Namun jika semak belukar yang ditebas tadi memiliki Prospek bagus..maka H dalam sekejap ‘ klik ‘ langsung mengKapling lahan tsb ,dan mempersilahkan kembali untuk Kasta2 bawah membuka Lahan baru berikutnya dan berikutnya untuk sang Sultan 😂
      Gelar istimewa yang diberikan H kepada Kasta2 bawah adalah dengan memberi label
      – First Mover
      – Blue Ocean
      Barangkali itu Gelar yang sangat Keren dg sebutan2nnya..tapi bagi H , itu artinya :
      Kalian kejepit..ketindih..ketimpux..maka lepaskan diri kalian dan Berlarilah , berlarilah,berlarilah dannnn…berlarilah …
      Yap..Gelar tsb bermakna ‘ PELARIAN yang berkesinambungan ‘ 😂
      Dasar ERRORR !

    • Sh110i jadi andalan ngonda di eropa 😂😂🤣, pabrikan yang lain jualan moge di eropa klo ngonda mentok mocil murah kelas bawah 😂🤣🤣🤣

    • MbengHahaha The Power of One Heart Dongooo

      Bikin pciex shokbreker bengkok itu wajar klotok klotok itu gak papa sampai ngredeek itu meeupakan sebiah fitur…
      ngepbeha cuma bisa membolak balikan fakta ngalor ngidul macam Hadno Empire
      emng betul betul Sultan H dr kerajaan Sejagad …😂

      • Mengenai indikator engine
        check menyala ini, Yamaha mengakui
        jika sensor pada allnew NMax
        sensitif. Munculnya notifikasi ini
        sebenarnya ditujukan agar konsumen
        bisa waspada dan bisa segera ke
        bengkel resmi untuk mengetahui
        problem yang ada. Awal disediakannya
        notifikasi ini kan untuk safety. Tapi
        kalau memang ternyata mayoritas
        orang tidak bisa menerima,
        kami akan consider untuk
        menyesuaikan dengan behavior
        customer, itu bisa saja. Mungkin
        melakukan (menghilangkan notifikasi)
        itu dalam waktu dekat bisa dilakukan,
        tinggal di-update softrware nya.

      • Itu bukan Notifikasi.., itu adalah detector to deteksi , adanya ketidak beresan yang terjadi.
        Yang tak beres atau ERROR tentu harus diselesaikan agar tidak merembet kebagian lain dan ini yang masih dalam masa pengKAJIan oleh Y setelah adanya beberapa aduan oleh konsumen k mereka.
        Memang dengan melakukan RESET…lampu indikatornya mati ,namun itu belum menyelesaikan Sumber ERRORNYA . Mereset hanyalah Mematikan LAMPU agar gak malu2in diliat orang bahwa ini motor ERROR.
        ERRORnya sendiri belum bisa terselesaikan. Karena sewaktu waktu KAMBUH lagi dan lagi…
        Untuk sementara..dan cara yang terbaik adalah MenKarungi motor hingga berbulan atau mungkin bertahun kedepan hingga ada Jadwal resmi dari Y untuk Menheluarkan aebuah Paten nya yaitu melakukan RECALL.

      • @Alan: Honda mainnya sdh level asia kelezzztttt, kamu sih gak modal maunya nonton gratisan terus, sekali kali lihat donk di foxs sport disana ahm yang sponsorin.., dari PF1 smpy podium ditayangin semuanya…!!! Emangnya di tv lokal sini podiumnya ditayingin musim”an (musim panen diliatin podiumnya, giliran musim paceklik langsung di cut)….!!! Ekekekekkkkkkk.

      • @stefen….kalo ga tolol ga akan muncul entong2 kismin macam si alan ini…kalo ga tolol ga mungkin yamaho yg MSnya dari 44% jatuh nyungsep sampe 19%….kadang org2 tolol spt si alan di perlukan sebagai pembeda…betul ga lan ?

    • @bid. Sensitif boleh, bagus malah. Bisa beneran ngasih indikasi masalah di motor dg segera. Yg jadi masalah kenapa motor mash baru, muncul engine chek. Dibawa ke beresnya kemudian muncul lagi masalah yg sama. Trus yg salah apanya. Sensor nya apa engine nya. Kalo dibilang update software bisa selesai. Kenapa gak dari awal pakai software yg update itu. Atau karna ydt III gak semua jaringan beres punya trus diputuskan pakai software lama.
      Terkesan (nggampangke) yg ternyata jadi masalah. Dan mengecewakan konsumen.

      • Mesin2 H itu sudah terkenal Bandel ngacir dan ganasnya ,jangan lupa sangat efisien dalam operationalnya.model? Jangan diragukan lagi semua model produksi H sangat enak dilihat dan diterima masyarakat dunia ,makanya..dimana diDunia ini..H selaku meRajai keSultanannya 😂
        Memberikan Fitur yang sesuai dengan Kastanya..adalah Mutlak ,bukan sekedar fitur bayangan..Abal2 dan Kw sept tetangga .
        Sebagai Pabrikan Sultan..sudah Hukumnya H menentukan harganya sendiri..dan yang pasti adalah ,harga selalu diatas harga tetangga Kasta2 bawah .
        Masa iya, Pabrikan Sultan kasih harga sama dg Kasta2 bawah? Bisa Auto tutup Pabrik tuh tetangga..tak ada lagi yg bisa d jual bukan? 😂
        Sekarang H ( indo ) sudah menjelma sebagai Raksasa Dunia…penghasilannya yang begitu besar semakin membuat Tabungannya berCabang cabang 😂 tidak sept tetangga para Kasta2 bawah , penghasilannya wajib disetor k japan yg kemudian dibagi2 sesuai prioritas masing2 .
        H sudah jadi merek dan jatidiri Masyarakat Dunia..tentunya ,Yang Larisss Manisss akan semakin larisss Manisss ,400 juta lebih motor yang telah dilahirkan, adalah bukti KEBESARAN SULTAN
        😂

    • ErrroR kayak sultan H Kerajaan sejagat…

      Macam fitur klotok klotok shok breker bengkok gredeeeekkk gredekk sampai tangki bocorrrr adalah Wajar…😂

      Error fronm Handoyo Empire

    • ayo teriak semuanya..
      siapa juaranya di eropa,??
      sekali lagi mas bro.. siapa juaranya?

      ekekekejej
      juata recall dan eror kan sebelah.. wkwkwk

      • Khusus All-new NMax pakai OBD II. Di OBD II notifikasinya blink. YDT II tidak bisa membaca semua data NMax baru, hanya sebagian. Tapi kalau NMax lama bisa tetap terbaca oleh YDT III. Kode error yang muncul di komputer adalah P0335 artinya ada gangguan pada CPS. Yamaha terbaru ini sudah OBD tipe 2 karena notifikasinya blink, Berbeda dgn yang lama pakai OBD1 krn all New menggunakan SGCU.

      • Karena data baru nemex New Daurulang ini kanibalisasi dari part2 yang sudah Terkontaminasi dan Kadaluarsa..makanya kaga bisa dibaca , Selain juga tool yang digunakan hanya canggih bagi intern Y , belum seCanggih tools Sultan H .

        Coba dibawa ke H dan di discanning..tar keluar dilayar komputer H adalah :
        Allert…Allerrrt….MOTOR INI LAYAK DIDAURULANG LAGI. Alleeerrt…alleerrrt 😂

      • Untuk Sistim komputerisasi yang
        Diterapkan duluan bikin hardware atau softwarennya sih? 😂😂
        Moso Iya BISA BIKIN SOFTWARE nya tanpa Ada Hardwarenya .
        Gak kebayang bagaimana bagian QC nya Y ngecek , palingan, kabel sudah tersambung dengan Rapi artinya QC lolos hahaaaaaaaaaa 😂 pantesan yang nganter motor2 Y ngandelin Supir doang ,cuma ngasih tau nih Akinya nanti dipasangin. Trus mereka balik meninggalkan motor ERROR ke Konsumen 😂

    • jgn di Asia maupun Amerika
      100% habis itu pada disuntik Mati macam dimari …😂manis diawal pait selanjutnya

      Hondon The King of discontinue
      jg lupa fitur shokbreker bengkok sama velg adv peyangggg..itu wajar dan kasus lainnya..

    • dia mah kalo munculnya kalo data eropa berkuasa, tapi da sampe kapan pun tetep aja ga bisa melaju kedepan bro.. tetep aja pabrika sayap ngepak yang juaranya.

  1. tahun 2012 suzuki udah tutup pabrik roda dua eropa di gijon spanyol, udah gak produksi lagi, sekarang cuma impor cbu dari thai dan hamamatsu doang.

    • Sebelum S tutup itulah Y Global Pailit , basis produksi yang secara Global sebelumnya…kemudian dipindah k Indo buat menghidupi Y Global 😂 sejak saat itu Y secara Global kebanyakan berperan sebagai dealer hahhaha..hasil jualan yang basis produksinya di Indo masuk ke Pusat Japan yang kemudian dibagi2 buat menghidupi ‘ Dealer2’ tadi ,sekurang kurangnya buat bayar Sewa Kontrakan 😂

  2. Coba kang publikasikan marketshare alat musik yamaha, semisal kendang, suling, kecapi, angklung, dan lain-lain.. honda pasti kalah.. itung-itung bikin seneng fby gitu..

  3. honda yamaha ini persaingannya emang udh levelnya worldwide… dari asia eropa amerika sampai di ajang balap…

    ga heran klo sampai di kelas motogp jg mereka berdua yg paling dominan dari segala sisi…

    pabrikan elite seperti ducati pun hanya sekedar menjadi bumbu penyedap motogp

  4. Huahahahahaha…
    Artikel para sales …
    Gmn MS Amerika masbro… Dollar gmn? Yuan Ruppe Rupiah dan Euro merapat ke Honda

  5. Paling teratas bukan jaminan bagus biaya operasional juga tinggi …

    sama aja boros ..ngatanya di mari produk2 MaHonda pada disuntik mati …😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here