iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…emboh IWB kudu piye mengingat teman-teman biker diluar sana lumayan gelisah karena Yamaha New NMax 155 cek engine menyala. Masalah engine checking yang sepertinya random terjadi pada maxi skuter Yamaha terbaru. Rata-rata mereka bingung dengan pertanyaan…apa yang kudu dilakukan ?

Surel perihal Yamaha new NMAX 155 “engine checking” terus berdatangan. IWB heran, apakah hanya IWB yang menerima surel dari teman-teman karena diberita-berita termasuk adem lho. Padahal kalau tidak disikapi segera dengan pengumuman resmi sebagai petunjuk bagi teman-teman biker diluar sana….IWB takutkan justru akan merugikan pabrikan sendiri….

Lha piye cak…soale potensial biker jadi ragu untuk memboyong sang skutik. Seperti surel cak Tresna Rahman yang mengaku masih menahan diri untuk membeli new NMax 155 karena masalah ini. Berikut surel lengkapnya yang IWB terima via email..

iklan iwb
iklan iwb

Assalamualaikum selamat malam kang Iwan, saya reader dan penyimak langganan berita dari blog dan youtube kang iwan, hanya ingin berbagi hal menarik yang saya temui di jalanan kota bandung waktu barusan saya berangkat kerja. Dengan tidak sengaja saya lihat dua new nmax 2020 model non abs satu yang saya temui di jalan raya cimahi warna merah, dan yang kedua saya temui di jalan tegal lega kota bandung warna hitam signature….

Untuk yang saya temui pertama motornya normal ga ada kasus seperti yang dialami bro ridwan hanif tempo hari dan saya mulai berfikir “wah mungkin cuma emang yang bro ridwan aja kebetulan bermasalah”. Tapi waktu saya ketemu nmax yang kedua lampu check engine nya menyala kang seperti nmaxnya bro ridwan hanif padahal kondisi motornya lagi berjalan seperti biasa. Saya coba untuk nguntit dari belakang karena kebetulan motor tersebut searah sama saya jalannya dan tetep aja itu lampu check enginenya nyala terus…

Nah saya mulai berfikir lagi “nah loh yang ini sama kayak yang bro ridwan nih”. Jujur kang saya tertarik buat ganti sama new nmax tapi kalo motornya kek gini apalagi masih baru launching terus ada masalah jadi males kang dan mengurungkan niat untuk beli karena takut kena apesnya hehhehee (gambar terlampir)…

Semoga kang Iwan bisa sampein ke para petinggi YIMM perihal masalah ini. Sayang kalo NMax sampe tercoreng nama besarnya karena ada cacat sepele macam gini. Btw saya juga lampirkan fotonya, maaf klo misalkan buram karena susah motonya, terus yang punya motornya lagi pacaran pula :mrgreen: . Terima kasih kang iwan salam dari Bandung..

– Tresna Rahman/Bandung –

Suwun surel keluh kesahnya Kang Tresna, doi adalah biker dari Bandung. Surel tersebut menjadi bukti bahwa Yamaha memang perlu bertindak cepat karena isu engine checking sudah menyebar dikalangan netizen. Sekali lagi sayang cak kalau nggak cepat. Mungkin pabrikan menyebut tidak berbahaya atau menggangu kinerja engine. Tapi engine check nyala jelas dibuat oleh insinyur ada tujuannya…bukan hanya motor, mobil juga demikian. Ketika sensor engine check nyala maka sampeyan harus temukan biangnya sampai engine check mati…kuwi yang paling penting…

Datangnya surel kang Tresna bukan satu-satunya. Sebab IWB juga menerima surel lain yang poinnya sama….engine check new NMax menyala. Surel datang dari cak Hairunlindra asal Riau. Berikut surelnya….“Aslmualaikum cak…maaf mau bertanya cak…..saya baru beli nmax all new…baru tadi abis isi bensin lampu indikator injeksi hidup dan gak mau mati saat jalan..itu gimana ya cak..salam dri tg pinang kepulauan riau….” serunya. Dan saat IWB intip…ealahhh maksud doi ternyata engine checking tadi. Dari fakta dilapangan bisa kita pastikan tidak semua unit mengalami engine checking namun random….

Last…sebagai Blogger IWB hanya bisa menyarankan kepada teman-teman owner New Nmax 155 untuk membawa motor yang mengalami engine checking kedealer agar direset…jangan dibiarkan. Reset ini sesuai instruksi pabrikan. Kita berharap semoga Yamaha segera menemukan solusi supaya teman-teman diluar sana nggak ragu untuk membeli New NMax155. Soale pasti was-was pakde. Iyo kalau sekarang baik-baik saja. Takutnya karena kita cuekin dan rusaknya dimasa depan ketika garansi habis opo ora malah tepuk jidat sampeyan. Kita mudah untuk memperbaiki sesuatu yang kasat mata. Tapi jika sudah melibatkan sensor atau kelistrikan….iso mumet jenggot sariawan tenan. Semoga saja cepat teratasi…semoga saja…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

175 COMMENTS

    • Ngatasinnya gampang, bawa k dealer/bengkel d reset. Tapi gak segampang itu meluangkan waktu untuk itu..setelah reset kambuh dan kambuh dan kambuh lagi.
      S0lusi : Iket pake KARET BAN DALAM STANDAR sampingnya , kemudian tunggu beberapa bulan hingga Y melakukan Recall Berjamaah ?
      Motor DaurUlang kok dibeli.
      Dikasih Fitur baru Check Engine malah pusing hahaa

      • New nmax memang fenomenal sampai harus bikin artikel 3kali padahal cuma engine check nyala dan cukup screening lanjut direset saja selesai. Gak ganti part sama sekali.
        Independensi surelnya pun juga dipertanyakan
        Pcx sprocket camnya ambrol cukup 1 artkel padahal hrs bongkar mesin dan teriindikasi ribuan unit yg terdeteksi dr no rangka.

      • @Satisfication coba anda buktikan jika email tersebut tidak independen alias yang ngirimnya dibayar oleh pihak lain. salah ucap berakhir fitnah anda bisa masuk penjara bro

      • ini namex buat TCS ga ngaruh2 amat
        trus kalo Notif buat apa toh ga bisa liat sms nya dilayar,?
        “GPS” harusnya bisa liat posisi motor mau lagi posisi off , kalo di gondol orang kan bisa ketauan kemana tu bawa motor nye??
        trus buat apa yang di bikin standar no keyless ??
        kalo keyles harga 29.5 mah masuk akal deh .
        hati2 karna Honda sudah menyiapkan strategi nya JJJJiiieeehahahahaaa

      • Beli motor buat bolak balik ngereset k bengkel? Tunggu saja jadwal Recall berjamaahnya.

        BMasalah Pcx udah beres, ada 2500an pcx yang dipanggil ..setelah diperiksa, hanya 800 an unit yang bermasalah..dan semua sudah dibereskan oleh H. Itu terjadi dibulan November 2019 ,namun..dibulan Nov dan Des 2019 ,penjualan Pcx tsb malah naik secara Signifikan …yang punya andil mendongkrak jualan H ke angka Nyaris 5 jt Unit .
        Spektakuler.
        Disaat Pcx tsb Laris manis , Adv mulai kayak Laler…,Y masih menerima kedatangan berkapal kapal motor rejectnya yang siap diDaurUlang ?

    • Kalo direset beres jd penyebabnya dr softwarenya bukan beneran dr mesinya tp klo sdh dreset kmudian bgtu lagi jd masalahnya memang di mesinya ada sesuatu yg entah apa begitukah???..bukanya produk kluar pabrik harusnya sdh ada quality controlnya ya. jd bhn ksmptn buat prduk sebelh klo sprti ini

      • Tetangga saya aman aman aja new Nmax nya cak, wusssh buanteeerrrr reek… Klo picek tetangga saya malah gredek gredek lemot dan miring ???

      • Kemarin saya lihat piciek lewat didepan saya, dan saya amati shock nya miring dan goyang goyang motornya wktu jalan kaya dokar/delman ???, getaran gredek mesin juga terlihat di bodi plastik nya ?

    • Kaum pintar : motor berhenti mau standar samping mau putar kunci , mana duluan ga masalah

      Kaum smart: motor berhenti, putar kunci, standar samping, hrs itu, klo ga nanti motormya bilang “gua ga secerdas itu”

    • Tolong dong ,,YIM cepet kasih pencerahan biar nggak pada ninggalin,,kasihan yang dibawah ,udah ngomong war wer wor hasilnya zonkkkk

    • Betul, sept yang gua bilang..New nemex hadir karena Terpaksa..masalah intern Y yang mengharuskannya hadir sebelum diLupakan orang .
      Mendaur Ulang dan Kanibal part2 yang menumpuk adalah salah 1 alasan lahirnya mesin Daur Ulang ini.
      Pengetatan dan efisiensi Produksi adalah bentuk program yang bisa dilakukan saat ini , gak tau deh beberapa tahun k depan…apa masih sanggup mendaur ulang atau memang akan fix jadi Pabrik biji Limbah Plastik atau Pabrik jualan Pulsa dan Paket data ?

      • nickname macam “Tak ada yang bisa” bikin males beli merk “H”, segitunya amat nyari makan ya? kalo beli merk “H” bikin pasti tu orang tambah pongah. jadi males mampir ke ni wARung

  1. Motor GGL versi 2 setelah Aerox…Ganteng Ganteng Lemah, dikit2 konslet socketnya. Ntah yang GGL versi 2 ini bakalan kena kmn lg. En skali lg seperti aerox, belum ada solusi jelas dan selalu melemparkan kesalahan ke pengguna, modif kelistrikan lah(pdhl yg std jg kena), matiin mesin pake standar lah (pdhl yg matiin normal jg ad yg engine check nyala jg)

      • coba lu sebutin masalahnya apa, yang kongkrit, jelas, bukan hanya isu yang lu denger dari bacot bacot doang,,

        lu cari masalah pcx yang masal kaya kasus nmax gini bukan hanya 1 motor aja yang kena, tapi banyak, sertain foto dan pendapat blogger,vlogger yang emang menemukan masalah yang sama dengan yang lo maksud.

        berapa besar potensi kerusakan motor atau rider jika masalah tersebut dibiarkan.

        lu cari dulu sono masalahnya baru ngebacot disini

      • Itulah salah satu kelebihannya Iwb Bro. Progress sprocket cam ambrol aja cuma 1 artikel padahal ada berapa ribu unit yg terdeteksi no rangka pada P.X yg harus diganti dan itu butuh waktu lama.

    • Masalah pcz udah selesai semua, Tuntas..hanya 1 bulan ,lagian unit pcx yang diPanggil itu memang Terindikasi ( bisa iya dan bisa tidak ) namun tetap dipanggil..dan ? Hanya 800an unit yang memang perlu penggantian sprocket cam .
      Masalah Selesai .

      Gak lama lagi mari kita dengar error berikutnya dari Nemex versi Abs Kw ? ada 2 masalah.

      • Tukang ngibul ( tak ada yang bisa ) !!teman ane aja baru kmrn diganti sprocket cam PCXnya. Gitu pakai urusan selesai. Ingat Bro! 3000 unit!!!! Dan hanya ahass tertentu yg ditunjuk.
        NGIBUL Ojo nemen2!!!

      • Masalah pcx sudah selesai ,dan gak ada hubungannya dengan engine check-Error ?.
        Akan semakin. Banyak. Keluhan. Dari mesin DaurUlanng Y ,mari kita simak sama2 ?

      • Vario gen 1 gw sdh 325 rb km…bawa udah kek angkot saking brutal nya…ga pernah matiin mesin pake putar kunci, selalu STANDAR SAMPING..!!!
        Bayangin….sudah berapa ratus ribu kali itu…

        TETAP OKE ..??

        Beli nemex hitam doff 2019, begitu standar samping…engine check led kedap kedip…walau kemudian mati…

        Benar2 gejala. .

  2. wan wan, bloger nghaem,, pcx gtr cbr brmslah aj gk ad lu bkin artikel,,lw ad pun psti lu msukin Yamaha dstu,, nmpak bnget dk netral,a..

  3. Lampu engine nyala kok d bilang cacat sepele? Bagi gw itu masalah terbesar. Klo cma shock miring, jok keras masih bisa d akalin soalnya udah jelas penyakitnya. Lah klo lampu check engine nyala mau d apain? Mekanik pabriknya aja bingung, apalg yg lain. Mending saran gw ga usah d beli tuh motor kya bgtu. Bikin motor buat d jual kok kaya ga serius gitu, msh bnyak motor yg lain.

      • Reset k bengkel ,baru sampe rumah..besoknya nyala lagi…k bengkel lagi , repot amat hiduplu ? dari nyala biasa dicuekin lama2 Gosong tuh ecu/ecm nya ?

    • Yg penting motornya normal2 aja, tetap jalan gak ada masalah, banyak orang beli Nmax baru aman2 aja tuh, ada yg langsung dibawa ngebut, ada yg udah dioprek, wajarlah cuma satu dua unit doang itu juga bukan problem besar

      • biarpun masalah sepele bukan berarti dianggap remeh bro, disini saya ga berniat mojokin Nmax atau produk sebelah, karena saya pun punya ketertarikan sama nmax baru ini (walaupun saya saat ini pake produk merek sebelah). hanya saja saya berharap dari pihak pabrikan langsung respon keluhan pengguna nmax baru sampe masalah engine checking signal yang menurut ada sepele dan remeh bener bener teratasi. karena jangan salah klo check engine menyala terus berarti emang ada masalah di motor syukur klo spare part yang kelihatan lansung sama mata lah ini klo udah kena ECU dan sensor” yang lain bisa mumet urusannya bro

      • 1 – 2 unit ? ? Udah ada 30 an konsumen yang ngeluh kali …sisanya kagak tau dan kaga ngerti ,dikirain yang nyala itu lampu nambah kencang 5 kmh ?

    • Sy punya 3 motor dari pabrikan yamaha, suzuki, dan kawasaki. Waktu kluar adv sempat minat mau melengkapi koleksi krn blm punya merk honda. Tp setelah lihat sendiri first batch jadi gak sreg. Apalagi stelah kluar new nmax yg stelah lihat langsung ternyata ciamik. Walaupun skrg ada isu check engine tetap gak membuat sy pilih adv. Klo pun ada masalah kan ada garansi pabrik. Eh btw ente2 tau gak apa itu garansi? Jangan2 gak tau. Ya paling gak pernah dengar lah. Klo gak tau coba tanya orang yg lebih tua. Om tante paman bibi ..

      • Terus elo jadi beli nmax baru apa kagak intinya … KALO beli trus ada error itu lo bikin di yutup solusinya .. ga usah ngemeng yg laen ini itu beli nya ttp mbeat !!

      • Gua waktu Adv nongol..pas Pameran Langsung Inden ? belum lihat malah motornya.. setelah inden baru lihat ,alamaaaaaaaxxx Melelehhh gua ngeliatnya..Kece Badai kata anak2 zaman Now ? setelah ditangan..Alamaaaax Lagi ,gua kira ni motor biasa saja ,tapi sangat Luar biasa..melebihi ekspektasi Gua ! Ringan tarikannya..nguacirrrr wuzzzzzz gilak deh ni motor .
        1 yang pasti, sampe saat ini..dengan kondisi masih standar Pabrikan belum ada yang namanya Error ? makin diPlintirrr makin Irit.
        Wuzzzzzzzzz Buantereee Reeeek !

      • ? motor bobrok gua yang mana ?
        250 RR repsol?
        Skupy unyu2 ?
        Atau Adv gua yang gagah?
        Kalau yang ente maksud Adv gua yang bobrok..kok gampang cium spakbor si Ngorox dan si Nemex? ? Itu Bannya masih jenis duo purpos .. makin ngeri ngacirnya jika dipasang ban dengan kembang Supermoto punya . dan pastinya kaga pake fitur beCex enjin ?

  4. Tengah wengi enake ngombe wedang, wedang ronde dicampur kacang.
    Sales H podo keringetan, gara gara sing inden P.X podo ngilang

  5. Nyruput kopi mangan ketan, budhal ngulon balik e nang Etan, New nmax saiki dadi perhatian, gara gara fiture canggih tenan.

    • Masalahnya ,kalau motor Y itu datang kelistrikan mati semua . Kemudian motor dinyalakan sih aman..beberapa waktu kemudian bCek enjine ? beberapa waktu kemudian karena dicuekin error merambat , beberapa waktu kemudian Gosong ? duluan Gosong apa Recall ? Ayoo tebaaaak

    • Kurang dari 10 menit ? sampe rumah hati gak yenang..eh benerrr ,besok bangun Nyala lagi…kebayang lagi harus direset , kerjaan terlantar, aktifitas terganggu…akhirnya direset lagi, pulang hatipun galau.
      Besoknya jadi gak nyaman hanya buat sekedar menyalakan motor ,eeeh benerrr ..Nyala lagi Seret lagi Reset lagi ?
      DAUR ULANG LAGEEEEEE….

  6. Lek iwan artikel rekol jgn sekarang yaa.. kasihan.. nanti di kira berat sebelah… di tabloit terkenal udah ada lhoo…

  7. Bikin artikel tentang velg belakang ADV yang oleng dong, udah banyak lho yang ngalamin, cek aja di facebooknya ADV. Masak konsumen Y terus yang diperhatikan, kasihan tuh konsumen H, motornya trouble tapi bingung mau curhat kemana

    • Adv gua nggak tuh, dah macem2 track yang dilalui..manjat2 batu pun dah pernah .
      Kalau di Fb itu yang ngeramein gak lain adalah efbeye ..sebagai salah 1 dari Tradisi mereka ?

      • Lah emang yang kena engine check semua nmax? nggak to?
        Come on bro/sis, buka mata. Tiap kali ada yang posting tentang klaim velg oleng, banyak yang komen ngalamin hal serupa kok. Dan kalo dilihat profilnya memang sama-sama user ADV

  8. Walau saya gak punya motor ini, tp jikalau saya baru beli motor idaman seharga 30 jt an masih baru bgt, kinyis2 bau pabrik, timbul engine checking timbul rasa nyesek jg ?

  9. Motor bermasalah,bukannya dibenerin cari solusi malah nyalahin blogger….
    Fbenyek emang dongo keterlaluan

    Fanatik merk dan dongo jgn diborong juga dong

    Kekekekek

  10. Mas Iwan,, mungkin ga sih karena pengaruh rasio komprensinya yg mencapai 11-an yg mesti minum pertamax plus? Coba mas Iwan tanya, yg engine check tu minumnya pakai pertamax plus atau premium? Makasih mas Iwan.

    • Bawaan pabrik biasanya dikasih Pertalite. Khusus motor sekarang ya. Dulu beli vixion di kasih premium dari dealer wkwk ???

      Kan amsyong. Itu cuman trouble di alogaritmanya aja masih pakai alogaritma old nmax. Khusus yg Non ABS bisa swap pakai ECU R15. Ntar di sesuaikan aja AFRnya. Kan udah sama2 kompressi 11.6:1

  11. cie…cie…. ketar ketir pcx ama adv jualannya seret trus diberi titah utk bikin artikel nmax berjilid2.
    pdhl artikel pcx rawan ambrok cm hiji.
    velg geol dan velg pecah adv malah tak dibikin artikel, pdhl itu kesalahan pabrik, kasusnya jg banyak.

    • La kenapa situ ga nanya juga sama juragan rondo klo bikin artikel mengupas masalah hondut jauh lebih gila berjilid jilid jauh lebih banyak?
      Sorry saya cuman pembaca hampir semua blog dari satar gendut mata panda, taupik, aripit, kby, pertamax7, leo7, triatmomon dst.

  12. Sy rasa yg pnya warung msih sakit hati gk diundang saat launching produk ini, maka’y berita ‘digoreng’ trus.. Hahaha… Dbayar brp mas ma H

  13. Kangbro mau tanya. Kalau motor bermasalah gini bisa ditukar unit baru kah? Apa gabisa karena sudah regisrtrasi nopol, no rangka dll?

    • Gak bisa bro
      .yang bisa dilakukan adalah ..sarungin motor dirumah hingga sekian bulan k depan atau…boleh dipake walaupun bcek enjine nyala..namun siap tanggung Resiko jika Ecu Ecm nya tiba2 bau gosong dan terbakar , untuk sampai pada saatnya dimana Y mengumumkan JADWAL RECALL BERJAMAAH.

  14. Wis 10 tahon “Tak ada yg bisa “penggawe nane nyales honda, pesaing e regone luweh murah.
    Tak ada yg bisa ngibul e gak nganggo data, soale wedi kesaingan karo motor sebelah.

  15. Satang memang krg tanggap tim QC ymh thdp keluhan awal konsumen.yg sulit soal detil sih ato boso jowone the devil in details

    • Sebuah pertanyaan menyeruak dari imajinasi liar saya.
      Apakah membuat konsumen bolak balik ke dealer untuk melakukan reset merupakan taktik pabrikan agar dealer yg mnjual produk mereka terlihat ramai pengunjung dan ada aktivitas?

      Jika iya sungguh pintar strategi ini.
      Namun kasian pembeli yg blm tentu punya waktu utk ngurusin beginian. Alih alih Beli kendaraan utk memudahkan hidup mereka, waktu berharga mereka jadi malah terbuang utk ssuatu yg mstinya dpt dihindari melalui compliance di saat quality control dan quality assurance.

  16. Lucu ngeliat baliho nemex .. disitu ada dua motor nemex merah n item yang tengah laki 2
    Ternyata laki 3 nya gak mau naek nemex
    Hahahahaha
    Berarti tuh laki gak suka nemex

  17. Wis 10 tahon “Tak ada yg bisa “penggawe nane nyales honda, pesaing e regone luweh murah.
    Tak ada yg bisa ngibul e gak nganggo data, soale wedi kesaingan karo motor sebelah

    • Wis 10 tawon satisfuckvixion ngakune efbeye, padahal motore Yo mung embit wae.
      Ora Trimo si emek error Bae, nganti bola bali dremimil ngomongi sales marang lawane

  18. Kang iwan..tolong infoin ke yimm msh ada sales ymh yg nakal,td mampir k dealer ymh antar putra lembang kl beli nmax new cash kena upping sampe 1,5 jt..moncrott tenann..sales laki inisial g****r.. balik kanan ahh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here