iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…jian moncrottt tenan wis. Sampeyan akan terkejut dengan konfirmasi bahwa Kawasaki akhirnya mundur dari Malaysia. Mereka angkat bendera putih tanda menyerah. Konfirmasi ini sekaligus menjadi catatan buruk untuk roda dua Malaysia mengingat sebelumnya mereka juga kehilangan Suzuki disana. Waduhhh…pertanyaannya kenapa yaaa??

Kepastian Kawasaki mundur dari pasar Malaysia menjadi berita utama di beberapa media ataupun Blogger di negeri Jiran. Kawasaki motor Malaysia yang biasa disebut sebagai KMM mulai tahun ini (2020) secara official mengumumkan pengunduran diri dari pasar Malaysia. Artinya pihak prinsipel Kawasaki heavy industry (KHI) akhirnya mengikuti jejak Suzuki Yang juga memutuskan untuk tutup pabrik di negeri Jiran. Asli cak….Ini adalah kabar buruk bagi para biker disana. Pertanyaannya bagaimana nasib produk Kawasaki di Malaysia serta gimana nasib sparepart motor yang sudah Eksis?

Soal itu tidak usah kwatir sebab Kawasaki memastikan akan menggandeng pabrikan lokal Modenas. Sebagai informasi pabrikan ini 30% saham memang dikuasai oleh KHI. Oleh karena itu transisi menuju ke sana dipastikan akan lebih mudah dan tidak sulit khususnya dari Sisi administrasi. Artinya sparepart dan lain-lain nantinya bakal jadi tangung jawab dari Modenas. Pertanyaan lain apakah ini artinya Kawasaki tidak akan lagi meluncurkan Produk baru di Malaysia?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Secara strategi disinyalir akan tetap. Seperti dilansir pandulaju dan bikesrepublic, Kawasaki bakal menunjuk Modenas sebagai perwakilan mereka untuk produk-produk di masa depan. Modenas yang akan meluncurkan sebagai representatif Kawasaki. Tapi tidak semua produk akan dirilis dan konon hanya beberapa varian atau model populer seperti Versys, Ninja 250, Z250, Z250, Z900, ZX10R dll Yang tetap dipasarkan oleh mereka. Hal ini untuk mencegah adanya tumpang Tindih pemasaran mengingat Modenas saat ini sudah cukup sibuk memasarkan Bajaj selain produk mereka sendiri. Weihhh mumet cakkk…

Last….Belum tergali gamblang alasan Kawasaki memutuskan mundur dari Malaysia. Tapi prediksi pribadi sepertinya mereka terpaksa melakukan langkah-langkah efisiensi mengingat market atau pasar di negeri Jiran memang sangat. Mungkin terkesan klasik tapi 90% disinyalir itulah masalahnya. Sebagai informasi Malaysia butuh satu tahun untuk menjual 500 ribu motor disaat Indonesia hanya satu bulan. Kawasaki Motor Malaysia ? Good by Malaysia…its a pity ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!