iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…jian moncrottt tenan wis. Sampeyan akan terkejut dengan konfirmasi bahwa Kawasaki akhirnya mundur dari Malaysia. Mereka angkat bendera putih tanda menyerah. Konfirmasi ini sekaligus menjadi catatan buruk untuk roda dua Malaysia mengingat sebelumnya mereka juga kehilangan Suzuki disana. Waduhhh…pertanyaannya kenapa yaaa??

Kepastian Kawasaki mundur dari pasar Malaysia menjadi berita utama di beberapa media ataupun Blogger di negeri Jiran. Kawasaki motor Malaysia yang biasa disebut sebagai KMM mulai tahun ini (2020) secara official mengumumkan pengunduran diri dari pasar Malaysia. Artinya pihak prinsipel Kawasaki heavy industry (KHI) akhirnya mengikuti jejak Suzuki Yang juga memutuskan untuk tutup pabrik di negeri Jiran. Asli cak….Ini adalah kabar buruk bagi para biker disana. Pertanyaannya bagaimana nasib produk Kawasaki di Malaysia serta gimana nasib sparepart motor yang sudah Eksis?

Soal itu tidak usah kwatir sebab Kawasaki memastikan akan menggandeng pabrikan lokal Modenas. Sebagai informasi pabrikan ini 30% saham memang dikuasai oleh KHI. Oleh karena itu transisi menuju ke sana dipastikan akan lebih mudah dan tidak sulit khususnya dari Sisi administrasi. Artinya sparepart dan lain-lain nantinya bakal jadi tangung jawab dari Modenas. Pertanyaan lain apakah ini artinya Kawasaki tidak akan lagi meluncurkan Produk baru di Malaysia?

Secara strategi disinyalir akan tetap. Seperti dilansir pandulaju dan bikesrepublic, Kawasaki bakal menunjuk Modenas sebagai perwakilan mereka untuk produk-produk di masa depan. Modenas yang akan meluncurkan sebagai representatif Kawasaki. Tapi tidak semua produk akan dirilis dan konon hanya beberapa varian atau model populer seperti Versys, Ninja 250, Z250, Z250, Z900, ZX10R dll Yang tetap dipasarkan oleh mereka. Hal ini untuk mencegah adanya tumpang Tindih pemasaran mengingat Modenas saat ini sudah cukup sibuk memasarkan Bajaj selain produk mereka sendiri. Weihhh mumet cakkk…

Last….Belum tergali gamblang alasan Kawasaki memutuskan mundur dari Malaysia. Tapi prediksi pribadi sepertinya mereka terpaksa melakukan langkah-langkah efisiensi mengingat market atau pasar di negeri Jiran memang sangat. Mungkin terkesan klasik tapi 90% disinyalir itulah masalahnya. Sebagai informasi Malaysia butuh satu tahun untuk menjual 500 ribu motor disaat Indonesia hanya satu bulan. Kawasaki Motor Malaysia ? Good by Malaysia…its a pity ! (iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

44 COMMENTS

    • disono motor jarang dipake, bus nya gratis kemana mana…
      hahahaa.. lagian juga yg laku disana motor bebek, dan udah diserahkan oleh KHI kepada modenas utk bebeknya..

  1. Kawasaki Malaysia akan mulai fokus untuk mengimpor motor dari Jepang dan negara Asia lainnya akibat melemahnya permintaan dari konsumen lokal, Catatan New Strait Times, kawasaki hanya mampu memproduksi sebanyak 8.000 unit motor pada 2019, atau hanya setengah dari produksi 2013 silam. Secara matematis, skema produksi tidak menguntungkan untuk saat ini.

  2. mungkin di sana transportasi umumnya sudah mudah dijangkau, nyaman dan aman. jadi ya ngapain pake motor mending naik bus atau kereta.
    atau orang sana sugih-sugih jadi belinya mobil …

  3. Wow..500ribu setahun dibandingkan Indonesia. 500ribu sebulan,
    orang Indonesia emang ugal ugalan, gak motor gak mobil, pantes jalanan semakin macet

  4. klo jualan di malaysia susah, berarti bagus lah.. penduduknya ga konsumtif sama kendaraan pribadi… mungkin disana tata kota sama transportasi umumnya sangat mendukung untuk kegiatan warganya.. justru kita harus contoh malaysia. semakin turun penjualan semakin bagus

  5. Jumlah penduduk malayasia itu hanya 11 % dari jumlah penduduk Indonesia, jadi sangat maksud akal.

    Barangkali, untuk saat ini Indonesia adalah pasar motor paling besar di dunia.

  6. Di Malaysia segmen motor yg paling laris itu segmen bebek,, sdgkan kawasaki ga ada jualan bebek sama sekali, padahal penjualan motor di Malaysia tahun 2019 kemaren naik lumayan berbanding tahun sebelumnya,, disana itu malah Yamaha yg merajai dgn Y15ZR nya,

  7. Kemungkinan terkait regulasi di negeri Jiran yg “kurang bersahabat” dengan produk Kawasaki.. ini hanya dugaan saya saja. 😊

  8. wah semakin tidak mgkn ikut motogp tu pendapat smakin menurun🤣🤣🤣

    gpp lah msh ada wsbk yg bisa dibanggakan fbk🤣🤣🤣

  9. Kenapa ga bikin motor matik……. Yg pasarnya gede.. Sekarang jamannya matik. Kukuh cm jualan motorsport….yo ambyar…..
    J125 jg cm bikinan kymco…..🤔

  10. Makanya ayo di beli yuk Motor Suzu sama Kawa yang di jual disini jangan diremehkan, nanti klo ikut seperti di Malaysia dan hanya tersisa H dan Y Nyesel lho.
    Awalnya Fansboy bela belain salah satu Brand klo sudah minim pilihan bisa aja terjadi Duopoli atau bahkan Monopoli konsumen pasti Nyesel karena minim pilihan Brand dan minim harga.
    Yang mampu beli Motor lebih dr 1 bervariasi aja, H, Y S dan K kayak mas Iwan yng punya blog ini.
    Alhamdulilah saya meski skrng motor sisa cuma 1 unit tapi dulu saya pernah membeli 4 Brand tersebut walau akhirnya 3 diantaranya sdh terjual lg karena keadaan ekonomi. Kasihan kang bro liat yg lagi susah itu, apalagi jualannya susah. kasihan jgh kan soalnya ane skrng jg lg ngerasain.

  11. Malaysia ini pasti Eropa…
    Setiap garpu karat laris itu ngeropa….
    Venezuela juga….

    Fanatik dan bodoh beda tipissss

    Kekekekek

  12. Karena Kawasaki gk punya produk ber-cc kecil yg menarik, gk ada yg meragukan kawasaki klo mendesain moge lebih dr 1 silinder berkapasitas 250 cc keatas pasti top abis. Tetapi coba liat produk kelas motor bebek psti agak2 gmn gtu diliatnya apalagi produk matiknya langka dipasaran, kondisi yg 11-12 dgn Suzuki.

  13. Kawasaki Jualannya pakai gengsi, maunya jadi first Movers doang nggak lihat pasar gmn mau laku,lama2 juga di sini gulung tikar

  14. Komen kok mayoritas gak ada yg enak dibaca. Mhn maaf kang iwan mohon luangkan waktu bisa edukasi juga pembaca kok malah senengnya saling menjatuhkan tapi gak lihat sisi pembelajaran tiap artikel.

    • itung itung sedikit banyak liat gaya bicara penghasut bos, masalah dosa biar yg menghasut yang tanggung.
      jaman melineal jangan jadikan menghasut hal yang lumrah

  15. Yaaa..

    Cuma tinggal Honds dan Yamaha.

    Tp ada moge yg bagus2. Ya gapapa juga sih…

    Kalau disini cuma sampek ada Honda dan Yamaha bubarrrr…. Produknya garing2 coy… Ngebosenin Pol….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here