iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Batasan RPM World Superbike musim 2020 resmi dikonfirmasi, Ducati V4R masih punya jatah paling tinggi sedangkan Kawasaki adalah pabrikan dengan batasan RPM Terendah. Wahhh..

World Superbike musim 2020 segera dimulai, banyak persiapan yang telah dilakukan oleh masing masing tim maupun rider agar tampil kompetitif dibandingkan musim lalu. Semua schedule Official Test pra – musim sudah dilalui dan mereka akan memfokuskan diri untuk menghadapi putaran pembuka yang akan berlangsung di sirkuit Losail akhir bulan Februari ini.

Sebelum itu, World Superbike resmi merilis Rev Limit dari masing masing pabrikan yang akan bertarung dalam petebutan gelar juara dunia musim ini. Musim lalu adalah moment yang cukup rumit diawal musim bagi pabrikan yang banyak mengeluhkan keleluasaan Ducati V4R, tentu sampeyan tahu jika musim lalu adalah debut Ducati V4R dalam kejuaraan World Superbike. Ducati mendapatkan keuntungan dengan memperoleh batasan RPM tertinggi yang mencapai 16.350, hal ini cukup dikeluhkan oleh beberapa pabrikan yang menganggap konsensi ini sangat menguntungkan Ducati, tanpa terkecuali rival terkuatnya yakni Kawasaki.

iklan iwb

Nahhh…Mulai seri Assen, Belanda Akhirnya Ducati mendapatkan sunatan RPM pertamanya sebanyak 250. Mungkin sebagian pihak sunatan tersebut tidak terlalu berpengaruh cakkk, tetapi nyatanya pasca 250 RPM hilang, performa Alvaro Bautista kian menurun. Bahkan anjlokk nemen pakdee, alhasil Ducati harus merelakan Gelar yang seharusnya mereka dapat direbut oleh Jonathan Rea.

Untuk musim ini Ducati V4R masih mendapat jatah yang sama yakni 16.100 RPM, sedangkan Kawasaki masih tetap bertahan di 14.600 layaknyak musim lalu, jumlah ini cenderung lebih rendah dibandingkan pabrikan lainnya cakkk, pun begitu dengan BMW yang akan mendapatkan jatah 14.950 RPM alias tidak ada bedanya dengan musim lalu.

last….sementara itu dua pabrikan lainnya yakni Yamaha dan Honda justru mendapat tambahan jatah RPM, dimana Yamaha YZF-R1 Versi 2020 mendapatkan 14.950 RPM atau naik 250 dibanding musim lalu. Sedangkan Honda naik cukup banyak dari 15.050 menjadi 15.600 RPM, hadirnya CBR1000 RR-R SP membutuhkan banyak waktu untuk meriset motor dan keuntungan ini diharapkan bisa membantu Honda agat kembali ke level teratas….(Cc for iwb)

Rev Limit World Superbike 2020 

BMW: 14950

BMW 2019: 14900

Ducati V2: 12400

Ducati V4: 16100

Honda (SC77): 15050

Honda (SC82): 15600

Kawasaki: 14600

MV Agusta: 14950

Yamaha: 14950

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

27 COMMENTS

  1. Kenapa Batasan Ducati V4 malah lebih Besar Drpd Yg V2 ???
    😄
    Ok karena faktor cc.
    Nah sekarang kenapa V4 yg paling tinggi?

    • V2 tapi boleh sampe 1200cc, resikonya punya stroke lebih panjang dari mesin V4, klo dipaksa lebih dari 15000rpm, takutnya gampang jebol…
      Klo Bore dibikin extra gede, stroke extra pendek, juga hampir2 sama resikonya…

  2. Msh gagal paham ane dgn regulasi ini. Klo wsbk jaman dlu beda cc beda jumlah silinder ane msh paham dibedain rpm nya spy imbang,lah ini bedanya apa? Cm konfigurasi mesin.

    • Kayaknya gak cuma masalah konfigurasi dah.
      Tiap motor punya desain yg berbeda, biarpun konfigurasi atau cc sama, makanya ngaruh sama performa motor.
      Diharapkan dgn regulasi batasan RPM yg berbeda ditiap motor, performa tiap motor sama rata jadi hasil balap tdk didominasi satu atau 2 merek.
      Tapi tak semudah itu penerapaanya

    • Masih gagal paham lagi dikelas arrc250.. untuk mencegah Dominasi H yang makin menggila, dilakukan sunatan2 rpm sept ini.
      Tapi bagusnya adalah ,orang akan lihat..aslinya tuh motor ( ini motor masspro ) .

      Nah di Pra musim ini untuk Cbr malah dikasih penambahan, padahal secara Power ada diposisi kedua dibawah ducati, kenapa demikian? Ya itu tadi..masih riset berjalan hingga race diseri Pertama nanti untuk mendapatkan Data, karena triple R adalah motor dengan mesin terbaru yang belum memiliki data sama sekali . Setelah race pertama nanti bakal ada perubahan lagi, kalau mampu meraih Podium..maka untuk race k 2 akan diturunkan, sssuai dengan catatan waktu dirace 1

      • Ngomong sampah ya tong, ,tuh honda diatas 15K , wkwkw motor honda busuk sekali
        Ducati malah 16k

        Gausah banyak alesan motor honda itu penuh drama,,
        Basi

  3. Wkwkwk DUCATI V4 AMA HONDA KOK GEDE RPM NYA???

    FBH SAMA SALES HONDA GIMANA INI?? KATANYA MOTOR HONDA SUPERIOR , KOK RPMNYA NO.2 LEBIH GEDE NIH?
    Yang lain dibawah 15k

    wkwkwkwk motor honda kok gitu amat ya busuknya,, udha motogp pake Ecu khusus,, wsbk rpmnya lebih tinggi

    • Kalo yamaha di bikin 15600 rpm auto ambrol tuh mesinnya. Jadi pihak wsbk takut kalo mesin selain honda dan ducati dibikin 15600 rpm keatas bakal meleduk semua.

    • Lo romanya benci amat sama honda bro? Jangan2 lo sales sebelah yg daganganya seret lakunya, eh tong dimotogp ecu seragam gak kaya otak lo sama klakuan lo yg kagak seragam, nah soal superbike lo kaga baca apa masih riset.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here