iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…berbarengan dengan peluncuran new Motogp Team, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan produk pelumas dan chemical bagi para pecinta otomotif di Tanah Air dengan nama ECSTAR. ECSTAR merupakan pelumas resmi mobil Suzuki yang didesain untuk memberikan performa terbaik saat berkendara, sesuai dengan slogannya yaitu The Ultimate Performance. Peluncuran ECSTAR dengan spesifikasi SAE 0W–20 SN ini dilakukan di Kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta pada Selasa (4/2). Seperti apa sosoknya ? intip detilnya dibawah ini….

Menurut Ignatius Ratrianto, Spare part Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai produsen ECSTAR, “ECSTAR diformulasikan secara khusus untuk memberikan kinerja terbaik pada mesin agar mampu mengurangi gesekan, membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal sekaligus melindungi mesin,” ujarnya.

ECSTAR 0W–20 SN merupakan oli mesin yang memiliki spesifikasi API Service “SN”. Spesifikasi tersebut merupakan standar kualitas oli tertinggi yang diakui oleh API (American Petroleum Standard) saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa ECSTAR sudah berstandar internasional. Secara ekonomis, ECSTAR 0W–20 SN sangat kompetitif. Dibanderol dengan harga Rp95.000 per liter, konsumen sudah dapat menikmati keuntungan menggunakan pelumas bertaraf internasional dengan kualitas tertinggi dan telah tersertifikasi SNI.

iklan iwb
iklan iwb

ECSTAR sendiri telah dikembangkan sejak tahun 1980 di Jepang. Dengan visi menciptakan pelumas dengan performa terbaik di pasar domestik Jepang pada saat itu, pelumas ini lahir dengan nama “ECSTAR” yang berarti “STAR” (bintang) yang menuntun menuju performa yang “ECSTATIC” (menyenangkan).

Selain ECSTAR 0W-20 SN, pada kesempatan yang sama PT SIS juga meluncurkan ECSTAR 5W-30 SN/GF-5 sebagai pilihan pelumas berkualitas lainnya, serta tiga tipe pelumas transmisi dengan seri ECSTAR ATF AW-1, ECSTAR ATF 3317, dan Gear Oil MT 75W-80 GL-4. Selain itu, untuk mendukung pemeliharaan kendaraan, tersedia pula produk chemical ECSTAR Brake Fluid DOT3 dan Long life Coolant 50/50 Pre Mixed.

ECSTAR berkembang di sirkuit balap MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini kami meluncurkan ECSTAR untuk para pengguna mobil di Indonesia. Kehadiran ECSTAR diharapkan dapat memberikan The Ultimate Performance bagi seluruh konsumen otomotif dan tentunya menjadi bukti nyata komitmen Suzuki untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik di Indonesia,” tutup Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS.

LEMBAR FAKTA – ECSTAR

Pada 1980-an, SUZUKI memulai pengembangan pelumas untuk mengejar performa terbaik di pasar domestik Jepang. Pelumas ini diberi nama “ECSTAR“ yang berarti “STAR (Bintang)“ yang menuntun menuju performa yang “ECSTATIC (menyenangkan)“.

Seiring besarnya ekspektasi terhadap produk ECSTAR, dengan teknologi tinggi yang dikembangkan melalui sejarah panjang dan dedikasi, tim engineering Suzuki telah menformulasikan ECSTAR dengan tepat untuk memberikan perlindungan dan daya tahan optimal bagi mesin dan lingkungan.

Di tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan ECSTAR sebagai produk Suzuki Genuine Oil & Chemical sekaligus meluncurkan oli ECSTAR 0W–20 SN ke pasar Indonesia.

Kelebihan Oli ECSTAR:
1. Hemat Bahan Bakar.
Formulasi yang menghasilkan performa tinggi dan memenuhi standar efisiensi bahan bakar mesin Suzuki.
2. Perlindungan Mesin Luas Biasa.
Teknologi pelumas yang inovatif, mencapai kestabilan temperatur sehingga memberikan perlindungan mesin bahkan pada saat menyalakan mesin di kondisi dingin.
3. Mesin Bersih untuk Usia Mesin yang Lebih Lama.
Performa yang bersih memperpanjang usia mesin dengan mencegah pembentukan lumpur dan endapan sehingga mesin bebas dari masalah.

Jenis Oli Pelumas ECSTAR:
Oli pelumas ECSTAR yang akan diperkenalkan di Indonesia pada bulan Februari 2020, tersedia untuk jenis bahan bakar bensin dengan tipe:
1. F 7000: Pelumas berbasis Semi Sintetis
2. F 9000: Pelumas berbasis Full Sintetis dengan performa lebih tinggi dengan 0W–20
Saat in pelumas ECSTAR 0W–20 telah mencapai standar API (American Petroleum Standard) tertinggi yaitu SN. Hal ini berarti ECSTAR F 9000 0W-20 SN memiliki kualitas oli mesin terbaik.

Keunggulan API-SN
1. Meningkatkan perlindungan piston terhadap deposit akibat temperatur tinggi.
2. Pengendalian sludge yang lebih baik untuk membantu memperpanjang usia dan menjaga kondisi mesin tetap bersih.
3. Meningkatkan perlindungan pada kondisi putaran mesin rendah.
4. Ramah lingkungan.
5. Lebih kompatibel terhadap alat pengendali emisi, seperti katalitis konverter.
6. Lebih kompatibel terhadap seal-seal di dalam mesin.
– Kualitas Base oil
– ECSTAR 0W – 20 SN Performa
– Viscosity Index 120 Hemat bahan bakar, menjaga kondisi mesin
– Residu Karbon Sedikit Efek negatif bagi mesin
– Penampilan Jernih Index grade base oil
– Kandungan Ketidakmurnian Minimum Index usia pelumas

Teknologi Molybdenum
Teknologi Molybdenum membentuk lapisan keras yang rata di permukaan metal pada mesin. Hal ini memungkinkan adanya pengurangan gesekan yang membuat penghematan konsumsi bahan bakar.

Produk ECSTAR lainnya:
1. Gear Oil: Pelumas transmisi manual
2. ATF Fluid: Pelumas transmisi otomatis
3. ECSTAR Chemical
a. Brake fluid: minyak rem
b. Long Life Coolant: cairan pendingin untuk menjaga suhu mesin

Last…jangan salah sangka, oli diatas jika kita intip dari spek memang lebih condong diracik untuk mesin mobil. Intip saja viskositasnya yang sangat encer. Yup…dengan SAE 0W–20, IWB tidak sarankan dimasukan ke motor sampeyan, bisa kasar banget enginenya. Walaupun clearance mesin sekarang sudah sangat rapat tidak seperti engine era lama, rata-rata mesin roda dua masih bermain di SAE 15W-40 hingga 10W-30. So…selamat buat Suzuki atas kesuksesan mereka merilis oli mobil Ecstar. Penasaran juga euy, boleh neh dicoba nanti ….(PR SIS)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

18 COMMENTS

  1. Pertamax. Asal ojo klaim hemat bbm 30-50% yo cak koyo pil penghemat bbm markas bandung. Klaim ekspor eropa d tanya dokumen2 ga bisa jawab.. salah orang ketemunya saya yg d bologna

  2. Malem” blm tidur buka blog iwb eh yg comment baru sdikit biasanya yg komen bejibun. Komen dululah biasanya cuman silent reader. Kirain oli utk motor cak..

  3. Puncuran tim balap motor, tetep promosinya oli etapi buat mobil ?

    divisi motor dianggap angin lalu padahal launching nya tim motor balap wkwkw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here