iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…penyakit cek engine Yamaha All new NMax 155 memang masih belum ketemu secara jelas biangnya. Informasi masih simpang siur mengingat pabrikan konon masih menyeliki secara intensif. Disisi lain penyakit engine checking New NMax mendapatkan perhatian yang cukup besar dari para follower IWB seperti cak Dedi Setiawan misalnya. Doi memberikan beberapa tips berdasarkan analisa dan pengalamannya. Ada juga informasi dari pejabat Yamaha yang memberikan analisa engine checking nyala karena standar samping. Weleh makin puyeng euy….

Seperti yang sampeyan tahu pada artikel sebelumnya, ada beberapa kejadian yang menimpa All new NMax 155 mengalami engine checking. Awalnya terkuak dari Vlogger Kondang Ridwan Hanif yang kebingungan karena motor terdeteksi terjadi error “engine checking” saat mesin dihidupkan. Jika melihat indikator bisa dipastikan memang ada masalah pada motor. Dilalah dari sana baru nongol kejadian serupa juga menimpa teman-teman lain. Yang dilakukan mekanik Yamaha rata-rata sama yakni…

Mereka menghapus data error engine menggunakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT). Dan hasilnya, error code atau engine checking hilang tapi hanya sementara sebab dalam beberapa hari engine check kembali nyala. Dari sana banyak yang bertanya ke IWB, kira-kira apa masalahnya ? karena belum mendapatkan pencerahan pasti dari pabrikan, cak Dedi mengirim surel ke IWB untuk share pengalaman pribadi terhadap engine check NMax. Berikut surelnya….

iklan iwb

Assalammualaikum cak

Berbagi pengalaman aja, menyampung postingan mengenai Engine Check new Nmax 155 nyala. Berdasarkan pengalaman,engine check nyala itu karena kiprok aja cak yang lemah, jadi jangan bongkar” yang lain, walau dibawa ke dieler resmipun terkadang mekaniknya kurang update. Atau saran aja nih kalo udah ada yang bawa ke dieler resmi pastikan si mekanik suruh ganti kiproknya dulu, karena di beberapa kasus kiprok NMAX lemah.

Semoga bermanfaat
Wassalammu.alaikum

Waallaikumsalam wr.wb. Suwun buat cak Dedy atas bantuan tips dan analisanya walau belum tentu akurat mengingat pernyataan dari pejabat tinggi YIMM berbeda. Yup…dari konfirmasi M Abidin selaku General Manager Aftersales & Motorsport yang IWB baca dari otorider hari ini, biang masalah engine checking karena kebiasaan pengendara All new NMax 155 yang membuat ECU error atau mendeteksi mall function. Maksude? karena sampeyan mematikan mesin dengan standart samping alias mengandalkan fitur side stand switch…

Saya sudah simulasikan, ternyata saat motornya menyala, mematikannya itu tidak menggunakan main switch tetapi menggunakan side stand. Kemudian mematikan menggunakan side stand itu diinformasikan kepada ECU. Setelahnya engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction,” ujar Abidin di Jakarta, Senin (3/2). Yup…itulah jawaban Yamaha cak. Artinya apa ?

Secara tidak langsung disarankan sampeyan jangan menggunakan fitur side switch stand sementara karena bisa memicu error atau check engine nyala pada Yamaha All new NMax 155. Yamaha sendiri mengakui terus akan mengevaluasi untuk menangani masalah yang terjadi. Hhhmm….jika benar berarti memang ada yang nggak sempurna pada kelistrikannya cak, sensor standart samping error ? entahlah. Semoga segera bisa tertangani dengan baik mengingat dari pengalaman Ridwan Hanif, engine check kembali nyala kendati sudah direset dealer…

Last….NMax adalah produk back bone atau tulang punggung Yamaha yang kudu benar-benar diperjuangkan hingga titik darah penghabisan. Makanya kudu cepat penanganannya. So…buat teman-teman yang mengalami engine checking pada New NMax 155, mungkin ada baiknya sampeyan ke dealer untuk reset. Setelah itu jangan gunakan side switch stand dulu atau mematikan engine dengan standart samping untuk mencegah error check engine. New Nmax 155 ? emang mumet kalau musuh kelistrikan cak…rada tricky, semoga segera teratasi….(iwb)

Foto : Endrix Elang & Vandra

iklan iwb
Previous article[Breaking News] Honda new Revo-X versi 2020 resmi dirilis, klop dengan bocoran !!
Next articleApakah “keyless” Suzuki GSX-S150 bisa dicangkokkan pada Honda CB150R?
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!