iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…penyakit cek engine Yamaha All new NMax 155 memang masih belum ketemu secara jelas biangnya. Informasi masih simpang siur mengingat pabrikan konon masih menyeliki secara intensif. Disisi lain penyakit engine checking New NMax mendapatkan perhatian yang cukup besar dari para follower IWB seperti cak Dedi Setiawan misalnya. Doi memberikan beberapa tips berdasarkan analisa dan pengalamannya. Ada juga informasi dari pejabat Yamaha yang memberikan analisa engine checking nyala karena standar samping. Weleh makin puyeng euy….

Seperti yang sampeyan tahu pada artikel sebelumnya, ada beberapa kejadian yang menimpa All new NMax 155 mengalami engine checking. Awalnya terkuak dari Vlogger Kondang Ridwan Hanif yang kebingungan karena motor terdeteksi terjadi error “engine checking” saat mesin dihidupkan. Jika melihat indikator bisa dipastikan memang ada masalah pada motor. Dilalah dari sana baru nongol kejadian serupa juga menimpa teman-teman lain. Yang dilakukan mekanik Yamaha rata-rata sama yakni…

Mereka menghapus data error engine menggunakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT). Dan hasilnya, error code atau engine checking hilang tapi hanya sementara sebab dalam beberapa hari engine check kembali nyala. Dari sana banyak yang bertanya ke IWB, kira-kira apa masalahnya ? karena belum mendapatkan pencerahan pasti dari pabrikan, cak Dedi mengirim surel ke IWB untuk share pengalaman pribadi terhadap engine check NMax. Berikut surelnya….

Assalammualaikum cak

Berbagi pengalaman aja, menyampung postingan mengenai Engine Check new Nmax 155 nyala. Berdasarkan pengalaman,engine check nyala itu karena kiprok aja cak yang lemah, jadi jangan bongkar” yang lain, walau dibawa ke dieler resmipun terkadang mekaniknya kurang update. Atau saran aja nih kalo udah ada yang bawa ke dieler resmi pastikan si mekanik suruh ganti kiproknya dulu, karena di beberapa kasus kiprok NMAX lemah.

Semoga bermanfaat
Wassalammu.alaikum

Waallaikumsalam wr.wb. Suwun buat cak Dedy atas bantuan tips dan analisanya walau belum tentu akurat mengingat pernyataan dari pejabat tinggi YIMM berbeda. Yup…dari konfirmasi M Abidin selaku General Manager Aftersales & Motorsport yang IWB baca dari otorider hari ini, biang masalah engine checking karena kebiasaan pengendara All new NMax 155 yang membuat ECU error atau mendeteksi mall function. Maksude? karena sampeyan mematikan mesin dengan standart samping alias mengandalkan fitur side stand switch…

Saya sudah simulasikan, ternyata saat motornya menyala, mematikannya itu tidak menggunakan main switch tetapi menggunakan side stand. Kemudian mematikan menggunakan side stand itu diinformasikan kepada ECU. Setelahnya engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction,” ujar Abidin di Jakarta, Senin (3/2). Yup…itulah jawaban Yamaha cak. Artinya apa ?

Secara tidak langsung disarankan sampeyan jangan menggunakan fitur side switch stand sementara karena bisa memicu error atau check engine nyala pada Yamaha All new NMax 155. Yamaha sendiri mengakui terus akan mengevaluasi untuk menangani masalah yang terjadi. Hhhmm….jika benar berarti memang ada yang nggak sempurna pada kelistrikannya cak, sensor standart samping error ? entahlah. Semoga segera bisa tertangani dengan baik mengingat dari pengalaman Ridwan Hanif, engine check kembali nyala kendati sudah direset dealer…

Last….NMax adalah produk back bone atau tulang punggung Yamaha yang kudu benar-benar diperjuangkan hingga titik darah penghabisan. Makanya kudu cepat penanganannya. So…buat teman-teman yang mengalami engine checking pada New NMax 155, mungkin ada baiknya sampeyan ke dealer untuk reset. Setelah itu jangan gunakan side switch stand dulu atau mematikan engine dengan standart samping untuk mencegah error check engine. New Nmax 155 ? emang mumet kalau musuh kelistrikan cak…rada tricky, semoga segera teratasi….(iwb)

Foto : Endrix Elang & Vandra

Advertisements

225 COMMENTS

      • Motornya yg bermasalah kok yg disalahin yg pakai.
        Hadeuh….

        Untung gw ga jadi beli

        *padahal emang ga niat pengen beli 🙂

    • Sekedar masukan buat test rider motor baru yamaha yunamex dipantura, ngetest motor dipantura itu bukan asal gas pol banter-banteran, performa & durabilitas aja yang ditest percuma, apalagi ngetest y waktu musim kemarau, test driver pakai werpack, udah gitu long trip, motor kagak sering berhenti, standar samping kagak sering dimainin, suruh yang ngetest ibu yg mau belanja, dikit2 berhenti pakai standar samping, mungkin produk H ngetest motor baru y lewat simulasi pemakaian sehari2 ibu belanja, jadi masalah elektrik gak terlalu bermasalah lewat aplikasi standar samping. Emang orang mau beli motor nyari banter doang, inget yg beli yu namex rata2 buat pergi jarak dekat/ibu2 doyan belanja sama pergi buat ngantor, bukan komunitas pecinta touring, nih musim ujan lu test yu namex dipantura, sanggup gak elektrical y berfungsi dengan baik.

      • emang coooyy

        dasar rider teser yamaha dipantura goblok. wakakakakaka

        semoga baca nih rider goblok ybs 🤣

      • Produk gagal tercipta dari test drive arrowgun…
        Werpak dibungkus jas ujan, ane pikir itu yang ngetes jakasembung.
        Kemarau pantura panas lads… Ngapain kamuplase model gituan… Blo’on

      • bloger suarakan fakta dong 👿 ….
        pdhal kita sngt terbantu adanya update info seprti ini…. ❗
        digrup fb udah bnyk kok, tpi knp hnya iwb yg update…. ❓

        lainnya kmana ya ? 🙄 😆

      • #BTS
        lainnya kmana ya ? 🙄 😆
        ———————————-
        lainnya ngak perlu dibaca bung 😆

      • Juga berkali kali gua bilang sebelumnya , New nemex ini adalah motor yang ” Terpaksa ” dijual. Karena sudah kehabisan Tenggat waktu.
        Terutama Tenggat waktu atas hadirnya versi FaceLift dari Pcx yang sudah merRajalela , makanya di munculin new nemex ini yang sebenarnya riset ‘ New ‘ ini belum selesai dan tuntas. Alhasil ditemplokin mesin ngoroxx yang numpuk dengan sedikit sentuhan Kanibalisme part .

    • Jadi ingat kasus pcx yang petisi reccall dan ditanda tangani 5000 orang lebih gara gara motor mati total ga mau hidup dan gredek/klotok serta miring visual 😂😂😂

      • Untungnya yang bersuara dan yang bikin Petisi itu para buser efbeye yang sudah ketahuan . Dan dipcx itu hanya kasus sepele yang dibesar besarkan.
        Nyatanya? NOVEMBER DESEMBER 2019 ..Penjualan PCX Naik Amat Sangat SIGNIFIKAN.

    • Standartnya samping di cabut aja gimana buat ngilangin error? Wkwkwk. Gua pake hando dr jaman purba, matiin pake standar samping ga pernah ada masalah. Ini numex jadi haram matiin pake standart samping. Untung belum beli

      • Udah gua bilaang ,ini Produk daur ulang dan kanibal . Bukan riset keseluruhan namun ‘ memanfaatkan part2 yang numpuk dan sebagian besar sudah Kadaluarsa digudang menjadi jualan baru dengan cetakan casingnya..
        Istilahnya :
        Produk New Rasa Facelift dengan part hasil Daur Ulang

    • banyak yang mengalami?
      syukur gw bagian yang dapat unit normal,
      kalau alasannya karena mematikan dengan standar samping, itu cetek sekali. mengada – ada, mending jangan kasih statement dulu daripada kena bullying. gw masuk bagian dari yang selalu menurunkan standar samping duluan ketimbang ignition off, sejauh ini masih normal jalan kilometer 500

      ada yang bilang kiprok lemah? itu casenya di nmax lawas yang masih pakai kiprok kan? di motor starter seamless jaman sekarang sudah jadi satu dengan sgcu/ecm

    • Ini issue Nasional..tetep konsumen kuatir apabila ada sesuatu ALERT muncul di DASHBOARD mobil atau motor mereka, bagaimanapun juga HATI TIDAK NYAMAN.

      NEXT jangan tergesa-gesa mengeluarkan SUATU PRODUK, apalagi jaman NOW, kabar buruk bisa langsung tersebar kurang dari 30 menit ke jutaan GADGET.

    • Namanya jg fanik
      Motor msh prematur jg di pasarkan aj
      Silahkan bagi relawan yang mau jd kelinci percobaan untuk membeli produk ini
      MuuuuUUUuuuuehehehe…….

    • Sesuai dengan pengalaman hidup.
      H memberikan keSenangan dan keBahagiaan.
      Y memberikan penDeritaan dan keSusahan.
      H jualan Part2 dan fitur Grade A
      Y jualan part2 dan fitur Grade C
      Silahkan diteliti secara seksama 1 persatu ,termasuk daleman mesin.

    • Motor gw pario agnes monica, mau matiin mesin pakek beribu cara standar samping. Gak pernah tuh masalah. Kalau emang motor permature ya premature aja.

    • Adv gua dah meliuk liuk nguacir diaspal ,sudah jingkrak2 ngesot d bawa offroad. Semua aman dan selalu start grenggg…..dan , masih tetap Standar Pabrikan !

      • Banyak yg bilang adv motor gagal,
        Tp pada faktanya penjualan nmex selalu lebih kuat dri motor pebrikan h
        Karena orang indonesia diberikan berbagai macam fitur mayoritas mereka tidak peduli dengan fitur tersebut,
        Pabrikan H diakui motornya handal soal fitur tp untuk good quality masih pabrika y dan s ( pengalaman pribadi).
        Untuk pabrikan Y memang pelit soal fitur tapi mereka cerdik dan pintar membaca market indonesia, mereka membuat motor yang memang motot itu Indonesia-able
        Gak perlu orang indonesia fitur aneh-aneh, modal tampang motor keren aja mereka lsg beli tanpa liat fitur aneh anehnya

      • @zx 25r Tapi di jalan raya kebanyakn konsumen lebih banyak pakai H dari pada Y karna Y hanya mengandalkan namex jiiiieeehahahahaha.

    • Teknologi “side stand” beat terlalu canggih utk nmax..jadi sensor nmax gak mampu mengakomodir..
      Ibarat nuang air dari gelas teh anget dipindah di cangkir kopi.. Yaa gak muat..
      Sesimpel itu aja..

    • Hihi
      Lucu yah yg komen paling juga mereka karyawan kontrak h, sales h, operator h knowledge nya kaya presdir perusahaan masing-masing 😂🤣
      Berasa paling tau strategi perusahaan perusahaan lain wkwk,

      • Lalu pabrikan H bilang crb rr250 mereka 39 hp berasa 40 hp, situ narik gas poul narik gas setengah gak bakalan tau jga tuh kuda ada berapa powernya, taunya tuh motor emg tampangnya keren.
        Orang Indo tuh gk perlu neko neko.

    • Kalo masalahnya cuma di ecu salah deteksi harusnya gampang donk lek, tinggal update software ecu, logic dibenerin, simple, ini cuma opini saya sebagai software engineer.

      • Dari pertama kasus ini Muncul , Gua udah bilang..ini akan KAMBUH lagi dan lagi Walaupun udah diReset.
        Dan BENAR kan????
        Gua tau Sumber Penyebabnya dan mengatasinya ,namun sayang..gua FBH

      • Ane user nmax dari 2016 sampe sekarang. Suka matiin mesin di lampu merah pake standar samping. Sampe sekarang aman aman aja. Ga ada gejala seperti yang diberita

    • Sekilas info
      Bagi biker yg ketemu all new nemek di jalanan Diharapkan waspada
      Krna motor tersebut ibarat bom bunuh diri yg siap meleduk
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • 1. Kang iwan, tolong tanyain jg kira2 apa dampaknya klo indikator engine check tsb dibiarin aja nyala/diabaikan/dicuekin, apakah akan merusak ke komponen listrik yg lain atau gmn? Repot jg klo hrus bolak balik ke bengkel buat reset ya.

      2. Mungkin ECU nya hrus diupdate ya. Supaya side stand switch tidak dianggap malfunction.

      • Yang pasti bisa merembet dan merusak sensor dan kinerja el3ktronik lainnya dan bahkan bisa membakar ecu ,jika udah merembet ..maka bagian ini atau itu bisa malfungsi..jika sudah membakar ecu , baiknya motor dibakar dan bikin seolah olah terbakar agar dapet gantirugi asuransi ( kalok ikut asuransi )

      • klo cek engine nyala pdhal mesin normal semua, artinya false positif. Klo orang taunya dah dari bawaan pabrik kayak gini, selama masih bisa jalan normal ya dicuekin aja. Padahal ini bisa bahaya klo ternyata ada bagian mesin yg beneran rusak dan mengharuskan cek engine nyala untuk mendapat perhatian pemilik/pengendaranya..

        Ibarat dari awal anda sudah sering ngomong bohong, maka orang akan men-cap anda sebagai pembohong. Dan sekalinya anda ngomong bener tetep aja dianggap bohong. Begitu kira2..

    • Belum kesiram hujan lebat tuh, kalau kena hujan lebat..maka rame2 semua lampu indikatornya Nyala…dan anda harus siap2 menjauhi motor .

      Malah Y sekarang lagi fokus dalam mengatasi hal tsb di Tipe Abs , karena di tipe Abs ada beberapa Error.

  1. 🤣🤣🤣🤣😁😁😁😁Yamaha yamaha silakan
    FBY Akut kejang kejang
    Sop Fby akut iwb berat sebelah
    Ada motif kepentingan
    Blogger dolariah
    Yg punya warung FBH

  2. Semuanya hanya perkiraan saja dan belum pasti. Kenapa Kang Iwan gak konfirmasi langsung ke pihak Ymaha sebelum bikin tulisan ini? biar semakin terang benderang bukan malah bikin simpang siur informasi.

    • Mosok urusan kayak gini Kang Iwan nggak bisa konfirmasi ke yamaha? Sebagai salah satu blogger kondang harusnya bisa menyikapi dengan bijak setiap informasi yang masuk ke Kang Iwan termasuk menkonfirmasikannya ke pihak terkait.

      • Justru yang harus cepat tanggap dari pihak Y nya . Bukan blogger atau apalah. Harusnya begitu kan?
        Iya ! ..namun ,pihak Y juga lagi Mumet, karena case error tsb malah lebih banyak dialami versi Abs yang belum dijual.
        Sedangkan Humas Y kurang ngerti tekhnis makanya bingung mau jawab apa.
        Salah 1 konsekuensi mesin Daur Ulang dan Kanibalisme ya begini.
        – Mesin Ngorox yang numpux dikanibalisme dan jadilah kata ” New “

      • Maksudnya Fby itu , LekIwan bisa lebih kerja keras lagi dengan mendatangi bola yang nyemplung di Got, dan dibersihkan sebelum dimainkan lagi.
        Tau Artinya ? Berharap supaya Iwb dengan pemberitaannya dapat meMacu percepatan mendapatkan solusi error dan kekhawatiran tidak berkepanjangan.
        Karena Blogger lain banyak yang diem karena ,diberitakan …gak enak dibilang mengangkat Error negatif … Fbh lah dll.
        Intinya..error ini harus Cepat diselesaikan dari Pihak Y .
        INGAT..SPY SHOT PCX FACELIFT MULAI GENTAYANGAN.

      • BUNG CEMEN! Anda jangan belagak sok tahu kaidah jurnalis. Salah satu kaidah jurnalis adalah Balance ( informasi yang BERIMBANG dan bisa dipertanggungjawabkan).

      • @Independen
        Santai bro…jgn marah2. kan ente blng iwb hrs konfirmasi ke ymh jgn bikin berita simpang siur. pdhal artikel jelas bukan isu, fakta dan tertuang di media besar pula.

        Gue liat artikel iwb jg berimbang kgk menjatuhkan

        Gitu aja ente kgk nangkap, Berarti Anda emang dungu ! 😆

      • Nah maksud ane begitu Bang Cemen, informasi yg IWB baca dari Otorider menurut saya udah jelas dan bukan isu apalagi terkesan menjatuhkan.

      • Kalau cuma Copas artikel lain, terlalu mudah u blogger Kondang sekelas Kang Iwan dengan link yg kuat.

      • @Satisfication
        artikel copas = copy paste artinya isi paragraph sma semuah

        quote “”pernytaan”” tuch sah tdk bisa diktkan copas

        komen sama dungunya ! 😆

    • Sales2 fby lagi meriang mumet.
      Total jualan Y itu 1.4 juta unit ( SETARA DARI BEAT DOANG DARI PRODUK H )
      sedangkan nemex jadi tulang PUNGGUNG yang rapuh dengan porsi 700 rbu unit ( masih dibawah CB150 ) .
      Sekarang nongol ” New nemex Error 155 ” motor yang lahir dari 5 KM Pantura.

    • Di youtube udah ada video, dari yamaha sendiri emang “sementara” problemnya gara2 matiin mesin pakai standard samping, bahkan yamaha juga bikin video simulasi kalo matiin mesin dari standard samping bisa memicu check engine nyala. Lucunya di software nya malah tertulis error di crankshaft position sensor. Kan gak nyambung. Kasian emak2 yang biasa matiin motor pake standar samping harus bolak balik bengkel buat hard reset

      • itulah bro kenapa H diatas harga dari Y , karna Y memakai part grade C , yang dimana H pakai grade A jieeeehahahahaha

  3. lucu aja standat samping kq disalahin.. tuh mbit ane seratus kali per hari standart samping ane buat matiin mesin ( krn kepentingan kerja ) gpp kq.. tolong kasih jawaban yg cerdas dong.. sekelas abidin masa gitu

    • Model gak berubah.
      Headlamp terinspirasi dari disain afrermarket. Stoplamp terinspirasi dari Mocin. Mesin comot dari mesin Ngorox yang numpuk d Gudang dengan Kanibalisme part2 R-eject series yang juga menumpux digudang. Sebagian besar dri part2 tsb sudah terkontaminasi dan korosi..dipolish ulang agar bisa dimanfaatkan.
      Dengan cetakan casing Plastik baru..jadilah motor yang disebut ” New ” walaupun kita tau. Itu adalah motor New Rasa daur ulang.
      Motor yang sebenarnya belum siap untuk dipasarkan, namun TERPAKSA dilahirkan.

    • Kenyataanya bro, yamaha sendiri udah bikin video simulasi kalo matiin mesin pakai standard samping bisa memicu check engine. Bahkan pernyataan ini juga sambil ngundang “bloggers” otomotif lain, ada juga di youtube kok. Ngakak jempalitan gua liatnya, bukannya gercep benerin software malah bikin beginian

      • Klo bener apa yg dinyatakan oleh pihak Yamaha, nantinya para konsumen akan ignore thd alarm engine krn mereka akan menganggap enteng masalah tsb. Tp klo alarmnya benar2 ada masalah di engine bisa berabe urusannya.

    • Sebenernya fitur SSS itu bukan buat matiin motor, tp mencegah mesin motor nyala saat pengendara lupa side standnya blm di lipet yg kemungkinan bisa bikin celaka. Tp ya mo gimana lg..wkwk wlcome to +62…😆
      faktanya pabrikan lain ok2 aja ketika dipakai buat matiin motor🤔

    • Karena ada koneksi ke Ecu sebagai otak memori mesin itu bro. Otaknya itu yang error . harus dichek kebagian – divisi kejiwaan Ymh . Berhubung Ymh gak punya Laboratorium canggih , maka selesai check otak..dites lagi k Pantura .

  4. Gak masuk di akal jawaban nya gra2 switch side stand… sblm launch pastinya pabrikan sdh trial ribuan kali perihal matikan engine lewat standar smping… klo memang gra2 standar smping brti hal simple sperti ini gk pernah di uji sma pabrikan? pdhl kbiasaan mtikan engine lewat cra sperti ini sdh lumrah.

  5. Tulisan kek gini kok dibilang nyerang yamaha,waktu pcx gredeg ama sok bengkok bikin artikelnya berjilid jilid dibilang kritis bukan nyerang…hemmmhh dear kanzeng

    • D blog juragan kalau mengkritisi yamaha atau petingginya gak bakal lolos moderasi komen ente
      Tpi selalu teriak netral
      Hadeeh

      • Jujur aja seh gw dasana cma mw liat tanggapan komentator sana n kanjeng juragan, gw bawa2 tuh komen pak abidin nyalahin user pke santar samping buat matiin mesin gak keluar komen ane,
        Trus ada yg nyerang iwb d bayar honda gw tanya buktinya mana?
        Lalu masalah blogger undanfan suzuki malah menjatuhkan suzuki, ya gw bilang alasannya karna bandit gak sesuai harapan gak keluar komen gw
        Trus masalah honda sewa buzzer, ya gw bilang yamaha dulu bgtu terbukti sukses ngangkangin honda 2 tahun, sekarang yamaha menutup diri terbukti stuck d 20%
        Kalau kalah saing ya jangan nyalahin pasar lah pke bilang bodoh segala lgi, ya ganti strategi ente be smart eeeh kagak nongol jga, padahal itu kritikan membangun

    • Kan udah ada rumus bakunya:
      – Mengkritik Yamaha = BC
      – Mengkritik Honda = Kritis dan netral

      Klo ga percaya tanya aja sama kanjeunk zuraghan

      hahahaa…

  6. Sebenarnya masalahnya simple aja, berapa jumlah sensor terpasang dan berapa yg yg dilakukan software utk cecknya, kmd dengan software satu persatu dibypass atau diberikan “input standard”dan dilihat outputnya, masih error atau tidak sampai ketemu sensor yg bikin error. Ga sampai ratusan sensor kan? Sering dl nemuin waktu bikin software aquisisi.

    • Teorinya memang sept itu bro ,sangat simple dan Sudah dilakukan. Namun kambuh lagi dan kumat lagi .
      Solusi :
      Semua mesin dan part2 elektronik dilebur dan bangun baru.
      Jualan motor ” New-Baru ” kan ? Bukan motor hasil Daur Ulang?
      nah….

  7. Mungkin karena Fiturnya terlalu canggih nie Yamalu, smpai2 krna standar samping check engine nyala/error.. Ruarrr biasa nie Yamalu..

      • Canggih lah… Honda uda pake sejak jaman beat+vario karbu (sejak 2006)… Yamaha baru pake sekitar 2014 an di fino FI😂

        Lihat butuh waktu berapa tahun buat yamaha memasang smart stand switch yg ternyata gak “smart” ketika dipasang di new nmax 😂

    • Betul, canggih itu ‘ jualan ‘ Y . Yang lain pake 1..Y pake 2 ,yang lain pake 2 Y kasih 4 . Kita2 begitu. Tapi konsumen sudah tau ,yang canggih dan dilebih2 kan oleh Y tsb hanyalah pepesan kosong. Y hanya sebatas mengaplikasikan , tapi ‘ belum Mampu menghasilkan ‘ .
      Disini Y harus meriset dan membangun ulang ( R n D ) dari mesin 155 nya. Agar mendapatkan hasil yang benar2 sesuai dg kelebihan2 yang disematkan.
      Akan tetapi, membangun Ulang adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu biaya yang tidak sedikit , disaat itu dilakukan Y ..pabrikan sebelah khususnya H sudah melangkah 10 tahun didepan.
      Disaat Y masih memikirkannya ,H sudah melakukannya dimasa Lalu..dan tentunya ,bagi H.. untuk melakukannya hanya menjentikkan jari ‘ klik ‘ besok bisa nongol. Dan jembali..Y tertinggal jauh dengan produk ‘ GIMMICK CANGGIHNYA ‘ .

  8. Laa deneng si nyalahna si pengendarane New Nmax owalhhh Lawong tembe mudun kang pick up teko dilerr esih bungkus nyisssss kinyissss , ting ting ..kepriwee kieee …

  9. oalah masalah engine cek nyala aja kok bingung, putusin aja kabelnya yg k arah bohlam engine cek, pasti beres g nyala lagi

  10. Yg ane heran kmana blogger besar lain ya?

    knp diam ama error engine pdhal kasusnya bnyk di grup

    ane hnya dpt info mencerahkan dri iwb.

  11. Semua motor pasti punya kelemahan dan kelebihan. Yg penting dealer mau tanggung jawab saja kalau tidak beda critanya kalau saya ownernya ya. Sayang sy gak punya nmax,tapi nmax baru turun dah ada yg pakai dijalan..laris manis. Review jg banyak.

  12. banyak yang mengalami?
    syukur gw bagian yang dapat unit normal,
    kalau alasannya karena mematikan dengan standar samping, itu cetek sekali. mengada – ada, mending jangan kasih statement dulu daripada kena bullying. gw masuk bagian dari yang selalu menurunkan standar samping duluan ketimbang ignition off, sejauh ini masih normal jalan kilometer 500

    ada yang bilang kiprok lemah? itu casenya di nmax lawas yang masih pakai kiprok kan? di motor starter seamless jaman sekarang sudah jadi satu dengan sgcu/ecm

  13. Jawaban guyon return.

    FBH bakal strike back ini…

    “Oli cepet habis karena ngebul”
    “Mesin eror karena side standa switch”

    Warbyasahhh.

  14. Gara-gara standar samping? padahal baru dapet dari dealer? brrti udh error duluan sejak dari pabrik dan didistribusikan ke dealer” dong?

  15. Gw rider vario125 awal dan nmex 2019 doff…vario tiap berenti dr 0 km selalu standar samping, sampe skrg 302.000 km aman tentram..!

    Nmax gw , tiap standar samping engine led kelap kelip tapi habis itu langsung off…
    Jd nya selalu pake kunci kontak.
    Issue 2020, engine nyala terus krn standar samping,..ternyata terlalu BANYAK VITUR GA PENTING akibatnya di hal2 remeh yg ternyata KRUSIAL..!!!!😏🙄🤪🤣🤣

    • Fitur banyak sih boleh2 saja ,selama itu tepat guna dan memang diberi sesuai kapasitasnya. Kalau sekedar embel2 ya….hasilnya sept kasus ini.

  16. jangan² itu sebenernya bukan indikator check engine, tp indikator side stand switch yg aktif, yg desain salah pilih icon indikator aja. hahahaha

  17. Pengalaman waktu beli KenArox juga salesnya bilang kalo pertama x matiin mesin jangan pake standar, bisa error katanya bahkan aki nya soak… Ane sih manut aja lah, yah sampe saiki sih gapapa…

  18. bagi yang sering alasan “BUATAN MANUSIA TIDAK ADA YANG SEMPURNA” …
    anda harus bisa membedakan antara “SEMPURNA” dan “BOSOK”.
    jadi memang tidak ada buatan manusia yang sempurna, tapi bukan bikin yang bosok kaleeee

  19. Saya pakai pemakai Aerox 155 ABS, tahun 2017, pernah alami error 12, kebetulan paman buka bengkel, dia ganti soket yg di dekat ban belakang pakai soket punya mobil, error 12 menghilang, aman sampai sekarang, tetapi beberapa hari yg lalu lampu senja (DLR) depan belakang hidup mati, sudah diperiksa sama paman saya, ngga ketemu masalahnya. ada yg bisa kasih solusi?

    Saya juga pakai Vario techno 125, bukan led , lupa tahun berapa , sudah lebih kurang 6 tahun saya pakai, tidak pernah ada masalah kelistrikan,kecuali saklar lampu utama saja yg saya ganti plus baterai baru 2 bulan yg lalu ganti setelah 6 tahunan pakai)

    Ada apa dengan kelistrikan motor Yamaha ? Sebagai pelanggan saya sih pengennya motor jangan rewel.

    sekali lagi, kalau ada solusi soal lampu senja yg hidup mati tolong sarannya, kalau bawa ke BeRes Yamaha saya kira nanti di suruh ganti kabel (belum genap 3 tahun sudah ganti kabel ? Harganya? )

  20. Harusnya yamaha lebih teliti masalah serius. Buat nda nyaman pemilik motornya. Masa motor lain jg nda masalah. Kadang kita selalu lupa. Standar damping dulu sblum matikan motornya.

  21. sbenernya kasus ini ngeri dan cukup fatal sih.. jangan2 nih hampir semua unit barunya ngalamin hal serupa tp lolos QC.. cm ga ke blowup semua aja..
    masa iya produk baru udah kena Recall.. org juga males beli motor baru kan maunya bisa langsung pake, masa ada PR lagi bawa ke dealer, di oprek2 lagi.. yah mnding ganti unit baru yg gress lah..

  22. Pengalaman saya pake yamaha nmax tahun 2016 second, untuk mematikan mesin dengan standar samping sangat jarang sekali di lakukan, tapi sampai sekarang ga pernah tuh cek engine ampe menyala

  23. Lah br gini doang dibesar2kan, disebut produk gagal, noh pakrio penyakit gredeg aja blm kelar2 wkwkwkwk ga malu apa???

  24. nmax adlh tulang punggung pnjualan yamaha, tpi mlah mlkukan bluder konyol klo tdak bsa d sbut tol**, sdah sjak dlu yamaha bnar2 mngalami kemunduran, pdhal sblumny sya mkai F1ZR Full Cluth, trus Mio gen 2, wlau smpat beluk k Suzuki FU, stlah itu boyong yamaha lgi yaitu R15, kasus yg mmbekas d saya R15 2014 standar smping yg trlalu miring n trnyta d silent recal n sya kira gratis tpi trnyta mlah d mnta biaya prgntian standar smping krna d anggap penggantian suku cadang. ( lngsung cus pulang gak usah ganti. yg bkin kesalahan mereka tpi kok konsumen yg mnanggung ), setelah itu NO YAMAHA di rumah saya, vario n 2 unit scoopy adlh bukti kekecawaan sya dgn pabrikan ini.

    • Saya malah ga pernah beli yamaha omkalo mau pun paling Pio 220 lawas. Motor yamaha handling nya aneh buat saya. Hehhe pilihan motor saya itu,
      No. 1 kawasaki
      No. 2 suzuki
      No. 3 honda
      Udah jejepangan aja italy dll kemahalan.

  25. Miris yo lek kok sekarang2 klo ada kesalahan gak kesatria mengakuinya karena sebab2 yang jelas. Apa2 selalu dikambinghitamkan tanpa adanya riset/fakta yang jelas. Yang ujung2nya konsumen,masyarakat/rakyat yang sengsara. Sama halnya dengan kondisi politik qt!-_-

  26. Aduh gimana ini, Jujur saya sangat ingin sekali ambil motor ini new nMAX. Sudah cukup lama menuggu untuk bisa beli ni motor, tapi kenapa ada masaleh CE yang menyala, Selama 8 Tahun pakai vario, g pernah Muncul CE. Matiin mesin pakai Standard Samping Juga g pernah ada Masalah, bang IWB apdet terus bang, Solusinya gimana dari yamaha, Mau beli jadi Ragu lagi. Aduuhh

  27. Ko bisa..tu vario 125 ane 2013..aman2 aja..matiin pake standar atau kunci..aman2 aja…
    Brti ada yg cacat ni produk..tp moga sgera di benerin n bener..

  28. Dulu desain Vixion katanya modifan orang SPBU, Vixion di geber 8000 rpm wajar ngebul, sekarang nu namex gara2 standar samping engine check error..
    Pengen ketawa ngakak takut beyek makin mewek 😂😂😂

  29. Ngaku aja kalo emang blm tau troblenya dimana, ga usah bikin statement standart samping lah, kiprok lah, pulser lah, spion miring lah, tutup pentil lepas lah.. malah memperlihatkan kebodohan insinyurnya, dan betapa buruknya kualitas QC. Pasti sbelumnya sudah di test jalan lama sebelum produksi massal.. jadi pasti ada komponen dari vendor tertentu yg kualitas partnya jelek, kalo ga ya proses perakitan di pabrik yamaha yg kurang teliti karena kejar tayang. Ngoahahaha

  30. Oh ya buka lagi deh masalahnya
    Nih ane punya jga mx king 2015 d pke adek ane sih
    Sering bgt ngadat injeksinya, wajib seminimalnya 3 bulan servis injeksi n reset, kalau gak , bakalan mati2an, gak bsa d nyalain, engine check nyala terus, d starter gak bsa, d biarkan berlarut, speedometer mati total motor mati total, sering bgt masalahnya
    Sekarang mulai mati2an speedo nya udh males adek ane pke tuh motor, tpi karna gakda yg lain ya sdh
    Tpi rantainya yamaha lbh awet dri honda, mx king ane bru ganti rantai awal 2019 dri sejak bru, sedangkan supra 125 ane udh 3x ganti rantai
    Tpi supra 125 ane tahan banting cma modal ganti oli doank, hajar trus, gak pernah ada masalah dg eletriknya atau injeksinya, padahal paling servis 3 atau 4 bulan sekali, tpi ganti oli tiap bulan oli jga cm mpx
    Mx king udh paling enak hidupnya, bensin min pertamax, oli bagus terus dri sejak baru tpi rewel elektronik n injeksinya
    Paling jengkel kalo lgi d lampu merah penyakitnya keluar hadeh udh kesel malu bgt lgi
    Adek gw jdi kepikiran ngambil motor honda padahal dia mah sukanya yamaha, emang cakep sih mx king, sayang yamaha elektronik n injeksinya suka masalah

  31. sebenernya ada solusi mahal dan murah,,,solusi mahalnya ya ganti beli forza250..solusi murah nya ya kaca spidometer di tutup skotlet item atau karbon..biar gak kliatan enjinceknya…

  32. Aneh-aneh aja jawabannya, mau mati’in mesin lewat side stand switch atau kunci kontak ya suka-suka yang punyalah. Yang jelas yamaha harus dapat mengatasi masalah kelistrikan ini.
    Mau sok canggih tapi belum siap waduh… tepuk jidat gw

  33. Lah, klo gitu gmn QC yamaha nih. Kan sebelum brojol ditest dulu, pasti fitur “side switch stand” udah diuji coba berulangkali.

  34. Ini kalo pake standar samping engine check nyala, sama kyk mobil mesin mati, tp setelah distarter lg apa engine check masih nyala? Kalo mobil kan otomatis mati lg gambar mesin oranye nya setelah mesin dinyalakan. Kalo di nmax mati juga brarti normal. Kalo tetep nyala pas kondisi mesin dinyalain ya ini yg gak baik buat bisnis..

  35. Ane pake vario WTF led, pas macet sering matiin mesin pake standar samping. Cek engine tetap normal, ga nyala. Pas jalan lagi ane stater jg normal.. jalan lagi normal.
    Masak NMAX baru gitu? Klo emang gitu berarti yg rancang sopware ECUnya kurang canggih.

  36. Setiap buka ini yg selalu nongol cuma @tak ada yg bisa. Thailancung apakah ini komentar bayaran biar jadi tenar sekaya apakah orang2 ini setiap ada motor selalu ngomong beli komentar dari atas sampai bawa kasihan hidup mu cuma membela merk tertentu

  37. Gini bro. Konon Yamahaha itu kan terkenal sasisnya
    Jadi mau yg rusak mesin atau jalur elektrik
    Yg jadi concern tetep sasis nya.
    Berhub side stand nempel ke sasis bukan mesin.
    Maka ketika engine check nya nganu
    Side stand jadi korban pertama buat di nganu.

  38. kesimpulan dari orang awam kaya ay dari statement di artikel, ECU NMax sudah sebegitu canggihnya jadi mematikan mesin dengan cara nurunin standar samping saja sampai dianggap sesuatu yang error..

    Jangan dibandingin sama ECU sebelah yang udah puluhan bahkan ratusan ribu kali terutama sama emak emak, naek turunin standar samping mesin mati gada nyala engine check..

  39. Hahaha produk preketek,masa kalah sm honda,di honda matikan mesin pake standar samping 1000 kalipun gak bakal muncul engine checknya,kelemahan yg malah konsumen yang disalahkan,orang beli matik itu karena praktikalitasnya,konsumen tidak suka diatur2 hanya karena produknya bermasalah tapi konsumen yg disalahkan,GM YIMM Abidin san bikin Dagelan😂🤭

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here