iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk… betul betul tantangan berat buat Honda karena secara resmi hari ini Yamaha mengumumkan harga all New Nmax dengan angka yang cukup miring yakni 33,7 jutaan. Harga ini jelas mengejutkan kita semua mengingat untuk versi standar di jual Yamaha di Kisaran 29, 5 jutaan. Dilalah kehadiran versi ABS dan traction control hanya terpaut sekitar 4 jutaan. Gilaaaa nehhh !!

Kedatangan Valentino Rossi dan Vinales ternyata dimanfaatkan oleh Yamaha untuk mengumumkan bandrol Yamaha New NMax ABS. Harga ini Ternyata jauh lebih murah dari prediksi awal kita yang berada di Kisaran 35 hingga 36 jutaan. Yup… dengan mengandalkan fitur berbeda dari kompetitor yakni lewat kehadiran traction control serta aplikasi Y connect, maxi skuter tulang punggung Yamaha ini dipatok diangka 33,750 jutaan. Sebuah keputusan tepat dan jelas bisa mengancam eksistensi Honda PCX 150 ABS yang sekarang di jual di Kisaran 33,8 jutaan….

Keputusan Yamaha untuk mematok di angka yang cukup miring tentu akan membuat para potential buyer non ABS bergeser ke ABS. Apalagi motor ini sudah dibekali dengan fitur terkini traction control serta kehadiran Y connect yang konon akan membuat motor lebih aman dan friendly use. Di sela isu perihal engine check…. keputusan Yamaha dengan mematok Harga tidak terlalu tinggi juga membuka potensi untuk tetap dibeli. Dan ini strategi cerdas cak…persaingan bakal makin sengit…

iklan iwb
iklan iwb

Last… ..kini Honda PCX 150 mendapatkan tantangan serius dari Yamaha khususnya untuk varian ABS mengingat produk mereka menawarkan sesuatu yang beda dibandingkan dengan kompetitor.  Kita tunggu saja Apa reaksi Honda dimasa depan…wiss makin seru. So… harga Yamaha nmax 155 ABS? Resmi 33,7 jutaan cak….sadizzzz !! (Iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

275 COMMENTS

    • Sistm SGCU new NMax menerima data malfungsi (dari CPS) lalu muncul indikator cek mesin di panel instrumen, isu ini tak terjadi di semua all new NMax 2020. Kesalahan baca pada sensor diklaim tidak mengganggu mesin. Dihilangkan pakai (Yamaha Diagnostic Tools) Sistemnya disambung ke komputer, nanti muncul kode error-nya, tinggal dihapus.

      • NewNMax menggunakan Starting Generator Control Unit (SGCU), yang mana sistem tersebut rentan dan sensitif dengan segala mal-fungsi. Saat mematikan mesin dengan standar samping CPS menganalisa ada malfungsi terjadi. Kesalahan baca sensor tidak mengganggu mesin. Dihilangkan dengan Yamaha Diagnostic Tools, Sistemnya disambung ke komputer, nanti muncul kode error-nya, tinggal dihapus. SGCU menerima data dari CPS lalu indikator cek mesin mnyala, ttapi ini tak terjadi di semua all new NMax 2020.

      • Udah ketebak Lek, pastinya dibawah Adv ,atau tetap dibawah pcx abs. Sesuai Kasta…kalau diatas H tentunya makin gak laku ntar.

      • bocoran pcx 4 katup vtec kemarin udah liat , Y pasti keteteran dan namex jadi nerima nasib seperti pikson, dan fby selalu koplak Jiieeehahahahaha

      • Abs H 1 channel tapi kelas 1 dengan 10 pijitan perdetix.
        abs Y 2 channel tapi kelas 3 dengan kedua channel hanya 8 pijitan perdetix

    • Khusus untk relawan
      dipersilahkan klo kepengen jd kelinci percobaan untk membeli produk ini yg py fitur unggulan bom molotov
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • Selamat bagi yg sudah membeli new N max non ABS maupun ABS

      Nikmatilah kenyamanan berkendara bersama New N max

      N max adalah maxi skutik kebanggaan masyarakat indonesia & eropah ???

      • Motor new rasa Facelift ,dengan konfigurasi Daur Ulang dari mesin dan Part2 yang menumpuk digudang , selamat buat konsumen yang telah memiliki mesin Daur Ulang , moga bisa menepi dijalanan disaat sana sini terjadi masalah mesin dan error elektronix. Kalau ngadat ditengah jalan..bisa ditubruk kendaraan dri belakang , setidaknya ditubruk sama beat.

      • Konsumen jadi was was mau ambil karena yang non ABS saja bermasalah , apalagi dengan fitur Android 200rban..pada nunggu batch dua

    • PCX jadi kelihatan jadul donk cak,
      PCX fiturnya kalah jauh dengan n max,
      Apalagi insinyur honda masih belum bisa ngilangin gredeg pcx, kasihan konsumen

      • Fitur itu ada 2 macam ,fitur sekadarnya atau abal2 , dan fitur orisinil tinggal dipilih saja..karena Penyematan fitur bisa terjadi Kapan saja ,
        Sebentar lagi keluar PCX FaceLift , moga tulang punggung Y lewat nemex yang sudah keropos bisa bertahan dan masih kuat memikul beban.

      • Gak usah fitur, yg jelas kliatan fisiknya seperti material fiber dan catnya, tingkat presisinya, jok dan pelapisnys cover knalpotnya… PCX dibawah NMax Bro. Gak percaya. Lu pegang dan plototin aja. Atau lu tanya aja ma vendornya. Vendor sbagian besar part keduanya kan sama.

      • Blade in.. Mereka Fbh mah ga peduli. Bloger2 jg jarang yg ngebahas Vendor (pdahal ini PENTING) .. Standar kualitas produk yg diminta Y lebih tinggi dbanding H.. Pengalaman ngobrol2 sma vendor yg suplay prduknya ke Y dan H..

    • Bubarrrr… BUBARRRR… Ngooooahahahahahaha….

      Mendingan banting harga daripada bayar jas jes josss ngga jelas….

      ????????

    • Rosi vina cuman datang k indo ,gak bawa Miriz1 nya ,takut ketahuan ada error.

      Marc alex bawa Rcvnya k Indo. Rider no 1 dunia ,Motor no 1 didunia dengan penjualan no1 didunia.

      • Dibelaain comment sampai isuk! Dibayar piro sampean Cak Tak ada yanh bisa?
        Mbok melu aku tak bayari luweh dhuwur plus bonus BC gak sampek tengah wengi.

    • Engine cek merupakan fitur yg menandakan tipe yg gak ada traction control untuk yg ini gak akan menyala karena fitur gak disunat

      • Allnew NMax menggunakan Starting Generator Control Unit (SGCU), yang mana sistem tersebut rentan dan sensitif dengan segala mal-fungsi. Saat mematikan mesin dengan standar samping, CPS menganalisa ada malfungsi terjadi. SGCU menerima data malfungsi (dari CPS) lalu muncul indikator cek mesin di panel instrumen, isu ini tak terjadi di semua all new NMax 2020.

      • Sesuai Kasta ,kan selama ini Y memang lebih murah dari H ,namun yang lebih laku dan Laris tetap H.
        Apa jadinya Y dijual lebih mahal dari H ? Bisa2 jadi Pabrik biji Limbah Plastix.

    • Tanda2 pabrikan dah fanik
      Mongtor prematur main jual aj
      untk para kelinci percobaan semoga anda ikhlas menerima kenyataan ini walaupun pahit
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

      • Segera merilis harga untuk Nemex memang sudah seharusnya dirilis Y , karena Y tau..kelamaan mengeluarkan harga berakibat amsyongnya jualan mereka terkhusus nemex abs.
        PCX Facelift hanya tinggal hitungan mundur .
        Setelah hadirnya Harga nemex dan brojolnya nanti Pcx FL…maka keputusan diserahkan k konsumen.
        Mana yang dipilih , apakah memilih motor ‘ New ‘ dengan citarasa Facelift hasil Daur Ulang…ataukah motor Facelift dengan Rasa ” New ” .

      • ga sembuh ? pcx ane sembuh , tapi konsumen lebih milih gredeg nya H dari pada ngorok n gredeg di Y jjjjjiiieeehahahaha
        buat pengalaman aje erox ane juga gredeg pas dibenerin eh muncul suara ngorok jieeehahahaha

      • Kenapa penjualan pabrik H no1? Ya krn masyarakat udh kena tipu tau nya mrk H. Gak tau mana kualitas mana yg enggak. Maklum bagi pemuja/sales H mata nya udh ketutup

    • Pengalaman pribadi sy sederhana sebelumnya pcx sy pke oli mpx2 mesin gredeg kemudian pke oli spx2 Alhamdulillah gredeg ilang mungkin sekitar 95%

  1. Mungkin 3 taun lagi motor ini akan tembus 40 JT…di mana angka itu,sudah ambang batas motor yg ga kejangkau masyarakat Indonesia…akhirnya gak laku….

    • NewNMax menggunakan Starting Generator Control Unit (SGCU), dimana sistem tersebut rentan dan sensitif dengan mal-fungsi. Saat mematikan mesin dengan standar samping, CPS menganalisa ada malfungsi terjadi. Kesalahan baca sensor tidak mengganggu mesin. Akan dihilangkan dengan Yamaha Diagnostic Tools (ydt), Sistem disambung ke komputer, nanti muncul kode error nya, dihapus saja error nya. Proses sistem SGCU menerima data dari CPS lalu cek mesin mnyala, ttapi ini tak terjadi di semua tipe all new NMax 2020.

      • Ya ribetnya hidupmu bro, setiap kali error kamu bakal membawa motor buat dipasangin kabel2 diagnosis.
        Selamat menderita ,owya..error yang terjadi di versi Abs malah ada 2 jenis.
        Moga saat dikeluarkan harga dan unit motor nemex abs dikirim k konsumen, motor2 tsb sudah dipastikan aman.

    • Warning !!!!!!
      Apabila ketemu all new nemek di jalanan Diharapkan waspada dan berhati-hati karena produk ini seperti bom bunuh diri yg siap meleduk sewaktu2
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Krena NewNMax menggunakan CPS dimana sistem yg sensitif dngan mal-fungsi. Saat mematikan
      mesin dengan standar samping, CPS
      menganalisa ada malfungsi terjadi.
      Kesalahan baca sensor tidak
      mengganggu mesin. Akan dihilangkan
      Yamaha Diagnostic Tools (ydt),
      Sistem disambung ke komputer, nanti
      muncul error nya, dihapus saja
      error nya. Proses sistem SGCU
      menerima data dari CPS lalu cek mesin
      mnyala, ttapi ini tak terjadi di semua
      tipe all new NMax.

    • Semua kelistrikan akan bermuara k ecu atau ecm.
      Itulah makanya sangat disayangkan ,mesin yang katanya baru adalah mesin2 Ngorox yang menumpuk digudang ,yang berkolaborasi dengan Part2 R-eject yang juga menumpuk digudang dan dijadikan mesin yang katanya ‘ New ‘ alhasil..jangan Kaget jika berjalannya waktu dengan singkat atau beberapa waktu kemudian..terjadi berbagai masalah dan Error sana sini .
      Karena hadirnya ‘ New ‘ nemex adalah menghadirkan mesin yang belum siap untuk dihadirkan ,karena Y sudah kehabisan Tenggat waktu..baik terhadap momen intern sendiri , ataupun momen dimana H bakal melakukan pembaruan juga terhadap sebagian produknya dalam hal ini tentu masa dimana PCx FL yang bakal hadir.

      • @tak ada yg bisa…wao semakin keras kerjamu bro ..PCX kelihatan jadul .dan operprice..kasihan cari makan dengan bc gitu…hhhh

      • Hwuahahahahahaha.. Nmax segitu dibilang kualitas miring..? Ngakak gua.. Hwuahahahahaha.. Kalau picek iya, kualitas miring yg wajib rikol harga tegang.. Apalagi ngepreknya sama aja.. Mbeoooot mbeoootttt..

      • Jualan Total Y 2019 cuma 1.4 jt unit ,dan itu setara dengan jualan Beat saja dari H.
        Sebagai tulang punggung..nem3x hanya terjual 700 ribu unit , masih dibawah Pcx bahkan dibawah cb150.
        Moga tulang punggungnya bisa memikul beban.

    • Tenang aj klo nemex gk laku
      Thailancung siap menampungnya (harga per kilo)
      Lumayan buat mainan topeng monyet
      MuuuuUUUuuuuehehehe….

      • Dimana kelebihan 4 klep ?
        2 klep bisa 110 kmh di Gps.
        4 klep cuma mentok 106 kmh d Gps. ( Itu kalau bicara tentang kecepatan ).
        Majunya suatu mesin adalah bagaimana meracik dan memaksimalkan potensi yang dimiliki mesin , bukan sekedar memberikan tapi tiada berfungsi dengan semestinya.
        Mesin bisa ngacir namun masih mampu memberikan ke Efesienan terhadap konsumsi bahan bakar adalah suatu kemajuan .
        Banyak cylinder juga bukan jaminan mesin tsb makin kencang bukan?
        Jangan terlalu gampang menerima Gimmick…

      • Kwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkw
        Gimmick katanya…..

      • @mandala ga jauh beda bro 2 kelelep dan 4 kelelep peapea
        erox ane aja mentok 110 itu kalo lurusan aspal lurus, sedangkan pcx bisa 110.
        pciek lebih ke santai dan elekgan
        kalo Y lebihke agresif tapi…fby nyakolpak,,,,,,JIIIEEEEEhhhaahhaha

  2. Wah.. Info menarik dr sekian banyak komunitas nmax di daerahku rata² nunggu info. Harga resmi ABS…. Padahal perkiraan 34 pasti laris manis..

    • Itu dulu sebelum adanya isu EC error, sekarang mereka mundur teratur mending make yang lama aman gak was wae atau nunggu batch dua

    • Semoga laris manis, setidaknya laris manis buat intern Y ,dimana mesin2 mereka lainnya tak bertaji dtengah Pasar..bukan Laris manis yang ditandingkan dengan rivalnya H , sangat berat.

    • Adv masih santai bro ,motor super ngacirr ..makin ngacir makin irit malah.
      Buat yang butuh tampilan tersendiri ..Adv adalah pilihan tepat.

  3. Nah kan. Sy sdh blg siap2 dpt kejutan. Harga yg sgt2 worth-it dgn performa, kenyamanan, fitur, dan semua update terutama TCS, Y-Connect, dan Preload Sub-tank Suspension. Ini baru #WOW

  4. Masalahnya sekarang … kang Iwan beli ga klo harganya segini?? Kan dulu juga pcx baru keluar dibeli, adv baru keluar dibeli, ini .. nmax harga gini dibeli ga dgn fitur lebih mumpuni??

    Atau mau elus2 mbah haem aja. Hahahahaha. Soalnyaa sesembahan kan harus terus dimanut2.

    Ehhh btw .. diundang ga ikutan tiktok bareng sama Rossi n Vinales. Kyknya engga yaaa … keciannnn!!

    • Ekekekek…..
      Siapin kamera di jalanan
      Buat cari momen2 bagus rider nyungsep akibat mesin EROR
      MuuuuUUUuuuuehehehe…….

    • Saya juga sudah lihat langsung new nemex abs , sangat2 biasa.
      Owya ,ente belum lihat Pcx Facelift khannn???? ….
      Nah …

      • Owh 2021 itu ‘ New Pcx. ,dan bukan Pcx saja..banyak lainnya dari produk2 H .kita bicara musim dan tahun ini.
        Karena 2021 ,adalah saat dimana Y harus memutar otak lebih keras..karena 4 klep H yanguncul, masih tanpa Vitech saja dah unggul jauh dari Y ,disematkan Vitech ? Y dipastikan jadi pabrik Biji Limbah Plastik.

    • Gajuga, h2h nmax non abs vs pcx non abs, nmax jelas ketinggalan
      Tapi kalo udh versi abs, pcx ketinggalan sama nmax, tergantung konsumen mau pilih yg mana? Uang pas pasan.bisa ambil pcx cbs, uang banyak bisa ambil nmax abs

    • HARGA JUAL TINGGI PCX, INDEN BERBULAN BULAN, HARGA JUAL.NMAX YG NYUNGSEPP

      Lu jual nmax lu terus lu beliin nmax baru nambahnya banyak, soalnya harganya nyungsep

    • 2 channel tapi 8 pijitan perdetik.
      1 channel tapi 10 pijitan Perdetix.

      Coba tes jarimu , 4 pijitan perdetix masih sanggup dilakukan manual bukan ? Coba lakukan 10 pijitan Perdetix …lupakan deh ,itulah tekh H , selalu lebih maju.

    • 2 channel ,1 channelnya 4 pijitan perdetix dikali 2 …cuma 8 pijitan perdetix ,itulah kenapa H menyematkan dengan cukup 1 channel , karena 1 channelnya jauh lebih Unggul dari 2 channel murahan Y.

      • Yakin??
        Data jgn cuma halu
        Kwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkekwkwkekwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkekek…………….salam ABS dual channel

  5. Dialog
    Pembeli : “om om”
    Penjual : ” iya pak, ada yang bisa saya bantu pak? Mau beli motor apa pak?”
    Pembeli : ” saya mau beli new nmax pak..bisa beli cash pak?”
    Penjual : ” ga ada pak klo mau cash, klo cash mesti cash mesti indent. Tapi klo bapak mau kredit unitnya ready pak…gimana? ”
    Pembeli : “…uhhh”
    Apakah drama ini akan terulang kembali seperti vixi, mio, xeon, nmax dulu?

    • PCX dan ADV juga sama aja, ada oknum dealer yang lebih mentingin kredit ketimbang cash. Coba deh main2 ke grup facebook PCX dan ADV, banyak yang ngeluhin hal serupa.
      Saya dulu beli nmax cash gampang kok, unit ready

      • Maaf , Adv Cbs saya beli Casssshhh…. Udah main offroad segala macam serta meliak liuk nguacir dijalanan Aspal , sampe sekarang si Adv masih anteng minta selalu di gaspuoolll…
        Dan ? Semua masih standaran Pabrikan.
        Tinggal Start dan Greeenggg… Wuzzzzzzzz

    • Dear pengguna sendal swallow yg budiman… artikel afrika tuwin sebaiknya terbit belakangan saja…soalnya kurang potensial buat ajang bakar2an komengtator,
      Untuk saat ini silahkan dikunyah kunyah dulu artikel motor metik keren ini Sob,
      Ciaooo…

      • Ngapain bikin artikel africa twin, wong indonesia gk ada yg mampu beli. Mending bikin review kejelekan/review motor kelas kuli 110-150cc trafic websitenya lebih nampol, bloger pun kenyang

        Iyo rk lek Iwan?

  6. Saran untuk yg Minat tunggu batch ke dua saja cari aman apakah EC error masih menghantui ..
    Mending beli yg pasti aja produk sebelah tinggal gas tanpa was wae

    • sebelah apa yg dimendingin..???
      gredeg, ngorok, velg retak, velg geol,
      adv = velg retak rawan pecah, velg geol plus penyakit pcx n variem
      pcx = gredeg, sproket cam rawan rontok yg menyebabkan mesin ambrol, belum lg banana sokbreker ???

      silahkan kl mau jd tumbal ngahaem

      • Semua bisa disebut dengan bebas, nyatanya kenyamanan atas pembelian motor masih dipegang oleh H . Start Greeeeng wuzzzz ,tanpa khawatir . Kualitas mesin dan kelistrikan dah pasti diatas Y.
        Gak beli kucing dalam karung sept mesin2 Y.

    • “Mending beli yg pasti aja produk sebelah tinggal gas tanpa was wae” Maksudnya PCX dengan sprocket cam ambrol nov 2019 yang PASTI digaransi itu Kang?

      • Pemanggilan unit sebanyak 2500 an unit ,yang sudah diketahui dan diganti hanya 320 unit .. selebihnya kondisi aman dan sangat kondusif. Artinya hanya sekian persen ( sangat amat kecil ) dari jumlah Pcx yang sudah dijual.
        Pantas saja ,November dan Desember 2019 penjualan Pcx naik Signifikan. Salah 1 nya adalah..kepercayaan Konsumen terhadap H lebih besar dari kepercayaan produk Y , sekalipun H itu lebih mahal dari Y namun lebih laku dan laris manisss

  7. ISI KOMEN BANYAK SALES HONDA KELAPARAN,PANIK YA CUNG?

    KATANYA PENJUALAN HONDA 78% ? KOK MASIH PANIK CUNG?

    APA NUMPUK KTP AJA TAPI DOMPET TIPIS?

    AWOWKWOWKWOWKWOKWOK

    • MS 78% menandakan masyarakat Indonesia makin smart mana produk yang layak beli dan pakai tanpa was was di panggil dealer tuk perbaikan..
      Orang smart itu no coba coba

      • Itu bukan panix ,78 persen itu diwujudkan dengan sumringah dengan mengeluarkan fakta2 atas apa saja kekurangan2 yang ada diProduk Y , anggap semacam Pesta..karena pesta H itu akan terus berkembang.

  8. Ini kok komentar pada banyak sales sebelah, sudah 78% kok kelakuan barbar gini.
    Jadi bingung produk yg numpuk di gudang itu H apa Y ? Sales nya gini amat

    • Udah saya bilang, kalo motor itu jangan ditumpuk2 pak…bisa rusak ntar,

      kalo sendal swallow mah nggak papa tumpuk menumpuk sampe setinggi monas sekalipun

    • Nyaris 5 juta jualan total H
      Nyaris 1.4 juta total jualan Y , atau setara dg jualan Beat saja dari H… Nah, dari sini sudah dapat gambaran kan? Perbandingan atau Gapnya? Masih ada +- 3.5 juta yang diperoleh H dari mesin2 lainnya.
      Vario ,Skupi,pcx,cb150,cbr,adv, dll.

  9. Segmen motor 150 medium itu rasional dan lebih ke life style. Gak kayak klas Beat dan Mio. Lbih ke emosional dan mengutamakan fungsional. Sales mau berbusa-busah bully NMax atau PCX/ADV percuma. Bahan perbandingan keduanya sdh banyak. Testimoni banyak. Video test ride dg sgala kekurangan dan kelebihannya gampang diakses. Jadi nasehat saya buat para sales, simpan sj bullian Anda. Gak ngaruh.

  10. Manteb harganya nih d bawah perkiraan
    Dg fitur seperi itu, ini value sih
    Tpi masalah engine check menyala mah ada kah??
    Beresin itu dulu bru tenang
    Tgl nunggu langkah honda nih, menarik sekali
    Btw aerox ada aroma faceliftnya kah?

  11. Besok pagi team SWEATY meeting dadakan, biar lebih kompak lagi BC’y.
    Kwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwjwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

  12. Isi blognya selalu membahas sesuatu yg penting untuk referensi calon pengguna tapi isi komennya perang antar sales, tapi ga perduli jg sih yg penting isi blog nya membantu banget untuk memilih kendaraan yg mau kita beli mau merk Y, H, K, S atau yg lainnya, semangat terus kang IWB selalu beri kami bocoran dan update berita terkini yg selalu akurat, terima kasih..

  13. Semakin banyak motor jepang dengan harga murah dan bagus, nmax pcx aerox adv vario 150, fitur sesuai harga, ga kayak vespa overprice, minim fitur, power terLEMOT dikelasnya, dikepretin beat juga megap megap itu vespa ?

  14. Om iwan, mgkn emg strategi Yamaha kaya gitu, ditengah isu hot soal engine check yg error,
    Mau ga mau Yamaha ngasih harga dbawah kompetitor, meski secara itung2an untungnya tipis bgt2 mau gmn lg,
    Gara2 isu error itu dtambah ngasih harga tinggi utk yg ABS bs2 seret jualanya,
    Yamaha ga terpikir bhwa setelah launching new Nmax tiba2 ada Isu Error yg ga sengaja jg malah kena di Vlogger kondang yg emg punya bnyk subscriber, dan setelah di Bawa ke Beres trnyata blm solved,
    Tp saya yakin nanti setelah isu reda jg lama2 harga merangkak naik, ga mnutup kmungkinan bs tembus ke 36jt an,
    Itu semua buat nutup segala keuntungan tipis diawal, ya coba aja liat nanti,

  15. semua kembali selera masing2 , lebih suka yg mana, gak usah menjelekkan merek masing, semuanya blom tentu sempurna,
    yg penting beli nya dari uang halal , dan bukan dari ribaaaaa

    masih menerawang burgman 150

  16. Banyak sales dan fansboy honda yang menyerang secara serentak pada tiap blogger blogger,,

    Indikasi bahwa mereka lebih suka main kotor dari pabrikan lain

    Menang MS gak menjamin fansboy dan sales honda pinter

    Selamat menjadi orang tolol

  17. Kadang lek iwang lebih cenderung clickbait pada judulnya,,

    Tapi kalo bikin artikel honda gak se serem bikin artikel non honda,,

    Netralitas dipertanyakan

  18. Beli aja masih kredit aja pada belagu…ngomongin ini lah itu lah….emang pade dapet royalti dari tuh produk….berfikir secara rasional aja…tergantung selera….kalo kredit jangan sombong ah….entar kena mata elang…yang satu jadi picex matanya yang satu nmewex Lg.
    Keakraban lebih indah bro….touring bareng.joss

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here