iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….maling dewasa ini memang cukup pintar. Apapun bisa dibobol sehingga kita seperti was-was ketika memarkir motor sembarangan. Apalagi jaman sekarang SKS bukan lagi dianggap aman. Yup…shutter magnet key dengan mudah dibobol maling cak. Hanya digetok dengan kunci T yang memang memiliki bahan dari baja…dijamin motor digondol hanya dalam hitungan detik. Mungkin itulah yang mendasari kedatangan email cak Fitra A kewarung IWB. Pertanyaannya singkat dan jelas…Apakah “keyless” Suzuki GSX-S150 bisa dicangkokkan pada Honda CB150R?

Surel cak Fitra menggaris bawahi dua poin penting, detilnya intip dibawah ini…

Assalamualaikum wr. wb
Selamat siang cak, saya fitra dari kota reog. mau nyampein unek-unek ni cak.

iklan iwb

Ada 2 pertimbangan minang tunggangan antara gsxs 150 / cb150r. kalau di gsx saya naksir fitur keyless nya, cuma yang mengganjal adalah headlamp sama posisi boncengan yang sangat tinggi.

Kalau di cb150r, tampang udah gak diragukan lagi. kelihatan elegan. cuma ya itu, masih pakai kunci jadul. kalau soal power atau top speed gak mikir sih cak. motor kelas 150cc mau dibawa lari seberapa cepet sih, paling normal juga lari 80-100. setelah berfikir cukup lama, saya putusin ambil cb150r yang razor white dengan pertimbangan gampang nambahin fitur keyless itu jika suatu saat muncul next gen di cb / cbr yang versi keyless.

Pertanyaannya kang
1. apakah keyless gsx memungkinkan di cangkokin ke motor lain seperti cb150r?

2. apakah honda gak ada niat buat keyless untuk motor batangan yang dijual sebagai aksesoris cak?

suwun cak. ditunggu jawabannya ?
salam sendal swalow

Salam sandal swallow bakiak jepat cak 😆 . Oke…IWB akan coba jawab simpel dan singkat langsung kesasaran. Yang pertama adalah…Apakah “keyless” Suzuki GSX-S150 bisa dicangkokkan pada Honda CB150R? jawabannya…..Tidak bisa !

Keyless ada hubungannya dengan ECM dan semua adalah satu kesatuan unit. Beda brand pasti akan sulit sekali atau bahkan nyaris mustahil sebab umumnya di lock oleh pabrikan. Keduanya harus kompatibel…setidaknya memiliki software yang sama, nyawa yang sama alias satu “padepokan”….kira-kira demikian. Contohnya keyless X-Max 250 masih bisa dicangkokkan pada NMAX 155 tapi tidak untuk brand lain. Kecuali sampeyan emang hacker canggih dengan mengganti semua hardware dan software (kuwi sih bukan hacker hehehe). Itu yang IWB tahu, kalau ada yang mau ngetes monggo saja. Yang kedua….Apakah Honda Nggak ada niat buat keyless untuk motor batangan yang dijual sebagai aksesoris ?

Sejauh ini IWB belum mengendus geliat kesana. Tapi dari pengalaman masa lalu komponen krusial yang berhubungan dengan kelistrikan jarang di sediakan pabrikan sebagai aksesories. Biasanya hanya fokus pada sisi kosmetik atau fisik. Sebab rentan cak, apalagi tiap detil perubahan spek atau komponen pabrikan biasanya harus melakukan pengetesan njlimet. Yah..semoga saja Honda membaca surel sampeyan sebagai bahan masukan mereka untuk memberikan fitur keyless pada motorsport 150cc dimasa depan…..wis clear pakdeee ? (iwb)

iklan iwb
Previous articleUpdate Indikator “Check engine” Yamaha All new NMax 155, gara-gara standart samping ??
Next article[ Breaking News] Yamaha new Nmax ABS dijual 33,7 jutaan !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!