iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….maling dewasa ini memang cukup pintar. Apapun bisa dibobol sehingga kita seperti was-was ketika memarkir motor sembarangan. Apalagi jaman sekarang SKS bukan lagi dianggap aman. Yup…shutter magnet key dengan mudah dibobol maling cak. Hanya digetok dengan kunci T yang memang memiliki bahan dari baja…dijamin motor digondol hanya dalam hitungan detik. Mungkin itulah yang mendasari kedatangan email cak Fitra A kewarung IWB. Pertanyaannya singkat dan jelas…Apakah “keyless” Suzuki GSX-S150 bisa dicangkokkan pada Honda CB150R?

Surel cak Fitra menggaris bawahi dua poin penting, detilnya intip dibawah ini…

Assalamualaikum wr. wb
Selamat siang cak, saya fitra dari kota reog. mau nyampein unek-unek ni cak.

Ada 2 pertimbangan minang tunggangan antara gsxs 150 / cb150r. kalau di gsx saya naksir fitur keyless nya, cuma yang mengganjal adalah headlamp sama posisi boncengan yang sangat tinggi.

Kalau di cb150r, tampang udah gak diragukan lagi. kelihatan elegan. cuma ya itu, masih pakai kunci jadul. kalau soal power atau top speed gak mikir sih cak. motor kelas 150cc mau dibawa lari seberapa cepet sih, paling normal juga lari 80-100. setelah berfikir cukup lama, saya putusin ambil cb150r yang razor white dengan pertimbangan gampang nambahin fitur keyless itu jika suatu saat muncul next gen di cb / cbr yang versi keyless.

Pertanyaannya kang
1. apakah keyless gsx memungkinkan di cangkokin ke motor lain seperti cb150r?

2. apakah honda gak ada niat buat keyless untuk motor batangan yang dijual sebagai aksesoris cak?

suwun cak. ditunggu jawabannya 😁
salam sendal swalow

Salam sandal swallow bakiak jepat cak πŸ˜† . Oke…IWB akan coba jawab simpel dan singkat langsung kesasaran. Yang pertama adalah…Apakah “keyless” Suzuki GSX-S150 bisa dicangkokkan pada Honda CB150R? jawabannya…..Tidak bisa !

Keyless ada hubungannya dengan ECM dan semua adalah satu kesatuan unit. Beda brand pasti akan sulit sekali atau bahkan nyaris mustahil sebab umumnya di lock oleh pabrikan. Keduanya harus kompatibel…setidaknya memiliki software yang sama, nyawa yang sama alias satu “padepokan”….kira-kira demikian. Contohnya keyless X-Max 250 masih bisa dicangkokkan pada NMAX 155 tapi tidak untuk brand lain. Kecuali sampeyan emang hacker canggih dengan mengganti semua hardware dan software (kuwi sih bukan hacker hehehe). Itu yang IWB tahu, kalau ada yang mau ngetes monggo saja. Yang kedua….Apakah Honda Nggak ada niat buat keyless untuk motor batangan yang dijual sebagai aksesoris ?

Sejauh ini IWB belum mengendus geliat kesana. Tapi dari pengalaman masa lalu komponen krusial yang berhubungan dengan kelistrikan jarang di sediakan pabrikan sebagai aksesories. Biasanya hanya fokus pada sisi kosmetik atau fisik. Sebab rentan cak, apalagi tiap detil perubahan spek atau komponen pabrikan biasanya harus melakukan pengetesan njlimet. Yah..semoga saja Honda membaca surel sampeyan sebagai bahan masukan mereka untuk memberikan fitur keyless pada motorsport 150cc dimasa depan…..wis clear pakdeee ? (iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

40 COMMENTS

    • Sendal swallowku udah dipasangin gembok mahal merk rockbross yg modelnya lipat2 kayak borgol itu pak,

      Sampe skrg blm ada maling yg bisa bobol itu gembok…sendal jepitpun aman…
      bisa juga dipasang di roda motor pak,

    • Paling normal lari 80 – 100 ?

      Bawa motornya tengah malem aja kayanya nih. Soale biasanya normal mentok 60km/jam kalo hari2 biasa udh mentok sama emak2 galak yg bawa motor seenaknya djalan.

  1. Kritik sedikit cak iwan. Salam yg disampaikan ke cak iwan dari pembaca itu mangandung doa lho, alangkah baiknya dijawab “wa’alaikumussalam”. Segitu aja cak, semoga tambah berkah lan tambah maju.

  2. Asal dudukan rumah kontaknya sama, bisa.
    Contoh, vario 125, vario 110, atau scoopy, bisa pakai keyless vario 150, atau PCX kok, karena dudukan rumah kuncinya sama, karena keyless tidak ada hubungannya dengan ECU, tapi SCU sebagai hardwarenya..
    Jadi kembali ke dudukan rumah kontaknya…

    • Ya itu hanya kunci saja, tpi kalau harus integrated dg immobilizer ya hrus connect dg ecu, contoh aerox, tipe s n biasa beda ecu, kalau mw pke keyless pke ecu aerox s bru nyambung, kalau cma modul, kunci n knop harganya cma 1,8jta asli yamaha, tpi modulnya gak bsa d pasang d aerox biasa
      Kalau pakai modul dss gak connect k ecu immobilizer gak jalan

      • anggep saja dia lagi di kontrakan logikanya bang….
        masa ngomong keyless yg dia pikir hanya knop nya saja, bukan systemnya…

      • Sudah saya praktekan di vario saya, pun sudah saya bongkar knobnya untuk melihat sistem kerjanya, sering buka youtube, bejibun kontak biasa di pasang keyless, bukan omdo, atau anda ga punya kuota? Saya bicara berdsarkan pengalaman pribadi, bukan omdo like u
        Kalo immobilizer memang nyambung ke ecu, ini keyless bukan immobilizer, pahami dulu baru ngemeng, susah kalo jelasin mending buka youtube, perlu saya modalin?

    • Sekedar info :
      Keyless gsxr150 terintegrasi dengan ecm
      Remot ilang lupa pin aja wajib ganti 1 set ecm + modul keyles + remot
      Entah kalau keyles brand h y dan k

    • Coba kazuron kalo tolol tuh jangan diborong semua….pabrikan yg udah keyless pasti immobilizer. PCX aja itu immobilizer….

      Lain kali sisain dikit yaa…. browse dulu nyari data gratisan.

  3. Biarpun tampang ya gitulah, tapi anti maling.
    Mungkin uda saatnya indonesia bikin peraturan wajib keyless krn negara ini sarang begal.

    • Sekarang Keyless aman dari maling karena masih sedikit, tapi nanti kalo udah pasaran, maling2 pasti upgrade dari T-Key jadi pake Hack-Droid apa i-pul buat bobol keyless.

      kalo udah gitu mungin nanti Keyless dipadukan dgn Shutter Key.

      • Kalo gitu bukan spda motor lagi cak levelnya mobil mungkin .🀣kalo dipikir” ngapain maling motor kalo alatnya secanggih mobil . apa ndak mobil sekalian aja 🀣🀣🀣

  4. Kang iwan ntr dapat award&aliran dari sandal swallow sejagat…
    Berkat ni blog penjualan sandal swallow meningkat draztizz 100%..brand swallow terangkat di jagat duniaπŸ˜‚..wadidaww

    • Saya usulkan supaya pak kang Iwan ini segera dapet award berupa jabatan Maha Patih Keraton sendal swallow empire

  5. Honda mah emg busuk. Upgrade seadanya, safety kaga ditambah. Heran heran. Knp ga dikeyless kan aja semua motor mulai dr cb, cbr, sonic dll? Dh tau laku, tp masi shutter key semua, malu sama suzuki

    • Selama fitur seadanya masih laris & jadi penguasa pasar ngapain kasih lebih? Mungkin begitu yg ada di benak manajemen ahm. Kalo suzuki & yamaha sih wajar ngasih fitur lebih, bahkan wajib. Karena mereka dalam posisi mengejar market share, alias sebagai penantang

  6. Beli motor merek Suzuki insya Allah smua udh ada fitur auto anti malingnya.

    Jika ada motor Suzuki parkir disebelah motor Honda udh automatis anti maling.

    Itulah kenapa saya beli motor Suzuki

    Harga jual kembali,aidonker.
    Sparepart mahal, itukatamu
    Body jelek,yg penting mesin bandel plastik tebel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here