iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..kalem tapi juga mumet. Mungkin itulah yang dirasakan oleh vlogger Kondang Ridwan Hanif terhadap tunggangan barunya Yamaha All NMax warna putih 2020. Alih-alih bisa menikmatinya doi harus wira-wiri kedealer untuk menghilangkan indikator engine check. Sebelumnya IWB menelurkan dua artikel perihal kejadian serta tindakan yang dipercaya bisa menyembuhkan engine check nyala Yamaha all new nmax milik Ridwan dengan melakukan flash ulang atau reset di dealer Yamaha. Namun ternyata itu hanya sementara sebab tidak lama engine check kembali nyala. Waduhhhhh…..

Seperti yang sampeyan tahu pada artikel sebelumnya IWB sudah memberikan update informasi perihal tindakan yang dilakukan oleh Yamaha pada tunggangan baru Ridwan Hanif New Nmax 155. Awalnya Vlogger Kondang tersebut kebingungan karena motor terdeteksi terjadi error “engine checking” saat mesin dihidupkan. Jika melihat indikator bisa dipastikan memang ada masalah pada motor. Umumnya check engine lebih dominan karena masalah kelistrikan…bisa kiprok, soket kurang solid, ECU atau malah injektor ?….pokoknya harus dicek cak…

Dari informasi video bengkel yang dishare Ridwan ketika menemukan engine checking, biasanya mekanik akan melakukan langkah awal dengan reset. Itu prosedur yang biasanya dijalani untuk Freego dan MT15. So mungkin untuk NMAX Ridwan lolos belum direset. Dan setelah bersusah payah membawa new NMax 155 warna putih non ABS miliknya kedealer yang ditunjuk, akhirnya diperoleh kepastian dari mekanik bahwa masalah ada pada CPS atau crankshaft position sensor…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup…dari sanalah Mekanik hanya melakukan flash ulang menggunakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT). Dan hasilnya, error code atau engine checking hilang. Done….masalah selesai setidaknya untuk saat itu. Cuma pertanyaan awam adalah…kenapa CPS atau crankshaft position sensor terdeteksi error ? dilalah ketika pertanyaan belum terjawab, esok harinya engine checking New NMax tunggangan Ridwan kembali menyala. Kondisi yang juga dialami oleh beberapa follower doi dengan masalah yang sama…bener-bener misterius. So…masalah inti belum solving cak….

Artinya dengan fakta di atas…. ternyata  reset  atau flash ulang  pada All New NMax tidak menyembuhkan masalah.  Terbukti kumat dan masih belum ketahuan apa yang sebenarnya terjadi…..apa yang memicu sensor engine check nyala terus. Apapun alasannya kita tidak boleh meremehkan engine checking nyala pada motor injeksi. Engine check terus ON merupakan warning atau peringatan yang menandakan bahwa ada yang tidak wajar dengan kinerja secara keseluruhan. Entah itu kelistrikan  ataupun  engine. Hal yang sangat krusial jika dicuekin….

Last….menurut informasi Ridwan Hanif, Yamaha menawarkan untuk membawa tunggangan barunya guna diselidiki lebih lanjut. Namun Ridwan menolak mengingat motor harus menginap kecuali Yamaha sudi mengganti unit baru. Namun negosiasi ini belum mendapatkan jawaban. Untuk melengkapi referensi sampeyan monggo baca diskusi dikomentar IG Ridwan Hanif dibawah, siapa tahu ada ilmu yang bisa sampeyan dapatkan. So semoga masalah segera terselesaikan agar kita nggak was-was dan ragu untuk meminang generasi baru NMax, semoga saja cak. Error “engine check” Yamaha All New NMax 155?? kalau menurut analisa sampeyan kira-kira apanya ya cak karena semua mayoritas masih meraba-raba kieee ?…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!