iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sangarr cak…pabrikan India memang sangar. Setelah sebelumnya kita mendengar kabar TVS yang meracik skutik dengan torsi bak moge dan koneksi HP ke motor listriknya, kini kabar datang dari pabrikan terbesar ketiga India yakni Bajaj. Yup….Bajaj India yang sukses menjadi penguasa KTM 49%, kini dipastikan deal melakukan kerjasama ekskusif dengan Triumph Inggris. Dan nggak tanggung-tanggung cak…kerjasama melahirkan sebuah bocoran dimana pabrikan ini akan meracik motor 200cc bersama-sama yang nantinya dipasarkan secara global. Wihhhhhhh…sangarrrrrr….!!

Sepak terjang pabrikan India bajaj patut diacungi jempol. Setelah menjadi pemegang saham 49% KTM Austria dan konon kabarnya akan terus ditingkatkan membuat pabrikan ini termasuk sukses menancapkan cakar kekuasaannya di Eropa. Sebab dengan kepemilikan saham yang nyaris 50% membuat KTM menjadi salah satu pabrikan yang juga harus mendapatkan approval ketika ingin melakukan sesuatu yang berhubungan dengan produk. Tidak heran saat ini cukup banyak produk Bajaj yang mendapatkan sentuhan tangan KTM Austria. Bahkan line up produksi KTM Duke 250 hingga RC/Duke 390 diproduksi di India…

Tapi siapa menyangka hal itu tidak membuat Bajaj puas. Pabrikan India ini resmi menjajaki kerjasama dengan produsen terkenal Inggris yang saat ini juga menjadi supplier tunggal di kelas Moto2. Siapa lagi kalau bukan Triumph. Namun beda dengan KTM, status Triumph dan bajaj lebih kepada kerjasama strategis seperti halnya TVS India dengan BMW. Konon kolaborasi sudah dinyatakan official dengan kesepakatan alih teknologi untuk Triump kepada Bajaj…. sementara pabrikan Inggris akan diberikan keleluasaan memanfaatkan kapasitas produksi mereka di India…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup…. informasinya Triumph akan bekerjasama dengan Bajaj meracik motor 200cc. Jika kerjasama ini mulus mereka juga bertekad akan meracik motor bersama di kelas 200 hingga 750 cc. Menggunakan teknologi yang dimiliki oleh pabrikan Inggris, rencananya Triumph akan meracik motor kecil dan diproduksi di pabrik Bajaj Pune India. Artinya motor yang diproduksi nanti tetap menggunakan label Triumph namun sebenarnya produksi serta komponen mayoritas disuplai oleh Bajaj. Apakah bisa disebut sebagai Rebadge? entahlah. Disinyalir Bajaj juga akan menggunakan kemampuan Triumph untuk produknya-produknya, mantaappp…..

Rencananya model buatan India dengan brand Triumph akan dipasarkan ke seluruh dunia termasuk Eropa walaupun hingga sekarang belum ada konfirmasi perihal strategi pemasaran nanti.  Yang menarik distribusi seluruh motor Triumph di India nanti akan diambil oleh Bajaj. Mereka akan berusaha menekan banderol dikisaran 2 Laks atau 40 jutaan. Weeihhhh edian bener ki cak. ” Selain membawa merk kami ke wilayah baru yang cukup krusial, produk-produk yang akan rilis dari kemitraan ini juga ditujukan guna menarik para konsumen muda….

“Bajaj dan Triumph resmi bekerjasama….”

” Para Bikers cerdas dan ini merupakan langkah lain dari Ambisi kami untuk berekspansi secara global terutama menguasai pasar berkembang di Asia Tenggara tetapi juga mendorong pertumbuhan di wilayah yang lebih matang seperti Eropa. Merk Triumph adalah salah satu brand ikonik di dunia. Jadi Kami yakin langkah ini merupakan langkah maju untuk pasar India ataupun pasar berkembang lainnya. Kami berharap akan terus bisa bekerja sama dengan pabrikan motor terkenal di dunia dan saling mendukung satu sama lain…..” tegas Rajiv Bajaj managing director Bajaj Auto India…

Last…. kerjasama ini memang membutuhkan waktu untuk benar-benar melahirkan sebuah produk utuh. Estimasi sementara produk kolaborasi Bajaj-Triumph baru akan lahir pada tahun 2022 dengan target melahirkan produk 200cc Street Fighter naked…. hingga 750 cc…. dengan kemungkinan juga memperluas pasar retro untuk menyerang sepak terjang Royal Enfield di India. Mungkinkah Triumph hasil garapan Bajaj juga akan datang ke tanah air? Kemungkinan tersebut tetap terbuka mengingat target dari produk keduanya juga menyebut kawasan Asia Tenggara. Triumph garapan Bajaj ? akan menarik ki cak…..cadaz ki Indiaaa….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!