iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….notifikasi whatsApp pribadi muncul tiba-tiba dari Vlogger Kondang Ridwan Hanif yang menginformasikan bahwa Doi baru saja menerima Yamaha all new nmax 155 yang dibelinya. Namun bukan berita gembira yang doi share melainkan kebingungan karena motor tersebut terdeteksi terjadi error engine checking saat mesin dihidupkan. Waduh….ada apa gerangan ?

Beberapa hari yang lalu Ridwan memang ngontak IWB dan menginformasikan bahwa doi berniat membeli Yamaha all new Nmax 155. Sekaligus Ridwan juga mengajak review collabs di YouTube channelnya mencoba untuk mengkomparasikan antara motor ini dengan skutik Rival. Dilalah…. beberapa hari setelah percakapan tersebut dan motornya sudah datang….Ridwan baru ngeh engine checking terus nyala walau mesin dihidupkan….

 

iklan iwb

” Masih baru check engine nyala Cak. Barang dateng, yang terima art. Gua sampe, engine check nyala, gue pikir karena belum jalan aja. Udah isi bensin, ini engine check belum mati-mati. Baru jalan 2 kilo sih. Ini mau muter-muter dulu sampe 10 kilometer. Di komen ada yang bilang cek aki. Udah cek aki, semuanya bagus. Kata dealer besok disuruh bawa kesana….” serunya. Terlihat doi lumayan kecewa. Tentu tidak ada jalan lain kecuali memang harus dicek dealer. Kenapa ?

Semua masih garansi total dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari dealer. Jadi ketika sampeyan menemukan adanya ketidakwajaran ada baiknya jangan di otak-atik dan Serahkan semuanya kepada dealer resmi yang mengirimkan unit ke sampeyan. Celakanya, kejadian tidak hanya dialami oleh Ridwan. Dari share informasi doi pula, ada juga follower juga mengalami masalah serupa saat menerima All new NMax. Motor baru turun ke dealer sudah terjadi engine checking….

Iya bang, malah baru dikirim dan diturunin motor engine checking sudah nyala kemudian dibawa langsung balik ke dealer. Besoknya dikirim balik dan dicoba ternyata nyala lagi. Saat ini unit berada di dealer dan belum ada kepastian.? mohon bantuannya bang untuk follow up ke Yamaha. Kejadian Rabu tanggal 22….Yamaha Solo Motor Madiun...” seru cak Yoga. Edannya nggak hanya cak Yoga. Follower Ridwan lainnya bernama Wildan juga melaporkan kejadian serupa (terlampir). Wahhh….berarti memang harus menjadi perhatian khusus karena kejadian tidak hanya satu case….

Jika melihat indikator bisa dipastikan memang ada masalah pada motor. Umumnya? check engine lebih dominan karena masalah kelistrikan….bisa kiprok, soket kurang solid atau malah injektor ?….pokoknya harus dicek cak. Karena seperti yang kita tahu kelistrikan pada New Nmax ini memang bener-bener baru. Hadirnya fitur hazzard, SSS, SMG tentu membutuhkan ECU baru. Mungkin masih perlu penyempurnaan. FYI ketika menemukan engine checking, biasanya mekanik akan melakukan langkah awal dengan hard reset. Jika tidak sembuh juga berarti ada komponen yang perlu diganti. Soal itu tentu mekanik yang punya otoritas untuk memutuskan….

Last…. Ridwan Hanif akan membawa motornya ke dealer Yamaha untuk mendapatkan pengecekan siang ini. Buat teman-teman yang mungkin mengalami kendala serupa pada saat menerima all New NMax 155 jangan di otak-atik cak. Monggo kontak aja langsung ke dealer Yamaha pengirim motor dan mereka pasti akan dengan senang hati membantu. So… Yamaha all new NMax 155 mengalami engine checking saat baru diterima ? Memang nggak wajar dan segera kontak kedealer untuk pemeriksaan lebih lanjut…….(iwb)

 

296 COMMENTS

  1. Engine check nyala gak usah panik! Minta dealer resmi u screening. Biasanya soket kelistrikan atau baut ada yg kendur.

  2. Tenang boss…. jangan panik… kejadian sama dengan FreeGo, tapi aman-aman aja, biarpun lampu check engine nyala terus tapi motor dipake jalan terus no problem… bawa ke BeRes tinggal di Reset aja…..

    • Betul bro,sama juga mau h,s,y kalo dah masalah ecu,kelistrikan kiprok terutama akan sama aja.
      Gak ada untungnya juga disini debat masalah kekurangan,gak ada habisnya.

  3. Ayo sales”
    Ayo fb”
    Ramaikan
    Perang komentar
    Perang argumen
    Perang cacian

    Apa juga yang kalian bela?????

  4. Quality control nya gimana,coyy
    Apa perlu buka lowongan buat QCnya,motor blom dipakai masa harus ganti kiprok segala,,, aduuhh yang bodoh konsumen apa siapaaa….

    • Orang bodoh itu orang yang bisanya cuma mencela mangap” tapi gak bisa kasih solusi,gak bisa berbagi ilmu bagaimana baiknya??

    • Itu lebih baik kuy,biasanya orang” yang sensitif cuma dari pemberitaan media semata cepet banget menilai suatu produk dan langsung jual lagi.
      Tapi kalo dah mokas biasanya malah penyakitnya sudah ilang dan teratasi dengan sempurna,kalo kejadiannya sudah seperti itu,kita juga yang di untungkan

  5. Salah seorang blogger pernah memberikan saran utk menunggu membeli new product setelah batch pertama produksi. Ternyata ini kejadian

  6. Lucu…?????
    Ada yg bilang cipok rusak,
    Ada yg bilang baut kendor
    Ada yg bilang soket toket lepas..
    Ada yg bilang cukup di keset

    Lupa apa, ni motor baru turun dari losbak, masa iya langsung ngerror ???
    Emang otak penboi apa, error itu pasti

  7. nmax sya aman2 sja, itu hanya kasuistis. sbaikNY ditangani dngn kepala dingin. produk gk ada yg sempurna, tpi bagaimana pabrikan mampu menangani keluhan konsumen dngan baik, bukan nya ngeles. kesalahan kebiasaan user lah, ganti part tpi bayar. bolongin mangkok lah, ganti shock lah. beli baru, tpi suruh ganti spareprt motor lain.

  8. Fix setelah mendapat wangsit dr bumi gonjang ganjing….mending ambil vespa…built qualitynya mantabs dah…pabrikan jepun sekarang cuman ngejar untung gede dan MS sebanyak2nya…suwun lek infonya….tak jd silent reader lg…

  9. gilak illfill cak kebawa terus kedepannya filling nya , kalo yang banyak duit mah kayanya ga lama jual lagi tu motor

  10. Pastinya ga ada recal,soalnya apa orang disini semua pemaaf,,,maaf saya lupa ngencengin baud,,maaf saya lupa upgrade kiprok maaf saya lupa ini ,ituu

  11. buatan manusia ga ada yg sempurna,apalagi produksi digenjot,sedikit kesalahan minor wajar,tp klo sampe kesalahan mayor akan merugikan konsumen,,(jangan dtimpuk sandal swallow ya),hatur nuhun

  12. Ngeliat para BINATANG saling adu argument, menyalahkan & membela Produk Pujaannya…
    Siapin kopi, gorengan & gelar tikar…

  13. engine check cuma masalah di software, tinggal di reset,
    kalau bermasalah hardware tinggal klaim garansi,
    selesai,
    yang menyeramkan itu kalau kasus seperti ini pabrikan tutup mata,

    nmax 2DP memang lemah di kiprok,
    tapi di new nmax, kiproknya sudah canggih dan jadi 1 dengan ecu, SGCU, jadi nggak ada cerita lagi kiprok lemah

    • Sy setuju dgn Bro..
      Yg menyeramkan itu kalo pabrikan tdk bertanggungjawab dan tdk merespon dgn baik. Atau malah ngk mengakui dan tdk melakukan recall.

  14. Sy kira jgn reaktif dulu. Kita lihat dl sebyk apa kasusnya dan pernyataan/respon pabrikan nanti, kalo mmg ada defect produk. Baru jg keluar seminggu kan..
    Msh ingat kasus shock bengkok dl kan. Sama kasusnya..
    Yg plg ptg adalah pabrikan merespon dgn baik dan bertanggungjawab jika mmg itu betul2 kesalahan produk.

  15. Tapi ya seenggaknya ada inisiatif dari yamahanya, kalo gabisa bneer ganti yunit. Lah kalo ngahaem udah di complain berdalih hanya efek visual wkwkwk

  16. Indikasinya dr pabrikan :
    -Kemungkinan pasang soket kendor
    *Operator msh Baru2
    *Operator mau abis kontrak kerja ugal2an
    -Orang QC main lolosin produk (yg penting motor jalan)

    Sori, gue ex YIMM dan semua pabrikan otomotif kebanyakan kyk bgtu klo kerja…
    Rasa “memiliki” nya itu gak ada..
    yg penting kerja gajian udah

  17. Mending engine nyala drpada gak ada indikator sprocket cams ambrol pada case PCX no 2019 kmrn kr bisa langsung diantispasi

  18. APA WAKTU MASIH DI DILER WAKTU BELINYA GA DI CEK DI HIDUPIN DULU ,, ANEH BIN NGAJAIBB KLO UMPAMA MASIH DI DILER DIHIDUPIN TU ENGIN CEK GA HIDUP ,, KETIKA DI RUMAH PEMBELI ENGIN CEK NYALA blm jalan2 N max nya baru jalan ketika di naikin mobil pick up ..masa pengaruh semoga cepat ada jawaban dri Yamaha .

  19. Kasus ky gitu udh ada di nmax lama. Hadehhh udah biasa. Biasanya mekanik lupa ngereset. Kalau udah direset normal Lgi.

  20. lek mending gak udah dikasih kolom komen buat pengangguran gak jelas komen ngawur hobby mencela. gak ada faedahnya. bikin blig makin mundur bukan maju. cmiiw

  21. FBH KOK PURA PURA BEGOK?? REKOL MASAL PART PCX GIMANA? SHOCK MLEYOT GIMANA? GREDEK GREDEK GIMANA??

    BACOT MULU IH,, PRODUK HONDA BANYAK CACAT KOK BC PRODUK LAIN,,

  22. santuy aja suhu sekalian mahatau netijen. motorku freego penyakitnya bgitu, dicoba sebulan nyala tp dipakai fine2 saja. dibawa ke bengkel sekali dicek tuntas clear no prob. klo kt montirny sih settingnya aja standarny kbnykn bgitu, tp klo performa ok2 saja

  23. wah mlai rame ki ,ngono geluto neng komn pendukung Y ama kubu seblah,ak pke produk S amn jaya!!! ngacirrrrr

  24. Setau ane gini gan,Utk all new nmax sdh OBD(On board diagnostic),jadi apabila ecu membaca adanya kerusakan maka lampu check engine nyala dan tdk mati apabila blm di reset.klo setahu ane sih injeksi yamaha sekarang jarang sekali rusak,biasanya juga dari dealer penjualnya gan yg blm pas dalam pre delivery paling sering sih dlm pengencangan baut aki gan,walapun udah dibenerin tp blm di reset tetap masih nyala
    Saran ane gk usah khawatir dgn motor agan2 semuanya,pngen tau lebih pastinya nnti biar dijelaskan sama dealer resmi

  25. Hmm komen pertama via ponsel gak masuk kesini ternyata. Komen lagi ah:

    Untuk amannya kalo ada motor keluaran baru jangan langsung boyong, tunggu sampe batch produksi berikutnya. Itu yg pernah disampein salah satu blogger. Ada benarnya juga sih..

  26. jangan terpancing nafsu atau buaian youtuber apalagi blogger deh. tunggulah minimal 6 bulan kalau tak mau jadi kelinci percobaan pabrikan.

  27. Rame bener BINATANG – BINATANG yang ngebully & Menjatuhkann…
    Lanjut gelar tikar, ngeliat ADU BULLY para BINATANG.

  28. Motor Yamaha makin ke sini makin amburadul kualitas nya , mulai dari model, kelistrikan dan mesinnya ..

    Catat.

  29. Biasa aja, perkara mudah ini mah… Yang penting gak pecah velg belakang kaya sebelah hihi. Velg pecah kok rata2, gak cm 1 2 orang. Think smart…

Comments are closed.