iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….notifikasi whatsApp pribadi muncul tiba-tiba dari Vlogger Kondang Ridwan Hanif yang menginformasikan bahwa Doi baru saja menerima Yamaha all new nmax 155 yang dibelinya. Namun bukan berita gembira yang doi share melainkan kebingungan karena motor tersebut terdeteksi terjadi error engine checking saat mesin dihidupkan. Waduh….ada apa gerangan ?

Beberapa hari yang lalu Ridwan memang ngontak IWB dan menginformasikan bahwa doi berniat membeli Yamaha all new Nmax 155. Sekaligus Ridwan juga mengajak review collabs di YouTube channelnya mencoba untuk mengkomparasikan antara motor ini dengan skutik Rival. Dilalah…. beberapa hari setelah percakapan tersebut dan motornya sudah datang….Ridwan baru ngeh engine checking terus nyala walau mesin dihidupkan….

 

iklan iwb

” Masih baru check engine nyala Cak. Barang dateng, yang terima art. Gua sampe, engine check nyala, gue pikir karena belum jalan aja. Udah isi bensin, ini engine check belum mati-mati. Baru jalan 2 kilo sih. Ini mau muter-muter dulu sampe 10 kilometer. Di komen ada yang bilang cek aki. Udah cek aki, semuanya bagus. Kata dealer besok disuruh bawa kesana….” serunya. Terlihat doi lumayan kecewa. Tentu tidak ada jalan lain kecuali memang harus dicek dealer. Kenapa ?

Semua masih garansi total dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari dealer. Jadi ketika sampeyan menemukan adanya ketidakwajaran ada baiknya jangan di otak-atik dan Serahkan semuanya kepada dealer resmi yang mengirimkan unit ke sampeyan. Celakanya, kejadian tidak hanya dialami oleh Ridwan. Dari share informasi doi pula, ada juga follower juga mengalami masalah serupa saat menerima All new NMax. Motor baru turun ke dealer sudah terjadi engine checking….

Iya bang, malah baru dikirim dan diturunin motor engine checking sudah nyala kemudian dibawa langsung balik ke dealer. Besoknya dikirim balik dan dicoba ternyata nyala lagi. Saat ini unit berada di dealer dan belum ada kepastian.? mohon bantuannya bang untuk follow up ke Yamaha. Kejadian Rabu tanggal 22….Yamaha Solo Motor Madiun...” seru cak Yoga. Edannya nggak hanya cak Yoga. Follower Ridwan lainnya bernama Wildan juga melaporkan kejadian serupa (terlampir). Wahhh….berarti memang harus menjadi perhatian khusus karena kejadian tidak hanya satu case….

Jika melihat indikator bisa dipastikan memang ada masalah pada motor. Umumnya? check engine lebih dominan karena masalah kelistrikan….bisa kiprok, soket kurang solid atau malah injektor ?….pokoknya harus dicek cak. Karena seperti yang kita tahu kelistrikan pada New Nmax ini memang bener-bener baru. Hadirnya fitur hazzard, SSS, SMG tentu membutuhkan ECU baru. Mungkin masih perlu penyempurnaan. FYI ketika menemukan engine checking, biasanya mekanik akan melakukan langkah awal dengan hard reset. Jika tidak sembuh juga berarti ada komponen yang perlu diganti. Soal itu tentu mekanik yang punya otoritas untuk memutuskan….

Last…. Ridwan Hanif akan membawa motornya ke dealer Yamaha untuk mendapatkan pengecekan siang ini. Buat teman-teman yang mungkin mengalami kendala serupa pada saat menerima all New NMax 155 jangan di otak-atik cak. Monggo kontak aja langsung ke dealer Yamaha pengirim motor dan mereka pasti akan dengan senang hati membantu. So… Yamaha all new NMax 155 mengalami engine checking saat baru diterima ? Memang nggak wajar dan segera kontak kedealer untuk pemeriksaan lebih lanjut…….(iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

296 COMMENTS

      • Kelasnya Ymh memang sept itu, Ringkih
        Tak lepas dari masalah
        Error disini Hangus disana
        Jebol disini bocor disana
        Konslet disini Remuk disana

      • Belum ntar yg nongol diversi Abs.
        Ngeri juga ya ,
        Makanya gua gak pernah bosan untuk mengHimbau ,agar Y membangun Ulang mesin 155 nya..kalau didaur Ulang dan tambah part ini itu ( mesin maupun kelistrikan serta el3ktronix) sama saja dengan menambah keSusahan hidup efbeye semakin didepan

      • 29.500 Jute belom keyles eh eror check engine, kena masalah pulak endroid eror 12 jiieeeehahahahahaha

        ternyata bukan sultan ridwanhanif aje yg kena, jjjjjieieeehahahahahaaaa

      • Itulah yang Gua bilang..part2 dan kualiti yang dipake Y itu adalah kelas 2 dan bahkan kelas 3 .
        Bisa2 nih , belum nongolnya yang versi Abs adalah karena Konslet semua , karena udah ketakutan duluan dengan kehadiran PCX FACELIFT bulan Depan.

        Beli motor baru ya dapetnya Barulah ,
        Masa belu motor baru Model jadul. Udah Jadul suka bermasalah..suka error..
        Tar udah dihandel d3aler sih Aman, sekian hari – minggu merembet penyakitnya kemana mana. Yang kek gitu bukan lagi tanggung jawab Pabrikan..silahkan cari bengkel sendiri.
        Sebenarnya, Y menciptakan 2 sampe 3 Fitur Recall dalam 1 produknya. Hanya saja , fitur Recall Resmi yang dipake cuma 1 , sisanya derita Efbey3k.
        Atau dengan Kata lain, dalam 1 produk Y ada 2 sampe 3 Masalah ,tapi yang ditanggung Pabrikan cuma 1.

    • Tenang ngga usah panik,dealer mau tangung jawab,pabrik juga mau tanggung jawab kalo perlu,jangan suka di tutup tutupin kek produk sebelah

      • Lan… Lan… Jungjunganmu Lan… Inget cung, kalian adalah kacung yang kalian bela adalah sebuah produk/merk buatan manusia gak bakal ada yg sempurna…
        Mau tanggung jawab atau tidak kalian gak usah sombong…
        Sing pantes Produk kebanggaan orang2 buosok… Sesuaikan sloganmu dengan kenyataan Lan…

      • Iya sih tgjwb, mslahnya kalau bolak balik gak beres juga kan rugi waktu biaya dan gak puas sma produk..nyesel pasti ada…situ terus2an begitu. Mending diem2 tahu2 beres dan dikasi ganti rugi.

      • sebulan pertama Motor eror check engine, bulan ke dua Endroid eror 12, bulan ketiga setelah itu Rikol mAsal !! jjjjjjjiiiieeehhhaaahahaha
        Harga mncekik batang Leher.
        Kualitas seadanya. FBY memang koplak

      • turut prihatin atas berjatuhannya korban engine check… kepada para korban gelombang pertama semoga diberi kejelasan dan ketabahan…
        amin…

      • Menjelang Pcx Facelift muncul kok malah kejadiannya Tragis gini . Itu baru dapet 1 masalah lowh..belum masalah berikutnya yang mengintai.
        Dan Mari kita sama2 menunggu MASALAH berikutnya.

      • Apa kabar garpukarat dengan brand bosok spesialis Error elektriknya… Spesialis rekal berjilid2…
        Semua produk gak ada yang sempurna cung.., tinggal kamuh terima saja produk ampasmu itu, toh produk yang lain juga demikian,
        Otak luh yang udah sempurna aja lu bikin bego dengan cara bela mati2an produk Jungjunganmu, apalagi ini adalah sebuah produk buatan tangan manusia…
        Sadar lads…

      • PCX vario gredek, ada SOLUSI nya, udah beres semua, lah iki spesialis rikol rikol jjjjjiiiieeeehhhaaaahahahaa fby emang koplak,

      • Ane make aerox baru km 6000 gredeknya udah bikin kesemutan bro. Apalagi kalau mau start jalan. Bodi depan getar semua (ane pemakai H dan Y)

    • Boy boy, apa boy bayaran nih?
      Lagi bahas newnamex malah bahas sebelah. Fokus woi fokus jangan duka mengaburkan fakta kalo motor baru indikator engine check udh nyala.

      Coba refresh pola pikirnya, revolusi mental woi!

      • Yuk ahhh diDaur Ulang lagi , Kanibal sana sini biar Part2 yang numpuk bisa kepake, hemat produksi.
        derita urusan belakang

      • 155 4 katup peapea Bermasalah sana sini , error sana sini .
        Gak heran jika larinya cuma 105-106 diGps.
        Tahun Depqn Y ngeluarin motor baru dengan nama RN series
        Setelah ada produk dg nama :
        R-eject series
        M-angkrak T-otal
        Ngorox series
        N-yontek Maximun
        Nanti ada
        Rombak Ngawur series

    • Ekekekek …….benar kan kata thailancung
      Nemex baru 1bulan dah minta RRRRREEEKALLLLL…..
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • kalau dulu saya pernah kasus di 206, error di injektor, tidak mati total sih, tapi kerjanya tidak sempurna sesuai standar dari ECU… makanya muncul kode engine fault di benerin/ganti injektornya beres

      • Bagi Fbh
        Ini berita Hiburan menjelah Pcx Facelift dan beberapa motor baru lainnya muncul.
        Bagi Fby
        Ini berita Penderitaan Pendahuluan, sebelum memasuki bab Penderitaan berikutnya.

    • Tetangga saya pakai picek shocknya miring dan mesin klotok klotok kaya mau ambroll mesin nya , solusi nya gimana cak ?

    • Tips membeli nih mongtor
      1 cek spedometer apkah ngembun
      2 cek soknya apakah bocorrrrr
      Klo masalah mesin tunggu informasi resmi pabrikan biasanya ada REKAL masal
      MuuuuUUUuuuuehehehe. . ……

      • Gak sampe ke mesin bro,hanya butuh ganti kiprok/karena kiprok nmax agak lemah arusnya,jadi arus lemah kiprok akan berpengaruh sampe ke fuel pump nya,makanya terbaca engine check oleh ECU

    • turut prihatin atas berjatuhannya korban engine check? kepada para korban gelombang pertama semoga diberi kejelasan dan ketabahan?
      amin?

  1. Wahhh sultan (ridwan hanif) tiap ada yg baru mesti beli ya,,
    Sayang sekali bermasalah motornya
    Peringatan keras utk pabrikan bila produk yg di beli sultan bermasalah ???

    • Jangan dulu 4 katup, 2 katup dengan tekhnologi yang berkembang akan tetap bisa jadi no 1.
      Kalau H udah menghadirkan 4 katup.. Y bisa vakum jualan selama 2 tahun, ntar bakal nongol tuh new engine 166 cc 6 katup PeaPea versi terbaru.
      ( Tekhnologi Bingung )

      • Alan lagi.. Alan lagi.. pasukan bela mati.. belain junjunganya mpek kaya gitu.. mo tanggung jawab kek.. yg namanya bli barang baru klo cacat ya tetep kecewa to lan.. lan.. otak pake dikit knapa..

      • Y konek disediakan buat jaga2, ntar tiap ada error ,bisa kontak dealer.
        Nanti kita bakal banyak liat rider2 new nemex yang nangkring dibawah pohon dipinggir jalan duduk sambil Nunduk .
        Sesekali mereka melepaskan Pandangan melihat Pcx dan motor2 H lainnya berseliweran diDepan tanpa beban.

      • Wkwkkw. Itu bisa nyimpulin cacat gredeg semua darimana? Ngomong tu pakai data cui. Masa dari 10 juta matic AHM, semua 10 jutanya gredeg.

        Cinta sama produk jgn bikin buta. Kecuali jd buzzer bayaran sih.

  2. Kasian.. Br mau jualan udah kena ginian, calon konsumen jd rada ragu.. Apalagi blog ini adalah trmasuk hits dan bnyk jd acuan biker beli motor….

    Efek ga ternak bloger sih, makanya jd langsung dijadiin artikel..ga pake exit permit lg…

    Yaa salah sendiri milih petinggi yg songong..serasa ga butuh orang lain… Kalo udah kaya gini, gigit tuh jari… Ekekekek

    • Bukan bro
      Ini adalah efek dari ga punya tempat pengujian internal yg private.
      Paling muk digawa nge gas nang dalan umum milik warga.
      Selap selip, dirasa cukup
      Lalu turunlah perintah mass prod.

      • Ini motor yang lahir karena Terpaksa , kehabisan Tenggat waktu dsb dengan berdalih ,disain ini masih disukai konsumen.
        Yang namanya ‘ New ‘ ya konsumen taunya New.
        Terpaksa? Kenapa emangnya? Salah 1 jawabannya adalah : kalau masih membutuhkan wakru beberapa bulan atau tahun lagi…maka Pcx Adv dan motor2 H lainnya akan semakin meRAJAlela . Khususnya Disaat Pcx Facelift muncul..apapun yg terbaru yang dihadirkan si Nemex akan jadi Basi. Jadinya ya cepet2 dikeluarin .

    • Ekekekek……..
      Baru di serang PCX/ADV 2klep udh panik sampai mongtor prematur di berojolin
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

      • Ya enggak donk kang,tgl bawa ke beres,suruh cek kiproknya,kan masih dalam masa garansi,kiprok di nmax itu memang rentan lemah,itu pengaruh ke suplay listrik ke berbagai macam komponen,termasuk ke fuel pump,kalo suplay ke fuel pum gak maksimal,maka pengkabutan juga kurang maksimal dan itu akan berhubungan dengan suplay bahan bakar ke enggine,nah dari situlah terbaca ole ecu sebagai engine check

    • Masa sih hrus ganti kiprok harusnya sebelum dirakit harus pilih part yg bgus, klo mnurut ente masalahnya di kiprok harusnya ya kenapa ga pilih supplier kiprok yg gak rentan lemah. Motor baru kok rentan lemah.
      Kalo ADV sih yg nyebelin velg belakang byk yg komplain oleng. Suppliernya payah. Tp Y jg sama sih .

      Intinya siapapun produsennya hrus bikin produk tuh bener2 teruji. Jgn asal rilis kek gini. Yg dirugikan siapa? Konsumen juga toh.

      Rugi duit mungkin enggak, karena masih ke cover garansi karena cacat produksi. Tp rugi waktu sama rugi emosi karena kecewa produk masih baru kok udh bikin waswas.

      • Masalah e tidak semua tehnisi Yamaha ngerti dan mau ngelakuin yang seperti perkiraan,malah ntar d kira goblokin mechanic

    • Lah gmn sih, beresnya aja bingung ??? ente udah bilang “cuma ganti kiprok”. Ente harusnya jd kepala mekanin yamaha pusat yg bego2 klo gitu ??

    • Kiprok itu tugas cm ngecas aki…klo kondisi sama2 baru harusnya kiprok.lemah tidak masalah. Kelistrikan disuplai oleh aki yg masih fresh….makanya mekanik bingung.

  3. Assalammu.alaikum cak
    Berbagi pengalaman aja,menyampung postingan sampean mengenai Engine Check new Nmax 155 nyala.

    Berdasarkan pengalaman,engine check nyala itu karena kiprok aja cak yang lemah,jadi jangan bongkar” yang lain,walau dibawa ke dieler resmipun terkadang mekaniknya kurang update.

    Atau saran aja nih kalo udah ada yang bawa ke dieler resmi pastikan si mekanik suruh ganti kiproknya dulu,karena di beberapa kasus,kiprok NMAX lemah.

    Ganti jamin langsung jos

    Semoga bermanfaat
    Wassalammu.alaikum

    • Efek Kanibal sana sini dari Part2 yang numpuk.
      Yang baru plastik casingnya saja ,dalemannya part2 usang hasil daur Ulang dan kawin silang.

    • Klo motor lama mungkin, artinya semasa masih baru ga bermasalah. Cz sesungguhnya kelistrikan disuplai dari aki. Aki tekor karena kiprok lemah itu pasti. Maka penyelesaiannya ya ganti kriprok. Lha ini motor baru, masih fresh, kelistrikan jelas disuplai oleh aki yg msh fresh…makanya mekaniknya jg binggung.

  4. Hayo para pens boi keluarkan kata2 buosokmu untuk menyerang produk lawan…
    Dan untuk pens boi lawan yang tersakiti belalah mati matian produk kebanggaan mu…
    Silahkan mumpung gratis lads…

  5. Gimana mas Iwan mau jawab lebih banyak??? Lah informasi motor nemex dari yemehe kaga dikasih tau. Informasi mas Iwan cuma berasal dari sumber lain. Makanya blogger tuh berguna buat masukkan, jangan pandang sebelah mata. Buat yang punya nemex baru, nikmatin aja…
    Namanya juga produk massal, semua merk juga bgtu, jangan produk H,S dll klo lagi masalah fbeye koar koar. Intinya Jangan buta merk.

  6. Glk bondo mok rewangi adu2 mesak no urip mu koyo ngono bondo go ngopeni anak bojo inget urip cuma sepisan elingo besok tuo mu

    • Yg gk seneng pastinya fby koplak dan sales2 Y
      Disinyalir DPnya pd di cabut dan melipir ke WAHANA borong ngembeat
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Memilih untuk hidup yang Terbaik adalah memilih yang Pasti2 saja.rumah makan yang selalu Rame..makanannya pasti enak.
      Rumah makan yang selalu sepi , makanannya bikin eneg.
      Dealer H Rame terus bro.

      • Enginer AHM banyak inovasi bang kaya idling stop, Starter senyap, dll.., Brand Y cuma ngikut doang ganti nama, saya pake nmex juga gredeg tp gak masalah yg penting buat jalan masih enak, soal halus mesin sori to say, halus produk H jauh

      • dijalan raya rame produk H bro dibanding Y , jadi kebanyakn konsumen milih gredeg nya H dari pada GREDEG Y JJJJJJJJJiiieeeehahahahah

    • Kehalusan mesin ? H jagoannya.
      Sampe metik 300 cc nya pun Senyap.

      Cirikhas ngorok? Metik Y jagonya dan itupun udah jadi Paten, tak heran.. dari metik 113 cc hingga 300 cc nya punya suara yang sama.

    • Jangan lupa bro, sambil menunggu Pcx Facelift.
      Gunakan Tabungan untuk barang yang Tepat.
      -Nmex , motor New serasa Facelift.
      -Pcx FL , motor Facelift serasa motor Baru.
      Mau tampil beda ? Adv motornya

  7. Ya kalau mau direcal min. 1bln or 3bln pemakaian…
    Lah ini baru turun dari Towing…
    Kunci stater di ON in… Udah error…
    Hadeeeuuhhh… Somplak…

      • Satu unit otak luh Somplak, liat produk matic lainnya…
        Nunggu kode 12 muncul ntar malem ya… Biar tuh angka keluar trus lu dapet duit… Hhhh kaya togel aja… Yakampret ya kampret nernak pena boiy akut guoblog kaya gini pantesan jas jes jos doang bisanya…

    • Mendingan pcx deh.. Alhamdulillah 6bulan pemakaian ga gredek & lnacar” aja.. pemakaian cuma ke pasar & stasiun terdekat aja..

  8. All New Nmax masih percobaan, wajar banyak problem masalah kelistrikan dan ecu, kalau mau aman dan nyaman beli rivalnya aja PCX atau ADV yg sudah melalui berbagai uji coba dan riset

      • percuma dari thn lalu riset lalu lalang di pantura eh begini hasilnya jiiiieeeehahahahahahahaha
        rikol masal ,
        mesin daur ulang,
        kanibal mesin jieeeehahahahaha
        belom endroid EROR 12 JIEEEHAHAHA

  9. Mari kawan? segenap pasukan Sunda Empire kita berkampanye, karena bahannya udah ada dan udah disediakan oleh pemilik warung. Salam. .

  10. Enak adv. Minus cuma jok keras. Tinggal di modif langsung empuk lagi. Gak mikirin mesin sama kelistrikan.
    Awokawokawokawok

    • Wahaha ,sependapat bro..
      Adv emang Yahut, tampil beda..Fenomenal ,nguaciiiirrr buanterrrr , irit .
      seiring masanya..jok lama2 juga empuk ,disaat jok Adv empuk..maka jok motor lain diSebelah udah ganti baru bro . Karena itulah H memberikan busa yang agak keras..agar masa pemakaian bisa panjang. Toh dijalanan mulus nyaman2 saja .
      Namun 1 yang gak bisa didapatkan dari motor2 lain dri Pabrikan Sebelah : keGantengan Adv memang tiada Duanya.

  11. Buat motor kok coba coba.
    Meski konon cuman/sekedar kiprok
    ( rectifier/regulator)
    Cacat bawaan Ya Cacat aja.
    Electrical Engineer ngapain aja ngedesain klistrikan kok pake ditoleransi
    Quality control ngapain aja? Manggut2 doang?

    Bayangin seorang suami atau istri fby mo beliin motor ini buat org trsayang.
    Landed sore hari turun pick up malem nya kegirangan nerima surprise, pagi mau pake jalan kliling komplek trus ada engine check.
    Yo sales yo dealer yo brand Yamaha dipisuhi kabeh.
    Model Ngene kok isih ae cangkem elek ngomongke merk liyane.

    • Udah dikasih Solusi olek LekIwan ditread terdahulu..berhubung Part2 Y tsb part2 jadul yang numpuk dan ekspired , maka pakelah Kiprok H hahahaha

  12. Makanya dari pada itu belilah motor Honda yang sempurna dan tiada tara, bagaimanapun Honda selalu lebih unggul. Ingat All New BeAT 110cc rasa 155cc Peapea. ?

  13. Yg lucu motor baru diturunin engine check nyala,terus dibawa balik lagi..ckckckck..memang gak ada petugas Pre Delevery atau memang gak di cek per Delevery???

    • Bedalah Pelayanannya dibanding H.
      Waktu Adv gua turun mobil pickup , motor dinyalakan dan mekaniknya menerangkan semua hingga detail sembari melihat/ cek semua Fungsi.
      Keyakinan penuh sudah menyelimuti Sanubari bahwa apa yang gua terima adalah yang Terbaik..hingga sekarang , setelah melewati servis ke 2.. motor masih Anteng enak dan gak bikin Pikiran dan Hidup Susah . Gak heran si Adv larisss Manisss juga di Philipine

  14. Aku juga ngalamin di yamaha freego. Lalu kebawah ke showroom dan diprogram ulang. Setelah itu beres dan sampai sekarang tidak bermasalah lagi.

    • Bersukur juga dengan kondisi amannya ente sekarang yg gak bermasalah bro, sayang..si Freego cepet tenggelam dan yang banyak berkeliaran yang gak banyak a i u e o.
      Siapakah dia?
      Dialah si Genio, diem silent tapi dah kek Laler dijalanan.

      • BENER LE genio diem diem , kek laler di jalan , udah salip Genio eh depannya beat, salip Beat eh depannya Genio trus skupi, lah namex cuma sebiji ae lewat

  15. Yaa sudah liat sisi baiknya aja. karena baru turun dari dealer jadi ngga bisa ngeles sebagai “kesalahan konsumen” jd seharusnya lebih mudah buat komplain..!
    Mungkin ada batch tertentu yang kiproknya erorr

  16. Kalo ane sendiri gak mau debat masalah brand ya cak,ane sendiri punya motor dari Y,H & S semuanya ada kekurangannya masing”
    Yang mau kelahi,kelahi dah,yang kelahi ane yakin cuma sales dan fb” masing” produk.

    Motor apapun asal ane cinta mah cinta aja,gak perlu banyak koar” yang penting punya motornya????

  17. Yg review Sultan dan trouble… dijamin Yamaha akan Full Team yg menangani dan ga berani main Meterai wk wk wk
    Dan ga bisa diem2 diem silent rikoll
    Sekelas gurem juki aja gentle walau pakr bahasa Quality Update demi keselamatan pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here