iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….asli, membaca dan melihat polah tingkah para fansboy memang bikin ngakak. Cakar-cakaran…saling menjatuhkan serta debat sampai botak sariawan terus dilakukan di setiap artikel yang IWB brojolin. Yang paling mencolok adalah aksi saling tuding bahwa pabrikan Rival hanyalah follower alias mengekor dari yang sudah dilakukan oleh pabrikan pujannya. Padahal kalau sampeyan perhatikan secara teliti sebenarnya dua-duanya sama-sama follower. Cuma gantian aja cak. Jadi sebagai sesama follower sudah seharusnya tidak saling memaki. Lhooo maksudee piyeee ?

Di awal Era 2000-an Yamaha adalah pabrikan Jepang yang begitu getol memperkenalkan skutik. IWB garis bawahi pabrikan Jepang, sebab kalau boleh mengupas lebih dalam sebenarnya first mover di segmen skutik tanah air adalah pabrikan Taiwan. Pabrikan garputala Jatuh Bangun berusaha memasarkan skutik di saat market belum terbentuk. Mereka memperkenalkan Yamaha Majesty yang didatangkan secara import. Harga yang cukup mahal karena CBU membuat penetrasi majesty sangat sulit di pasar. Tapi mereka tidak patah semangat…

Yamaha akhirnya memperkenalkan skutik yang lebih kecil dengan label Nouvo. Namun karena desain yang terlalu bongsor membuat Nouvo tidak terlalu booming walaupun pasar menyambut dengan hangat. Kemudian pabrikan garputala menelurkan skutik yang lebih compact berukuran kecil… ditawarkan untuk kaum wanita.Β  Mengandalkan iklan Tessa Kaunang lewat kombinasi para aktor jenaka, skutik kompak berlabel Mio ini pun meledak. Penjualan menguasai tanah air dan pelan namun pasti berhasil menggerogoti market bebek yang saat itu dominan dikuasai Honda…

iklan iwb

Kondisi tersebut membuat raksasa otomotif roda dua Honda gerah. Astra Honda Motor melihat potensi yang cukup besar dan akhirnya mereka meluncurkan skutik penantang Mio pertama kali dengan label Vario. Namun motor mereka belum diterima dengan baik oleh pasar karena desain yang cukup bongsor serta image skutik yang lebih kuat dari Yamaha pada saat itu. Bahkan Honda Beat generasi pertama yang meluncur tidak kalah anyep. Pasar belum merespon hingga akhirnya Honda terus menyempurnakan desain serta fitur dan hal ini lambat direspon Yamaha….

Kelebihan Honda Beat yang responsif, irit serta iklan yang cukup masif mulai membuat konsumen kepincut. Alhasil penjualan Mio keteteran. Saat itu Honda menawarkan mesin skutik 4Tak yang irit serta responsif. Klaim ini bukanΒ  omong kosong dan terus terkenal dari mulut ke mulut. Fakta ini tidak berlebihan karena dari beberapa pengetesan saat itu…mesin karburator Honda Beat ternyata cenderung lebih irit dibandingkan Mio. Gas buka dikit juga ngacir beda karakter dengan rival. Yamaha baru bereaksi meluncurkan generasi injeksi yang diberi label Mio J….

Namun sayang semua sudah terlambat karena perkembangan Honda Beat sudah sangat pesat. Cap mesin Mio yang kurang responsif serta cenderung boros sudah kadung menancap dibenak biker walaupun Yamaha sudah memperbaiki pada generasi Mio J yang menurut IWB beda signifikan dari versi karbu. Lebih irit, responsif dan efisien. Karena terlalu berat berjibaku melawan Honda dikelas entry level, akhirnya Yamaha menghindar dengan membuka market yang masih belum digarap serius Honda yakni maxi skuter..

AHM sukses tapi banyak yang mengatakan Honda adalah follower disegmen skutik. Yamaha yang membentuk market dan Honda yang menikmati setelahnya. Dan faktanya memang demikian. Celakanya AHM terus melakukan improvisasi pada seluruh produk maticnya dengan fitur terkini. Sebut saja idling stop system (ISS), ACG starter ( membuat starter lebih senyap), DC outlet, helm in, side stand switch, PBL dan masih banyak lagi lainnya. Dilalah hampir 5 tahun lamanya AHM sudah menggunakan fitur tersebut pada mayoritas skutiknya…Yamaha baru melakukan langkah serupa beberapa tahun setelahnya lewat fitur serupa namun beda nama paten seperti SMG dan SSS dll. Dari sini bisa kita lihat, Yamaha gantian menjadi follower rival…

Jika kita mengamati flow keduanya…sebenarnya pabrikan kadang menjadi 1st mover…namun juga tidak jarang juga sebagai follower. Perbedaannya jika Honda lebih sebagai follower market yang sudah dibentuk oleh Yamaha, maka Yamaha lebih cenderung sebagai followers fitur yang banyak dimiliki Honda. Inovasi yang ternyata disukai market. Walaupun Tentu saja tidak semua, seperti Scoopy contohnya. AHM sukses memasarkan retro matic Scoopy yang membuat Yamaha tergiur lewat peluncuran Fino setelahnya. Sayang Yamaha Fino tidak sesukses Rivalnya…

Last…. dengan penjabaran di atas tidak bisa kita pungkiri bahwa AHM lebih banyak menjadi follower Yamaha soal membuka market. Kendati tidak semua benar sebab jika kita gali lebih dalam bahkan Maxi scooter pun sebenarnya Hondalah 1st mover lewat PCX125 ditanah air. Tapi karena terlalu santai dan ngak sadar potensinya, akhirnya Yamaha sukses Mendulang pundi-pundi lewat pengelolaan serius dengan kehadiran nmax yang diproduksi secara lokal. Sementara soal fitur jika kita kalkulasi secara detil Hondalah Pioneer yang sering memberikan inspirasi kepada Rival untuk membuat hal serupa. Artinya apa? Hilangkan debat dan menuding sebagai follower sebab sejatinya sampeyan ki sami mawon…seduluran sama-sama follower…ngono koq gelem lambe sampeyan dower saling klaim, jebule sak perguruan…isin cakkkk. Wis kono ngopi cangkrukan bareng kono, damai itu indah cak…iyo oraaaa. Sama-sama dari padepokan follower aja koq gegeran waeeee :mrgreen: …..(iwb)

 

 

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

136 COMMENTS

      • Ada yang gak bisa di follow oleh Ymh…yaitu menguasai Market.
        Ymh hanya cukup dikasih porsi Nasi Aking.
        Total Penjualan Ymh , hanya lebih banyak sedikit dari Total penjualan 1 mesin dari produk Hnd yaitu Beat.

      • Yg bikin motor duluan siapa ya?
        Yg bikin motor bebek duluan siapa ya?
        Yg bikin motor 4 tak duluan siapa ya?

      • Ymh itu bagaikan tikus yang jadi mainan hnd sebagai kucing.
        Sentil d sini ,menghindar k sana.
        ditampol disana ,lari ke sini. Digebuk disini, lari lintang pukang k sana , selalu babak belur.
        Nyaris 15 tahun terakhir adalah masa , dimana hnd menancapkan Cakar2nya dimuka lawan.

    • Saya tambahkan lagi cak, dulu bebek legendaris jupiter z di copy modelnya jd blade, lalu vixion di copy jadi cb150, saat itu memang perbandingan market Y sangat tipis dengan H dan mulailah jurus ngekor dan ngopy digalakan oleh ngonda πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, mengikuti trend desain Yamaha , karna tidak ada jalan lain lagi selain ngekor

      • Dijepang, eropa, amerika dan australia juga sama… Yamaha adalah trend setter bagi pabrikan jepang lain… Desain dan teknologinya selalu ditiru, sperti halnya Iphone yg memang adalah trend setter bagi hp merk china sperti xiaomi, oppo dsb.

      • Jangan lupa juga disain fiksion juga ngopy dari motor2 honda, tanya mbah2 disini yang jeli ngelihat disain
        Contoh body belakang new fiksion bandingin sama body CB 1000, cuma diedit dikit doang masbro, jadi jangan sombong ya πŸ™‚

    • Yamaha selalu bisa ngikuti kasih fitur dan Part sept yang dimiliki Honda , tapi beda kelas..yang diberikan yamaha itu Grade C .

    • Honda mengikuti yamaha untuk memberikan tekanan dan serangan .

      Yamaha mengikuti Honda untuk lepas dari tekanan dan serangan

      Betul…Sama2 follower ,hanya beda Nasib.
      Honda penguasa dan menjadi Sultan.
      Sedangkan yamaha menjadi cecunguk korban berkepanjangan

    • Seperti penegasan Awal semua nya adalah JEPANG.
      Dan kembali cakar cakaran sesama Fans Boy.

      Ngak malu dijajah Jepun? Cakar2an karna brand Luar?

      ISIN kata mas IWB

      • Sesama brand Japan
        Honda indo jualan , dengan 80 persen keuntungan masuk tabungan sendiri.
        Yamaha indo Produksi dan jual dengan hasil laba tipis penjualan Setor semua ke japan . Disini fbyek kerja Rodi lembur rodi.

    • Nek harus menguasai pasar yo masih jauh toh blok go blok, ymh cuman punya 2 pabrik lha hnd punya 5 pabrik, dari sini sudah terlihat kapasitas mereka, yg bisa dilakukan ymh hanya munguasai pasar di beberapa segmen yg menurutnya lebih menguntungkan, imho

      • Ymh itu adalah ‘ pekerja ‘ dari kerajaan Honda .
        Ymh akan diminta melakukan berbagai hal agar nanti Honda tinggal menggelar Karpet merah nya dan melakukan banyak Pesta dari banyak’ Keuntungan ‘.

    • DOHC mana DOHC?
      🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    • geli saya,
      mbok berterimakasih sama yamaha,
      minimalnya bersyukur ada yamaha
      coba klo gda mio, emang baklan ada beat ? palingan dijejelin terus sama motor bebek
      klo gda vixion, emang bakal muncul cbr ? palingan juga dipaksa nelen megapro yang over jadul itu
      klo gda mx-king, supra 150 bakalan muncul ?
      klo gda nmax, emang bakalan diberi pcx lokal versi murahan ? palingan juga masih ngimpi beli pcx cbu harga 42jt
      cbr250 jomblo apakabar ? knapa itu…
      tutup tanki njendol
      … dan lain-lain
      gara-gara maniak merk, teknologi jadi pending 10tahun

  1. Percuma cak…
    Sales ngebeha luan….bikin gaduh…

    Lagi gk bahas motor saje mereka, jatuhin Yamama…
    Yaa uda maklum sihhh… Mungkin dia gitu supaya bisa mamam di rumah x..makannye nyinyir

  2. inyong alias saya malahh senengg lekkk wann ,warunge rika go pertemuan cakaran hahaha , ibarat lapangan lekk warunge rika ddi ramee ora sepii ora anyebb , gerr inyong go hiburan baen sing pentg update an e artikel e kuwi sing penting ddi ora ketinggalan berita motor anyar dll..

  3. Pertengkaran fansboy itu dibutuhkan yg kadang memang dipancing utk menunjukkan betapa pasar sangat bergairah dan menguntungkan bagi produsen.

  4. Arep motor apa baen sing penting sesuaikan fungsine keseharian ,sing mendukung keseharian,
    Tur puwenak go keseharian ora usah banter banter pingin banter daftar dadi sembalap !

    • Jangan ngajak gelut dong pak,

      mari kita bergotong royong aja merapikan sendal swallow yg berserakan di pelataran masjid kampung kita masing2

  5. Emang bener ya yamaha dan suzuki mulai mbrojolin 4 tak di Indonesia karena aturan pemerintah? Undang2nya yang mana ya? Perasaan dulu masih jalan bareng awal muncul crypton masih ada keluarga force one, dan keluarga rx, trus juga zigma yg gagal total. Trus suzuki juga setelah muncul shogun masih ada keluarga rc/tornado bahkan satria 2 tak. Malah jelas kawasaki aja masih bikin ninja 2 tak. Menurut saya ya karena pangsa pasar yg potensial memang 4tak semakin digemari untuk mobilitas sehari2, bukan karena aturan pemerintah. Mungkin ada larangan kendaraan 2 tak masuk kota, itu juga kayaknya cuma kota tertentu dan aturannya juga gak kedengeran kalau jalan.

  6. Ngga penting yg gituan mah…sy konsumen pengin mesin awet,halus,tidak berisik,irit..jok lebar,stang rada tinggi …kuat tanjakan

  7. Scorpio jiplakan Tiger
    Fino jiplakan Scoopy
    Nmax jiplakan pcx125
    SMG jiplakan ACG
    Sss jiplakan iss
    4tak ngekor honda
    Injeksi ngekor honda
    Dan masih banyak lagi yang lainnya

    • betul pak,

      mau lari lewat kanan atau kiri yg penting pake sendal swallow milik sendiri ya pak,

      jangan ngembat sendal tetangga

    • Ngopi sana ngopi… Saya ajah yang make Honda dan Yamaha gak pernah ribut …. Punya karakter sendiri ..tinggal milih mau irit ya Honda …mau mesin bertenaga ya beli Yamaha..gitu ajah repot

  8. Setuju ama bapak Lek pemblogger ini,

    sesama user sendal swallow gak usah saling mencaci maki…

    lebih baik saling berbagi,
    berbagi sampluk’an sendal jepit pak

  9. Jajalen delok yen podo turing, cb/cbr, vixion/r15, gsx podo bareng2 turing, siji njungkel liyane podo nulungi, ora podo ceker2an. Kui asline ngono. Nag kene rame, kui lak wujud perbedaan kui sik gawe rame.. Rame warungmu lek wkwkwkwk

  10. Sudah sewajarnya yamaha selalu mencari blue ocean, membuka pasar baru untuk bertahan.

    Dan sudah sewajarnya honda akan masuk dan mengusik pasar baru yamaha jika secara kalkulasi pasar tersebut akan memberikan keuntungan honda.

    Jika kita tidak bisa membuat produk yang lebih unggul dari kompetitor, maka kit harus buat yang beda/belum pernah ada.

  11. Gampang cak klo mau tau siapa pioneer siapa follower sebenarnya, cari aja siapa yg paling duluan bikin pabrik sepeda motor dan siapa yg bikin setelahnya.

  12. Trus salahnya dimana kalo satu produk itu bisa laku keras dipasaran???mau first mover atau follower kalo bisa diterima baik dan booming,brrti pembeli dah siap nerima produk itu sendiri.pemikiran pembeli itu kan karena 3hal..,hal yg bisa dilihat (desain) sama dirasain(fitur dsb) juga opini(penilaian publik),akhirnya memutuskan utk membeli.Kuasain 3hal itu,,kalo gak,,ya siap2 aja dagangan adem,atau biasa2 ajah.IMHO

  13. Sebenarnya para fansboy itu awalnya tidak ada.ini semua ulah buzzer pabrikan yang emang di bentuk untuk menjatuhkan rival. Dengan trend media sosial yang terus berkembang maka pelan tapi pasti para fans boy mulai bermunculan yang awalnya cuma komentar biasa lama kelamaan mulai ikutan.
    Dari sini sebenarnya bisa disimpulkan ini salah satu strategi marketing pabrikan.
    Masih mau jadi relawan gratisan, OH NO..

  14. Jd ingat slogan yamaha waktu lg angkuh-angkuhnya “Yamaha semakin didepan yg lain semakin ketinggalan” pake baju sobek2 lg si komeng saking kencengnya tu motor πŸ€”

    • dan dari situlah istilah “nyinyir” mulai muncul…
      Inget juga kan iklan nyinyir irit bbm yang cuma beda sesendok doang? πŸ˜‚

      Sebelum era itu, iklan speda motor itu adem ayem. Gak ada kesan menyindir dan menjatuhkan. Coba cari di youtube iklan Honda kharisma x.

      Tapi emang masa itu yamaha berhasil mengusik dan sempat berjaya dengan produkΒ²nya

  15. Cak, dengan sedikit kecewa, akhirnya ane komen jg setelah bertaun2 jd silent reader,,, cak, ga usah capek2 buat artikel yang “mendidik” fansboy seperti ini… Sia2, mendingan buat artikel yg mengupas fitur baru, kenapa fitur itu ada, kenapa bisa ada berbagai macam tipe motor dll… Biarkan fansboy merk berjibaku sendiri,,, pasar blog anda itu fans dr teknologi, fans dr kendaraan kemudi stang… Mohon lebih pikirkan selera mereka drpd mendidik fansboy…

  16. dengan dihapusnya komentarku soal duluan yamaha majesty 125 dibanding pcx 125, semakin menunjukkan bahwa pemilik warungnya memang berfollower ama *hm

  17. pcx 125 dijual di indonesia mulai tahun 2010
    yamaha majesty dijual diindoesia tahun 2002.

    1st movernya pcx 🀣🀣🀣🀣🀣

  18. Kalau boleh tau berapa sih gaji para Sales Sales motor ini? Udah gaji gak seberapa, hobinya menghina dan fitnah.. oalah. Tobat kelen!!

  19. Percuma cak IWB ngasih penjelasan artikel yang isinya berimbang,, isi komentarnya jg malah semakin menjadi, saling mengklaim pabrikan favoritnya yg jd 1st mover.. selama provokatornya g disentil langsung cak.. claim bakal ttp ada..

  20. Cak Iwan, panjenengan kan buat artikel lebih ditujukan buat informasi kepada pembaca.
    Nah saran saya sih karena pembaca yang akhirnya berkomentar di blog panjenengan masih belum dewasa, meski tidak semuanya, alangkah baiknya panjenengan tutup saja kolom komentar.
    Dengan begitu otomatis apa yang panjenengan harapkan untuk tidak saling mencaci akan tercapai. Jika ada pembaca yang ingin menyampaikan pendapat, saran, kritik, atau hal lainnya bisa langsung japri panjenengan.
    Ingat lho Cak, mungkin bukan panjenengan yang mencaci maki, tapi kalau orang lain melakukan hal itu karena terfasilitasi oleh panjenengan dan tidak dilakukan upaya untuk menghentikan, wallahu’alam mungkin panjenengan juga akan dimintai pertanggungjawaban kelak di kemudian hari.
    Salam Damai Indonesia

  21. Teteeepppp wae cakar2an….
    Hadeeeehhh…..

    Btw yg punya warung pernah muda juga ternyata. Lanjutkan om IWB. josgendhis, eh gandhos 🀣🀣🀣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here