iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…… siapa menyangka Kawasaki diam-diam sudah bergerak untuk persiapan produk andalannya Kawasaki ZX25R. Dan sampeyan pasti bingung…..bagaimana mungkin Kawasaki memproduksi Ninja ZX25R disaat prediksi awal mengatakan bahwa segera produksi mesin 4 silinder ini akan dilakukan di Thailand? Nahhh….iki akan menarik untuk kita bahas. Gazzz cakkkk….

Di artikel sebelumnya IWB sudah diberikan prediksi secara gamblang status produksi mesin 4 silinder Kawasaki All New Ninja ZX25R. Motor yang berhasil menggebrak dan mencengangkan dunia ini kemungkinan besar akan diproduksi secara massal tidak di tanah air. Seperti masa lalu kemungkinan besar Kawasaki Ninja ZX25R akan diproduksi di Thailand. Yup…. untuk kawasan Asia semua akan dipusatkan di sana. Status ini sama dengan Ninja 250 FI yang hingga detik sekarang tetap diproduksi di Thailand…

Yup…. khusus untuk Ninja 250 FI, motor ini memang masih tetap diproduksi di Thailand kecuali untuk Ninja 250 SL serta KLX series, baru digarap full di Indonesia. Terus bagaimana IWB bisa tahu bahwa produksi mesin 4 silinder terbaru Kawasaki Ninja ZX25R sudah dimulai. Apakah penerawangan ini datang dari Thailand atau tanah air? Jawabannya jelas dari tanah air sebab tidak mungkin IWB bisa memantau pergerakan di Thailand. Dan dari sinilah IWB juga semakin yakin bahwa kemungkinan besar Kawasaki Ninja ZX 25R akan dipasarkan secara CKD. Kenapa?

Sesuai judul IWB berhasil mergokin pergerakan Kawasaki yang ternyata juga menggandeng vendor lokal. Mereka di daulat untuk memproduksi salah satu komponen yang cukup vital yaitu ujung silencer knalpot dari Kawasaki ZX25R. Yup…. sejauh ini memang hanya komponen tersebut yang berhasil IWB temukan diproduksi di Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa komponen lain yang belum termonitor dan juga akan menjadi komponen pengganti Kawasaki ZX25R hingga bisa dikatakan sebagai produk CKD….

Sebagai informasi CKD sendiri adalah singkatan dari complete knock down. Artinya motor didatangkan atau di impor secara terurai yang kemudian dirakit ulang di tanah air. Disebut terurai sebab pabrikan mengimpor motor secara terpisah-pisah dalam satu box tidak langsung dalam bentuk jadi. Contohnya frame, roda, mesin dan stang pada kondisi lepas. Kemudian setelah Motor tiba di tanah air dirakit ulang. Dengan CKD pabrikan memiliki fleksibilitas untuk melengkapi atau mengganti beberapa komponen dengan komponen lokal. Bisa lampu sein….kampas rem, knalpot dll….

Produk CKD biasanya juga lebih murah soal pajak dibandingkan dengan CBU (completly built up). Sebab motor yang diimpor secara CBU atau utuh mendapatkan beban pajak yang cukup tinggi. Oleh karena itu jika benar terawangan IWB sepertinya Kawasaki berusaha keras ingin bandrol Kawasaki Ninja ZX25R nanti tidak melambung tinggi. Tujuannya jelas agar penetrasi produk lebih dalam dan lebih luas karena pricing yang semakin rendah. Tidak heran saat pertama kali kita bahas isu Kawasaki ZX25R bisa tembus 150 jutaan, kini bergeser dan rumornya Kawasaki sedang mengusahakan motor 4 silinder ini dipasang di angka 95 jutaan terendah. Semoga saja prediksi ini akurat…

Last…. dengan penjabaran di atas IWB bisa pastikan produksi Kawasaki Ninja ZX 25r masih akan tetap berpusat di Thailand. Baik produksi mesin rangka ataupun komponen lain semuanya akan dilakukan di Negeri gajah putih. Sementara status untuk produk yang di Indonesia nanti kemungkinan besar adalah CKD dari Thailand. Kira-kira ngono cak. New Ninja ZX25R? Wiss bergerak cak vendor lokal…..juozzz tenan ! (Iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

32 COMMENTS

      • dari dulu udah ada yg punya duluan 250 cc 4 silitder jjjjiiiieeehhaaahahaha,
        asal ngekor tapi rekol atau ga laku , wes pasti mbit waeeee jjjjiiiieeeehhhaahahah

  1. Dari ribuan part.

    Indonesia cuma dapet bikin ujung silencer.

    Antara berita bahagia atau ngenes.

    Ya sudahlah. Yang penting segera launching dan keluar harga motornya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here