iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..Menutup tahun 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meningkatkan kontribusinya pada kinerja ekspor sepeda motor nasional menjadi 37% dari hanya 29% pada tahun 2018. Peningkatan ini setelah perusahaan berhasil membukukan pertumbuhan ekspor motor dalam kondisi utuh (CBU/Completely Built Up) sebesar 66,1% pada periode Januari-Desember 2019…..

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) sepanjang dua belas bulan tahun 2019, pabrikan sepeda motor anggota AISI berhasil mengekspor sepeda motor CBU sebanyak 810.433 unit atau tumbuh 29% dibandingkan total ekspor tahun sebelumnya. Volume ekspor CBU sepeda motor Honda sepanjang Januari-Desember 2019 tercatat sebanyak 301.935 atau 37% dari total ekspor motor CBU sepanjang tahun lalu.

Dilihat dari model yang diekspor, AHM lebih banyak mengirimkan model skutik ke pasar luar negeri. Tercatat sebanyak 282.008 unit skutik Honda dieskpor pada tahun lalu dengan kontribusi dari model Honda Vario dan Honda BeAT. AHM bahkan juga berhasil mengekspor skutik yang baru diluncurkan tahun lalu dan yang kini mulai diminati pecinta motor negara lain, yaitu Honda Genio dan Honda ADV150.

Sementara itu, dari jenis model motor sport, AHM berhasil mengekspor 14.166 unit sepanjang tahun lalu. Penyumbang terbanyak yaitu Honda CRF150L dan Honda CBR150R. Di segmen motor bebek, AHM berhasil memasarkan 5.761 unit ke luar negeri yang berasal dari model Honda Supra GTR150 sebagai penyumbang kontribusi terbesar, diikuti ekspor Honda Sonic.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan perusahaan memiliki komitmen besar untuk terus meningkatkan kontribusi ekspornya dengan berusaha memperluas negara tujuan dan memperbanyak volume ekspor serta ragam model sepeda motor yang diekspor. Selain melakukan ekspor secara CBU, AHM juga melakukan pengiriman sepeda motor secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) yang tahun lalu tercatat sebanyak 322.340 set, meningkat signifikan 45% dibandingkan tahun 2018 yang hanya 220.360 set. AHM tahun lalu juga berhasil menambah negara tujuan pengiriman ekspor untuk unit CKD yaitu ke negara Brazil. Negara tujuan ekspor sepeda motor yang diproduksi AHM secara utuh dan terurai antara lain Filipina, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

“Lonjakan pertumbuhan ekspor tahun 2019 ini tidak dapat dipisahkan dari daya saing produk anak bangsa yang memiliki kualitas berstandar global di pasar luar negeri. Kami ingin peningkatan ekspor tahun 2019 ini akan berlanjut tahun ini baik dari sisi volume atau pun berusaha terus meningkatkan ,” ujar Kurniawati…..(AHM PR)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

52 COMMENTS

      • Belum minat beli matic palagi 125cc kebawah ,H dan Y terbukti kartel.
        Kwalitas yg di eksport dg yg dijual diindonesia sama tidak?

      • Data ekspor kok boleh diumbar ya?

        AISI knp ga boleh ya?

        Apa karena Yamaha masih menang?

        Yakin deh, klo entar Yamaha kalah ga boleh lagi umbar data ekspor

        Mirip AISI sekarang gara2 Yamaha penjualannya menurun terus data AISI ga boleh dipublish

      • Kalau urusan jualan, honda no 1. Mau jual lokal jual ekspor ,duit masuk tabungan sendiri .. rekening bengkak makin membengkak.
        Kalau sebelah mau jual lokal atau ekspor..hasil ‘ ALAKADARNYA ‘ setor ke juragan jepun pusat. Disini mereka Kerja Rodi sampe Lembur .

      • Ada yg jualan cari Untung.
        Ada yg jualan sekedar balik modal.

        Ada yang jualan dapat untung masuk tabungan sendiri.

        Ada yang jualan dari kerja keras kerja rodi ,dan hasil jualan seyor ke japan pusat.

    • Buatan Indonesia,tapi bukan milik orang Indonesia,, orang Indonesia hanya jadi kacung,, menyedihkan,,bosnya ya Jepang sama Cina

      • itu kalo yimm cung. indonesia cuma buat titip bikin, tapi kebijakan gak bisa ikut campur. beda sama ahm cung. saham 50:50 bisa bikin indonesia ikut mengatur kebijakan perusahaan.
        lagian hari gini merek sudah bukan representasi keuntungan suatu bangsa atau negara. orang eropa juga gak alergi sama honda eropa, karena walau mereknya jepang tapi mereka juga dapet untung.
        mental gini nih yang cekak, bikin sendiri gak mampu tapi gengsi kalo kerjasama sama orang asing, ujung2nya cuma bisa ngomong “jadi kacung”. oalah cuuuung kacung

      • Khusus untuk Pcx ..bulan nobember dan desember penjualannya naik Signifikan !! .

        Hampir 5 juta unit penjualan H
        75 koma sekian persen MS
        Penjualan Beat masih tertinggi di angka 1 jta 3 ratusan unit.

        Lirik sebelah ..penjualan Total ymh hanya lebih sedikit dari total beat.
        Eeediiiiiaaaannn…..

        Ni semua pada jualan atau cuman cari balik modal sih?

    • Diatas ada efbenyek nanyain data AISI..
      Kasih tuh cak iwan…
      Biar dia tau siapa selama ini yg minta data AISI itu dikekepin..
      Emanglah efbenyek hanya modal bacot dan ngotot..
      Hahahaaaa

    • Sebelah banyak ekspor, tapi juga banyak yg dikapalin lagi balik k indo . Barang 2 itu lah yg dg susah payah dijual disini..akhirnya , karena animo konsumen yang tak menggairahkan terhadap produknya..jalan lain adalah dg sebagian diDaur Ulang dan di kasih emblem New.

  1. Pancen apik saiki modele honda cak. Mbiyen jaman jupe burhan, mx lawas sama nvl, saya penggemar yamaha. Sekarang hijrah ke honda dan susi cak. Jujur ae ya, modele Y saiki rada kurang sreg. Ni bukan fans boy lho ya, tapi real konsumen yg pengen dpt best value pabrikan

  2. Jadi inget kisah tetangga saya,

    kumpulan sendal swallow di halaman rumah melejit berhamburan, gara2 ada motor Viar gerobak melaju kencang lewat depan rumah…

    Wuuzzz wuuuzzzhh nnguuueeenngghhh…
    begitu bunyinya pak,

  3. “Dilihat dari model yang diekspor, AHM lebih banyak mengirimkan model skutik ke pasar luar negeri”

    Tetangga sebelah kirim berapa model?

  4. Saran saja cak. Kalau bisa artikel tentang data dan angka angka sebaiknya disajikan dalam bentuk tabel atau chart karena lebih mudah dicerna. Butuh konsentrasi lebih jika angka2 itu disajikan dalam narasi saja. Jadi pembaca kadang perlu membaca berulang-ulang baru paham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here