iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…emboh kesambet setan mana Motogp koq tiba-tiba muncul isu cukup kencang dari para Media luar yang mengangkat isu perihal Motogp bakal kembali menggunakan mesin 2Tak. Era 2 Tak telah berakhir lama di kelas MotoGP, namun rumor berhembus jika mesin liar ini bisa saja kembali ke MotoGP tahun 2026 mendatang. Wahhh tenan po iyeee kieeeeee..

Tentu saja isu ini membuat IWB mumet. Kok bisa mesin 2Tak yang dianggap tidak ramah lingkungan digunakan kembali disaat mesin listrik sedang digadang-gadang menjadi kendaraan dimasa depan. Sebagai informasi Era 2tak menguasai ajang balap motor roda dunia mulai tahun 1949. Dari sini telah memunculkan banyak nama – nama besar mulai peraih juara dunia pertama kali Leslie Graham, Mike Hailwood, Giacomo Agostini, Kenny Robert Sr, Mike Doohan Hingga Juara dunia di era terakhir dua tak Valentino Rossi….

Tentu saja sebagian dari sampeyan merindukan raungan mesin 2 tak yang sangat khas tersebut. Inilah yang hot sebab isunya ada wacana baru untuk proyek kembalinya era 2 tak ke Motogp dengan target paling cepat pada pertengahan dekade ini atau tahun 2026….

iklan iwb

Melalui Stinkwheels, bahkan para fans Motogp Amerika mengungkapkan dukungan dan rasa senangnya menyambut mesin 2Tak untuk kembali hadir menjadi bagian dari MotoGP lagi. Mengingat antusiasme mereka cukup besar karena tahun terakhir era 2 tak 2001 silam, hampir semua orang tidak bisa lagi merasakan sensasi race yang seru tersebut dengan minimnya Teknologi dimana skill seorang rider benar – benar di uji diatas motor liar 500cc. Saat itu kelas 500cc adalah kelas tertinggi sebelum datang Era MotoGP 990cc pada tahun 2002….

Nah…ada beberapa hal perombakan yang perlu digaris bawahi demi kembalinya mesin 2 tak menuju MotoGP diantaranya dengan sistem Injeksi, pengaturan ruang bakar dan teknologi baru lainnya karena mesin 2 tak dianggap lebih efisien dibanding mesin 4 tak.

Wacana ini dikomandoi oleh Kepala teknis F1, Pat Symonds yang tertarik untuk menggunakan formula 2 tak dalam spesifikasi baru unit mesin pada tahun 2025 dan ini memungkinkan MotoGP mengikuti ide yang sama guna menghemat biaya pengembangan….

“Aku sangat tertarik untuk mengembalikan mesin 2Tak lagi. Karena Jauh lebih efisien dan menyuguhkan raungan suara yang bagus dari knalpot. Aku pikir masalah mesin 2 Tak tidak lagi relevan. Dengan hadirnya sistem injeksi, pengaturan ruang bakar dan sistem pengapian modern memungkinkan meracik mesin mesin 2Tak baru yang sangat efisien dan ramah terhadap emisi. Kupikir ada masa depan yang baik untuk mesin 2Tak...” Tutup Symonds…

Last…mesin 2Tak yang dimaksud jelas tidak seperti era lawas yang mengeluarkan banyak asap pekat dan membuat perih mata. Namun mesin ini digadang-gadang merupakan lompatan teknologi 2Stroke engine yang tidak kalah ramah lingkungan dibandingkan dengan mesin 4Tak modern sekarang. Tapi jujur, memang rasa pesimis mengingat wacana ini belum mendapatkan respon dari the big four Japanesse manufacture yakni Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Mesin 2Tak ? IWB sih yessssssssss….! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!