iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…siapa menyangka gosip mesin 250cc Yamaha dengan konfigurasi 3 silinder sampai ke Eropa. Prediksi mesin yang berpotensi menjadi senjata Yamaha dimasa depan tersebut dikatakan logis dan terbuka digarap oleh Iwata. Prediksi ini dilemparkan media Italia Gazzeta.it dengan judul..” Yamaha, in arrivo una “duemmezzo” sportiva a tre cilindri?” yang artinya ” Apakah Yamaha mesin 3 silinder 250cc akan lahirrrr ??” wihhhhhhh…..

Jika kita mengangkat tema ini satu atau dua tahun yang lalu mungkin tidak realistis dan terkesan nonsen. Namun semua berubah ketika Kawasaki menggebrak dunia melahirkan mesin baru 250cc konfigurasi 4 silinder. Mesin yang sudah disuntik mati oleh pabrikan Jepang memasuki tahun 2000-an. Kelahiran Kawasaki ZX25R  seakan membuka pintu bagi pabrikan lain untuk bermain di kelas yang sama. Apalagi di masa lalu Yamaha memiliki FZR250…. mesin 4 silinder yang cukup disegani dieranya. Tidak heran ketika Kawasaki meluncurkan ZX25R banyak prediksi mengatakan bahwa pabrikan Jepang lain tidak akan tutup mata….

Mereka pasti memantau secara seksama perkembangan dan penetrasi Ninja ZX25R di pasar. Mulai dari Honda dan Yamaha…… rumor terus mencuat. Khususnya Yamaha yang memang beberapa tahun lalu sempat tersiar isu mereka sedang mempersiapkan mesin 250cc 3 silinder. Dilalah 3 tahun berlalu tanpa ada kejelasan hingga media Jepang Konjitek memberikan update informasi bahwa isu perihal mesin 250cc 3 silinder lemah untuk saat ini. Itu dari Jepang cak, namun tidak Untuk di Eropa….

Seperti dilansir Gazetta.it, mereka percaya Yamaha memang sedang mengembangkan mesin 3 silinder seperti yang diisukan. Mengusung judul….. Yamaha, in arrivo una “duemmezzo” sportiva a tre cilindri?” yang artinya ” Apakah Yamaha mesin 3 silinder 250 cc akan lahir?”.  Ada salah satu kalimat yang cukup menarik dari Gazetta bahwa Iwata sedang mengerjakan sebuah mesin baru 3 silinder 250cc. Gazetta percaya hal itu bukan perkara sulit bagi Yamaha mengingat basis 3 silinder mesin Sudah dimiliki oleh mereka seperti MT 09 contohnya. Tinggal bagaimana para teknisi Yamaha membuat mesin mini compact dengan basis pengembangan dari MT-09 untuk mesin 250cc. Hmmm menarik ki…

Last…..media Italia tersebut menyebut Indonesia sebagai basis pengembangan yang akan terlibat dalam proyek YZF R25 3 silinder. Prediksi mereka mesin ini bakal lebih fokus di kawasan Asia dengan pertimbangan Eropa sebagai opsi kedua. “ Coinvolta nel progetto, secondo le indiscrezioni, sarebbe soprattutto la filiale indonesiana del marchio di Iwata: è infatti il mercato del Sud-Est asiatico il target principale di queste piccole sportive pepate, e Yamaha non farebbe eccezione..“. Benarkah demikian ? biarlah waktu yang akan menjawab kelak cak, semakin menarik nehhhh…..(iwb)

 

Advertisements

43 COMMENTS

  1. Oalah, piston kok cuman 3. Kalah lah sama CBR250RR yg dua silinder, soalnya pasti ukuran pistonnya gede yg CBR250RR.
    Fby memang matanya kecolok garpu karat, yang gini di bilang bagus.
    Juozzz Gandozzz 😘

    • Kasihan yg baru bisa maen 2 s…

      Muhehehehh…
      Pantes yamaha malas ganti mesin 250 nya…era 2 S.. Uda usai bung..
      Produk masal..R15 kebut…R6 kebut… R1m ape lagi…. Ngebeha cume menang di 250 uda teriak sana sene…😥😥😥

      • ALAN 20 January, 2020 At 07:50
        Berarti si superior designnya jelek soalnya jarang liat 😄
        _______________________________________________________
        lebih parah lagi New R25 bro…..1 ekor pun blm pernah liat di Jakarta

  2. torque oriented nih kayaknya lek…
    walau mesin notabene supersport, tetep dia punya torsi yang bikin rpm mudah naik…
    kayaknya heheh

  3. dulu waktu kuliah saya pas pulang kampung sering balapan sama motor lain naik vixi yg cuma 150 cc di jalan raya udah serem kalau ingat2 kembali, ini sekarang mesin makin kesini jadi makin buas, saran saya sih sebaiknya ada sekolah edukasi berkendara tambahan jika mau beli motor diatas 35 hp.

    • Kaya di eropa, golongan sim mocil pemula itu di bawah 35kw. Nah di sini masih dari kubikasi/cc, itu aja blm rata ujiannya

  4. Saya masih sependapat sama wakhaji mngenai 250cc 3 silinder Y,yg pernah beliau buatkan artikel di beberapa minggu-bulan yg lalu.

  5. Makin kedepan era motor makin mundur kebelakang.
    Maksudnya motor2 dahulu di zaman sekarang di produksi kembali.
    Bentuk motor retro
    Kubikasi mesin 3-4 silinder
    Modifikasi retro
    Dll

  6. Makin kesini luar biasa perkembangan otomotif didunia , motor jadul malah yang jadi pilihan, karena sebagian kecil mungkin sudah mulai bosan dengan kendaraan yang bagus dan cepat, klo cepat dengan kemacetan di sebagian kota, buat apa CC yang besar ??? Toh kebutuhan sekarang adalah bagaimana bisa mencari rejeki dengan biaya yang murah
    #bukanbuatkaumborjuis

  7. IWB sekarang sudah jadi salah satu blogger yang diperhitungkan dunia. Patut dicermati setiap “bocoran soal” dari IWB.

  8. 3 sillinder,4 silinder sama sj lah..asal 250 cc sj..biar harga dan pajak tahunan g bikin dompet jebol..bisa.buat harian..yang penting buat gue suaranya beda sm 2 silinder..suara moge banget..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here