iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Geleng-geleng cak…kalau sumbu sampeyan pendek mungkin sampeyan akan nyokotin kursi dan pintu saking keselnya akibat ulah fansboy yang membaur jadi netizen. Rata-rata mereka menyerang pribadi dengan alasan nggak jelas, nyebut nggak netral…ada lagi bully-an dengan kalimat ….” Maklum, kalau nggak begitu Blogger mau makan apa? ” . Waladalah kodok bangkong njengking mlumah murep tenan. Ediannn jal….wis ora wajar ki komennya. Pertanyaannya…..kenapa fansboy sekarang lebih reaktif dengan kecenderungan menyerang pribadi dan menghancurkan image Blogger tertentu ?

Kalau IWB analisa masalahnya adalah ketimpangan berita. Ketika ulasan kita banyak membahas salah satu pabrikan tertentu, mereka langsung teriak dengan kata-kata tidak netral. Senjata “basi” yang terus didengungkan dan ternyata memang hanya itu senjata mereka. Yup…tidak ada gebrakan real yang bisa mereka lakukan untuk jabani masifnya berita pabrikan besar yang saat ini memang luar biasa memberikan akses penuh kepada Blogger. Sebuah tindakan yang sebenarnya sudah pernah dilakukan pendahulunya….

Yup….mereka tidak sadar, betapa luar biasanya pabrikan tersebut dimasa lalu (dibawah 2015). Ditangan para pejabat saat itu, dunia online dikuasai mereka…marketing digital menjadi kekuatan yang sulit dibendung. Kreatifitas sehat dan memang seharusnya demikian. Bukan sebaliknya, sibuk ngurusi hal-hal yang tidak perlu. Makanya kalau sampeyan buka artikel masa lalu, artikel Y di Iwanbanaran.com begitu mendominasi. Nggak heran IWB dibully dengan sebutan ‘IwanBisonan” saat itu…ingat banget cak. Kenapa ? karena tunggangan IWB adalah Byson dan saking banyaknya artikel Y yang menghiasi laman Blog Iwanbanaran. Apakah karena IWB dibayar ?

Oh tidak…..banner semua pabrikan sudah bertengger. H, Y, TVS, MV Agusta…dan masih banyak lagi lainnya. Banner H juga terpancang sebesar sekarang dan memang merekalah pelopornya (pasang pertama kali sekitar 2012). Kalau boleh jujur secara nilai….mungkin Y jauh dibawah H. Jumlah spot banner yang diambil H sudah seabreg seperti sekarang. Tapi hebatnya berita Y : H ketika itu porsinya 70 : 30, ediann ora jal. H protes ? nggak ada…mereka profesional…

Artikel kan sesuai dengan jumlah event yang masuk dalam undangan kegiatan. Dan dalam klausal perjanjian, warung Iwanbanaran tidak pernah mau bekerjasama jika ada klausal yang melemahkan independensi warung. Rejeki sudah ada yang ngatur, dan itu IWB junjung tinggi dari dulu hingga sekarang. Apalagi kalau soal duit cak, Alhamdulillah IWB wis lebih dari cukup hanya dari Adsense Youtube dan Google….wis turah-turah iso plesiran kemana-mana tiap bulan (tuh jadi sombong to :mrgreen: )….

Catat…..kunci sukses Blogger adalah ulaslah apa adanya sebab para pembacalah yang harus dipelihara hingga titik darah penghabisan, bukan pabrikan. Lha kalau ditinggalkan para pembaca emang sampeyan punya nilai dimata pabrikan….ora kangbro. Blog kayak kuburan siapa yang mau melirik. IWB sendiri neg kalau baca artikel Blogger yang ngaku netral tapi kontennya jabang bajul nggilani tenan. Model Blogger lek boso jowone “ngathok” cak….hayooo sopo kuwi :mrgreen: ??…..

Y dulu dipegang orang-orang profesional dan kredibel serta cerdas. Saat itu hampir tiap minggu ada event. Pejabat Y juga secara cerdas mampu mengoptimal peluang digital dengan kegiatan masif yang membuat berita terus sambung menyambung. Mereka juga menganggap kita sebagai partner dengan terus melibatkan secara langsung dalam kegiatannya. Ingat…partner cak, bukan Blogger yang dianggap kepanjangan tangan yang bisa disetir sesukanya. Kalau itu yang ada dalam benak mereka, lupakan !!! prinsip ini tidak hanya berlaku untuk satu pabrikan tapi semua pabrikan. Bahkan saat itu mungkin kita bukan lagi sekedar partner namun teman akrab yang tidak menilai suatu hubungan hanya berdasarkan nilai bisnis belaka. Ngopi bareng, cangkruk’an bareng….sharing bareng….

Praktis kedekatan personal menghasilkan bonding yang sulit dipisahkan. Kuwi penting cak. Mereka respect sama kita dan sebaliknya…kitapun otomatis respect dengan mereka. Uang ? duh dari dulu sih jauh kangbroooo. Hebatnya hampir tiap hari berita Y menguasai semua Blog. Sekarang ??? ora komen wis, sampeyan lihat saja sendiri. Sayang banget sebenarnya…karena harusnya tiap informasi produk terdelivery secara masif namun karena pilah-pilih dan paranoid luar biasa justru mengebiri informasi mereka sendiri….

Parahnya para “fansboy” (emboh beneran opo ora kuwi) juga sibuk menyerang individu Blogger yang dianggap tidak mengulas positif produknya tanpa berusaha mengangkat keunggulan produk secara cerdas. Kalau kita sih lek boso Jawa Timurane “ora patheken” cak. Tapi yang ngeselin para fansboy dan haters memberikan kesan bahwa kita yang mendzolimi…ogah meliput atau menganak tirikan karena ada banner gede….

Weleh…banner sudah bertengger sejak tahun 2012 jadi masalah. Iki kayaknya karena efek mereka ora ono banner ki cak, jadi baperannya kuadrat kelas turbo :mrgreen: . So…kayak dibolak balik. Mereka pura-pura nggak sadar bukan kita yang menjadi biang kerok, tapi sebaliknya. IWB sih nggak masalah selama follower paham. Nggak ngaruh cak buat eksistensi Iwanbanaran yang sudah bangkotan menjadi Blogger. So diartikel ini IWB ingin buka mata para fansboy dan haters diluar sana….

Jangan protes ke IWB dengan komen….” Kalau produk H (Beat) aja berseri….Vlog Youtube banyak bener. Kalau Y kemarin padahal tiga produk rilis Vlognya dikit benerrrr…”. IWB pastikan merekalah yang menyetop kanal informasi ke beberapa Blogger. Mungkin karena memberikan kritikan atau ulasan yang kurang memuaskan mereka ? bisa jadi dan IWB hora urus alias lebih nyaman demikian ketimbang berhubungan tapi rewel…iyo hora cak…..

Mungkin ada segelintir Blogger yang dipilih secara eksklusif dan itu hak mereka.  Strategi yang menurut mereka sudah tepat.  Nggak masalah, kan pabrikan punya strategi masing-masing…dipegang pejabat baru punya kebijakan baru pula. Biarlah waktu yang akan membuktikan sukses tidaknya strategi tebang pilih tersebut. Yang penting sampeyan harus tahu bahwa Iwanbanaran tetap profesional tanpa membedakan brand tertentu dalam liputan selama diberikan akses…catet cak, selama diberikan akses… Jadi jangan “mewek” dan nyerang IWB kalau jumlah artikel atau video timpang. Emange nulis artikel atau buat video bisa ngarang kayak dongeng tidur tanpa melihat dan mendengar sendiri penjelasan produk tersebut…iyo toooo…

Last….Tidak ada dalam sejarah strategi sukses karena dilandasi rasa bermusuhan, otoriter dan menang sendiri. Warung ini hadir untuk menjadi referensi biker bukan senjata salah satu golongan. Jadi buat para fansboy, mulai sekarang nggak usah ngitungin jumlah artikel atau video Youtube. Tapi monggo sampeyan intip wae kedalam dulu agar keseimbangan opini secara netral terbentuk dengan sendirinya. Setelah itu merenung…ojo ngamuk-ngamuk tiwas cepet tuwo pakde. Namun IWB yakin, walau sudah dijabarkan secara gamblang dan jernih yang namanya haters dan fans Boy tetap akan menjadi haters. Soale wis kadung ora normal cak…jadi susah dibikin normal. So…IWB hanya memberikan pencerahan yang waras dan bisa diajak berpikir jernih. Dari sini wis pahamkan ? Wisss ojo serius-serius, saiki ngopi sik rekkkk…. :mrgreen: …..(iwb)

 

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

216 COMMENTS

    • Gw seneng Lek liat fb pada cakar2an, iso gawe hiburan sejenak. Mesam-mesem moco komen bakar2an, atos2an. Woles ae lah. Toh itu juga yg bikin warung meledak trafik e.
      Para nabi aja yg katanya membawa pesan tuhan musuhnya selalu banyak lek, apalagi pendosa macem kita.

      • Honda.. biar prodaknya jelek.. or mahal.. Tapi punya wibawa..

        Klo Yamaha biar kualitas bagus.. Murah.. tapi arogan..

        Rata2 kan pengguna motor Yamaha.. terutama NMX.. sombongnya kebangetan.. naik NMX serasa Naik goldwing.

      • biasa kang. soyo duwur wit pring soyo banter keterak angin. yo ngono kwi urip. di lakoni di syukuri, sokor” iso berbagi. mugi” oleh rejeki barokah ingkang katah cekap kangge sangu ibadah lan ngowo berkah. amiin.

    • Maklumin aj lek……
      Yg suka nyerang blogger itu kan bocah ingusan yg lupa minum obat cacing
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Qiqiqi..lek.iwan baper ga di undang yamaho di launching nmax…biasa ae lek..jare rejeki dah ada yg atur..lha kok baper? Pie jal?

    • Akusih gakmasalah, asal ngereview motor jangan Cuman ditentukan Dari kualitas plastik Dan stiker, tau mesin bagus Cuman Liat masalalu doang hehe, setiap Komen kebenaran Lansing dihapus, giliran Komen Sampah pertamak dibiarin

      • @ Anakbaik

        Nahhhh ini salah satu contoh kongkret komen yang berusaha membunuh image Blogger !
        Pembaca yg nggak tahu pasti dikira beneran.

        NOTED : IWB nggak pernah menghapus debat komen perihal produk…mau bosok atau apik silahkan saja, sampe dower jari sampeyan monggo mawon…hora urus. Kecuali nyerang pribadi yang kebablasan

        Semoga tulisan sampeyan memberikan berkah pada kehidupan sampeyan. AMin yra :mrgreen:

    • @iwanbanaran sabar mas, maksudsaya bukan sampean, tp ada vlog tetangga. blog ini cukup netral kok menurut saya, jangan salah paham loh, btw iklannya nutupin kolom komen nih peace

    • Knp tidak block ip mereka mas iwan, biar dijelaskan bagaimana ttap aja bego, ingat!!! Bego gak ada obatnya 😀

  1. Meskipun iwb bilang netral tapi Saya yakin iwb asline tetep pilih Honda, coba tanyakan pada Hati iwb sendiri, walaupun bilangnya netral tapi Saya yakin 100% condong ke Honda… 🤣🤣🤣🤣

  2. Aku pengusaha kelas kakap pak, banyak juga yg nyerang dan fitnah, kalo digubris mereka makin seneng dong, kalo begini artinya bapak terganggu, dan memang itulah tujuan mereka, dan sekali lagi mereka sukses bikin bapak kesal😄

    • Asyem dipanggil bapak…tuwo tenan :mrgreen:

      Nggak juga sih, biasa cak…nggak ngaruh. Artikel ini biar para followers yang belum tahu dan berpotensi terpengaruh pembunuhan karakter paham kondisinya….itu message inti

    • beruntung banget kalo sering dikarungin,

      saya pengen banget dapet karung nggak dikasih2…
      butuh karung banyak buat nyimpen koleksi sendal swallow saya pak

  3. Semenjak parbikan itu sebut saja Yamaha di tinggal pak eko semua berubah total,.. di sebabkan oleh penggantinya pak eko yg punya sifat kekanak²an,mudah di provokasi, dan parahnya si provokator sebut saja permana putra yang notabenenya jelas seorang penjilat malah di dengarkan,.. entah pejabat baru yamaha itu kelewat bodoh apa gimana, semenjak kepergian pak eko yg sangat mendadak dan menimbulkan tanda tanya besar penjualan yamaha trurun sangat drastis dan makin kesini makin turun, kualitas produk juga makin buruk di tambah desain makin ngga karu²an..
    Sampai di sini saya acungi jempol buat permana triaz meskipun terang²an jd seorang penjilat masih di percaya omongannya oleh petinggi yamaha,..
    Saya tidak akan pernah lupa kejadian di mana permana triaz dengan suksesnya memfirnah blogger² kawakan macam tmcblog,iwb,kby,waeungasep,macantua, dll,permana triaz berhasil membuat salah satu petinggi yamaha memboikot blogger² yang saya sebut di atas, hampir akses di tutup untuk mereka..petinggi yamaha lebih memilih “menternak” blogger² baru dari wilayah timur ketimbang membuka akses berita kepada blogger² kawakan yg jelas² jauh lbh banyak fillowernya dan sudah banyaj punya “jasa” terhadap yamaha di masa pak eko menjabat… uhg kangen yamaha di pegang pak eko lg….

    • Best komen dehhh
      Cuma follower bau bawang yg gak ngerti sejarahnya dan fanboy kencur
      Btw aku bukan fb atau apa
      Dirumah ada xmax, adv sama gsx
      Emang petinggi2nya sih yg kolot jauh dari kata kaum milenial yg terbuka dan parahnya lagi mudah diadu domba
      😔

    • Hem……..
      Anggap aj Y gk mampu bayar blogger2 papan atas
      Mungkin efek dari jualan yg terus menciut
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Wahh jangan fulgar dengan buka kartu gitu donk broo, bisa” kamu nanti digigit habis oleh para kawanan kiriker peliharaannya mbah darmo cs lhoo….!!!, mungkin dalam benaknya mas triaz daripada berbagi pengetahuan dan rezeki dengan para blogger mendingan miara Darmo dkk karena lebih menjajikan…..,

  4. Intinya mereka pendukung Yamaha tanpa sadar kalo petinggi Yamaha sendiri pelit ngasih fasilitas, mreka panas karna kang iwb skrng2 ini hanya beli produk Honda, produk K n S di abaikan, karena tujuannya hanya rival yang di angkat

  5. Saran saya njenengan memposisikan kayak wak haji aja.
    Jujur saya lbh suka baca blognya beliau daripada njenengan.
    Sedikit banget yg bakar2 an.

    • Style masing2 blogger beda. Itu pilihan. IWB nggak bisa kayak tmc dan sebaliknya. IWB is IWB !!

      Dan alhamdulillah faktanya dengan style IWB sekarang lebih disukai. Coba cari fakta dan data rangking semua kanal…blog…youtube…IG dll siapa yang leading !

      Salam
      Iwb

      • Nah, panjenengan itu sudah ‘internet personality’ lek, bak priai di masyarakat gk mungkin semalam ganti sifat atau warna. Saya sbg wong jatim dari tulisan sampean aja bisa bayangin gimana klo duduk sewarung, ngobrol langsung gimana ambyarnya. Mungkin ekspresi sampean ini kurang tersampaikan di telinga daerah lain, terus bikin penafsiran iwb itu gini iwb gitu.

      • Ngapain ngikut” orang, orang hidup itu harus punya prinsip (pendirian) karena itu pondasi untuk modal mengarungi hidup yang mlurep mluwahhh……!!!., pokoknya sy selalu dukung mas iwebeh forever…….
        “Apapun mereka bilang niatku takkan hilang, jalanku masih panjang garis akhir kan kupandang” (kok jadi ingat lagu si saykoji yaaa)…

    • Klo sy kebalikannya kang, di iwb beritanya lebih pasti ketimbang tmc,,, klo mnurut sy si,,, contoh aj video youtube tmc soal xsr155 dithailand, jeda berapa bulan tuh baru lounching di.Indonesia 🤣🤣

    • Beda style bro
      Memang iwb condong ke type blogger yg merakyat , wak haji tmc type edukasi tentang teknologi, kalau sattar lebih ke lifestyle hedoniah walapun kayak bangke sih 😬
      Semua ada ciri khasnya sendiri

    • maklum, lik IWB kan aslinya dari Jawa Timur,
      dan karakter orang Jawa Timur itu umumnya blak-blakan, ceplas-ceplos, dan ekspresif. malah kadang dianggap kasar sama orang Jawa Tengah.
      dan itu karakter bawaan dari lahir, gak bisa diubah segampang itu.
      kalau buat orang2 dari Jawa Timur sih gaya IWB sih biasa saja. normal normal saja.

      sama saja kaya pas nonton video si Danang Aradian yg sedang tes Honda BR-V di tanjakan Kamojang bareng si Kardiman Blankon cs.
      itu video arek jowo wetan ketemu podo2 jowo wetan, isinya ya pasti banyak kata2 khas Jawa Timuran.
      tapi gak ada yg protes atau minta mereka buat berubah mirip si anu atau si itu.

    • Ya saya liat blogger ranking tertinggi seIndonesia cuma IWB ranking belasan ribu, yg mendekati saja macam TMC masih puluhan ribu rankingnya, alamak jauuhhh bgt yaa.. ada kok blogger yg bahas tentang ranking blogger tanah air dan terbukti lek IWB nomer 1 untuk urusan ranking. Makanya gk heran jd rujukan blogger papan atas negara lain juga trmasuk jepang sendiri..

      Lagipula style lek IWB jg gak kejawen bgt kok, buktinya byk pembacanya meski gk harus komen kyk ane gini.. lanjutkan lek, semiga sehat selalu sekeluarga. Dan pesan sy tiap bulan sekali atau 2 minggu sekali ada artikel tentang ibadah+biker gitu lek. Kan skrg jg byk tuh muslim biker tulen..

  6. Yamaha motor kencana indonesia=hoki nya bagus .
    Skrg yimm hokinya kurang plus orangnya gk gokil dan bombastis ky dulu..
    Iklan yamaha aj gk se woww zaman dedy mizwar,didi petet,neng thesa am komeng dan trio bajaj..

    • Betul sekali bro 😂 jujur saya lebih suka nama YMKI karna namanya indonesia banget bro ada kata KENCANA, usul cak iwb ke petinggi sarankan Yimm ganti nama jadi YMKI

  7. Ngomongin sumbu pendek…termasuk sampeyan iki berarti yo pendek sumbune..
    Wes ta cak gak usah ditanggepi…contoh wak kaji… Komene ambyar marek2 tetep tenang..gk usah digubris..biarno wae seng komen elek suwe2 lak mati dewe..

    • @Akugendeng ‘ ……. contoh wak kaji… Komene ambyar marek2 tetep tenang..gk usah digubris.. ‘ >> Memang bener gak digubris kang, tapi langsung dihapus, buat apa ditanggepin, buang2 energi. Misalkan nih, ada orang asing masuk rumah kita trus buat rusuh apa perlu kita menjamu? Tendang aja!

      ‘biarno wae seng komen elek suwe2 lak mati dewe..’ >> Mereka selalu didoain biar masuk surga, secepatnya, kalo bisa nanti atau besok.

  8. Sy dulu sempat ngaku fansboy dan ngeDM kang iwan(walopun gx dibales langsung), tp sama kang iwan dibikinin artikel yg nyebutin “beli motor jngn karna merk, tp liat kualitasnya, ntah itu merk apapun sama aj…

    Semenjak itu gx pernah mikir fansboy lgi,, beli motor yg sesuai hati aj 🤣🤣,,,

  9. Lek saran, coba gaweke survey pabrikan mana yg paling mendengarkan/mengerti keinginan kustomer Indonesia. Ben tambah panas lek hehehe…

  10. TMC biasa ngedit komen bahkan blok ip address, kalo iwb mah loss loss we ini yg beda. Saya sebagai fbh juga prihatin setelah pak Wowo keluar dari YIMM dan maju 2x presiden gagal..

  11. Saya yakin seyakin yakinnya klo kang iwan emang blogger independent. Saya dr awal blog ini berdiri menjadi saksi klo warung ini memberikan info yang mencerdaskan. Memberi info pada publik tentang produk2 baru, diulas riil sehingga membantu calon konsumen buat nentu akan pilihan sesuai kebutuhan dan selera. So buat lek iwan, maju terus, rasah dirungokna poro fans boy yang komen ngawur dan tidak tau tatakrama. Tetep istiqomah lek iwb, konsisten independent, salam dari solo

  12. gampang Cak, kalo emang merasa netral ya terus aja…
    kalo emang merasa udah ga netral, ya coba bejek kopling biar gampang masuk netral..
    fansboy ya ttep gitu, beda fasilotas komennya aja..
    yg tau netral ya diri sendiri, tapi mesti lubuk hati

  13. -Saya kenal baik kang maz iwan.. dia pasti bersuara kalo di usik terus.

    -Tujuan tulisan ini di buat agar haters dan fans boy gk usah sotoy.

    -Tinggal baca artikel yg di keluarin simak kontennya.

    -Ringkasan produk yg di ulas menurut anda OK ambil buat referensi.

    “JANGAN PADA NGEBACOT NEGATIF AJA DI KOMEN”.

    • Iya ya..jaman itu…waktu penampakan spyshot nya x ride msh d thailand saya sudah berharap banget diboyong k indonesia dan bener..ga lama masuk sini
      La sekarang Qbix saya amati bisa jadi pionir macam nmax,sama halnya pemikiran wak kaji taufik, sampe sekarang ga masuk2 indonesia..malah bikin acara sendiri..lexi lah…freego lah…. :mrgreen:

  14. brrti ketimpangan artikel di warung ini karena kurangnya akses untuk meliput produk baru. ini karena adanya kebijakan dari yang punya produk,, jadi bukan salah yang punya warung.. Sedangkan pengunjung warung yang sadar akan ketimpangan ini, terus bertanya-tanya, kenapa akses meliput untuk isi warung dibatasi oleh yang punya produk? apa ada yang salah sama yang punya warung? Padahal artiket di warung ini bisa dibilang secara tdk langsung mendongkrak penjualan produk itu sendiri.

  15. mending mas iwan buktikan aja kalo mas iwan memang blogger yang netral….caranya macam macam….bukan dengan membela diri seperti ini….buktikan.aja dengan cara apapun yg membuat semua orang percaya…..soalnya.diluar sana memang sudah terkenal kalau mas iwan itu kpanjangan tangan dari AHM….ayo mas buktikan…..berani????

    • Ngak pernah negatif thinking cak saya mah biasa aja😁
      .
      Buktikan sama siapa? Haters? Horaaa sudi, dienggo opo cak. Koq bikin capek…mending buat buat artikel dan video berfaedah buat followers setia😁😆

      • musti dibuktikan mas kalo sampean merasa terganggu..ya .mungkin honda pcx sampean yg dikiran hadiah AhM….bikin artikel bisa dengan bukti kwitansi pembelian motor2 yg mas iwan beli.itu .contoh …maaf bukan maksud mau menggurui

      • Anjrottt nggak sekalian aja bukti surat pembelian rumah, mobil dan semua asset IWB cak, wis koyok K*K wae gayanya. Emang harta IWB untuk konsumsi publik ? trah ancen ora normal tetap susah diajak normal hahaha

        #haters is haters, monggo berjuanglah atas kehateranmu

  16. Foto2 sampeyan pas enom gawe minder baim wong cak, tenan, wkwkwk tak posting menyerang pribadi tqpi nyeleneh ae, ben suhu ne adeeeem, susah memang memyenangkan semua orang yang penting lebih banyak yg suka dari yabg tidak suka, dan semoga selalu jujur

  17. Jadi inget jaman mbah darmo yang telah punah. Sekali bully ga abis abis. Tapi seru ngakak baca komenan nya 🤣

  18. Saya dulu pernah bikin logo iwbspeed.. itu karna saya suka blog ini…gaspol terus lek ala markess.. pantang nyerah..yg penting juara… itu kira2 dr aku lek iwan..

  19. Kalo blogger saya percaya mereka lebih menitikberatkan pengunjung warung dibanding produsen. Wong pengunjung warung itu target market blogger.
    Tapi saya juga percaya kalo ada suatu agency yg tugasnya menjadi komentator bayaran. Bisa jadi nyamar jadi fanboy A padahal dibalik itu dia utusan si B. Yg tujuannya seolah olah dia fanboy A yg menjelek jelekkan si B yg targetnya membuat konsumen awam jadi simpati dengan si B dan jadi antipati terhadap si A karena melihat kelakuan fanboy A siluman tadi.
    Renungkanlah aja. Saat ini memang masih rapi. Soalnya komen gx ngotak yg sering diperlihatkan di warung ini itu jujur saja bagi saya itu TOO GOOD TO BE TRUE dilakukan oleh seseorang dengan logikanya sebagai fanboy
    Time will tell lah

  20. Mau Iwb atau Tmc masing2 punya style,tapi jujur aja skrg Tmc saya nomor 2 kan,buka iwb dulu baru tmc hehehe…
    Sabar wae cak pertahankan style nya tapi harus tebel kuping juga…

  21. Saya ngikutin blog sampeyan sejak 2012, saya suka dengan informasi yang disampaikan. Terutama ketika dulu saya bingung mau beli motor apa. Namun belakangan ini judul artikel lebih ke clickbait krn setelah dibaca artikelnya malah intinya tidak menjawab pertanyaan pada judul, padahal harapannya jawaban. Atau judul yang membuat penasaran, tapi sebenernya bukan di negara kita. Yaa di sisi lain wajar sih untuk mengejar traffic perlu atensi pembaca. Tapi ya itu tadi judulnya clickbait jd setelah masuk dan baca artikel jadi kecewa.

    Untuk artikel tentang mobil saya suka lek, mohon diperbanyak untuk artikel tentang tes2 mobil. Karena jadi referensi saya juga yg baru mengenal mobil. Sukses lek

  22. Itulah mengapa produk mereka terasa dipaksakan modelnya, dan klo mau terkenal atau dikenal bo Yo di kasih akses, klo ga dikasih akses nanti kena UU ITE karena mencuri informasi, serba salah, giliran bahas produk sebelah, sakit hati. Blog mas iwan yang saya lihat beliau bahas bukan H aja, melainkan ada S dan K, malah bisa ngobrol sama abdi dalem di perusahaan tersebut. Buat para fansboy Y, bilang sama petinggi yang diagungkan di Y klo mau jualan jangan diumpetin tuh informasi, ngasih ke blog A tp ga ngasih ke blog B, giliran ga di bahas bilangnya belain produk lain, somplak namanya, ada istilah Tak kenal maka tak sayang.

    • Emang bener nih
      Gak tau lagi kenapa Y ga seperti dulu
      Padahal produknya bagus2
      Tapi kok orang2nya seperti itu yak
      Miris
      😔

  23. Reneo lik… tak pesene kopi , mae waris po mae mak tin…. ingat unen2e wong tulungagung… ngopio disik ben ra galak…. katakan pada haters…dan fansboy… aku ra kenal kowe ra rugi… ( tapi pengunjung warung membludak banyak haters dan fansboy ya ??????) Wkwkwkwkwkwkkkkk… untuk para haters dan fansboy… CINTA DAN BENCI ITU SAMA,, SAMA2 MEMIKIRKAN TERUS…. jadi , sebesar apapun benci kalian sm satu produk ,,itu sama dgn sebesar cinta kalian pd produk sesembahan kalian.. kalian selalu memikirkan kedua2 nya

  24. Gasskeun lek, gk sah mikir haters..
    Ngopi sambi nyokot gedhang goreng anget luwih enak,

    Ada sing nyolot, langsung sandal swallow melayang..

    Joss gandhoss kotoss kotosss

  25. Yg ngomong klo cak iwb berat ke H brarti baru2 aja baca2 blog ini cak. Ane dari jaman 2013 baca ini blog malah berasa berat ke Y 🤣 (jaman dulu sih tp ini).

    Btw semangat cak tinggal karungin aja yg keterlaluan.

  26. blog lek iwan iki jane apik mengulas fakta real serta perkembangan terikini. ulah para haters aja yg bikin muak. komen ngawur jelek2in lah. yah untungnya saya fansboy bukan haters jadi amannlah leekk.. sukses trus kang. salam dari cah boyolali.. jozz gandhozz

  27. “IWB pastikan merekalah yang menyetop kanal informasi ke beberapa Blogger. ”

    kayaknya mereka lagi qizruh internal tuh cak…

  28. Best caption baca2 sebelum bobo’
    “Tidak ada dalam sejarah strategi sukses karena dilandasi rasa bermusuhan, otoriter dan menang sendiri”

  29. Ileng lek sampean duwe utang karo pembalap kawasaki Fadly juara Arrc 250….cuma bilang go meraah..putih…tapi sayang saya kecewa..anda lebih takut sama juragan…catet…ekekekekk

    • Juragan kumismu keriting !

      Ora lihat opo banner Kawak mentereng dibawah !

      Yo wis sampeyan saya undang kesini ketikin artikel iwb biar sesuai keinginanmu dan kebaperanmu ilang hehehe

      BTW dari semua komen yang sampeyan suarakan, sampeyan sepertinya salah satu haters IWB. IP dan nick name sama dan selalu negatif komennya. Selamat yo…IWB makin berkibar, alhamdulilah berkat sampeyan juga ekekekek

  30. Syukuri aja Cak, artinya kapal sampeyan sekarang sudah besar ya jadinya bermain di ombak besar juga. Yang menarik di blog ini adalah gaya penyampaian dan…cakar2an antar FB di kolom komentar yang asli bikin ngakak. Anyway buat yang baperan serta panikan dengan artikel sampeyan boleh disarankan untuk ngetem di blog khusus nostalgia dan masturbasi massal..sama2 tau lah yang dimaksud..wakakak. Salam jos gandoss

  31. Jadi mesam-mesem sendiri lek. Jujur baru kali ini saya baca kolom komentar sampeyan dari atas sampe paling bawah. 🙈

    Baru dapet sih benang merahnya kenapa beberapa waktu kebelakang lek Iwan nyeletuk mengenai pembatasan informasi produk pabrikan dan efeknya di masyarakat (terutama para bikers). Ternyata arahnya pabrikan ini yang notabene ga tau kenapa makin kesini produknya udah ga kaya jaman s.d. tahun 2012.

    Lesson learned, haters gonna hates whatever it takes. Terus semangat dan berkarya lek, saya suka blog nya dengan pembahasan gamblang dan dialek-dialeknya. Jadi banyak warna meskipun pada cakar-cakaran. Semoga jadi amal jariyah sampeyan dengan selalu menyajikan info-info menarik dunia otomotif

    Salam satu aspal,.✊

  32. Ane mu komen apaan ya….biar lek iwan ngambek ke saya….hehehe

    Oooo gini aja…mau lekniwan tulis merka A B C D Smp Z ,kalau ane bodo amatan…hehehe,maju terus lek pantang mundur…..

  33. Mantapp lek iwan, saya pembaca setia blogmu, kby dan tmc. Kontennya bermutu

    Bukan kaya punya triatmonyet konten sampah dibikin artikel😂😂

  34. Mas Iwan ga usah takut sama komenan Fanboy etekewer, memang mata langsung turun ke hati alias panas hati kalau baca komenan miring. Pelaut hebat pasti pernah diterpa ombak dahsyat, blogger hebat tetap tulis apa adanya tanpa takut kehilangan iklan dsb. Tanpa blog orang ga tau perbandingan produk a dan b. Dan hanya orang2 malas merawat motornya yang selalu mencaci sebuah merk motor apapun itu.

  35. Karena yang komen banyak Fans Boy….ya isinya hanya jatuh menjatuhkan…hina menghina…caci memaki…sptnya jauh dari kesantunan….saya heran apa tdk takut tambah dosa ya? padahal hrsnya ini warung bisa dijadikan ajang silaturahiim dan dialog yang lbh positif tentang dunia roda dua maupun roda empat…..Mas Iwan sareh saja….ya memang sich terkadang judul artikel Mas Iwan itu bombastis, tapi wajar krn itu point untuk menarik pembaca….

  36. Giliran dikritik langsung dipajang semua foto2 bersama Yamaha jaman dulu..wkwkwk
    apakah sekarang smpyan dimusuhi Yamaha lek karna pemberitaannya g berimbang? Produk apapun kalau logonya Y pasti jelek..Mocin pun yang jelas-jelas nyontek Yamaha dibilang Bagus..

  37. Saya mengikuti artikel lek IWB dari 2015…
    memang dulu banyak berita tentang Y, karena dulu mereka Inovatif dan mau mendengarkan para blogger BALUNG TUWO.
    JIka sekarang jarang ada artikel Y, coba pabrikan suruh introspeksi apakah mereka kurang inovatif dan ramah? atau inovatif tapi sombong??

  38. Ealah,masih ingat dulu ruamenya saat pertarungan vixion sama cb….semua saling liat sisi jeleknya,tapi ada salah satu pabrikan melihat sisi positif dari hasil gontok gontokan di blog ini. Dan akhirnya muncul model baru.

    Sebenarnya kalau semua melihat sisi positif..insya Allah semua akan baik kalau mau lihat sisi jelek..yo gak enek enteke…

    Buat lek iwan..santai wae lek,sampean apene mangan yo ora mbukak tutup segone wong seng gak seneng neng sampean,wes ta kata jaman saiki woles ae…bah njengking,bah murep..jarne wae..mengko lak kesel dewe..

    Itulah rona kehidupan banyak warna…golek pangan ancen susah,seng penting sampean maju terus pantang mundur…jadilah diri sendiri..ra usah niru niru,

    Gimana produknya mau di ulas lha wong pabrikane wae ora memberi akses…apakah kudu nyolong nyolong…tak rasa yo gak etis kalau gitu…gak di ulas anak buahe berok berok jare bloger ora netral…juan..uaneh, aku curiga yang komen asal bunyi ini biasane tumpakan metik,ban cacing,duit sek jalok neng mak’e…..walah..kwkwkwkwk

  39. saya dulu (waktu sekolah) suka baca majalah otomotif setiap minggu pasti menyisihkan uang jajan buat beli majalah, yang saya suka adalah artikel tentang trend modifikasi saat itu IBE, ceper, dub city, racing look, airbrush dll.

    semenjak mengenal media online saya jadi beralih membaca melalui media elektronik, dan juga mengenal IWB dan bloger lainnya. yang saya suka di IWB adalah adanya aksen ‘jawa timuran’ di setiap artikel2nya, dan juga selalu update tentang gosip2 motor baru.

    yang saya tidak suka adalah ketika selesai membaca atrikel dan scroll ke kolom komentar banyak menggunakan nama gk jelas dan berkomentar tidak layak. sebagai pembaca aja sebal, apalagi cak IWB?. tapi akhir2 ini sepertinya sudah semakin kondusif, jadi saya berani berkomentar , haha 🙂

    terimakasih cak IWB. salam

  40. intinya bukan dari bloggernya, tp dari pabrikannya yg ga ngasih akses utk liput produk baru lbih dalam.. saya paham kok cak, mungkin emang Y yg punya SOP baru untuk peliputan..
    dibanding dr brand H ya jelas, marketing dia jor2an untuk promosi.. tiap ada peluncuran, pasti besar2an lah.. wajar porsinya lebih besar, dan itu yg bikin haters klojotan disangkanya mihak sebelah..

  41. Wis tah lek…balesen komene haters dgn artikel2 berbobot ga peduli produke motore sopo….haters iki akan selalu ono…karena benci itu singkatan dr benar2 cinta…dadi kudune sampeyan iki bersyukur duwe hater malah dadi gede blog…aku moco blog sampeyan soko awal…aku biasa moco sak durunge sampeyan nduwe tagline jos gandhos nang artikel 😂

  42. Ane ada ide nih lek…dr pd makan hati…ud blog nya buat aku aja…lek iwan istirahat dl…hahaha
    Tenang di jamin blog lek iwan aman dan berantakan….hahahha

  43. sabar ya cak
    saya percaya warung ini professional dan masuk akal jika jumlah artikel sekarang timpang lah klo ga ada di tempat emangnya mau nulis apaan
    klo ada yang bilang mau makan apa klo ga ini itu, biasanya itu mereka yang lagi laper cak
    semoga sukses selalu cak

  44. saya mulai baca2 blog dari 2010, kalo dari yang saya lihat sih IWB itu FBY dan FBR! cuma kesini2nya seperti agak kecewa sama Y*****.
    di blog ini informasinya cepet dan akurat, jujur aja saya beli PCX awal 2018 karena liat vlog dari iwb (yang kualitasnya FHD di 60Fps), dan emang udah tahan2 beli motor dari awal 2017 karena info dari IWB soal PCX lokal.
    emang sih kesini2 banyak clickbait nya di blog ini.

    buat haters, semangat terus ya!!! kalian salah satu yang bikin blog ini maju.
    kalo emang ga mau dukung IWB jangan buka blognya lagi, sana buka tri*tmono.info aja kayanya beliau udah kesepian tuh.
    di tri*tmono.info komparasi (secara virtual dan halusinasi) lebih berjilid2, dan pastinya Y***** yang menang. udah gitu kalo komennya ngejek2in honda pasti bakalan lolos, dan ga ada yang kritik Y***** disana. nah SURGA banget kan buat kalean???

  45. Mantaaapppp!!! Yg penting selalu netral cak,mereka ribut sendiri jarke wae sdm wong bedo2 soale…jarke wae…smg warung ibi selalu amanah dan barokah rejekine amiiinn!!!

  46. Oh iya satu lagi lek…ada bocoran produk baru ga lek sebelum maret ini…mau gantiin embit gue yg mau pensiun februari ini…lg ragu antara pcx atau adv atau nmax…siapa tahu suzuki masukin saluto…salam dr bukan fanboy sejati, cuman pemakai scorpio, vario, mio, mbit, klx250…jd pengen nyobain punya produk suzuki saluto keren kayaknya…ditunggu kabarnya lek…ulasan sampeyan pancen panutan biker untuk beli motor tunggangnnya 👍👍👍👍

  47. kami fanboy permotoran sekaligus member bangsawan kerajaan motor sejagad empire mengucapkan terima kasih kepada bapak2 pemblogger sekalian yg telah bersusah payah ngasih info kpd masyarakat,

    entah dia :
    blogger telik sandi sendal swallow mlumah murep,
    bloger kunyah kunyah sendal swallow,
    blogger ciaoo kipas kipas sendal swallow,
    dll…

    Suwun pak,

  48. Coba bayangkan klu isi blog hanya merk H pasti sepi gak ada yg cakar2an dan lama2 di tinggalkan folower alias mati dg sendirinya 🤔

  49. Itulah bedanya FBY dan FBH
    Zaman dulu artikel Y banyak dan menguasai dunia bloger dan media masa, FBH tenang2 saja.
    Giliran sekarang berita dari H dan undangan masif yang di terima bloger. FBY protes baperan .
    Sudah jelas FBY itu baperan, nesu, ambekan kayak bocah alay🤣🤣🤣🤣

  50. Blog yg ngakunya netral ya blognya mbah mono, bener ga om? 😄 Tapi beberapa tahun ini isi artikelnya sebagian kontra honda, sedikit mencoba mempengaruhi susiku dan emang condong banget ke yamaha

  51. Emang kelakuan para sales begitu pada baperan, klo gak begitu para sales gak bakal dapet makan. Apa susahnya sih baca tinggal baca. kalo gak suka ya tinggalin. Bagi gw blog iwb banyak manfaatnya. karena gw nemu blog ini saat lagi cari motr baru. gara-gara blog ini gw akhirnya beli kawasaki athlete di tahun 2009. sebuah motor unik yg gw paling sayang sampai sekarang.

  52. Jaman dulu sama sekarang emang beda kang. Ngikutin blog IWB dari 2010 sampe sekarang makin kesini makin kesel. Gak cuma di blog Kang Iwan, tapi di semua blog habitnya kalau dulu tuh diskusi. Ada komparasi produk pun bukannya bakar2an tp diskusi.

    Sekarang beda, jangankan komparasi, orang bahas event aja dibakar. Saran saya comment2 yg suka bakar2an atau menghina jangan cuma di banned kang, laporin aja dengan pasal pelanggaran UU ITE biar jera hehe

  53. Halo cak..
    Sy silent reader blog dan vlog sampean.
    Dr jaman buta motor sampe melek motor hehe..
    Cuma mo ikutan nimbrung ngopi sebentar di warung sederhana sampean..
    Yang namanya hidup pasti ada ujiannya, ibarat pohon makin tinggi makin keras terpaan anginnya. Sy rasa blog sampean sedang dlm posisi yg ngga sama lagi seperti dahulu, singkat kata udah berkembang pesat saat ini.
    Dan seusia sampean sy rasa sampean udh cukup dewasa menanggapinya. Anggap aja sedang ujian akhir semester. Toh hasilnya sampean yg menikmati, dan tentunya pembaca setia juga menikmati apa yg mereka baca.
    Haters dan FB? Anggap aja angin yg menerpa di ketinggian, anggap aja anak kecil yg merengek minta dibelikan permen, anggap aja jalan berlubang yg tidak akan bisa mengehentikan laju perjalanan kita. Toh bersama haters dan FB, sampean pun tanpa disadari menjadi lebih dewasa.
    Lanjutkan saja apa yg sudah menjadi warna sampean di warung ini, tentunya dgn tidak lupa mendengar masukan2 yg sampean anggap bisa membangun warung ini.
    Salam satu aspal…

    What doesn’t kill you makes you stronger!!!

  54. Santai wae cak…saya silent reader blog iwb sejak zaman dahulu kala 😆 nyimak juga blognya kang taufik, dll. Tp selama ini yg saya cocok ya Iwb ini, karakter bahasa & ulasannya gak berubah..ilmu trawanganmu josss cak..99,99% akurat 😆. Fans boy memang gt cak, mungkin mergo kurang adoh le turing, tp merasa paling jooss dewe…😁

  55. Masalahe bang iwb, disini banyak parabeha mbeat mbeot yg kerjaannya nyinyir terus, kerjaannya teriak maling.. Lha maling mereka kok teriak2 ke fby.. Mereka parabeha mbeat mbeot nyampah terus disini.. Gitu aja kok.. Kalau mereka komennya biasa aja, ga masalah, ehh ditambah anggotanya ribuan (istilahnya).. Komennya kaya orang mabok..

  56. klo yg saya suka dari lek IWB ya berita ttg bocoran unit2 baru.
    wak TMC lebih asik baca ttg perkembangan teknologi & kabar motogp.
    tiap blogger punya keunggulan/kelebihan/ciri khas masing2.

    ttp pertahankan ciri khasmu lek!

  57. Yamaha lagi keneng sawan lek. Omongan, polah karo gayane lagi ora koyo Yamaha sing sebaene.
    Ketoke awet dibancaki jenenge malem seloso legi kae.

    • Aduh sampeyan iki…kudune banyak bin entog…pitik bin endog….cicak bin kadal…mlumah mlungker jengking trus nungging

      *edisi spaneng

  58. Paham mas iwan 🙂 cm klo mnurut sy, mrk itu bukan fansboy merk salah satu, melainkan justru fans berat mas iwan he..he..he,
    lha itu sampe mendetail ngitung, nimbang bobot topik dan mmperhatikan dgn seksama isi kontent,
    klo bbrp orang lain &/sy sendiri mungkin mah enjoy2 aj bacanya
    Hebat bner mereka2 yg tanpa sadar sudah mjd Fans Berat mas Iwan(FBI)

  59. aku yo pingin crito lek, ojo mbok hapus yo. sak durunge enek iklan versi komeng, aku gak ada rasa tertentu terhadap produk pabrikan mana pun, tapi stelah iklan2 komeng yg lucu..? tapi merendahkan lawan, akhirnya saya kok jadi terbawa emosi, ditambah lagi komen2 arogan….. terkait netralitas, ibarat orang punya 4 anak, pasti ada perbedaan kadar kasih sayang walau sangat sedikit dan berusaha tidak ditampakkan

  60. baca komen ngakak asli…..
    kalo liat di facebook dan ig.yang komennya nyerang pribadi itu rata2 pas di cek profilnya kalo gak akun bodong ya foto sales produk Y
    kalo mau banyak berita dari Yamaha,pinjeminlah unit tes ride buat Kang IWB…..
    jangan komen doang tapi gak modalin wkwk

  61. Mungkin bukan dri banyak’y artikel.
    Tapi dari segi penyampaian’y yg beda.
    Contoh:
    Produk A shock’y keras, pasti bilangnya keras.
    Tapi,
    Produk B jok’y keras, di bilang’y kurang empuk(bukan keras).
    Dari segi bahasa/penyampaian bisa terlihat.
    Ini hanya sdkit contoh.
    Imho

  62. senajan dalan Ra Alus sing penting wani terus.
    santai ae lek,,, hater nga usah di reken.
    salam silent reader jaman pean anyaran duwe kebo biru lek.

  63. Kang Iwan Mantab. Yang saya suka sebagai pecinta otomotif, ulasan kang iwan yang lugas, tapi yg lebih bikin kesengsem, karena kang Iwan selalu mengingatkan “JANGAN LUPA SHOLAT LIMA WAKTU”, Terus tebar kemanfaatan kepada siapa saja, dan jangan lupa selalu mengingatkan kita pada kebaikan yang haqiqi. SELALU SEHAT dan BAHAGIA kang IWAN. Aamiin.

  64. BANG IWAN, beat baru udah ada reviewnya, tapi kenapa nmax baru yang udah sebulan keluar belum ada reviewnya
    apakah ini tergantung pabrikan

  65. Blogger itu juga manusia biasa, bisa salah, bisa benar, bisa egois, bisa humanistis…tetapi itulah yang membuat blogger adalah blogger…dan bukan mesin yang bisa seenaknya diperintah oleh sistem. Fansboy dan Haters, mereka juga manusia…hanya saja di jaman milenial ini, mereka tidak lagi mengedepankan logika ataupun empati. Mungkin ada beberapa fansboy ataupun haters yang memang digerakkan oleh keinginan dari lubuk hati terdalam mereka dan memutuskan secara independen bahwa mereka adalah fansboy/haters…tapi beberapa lagi dari mereka dan ini sepertinya persentasenya cukup besar, digerakkan oleh sistem kapitalisme dan prinsip ekonomi, dimana semua bisa dijadikan uang tanpa lagi perlu merisaukan hati nurani ataupun moral…miris memang, tapi inilah yang terjadi saat ini…dan ini ada di hampir semua lini dan bidang…Sekarang semua kembali kepada diri kita masing2, akan seperti apakah kita ini…karena apa yang kita perbuat saat ini akan berimbas kepada orang2 terdekat kita…saya rasa segitu aja dulu bang iwan…semoga kita semua selalu dalam lindunganNYA…Ammiin…

  66. Bales dengan karya lek.

    Mosok wong jatim mewek sampe nggawe artikel ngene rek….heehehehe.

    Wes apapun kondisine sampeyan tetep semangat lek, ojo KGB (Kagetan, Gumonan, Bingungan) cek selow lek ono haters sing kakean cangkem.

    Pas sampeyan baper haters seneng, pas sampeyan gawe artikel klarifikasi ngene haters e tambah seneng…hehehe

  67. IWB sendiri neg kalau baca artikel Blogger yang ngaku netral tapi kontennya jabang bajul nggilani tenan. Model Blogger lek boso jowone “ngathok” cak….hayooo sopo kuwi ??…..

    Pengen tak tulis jenenge nggawe caps lock cak.

  68. Kula sih cuman nyimak cak,

    Mbaca artikel kang Iwan serasa Ngopi di kasih wejangan,

    Semenjak sering nongol di warung kang Iwan ya Alhamdulillah dapet ilmu tentang otomotif,

    Ya sembari kerja baca” artikel iseng” berhadiah cak,

    Sering baca artikel kang Iwan jadi laduni mbeluk” Batur” kantor cak cak terus 🤣

    Ya maklum fansboy + haters ya jadiin Penyemangat wae cak, ya sisi positif nya dia nyoroti terus blog nya kang Iwan ya itung” diperhatiin pacar cak 🤣🤣🤣🤣🙈

  69. IWB: “Artikel kan sesuai dengan jumlah event yang masuk dalam undangan kegiatan. Dan dalam klausal perjanjian, warung Iwanbanaran tidak pernah mau bekerjasama jika ada klausal yang melemahkan independensi warung.”
    > > > Saya tau cerita dibalik kekonyolan “blacklist” ini dari 3 sudut pandang. Dari mas Iwan sendiri, dari pabrikan dan dari wak ji.

    IWB: “Y dulu dipegang orang-orang profesional dan kredibel serta cerdas. Saat itu hampir tiap minggu ada event. Pejabat Y juga secara cerdas mampu mengoptimal peluang digital dengan kegiatan masif yang membuat berita terus sambung menyambung. Mereka juga menganggap kita sebagai partner dengan terus melibatkan secara langsung dalam kegiatannya….”
    > > > Ini bener banget, sampai team PR PT. Y*** cerita ke saya dimana mereka jaman dulu tiap weekend gak pernah ada di rumah saking padetnya acara dari pabrikan.

    IWB: “Jangan protes ke IWB dengan komen….” Kalau produk H (Beat) aja berseri….Vlog Youtube banyak bener. Kalau Y kemarin padahal tiga produk rilis Vlognya dikit benerrrr…”. IWB pastikan merekalah yang menyetop kanal informasi ke beberapa Blogger. Mungkin karena memberikan kritikan atau ulasan yang kurang memuaskan mereka? ”
    > > > Semoga ‘Mereka’ yang dimaksud mas Iwan tuh orang Jepangnya. Memang baper akut. Najis dah. Saya aja males sama kelakuan orang2 Nihon yang di Indonesia itu..

    Gak masalah kalau komen saya kena moderasi dan tidak diloloskan. Pengen ngobrol langsung sama mas Iwan sebenernya, tapi saya cuma bisa hadir di event Y yang baper sama mas Iwan dan tiap event H praktis cuma boleh pak boss yang diundang.

    Mas Iwan sekali2 liat video dimana impala/rusa/antelop yang diburu singa/cheetah. Dari situ kita bisa ambil pelajaran bahwa tidak semua yang mengikuti [follower kalo di sosmed] kita orang yang suka dengan kita, beberapa [atau banyak] juga mengikuti karena ingin ‘memangsa’ kita.

  70. Gampang Cak tuk atasi Para FANSBOY Yg nyerang njenengan….

    Cukup dengan Kalimat :

    BOMAAAATTTTTTTTT

    BODOOOOO AMAAATTTTTTTT

    Biar CINGIRE PD DOWEHHH sendiri Cak….😁😁

    Lanjutkan n Succes slalu tuk Njenengan Cak…..

  71. Klo saya apapun merk motornya klo ada bocoran product terbaru ya liat warung IWB dulu biar afdol, salam celengan ambrollll cak..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here