iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sebagai bikers kita memang dituntut untuk jeli mencari part alternatif yang murah namun memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Nggak harus terpaku dengan satu brand karena sebenarnya banyak sekali part yang nyantol dalam sebuah produk merupakan vendor yang sama. Seperti suspensi, seal hingga kelistrikan…kadang-kadang identik cak. Bahkan untuk urusan bendix atau relay Electric Starter…sampeyan juga bisa substitusi menggunakan merk lain contohnya Yamaha ke Honda. Yup….Bendik Yamaha ngadat ? ganti part Honda lebih murah !! ah mosokkkk ???

Fakta ini tergali saat IWB membaca artikel punggawa teknis cak Aripitstop. Mantan mekanik Yamaha yang sempat memenangkan berbagai piagam dari pabrikan garputala ini tidak usah diragukan pengalamannya. Memiliki bengkel sendiri Zonaspeed, cak Ari menerima motor Xabre yang mengalami masalah dengan relay starter…ora iso di starter menggunakan electric cak. Setelah dicek aki bagus dan ternyata ditemukan relay starter alias bendik rusak. Doi langsung menyarankan konsumennya menggunakan bendik Honda karena sama kualitasnya dengan harga jauh lebih murah….

Ketika saya lihat ternyata bendik motor Yamaha mirip banget dengan Honda Vario, Scoopy alias maticnya Honda. Saya tahu kalau harga bendik milik Honda ini harganya memang jauh lebih miring ketimbang punya Yamaha…” serunya. Sebagai informasi Bendik starter Yamaha yang memiliki kode part 5TP-H9140-00 dijual Yamaha diangka 91 ribuan. Sementara bendik Honda hanya 46 ribuan OEM pabrikan. Separuhnya cak. Komponen ini tinggal PNP tidak ada ubahan apapun. Asyiknya sampeyan bisa menggunakan bendik Honda hampir pada seluruk produk Yamaha seperti….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Mio M3, Mio S, NMax 155, Jupiter, Vega, sport 150cc Yamaha kecuali Aerox 155. So…nyaris semua menggunakan part yang sama yakni 5TP-H9140-00. ” Iseng-iseng saya cobain Bendik punya Honda Scoopy ini pada Xabre dan ternyata lancar jaya sentosa. Lalu karena penasaran, bendik ini saya cobain ke motor Mio lawas dan Nmax, ech… ternyata bisa juga…” cetus lek Ari. Mantappp ki tipsnya, dari mekanik langsunggg rekkkk. So…relay starter Yamaha sampeyan ngadat ? ganti part Honda lebih murah cak, semoga berguna…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!