iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sebagai bikers kita memang dituntut untuk jeli mencari part alternatif yang murah namun memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Nggak harus terpaku dengan satu brand karena sebenarnya banyak sekali part yang nyantol dalam sebuah produk merupakan vendor yang sama. Seperti suspensi, seal hingga kelistrikan…kadang-kadang identik cak. Bahkan untuk urusan bendix atau relay Electric Starter…sampeyan juga bisa substitusi menggunakan merk lain contohnya Yamaha ke Honda. Yup….Bendik Yamaha ngadat ? ganti part Honda lebih murah !! ah mosokkkk ???

Fakta ini tergali saat IWB membaca artikel punggawa teknis cak Aripitstop. Mantan mekanik Yamaha yang sempat memenangkan berbagai piagam dari pabrikan garputala ini tidak usah diragukan pengalamannya. Memiliki bengkel sendiri Zonaspeed, cak Ari menerima motor Xabre yang mengalami masalah dengan relay starter…ora iso di starter menggunakan electric cak. Setelah dicek aki bagus dan ternyata ditemukan relay starter alias bendik rusak. Doi langsung menyarankan konsumennya menggunakan bendik Honda karena sama kualitasnya dengan harga jauh lebih murah….

Ketika saya lihat ternyata bendik motor Yamaha mirip banget dengan Honda Vario, Scoopy alias maticnya Honda. Saya tahu kalau harga bendik milik Honda ini harganya memang jauh lebih miring ketimbang punya Yamaha…” serunya. Sebagai informasi Bendik starter Yamaha yang memiliki kode part 5TP-H9140-00 dijual Yamaha diangka 91 ribuan. Sementara bendik Honda hanya 46 ribuan OEM pabrikan. Separuhnya cak. Komponen ini tinggal PNP tidak ada ubahan apapun. Asyiknya sampeyan bisa menggunakan bendik Honda hampir pada seluruk produk Yamaha seperti….

Mio M3, Mio S, NMax 155, Jupiter, Vega, sport 150cc Yamaha kecuali Aerox 155. So…nyaris semua menggunakan part yang sama yakni 5TP-H9140-00. ” Iseng-iseng saya cobain Bendik punya Honda Scoopy ini pada Xabre dan ternyata lancar jaya sentosa. Lalu karena penasaran, bendik ini saya cobain ke motor Mio lawas dan Nmax, ech… ternyata bisa juga…” cetus lek Ari. Mantappp ki tipsnya, dari mekanik langsunggg rekkkk. So…relay starter Yamaha sampeyan ngadat ? ganti part Honda lebih murah cak, semoga berguna…..(iwb)

Advertisements

40 COMMENTS

  1. nah kadang masalahnya kalau part lama itu gini, 5TP itu kode produksi moped yamaha yang diproduksi dari awal mulai kode 5TP muncul (15tahun yang lalu)
    dimana saat itu ongkos produksi berbanding lurus dengan kualitas,
    kadang sampai saat inipun kode tersebut masih bisa disubstitusi ke model – model sepeda motor paling baru sekalipun, jelas ongkos produksi sudah semakin murah sekali, tapi apakah ada ceritanya harga sparepart itu turun mau merk apapun? tentu aja tidak, nah kadang dari situ profit pabrikan otomotif itu,

  2. mantab cak,saya juga pake filter oli r25 untuk cbr250rr yang harganya bisa hemat banyak.filter oli r25 kisaran 50 k sedangkan filter oli cbr250rr hampir 250 k

  3. Saya juga pakai non bawaan motor klo ganti sparepart, contohnya switch lampu motor Honda saya pake punya Suzuki itupun bukan saya yang minta tapi mekanik yang bilang pake ini aja mas sama saja katanya harga juga sama .mungkin ya itu tadi buatnya satu vendor

    • Saklar generasi supra 125 karbu, supra fit new, beat karbu, vario karbu, blade karbu gen 1, revo 100, cs1 emang sama kayak suzuki shogun, smash dll.

  4. bendik termasuk part yg jarang rusak di motor yamaha. yg sering bikin elektrik starter ngadat itu carbon brush yg di dinamo starter gampang habis.

  5. biasa itu cakkk, kampas kopling CB150R ku juga pake kampas kopling Jupiter Z1

    diperbanyak lagi tips n triknya,, jangan melulu mlumah njengking mengkurep terawangan motor baru

    suwun

  6. Nah kalau motor honbul anda cepat rusak, jangan beli honbul lagi honbul lagi.. Sudah mahal, amburadul lagi.. Langsung ganti dengan yamaha, suzuki ataupun kawasaki.. Ingat itu, ingat.. Jangan mudah dibohongi dan jangan suka teriak2.. Parabeha mbeat mbeot.. Mbeoooot mbeotttt..

    • Kalau sebelah sblm beli motor baca petunjuk penambahan oli berkala, ingat ya penambahan bukan pergantian. Disinyalir vampir oli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here