iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. seperti yang kita semua tahu di awal tahun 2020 ini Para produsen BBM di tanah air berbondong-bondong menurunkan harga BBMnya. Penurunan bervariasi antara satu dengan lainnya dan bisa dibilang sedikit ada perbedaan walaupun tidak banyak. Namun di beberapa produknya ada juga yang harganya dipatok sama identik. Nahh… di artikel ini IWB akan membandingkan harga BBM di tanah air per tanggal 8 Januari 2020. Siapa yang paling murah? Simak detailnya di bawah ini…

Di awal 2020 hampir semua produsen BBM menurunkan harga produknya. Gebrakan awal dimulai dari perusahaan swasta luar negeri Shell yang mematok harga bensin oktan 90 Shell reguler di Kisaran 9.200 rupiah dari sebelumnya 9.900 rupiah per liter. Jika kita bandingkan dengan harga produsen minyak lainnya seperti Total, Shell sedikit lebih mahal. Perusahaan minyak Prancis ini mematok harga bensin dengan oktan yang sama di Kisaran 9.150 rupiah/liter. Lalu perusahaan minyak plat merah kebanggaan kita mematok harga bensin oktan 90 di angka 7.650 rupiah/liter yang artinya miring benerrrr….

Sementara itu produk di atasnya yakni oktan 92, Shell menjual di angka 9300 rupiah/liter….. diikuti Total performance 92 dengan harga 9.250 rupiah per liter…..dan Pertamina lewat Pertamax di angka 9.200 rupiah/liter. Disini kembali Pertamina lebih unggul alias paling murah. Kemudian oktan 95 hanya dimiliki oleh dua perusahaan yaitu total dan shell. Untuk Total performance 95 dijual di angka 9.900 rupiah/liter…..Shell V-Power dijual 9.950 rupiah/liter. Di sini perusahaan minyak asing Shell lebih murah Rp 50 per liter. Terus bagaimana dengan Pertamina?

iklan iwb

Pertamina langsung lompat ke oktan 98. Yup….. nilai search octane number (RON) 98 yang dijual Pertamina di harga 9.900 per liter. Padahal kalau sampeyan lirik harga produsen BBM asing, rata-rata mereka menjual oktan 95 di Kisaran yang sama atau Justru lebih mahal. So…. Tidak diragukan pada harga terbaru ini perusahaan plat merah Pertamina tetap yang termurah. Harga BBM terbaru ? Semoga bisa terus dipertahankan dan tidak keduluan dalam menurunkan harga BBM nya dari perusahaan swasta asing. Sebagai gambaran berikut update harga BBM 3 perusahaan di Indonesia per tanggal 8 Januari 2020….(iwb)

Update harga BBM per Januari 2020

  1. Pertalite Rp 7.650 per liter
  2. Pertamax Rp 9.200 per liter
  3. Pertamax Turbo Rp 9.900 per liter
  4. Pertamina Dex Rp 10.200 per liter
  5. Dexlite Rp 9.500 per liter

Shell:
1. Shell Reguler Rp 9.200 per liter
2. Shell Super Rp 9.300 per liter
3. Shell V-Power Rp 9.950 per liter

Total:
1. Performance 90 Rp 9.150 per liter
2. Performance 92 Rp 9.250 per liter
3. Performance 95 Rp 9.900 per liter
4. Performance Diesel Rp 10.150 per liter

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

18 COMMENTS

      • Monopoli pertamina,, perusahaan asing yang jualan bbm di indo harganya harus lebih mahal dari pertamina,,

        PERMEN ESDM no 21 th 2018 pasal 4 ayat 3,, harga bbm nonsubsidi ditetapkan badan usaha dengan persetujuan menteri ESDM,,

        Kalo harga nya lebih murah dari pertamina ga bakal disetujui oleh menteri

  1. Didaerah gw cuma ada akr kang yang beda. Shell gak ada. Tp ya gt. Gak laku. Soale bensin akr Ron 92 warnanya kuning kek premium

  2. Males isi bensin motor di SPBU asing, mesti turun & motor mesti di standarin dulu biar pake motor sport juga.

    Safety? yaah jualan safety disini, rokok yg “membunuhmu” aja banyak orang rela “terbunuh” kok! Wkwkwkk.. :Peace

    Mending ke pertamina, selaaw..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here