iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. musim hujan yang tidak menentu dan berpotensi Banjir dimana-mana membuat kita was-was dengan tunggangan. Apalagi jika motor sudah terendam banjir berpotensi terjadi kerusakan pada beberapa komponen vital. Salah satu yang saat ini menjadi topik bahasan adalah komponen headlamp LED yang sudah digunakan pada hampir semua pabrikan. IWB akan mencoba membandingkan komponen lampu headlamp LED motor sport 150cc 3 pabrikan yakni Honda, Yamaha dan Suzuki. Siapa yang paling murah?

Seperti yang kita tahu semua pabrikan sudah menggunakan perangkat LED atau light emitting diode pada hampir semua produknya. Kecuali untuk motor Suzuki baru motor sport yang menggunakan perangkat ini. Oleh karena itu untuk memberikan komparasi yang lebih gampang IWB mencoba membandingkan 3 produk di kelas 150cc motorsport market yang Suzuki juga memilikinya. Dan inilah komparasi yang bisa IWB share ke sampeyan….

Yang pertama Honda. Yup…Honda merupakan pabrikan yang bisa dibilang Pioneer mengaplikasikan lampu LED pada hampir semua produknya termasuk Honda CBR150R. Merilis versi lokal dengan kode K45N (gen terakhir)… komponen headlight set assy atau lampu depan yang menggunakan reflektor LED dengan kode part 33100K45N41 dijual Honda di Kisaran 2,4 juta. Sementara Posisi kedua ditempati oleh Yamaha dengan R15VVA nya….

iklan iwb

Mengusung nomor part BK6-H4300-00, Yamaha menjual komponen headlamp assy produknya di angka 1.060.000 rupiah. Banderol ini resmi dirilis oleh Yamaha via aplikasi part cataloque. Jika melihat harga komponen memang terjadi perbedaan yang cukup jauh dibandingkan dengan CBR 150R…separunya cak. Dan yang ketiga adalah Suzuki GSX R150. Nah…saat melihat harga headlight assy Suzuki GSX R150, disini IWB lumayan terkejut sebab ternyata Suzuki bisa membandrol komponen LED headlampnya bahkan lebih murah dibandingkan dengan Yamaha sekalipun….

Mengusung kode Part 35100-23K00-00, headlamp assy Suzuki GSX R150 dijual PT SIS di angka 892.000 rupiah…… tidak sampai sejuta cak….atau bahkan masih dibawah 900 ribuan. Disini kembali terbukti jika status motor diproduksi secara lokal Suzuki bisa kita katakan paling murah. Itu belum termasuk harga fairing GSX-R150 yang miring yakni dari 40 hingga 250 ribuan…..

Last…jika kita mengintip nominal harga mungkin terkesan mahal dan bikin kantong bolong. Namun jangan kuatir selama komponen tidak mengalami benturan, kecelakaan atau bencana…perangkat headlamp LED bisa tahan diatas 10 tahun (klaim Honda malah selamanya) cak. So…. jaga selalu tunggangan kesayangan dan jangan biarkan komponen rusak akibat banjir dengan cara mengikuti tips yang sudah IWB share diartikel sebelumnya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!