iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkkkk……mungkin wis terkesan basi karena rumor perkara mesin 3 silinder Yamaha R25 ini pernah dan bahkan sempet diulang beberapa kali oleh teman-teman blogger sekitar 2017. Memasuki tahun 2020 ternyata titik terang tersebut belum juga terlihat hingga kabar terbaru mesin 3 silinder Yamaha R25 dari Jepang dilontarkan oleh blogger kondang Kojinteki yang memberikan beberapa point hasil penyelidikannya berikut ini. Waahhh….

Isu perkara mesin 3 silinder Yamaha R25 pertama kali kalo nggak salah dibahas oleh blogger tuwo tanah air wak haji Taufik sekitar 2017. Doi menyebut bahwa Yamaha sedang mempersiapkan R25  dengan mesin 250 cc 3 silinder crossplane crankshaft. Opo ora dlongop jal (artikel IWB yang bahas perkara itu disini). Ketika itu IWB sudah memberikan beberapa analisa berdasarkan olah TKP serta pengumpulan informasi dari beberapa telik sandi dengan hasil negatif. Makanya IWB katakan….bisa saja project jangka panjang….project masa depan sebab saat IWB selidiki ketika itu negatif. Dilalah waktu berlalu dan sekarang sudah memasuki tahun 2020 dan isu tersebut belum menampakkan titik terang…

Tidak heran kita sangat penasaran Apakah ada perkembangan perihal isu R25 dengan mesin 3 silinder crossplane crankshaft mengingat Kawasaki sudah resmi meluncurkan dan memperkenalkan generasi terbaru Ninja 4 silinder 250cc ZX25R. Apakah negatif di tanah air di Jepang tidak ? dilalah Blogger terkenal Jepang yakni Kojinteki memberikan update hasil investigasi mereka. Ada tiga poin yang menjadi fokus utama investigasi yakni rumor bahwa Yamaha sedang mengembangkan mesin 250 cc 3 silinder di Jepang….

iklan iwb

Yang kedua hingga detik ini belum ada informasi secara spesifik bahkan terkesan menguap perkara isu Yamaha 250 cc 3 silinder. Dan jika Kawasaki 4 silinder lahir maka Yamaha Seharusnya juga akan garap mesin 250 cc 3 silinder secara serius. Itulah 3 poin rumor yang didengungkan oleh para blogger tanah air yang ternyata mendapatkan perhatian dari blogger Jepang. Tiga tahun berlalu dan seperti yang kita tahu Yamaha resmi merilis facelift R25 hanya dengan sentuhan muka serta suspensi Upside Down. Selebihnya Sami mawon bahkan spesifikasi mesin tetap mengandalkan mesin 2 silinder….

Dari sana Kojinteki mencoba mencari tahu melalui telik sandi yang dikenalnya di Jepang. Dan jawabannya adalah…” Perkara mesin 250 cc 3 silinder aku tidak mendengar desas-desus pengembangannya. Seandainya pun ada kemungkinan besar lebih cocok untuk multi Purpose bike ketimbang sport fairing. Akan lebih baik tetap menggunakan 2 silinder...” serunya. Tidak putus asa per 3 Januari 2020 Kojinteki kembali menanyakan pada salah satu sumber di ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu. Dan jawabannya kali ini adalah….

Aku tidak bisa menjawab hal itu karena aku belum pernah mendengarnya. Seandainya mesin 3 silinder 250 cc ada tentu akan menjadi konstruksi piston yang rumit. Bisa namun bakal sangat besar biayanya...” tutupnya. Hhhmm…jadi di Jepang aja juga masih negatif cak. Hasil yang nggak mengejutkan sebenarnya karena kondisi sekarang berbeda jauh. Dengan kecenderungan kondisi market Yamaha yang terus tergerus disegmen sport khususnya kelas 250cc serta menurunnya tren pasar sport 250cc secara global tentu akan membuat pabrikan mundur teratur. Mungkin demikian…

Last…strategi marketing bersifat dinamis. Setiap jengkal langkah selalu dipikirkan secara seksama agar pabrikan tidak malah terpuruk. Dan jujur cak, senada dengan Kojinteki IWB hingga detik ini juga tidak mengendus indikasi mesin 3 silinder 250cc untuk R25. Sepertinya Yamaha berpikir realistis dengan fokus pada market maxi skuter yang jelas-jelas lebih menggiurkan karena profit dan demand yang tinggi. Mungkinkah dimasa depan ? tunggu saja kalau sampeyan masih berharap. Berharap saja ada perkembangan positif walau datangnya 3 hingga 5 tahun kedepan. Who knows cak, iyo ora :mrgreen: …..(iwb)

 

iklan iwb
Previous articleMulai frustasi, Rossi nyatakan siap dibuang ke tim satelit Yamaha !
Next articleBPKB dan STNK hancur akibat banjir, kita kudu piye ???
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!