iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak…banjir saat ini seperti hantu bagi para pemilik kendaraan baik roda dua dan empat. Karena datang secara tiba-tiba dan debit airnya ngerihhh kangbro. Apalagi resikonya sangat besar dan berbahaya jika kita salah melakukan penanganan terhadap motor yang kebanjiran. Nggak heran cak Sugih sepertinya Cukup pusing karena tunggangan kesayangan Yamaha nmax terendam banjir pada saat motornya di parkir di sekitar wisma BNI 46. Kondisi motor baru bisa dievakuasi sekitar 3 jam Setelah terendam. Mengirim surel ke IWB, berikut pertanyaan doi “ Cak Iwan, iki piye minta solusi cak kao kerendem gini apa yg harus di lakukan??? kerendem sekitar 3 jam…..” serunya puyeng, welehhh….

Banjir yang melanda Jabodetabek banyak minta korban kendaraan. Seperti yang terjadi pada cak Sugih yang mengirim kondisi tunggangannya yang kebanjiran. Saat IWB lihat NMAX terendam hingga nyaris tenggelam setengah body. Bisa dipastikan tangki bahan bakar sudah terkontaminasi air. Untungnya bagian speedometer atau area stang masih bersih tidak tersentuh air dan ini kabar bagus sebab kita tidak perlu extra effort mengeringkan speedometer. Sebenarnya cukup mudah jika kita paham betul panduan baku ketika kendaraan terendam banjir. Yang pertama adalah…. Jangan pernah menghidupkan mesin ataupun memutar kunci kontak pada posisi on. Tak baleni pakde….Jangan pernah menghidupkan mesin ataupun memutar kunci kontak pada posisi on. Lhooo nyapooo?

Yang pertama motor berpotensi konsleting akibat semua soket terkontaminasi air. Rusak cak….kelistrikan bisa rusak. Yang kedua jika pun sampeyan paksa dan ternyata mesin bisa hidup…IWB yakin hanya akan berlangsung sebentar sebab setelah itu sampeyan pasti harus belanja komponen cukup banyak khususnya stang piston yang berpotensi bengkok. Yup…. connecting Rod piston terbuka menjadi korban pertama karena kandungan oli yang sudah bercampur air. Ekstrimnya lagi cak….

iklan iwb

Jika debit air yang masuk di ruang pembakaran diluar wajar, saat sampeyan menjalankan mesin stang piston bisa saja prothol…..jebol cak. Istilah kerennya adalah water Hammer. Hal ini terjadi ketika air sudah masuk ke ruang bakar (biasanya melalui filter udara) yang terbuka. Makanya Cak wajib….bahkan sangat mutlak diharamkan menghidupkan mesin ketika motor sudah terendam banjir. So… tindakan penyelamatan pertama adalah bawa motor ke bengkel resmi menggunakan towing (kalau dekat bisa didorong) supaya mendapatkan pengecekan menyeluruh. Jika tidak menemukan bengkel, sampeyan bisa lakukan sendiri dengan pertolongan pertama yaitu….

Bersihkan CVT, keringkan filter udara….. buka busi untuk proses pengeringan…. ganti oli mesin dan pastikan bersih tidak ada air tersisa termasuk kuras tangki bahan bakar. Nah…. untuk tangki bahan bakar sebaiknya betul-betul bersih sebelum sampeyan memutuskan mengisi kembali bensin baru.  Jika memungkinkan lebih baik sampeyan lepas casing-casing agar soket-soket wiring terpapar matahari atau angin sehingga mengering dengan cepat. Hal ini juga untuk mencegah supaya tidak ada air yang terjebak di sela socket yang bisa menimbulkan karat atau konslet…..

Khusus untuk motor karburator sampeyan wajib membongkar pengabut bahan bakar. Termasuk jok juga menjadi komponen yang harus dikeringkan. Seandainya speedometer terendam air wajib bagi sampeyan untuk mengeringkan. Apalagi zaman sekarang hampir semua motor menggunakan speedometer digital yang rentan terhadap air. Perlakuannya simple seperti halnya handphone terendam air dimana kita harus keringkan sebelum motor dihidupkan kembali. Jika cuaca tidak mendukung karena mendung sampeyan bisa mengandalkan kipas besar untuk membantu pengeringan. Terus gimana dengan seal dll?

Aman…… jika terendam banjir hanya 3 atau 5 jam tidak ada masalah dengan catatan sampeyan cuci motor dengan air bersih Setelah terkena banjir. So….inti dari semua adalah keringkan semua secara total, ganti oli mesin, bersihkan busi serta kuras tanki BBM tanpa menghidupkan mesin sama sekali. Jika prosedur diatas sudah sampeyan jalani dengan baik Insyaallah Motor akan sehat kembali seperti sedia kala. Nahhh dari sini wis paham roger ?? :mrgreen: …….(iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

23 COMMENTS

  1. bang adv ane tengelem pas di tinggal kerja kemaren …..ngk ada orang laki di rumah …bengkel buka tgl berapa ya?

  2. Motorku luweh parah lek iwan, motor tak tinggal mudik dipenitipan deket terminal cikrang, motor ditaro diparkiran bawah (basement) kerendem semua sampe gak keliatan motornya gak tau udah kerendem brp hari, td pagi mau diambil gak bisa, gak tau nnti nasib motornya gimana, motorku SupraX125 DD karbu ???

  3. Jangan khawatir kerendem…tinggal ganti oli mesin,ganti oli transmisi (matic),bersihin throotle body (injeksi)…cvt minta bersihin juga + tambah grease……tips dari Alan ?

  4. Juozzz tips-nya Lek… Intinya keringkan semua bagian, utamanya socket-socket kabel, aki, bersihkan busi… Ganti oli mesin & oli gear, kuras tangki bensin. Jangan hidupkan mesin sebelum semuanya yakin beres.

  5. Nah iki saran dari blogger kesanyanganku,

    Mana ada blogger mantap kaya gini seperti mas iwb, lulusan T. Mesin terbaik dunia MIT.

    Juozzz Gandozzz ?

  6. Seingatku pernag Ada tes mio j direndam 24 jam di empang. Diangkat terus dibongkar semua Dan dibersihkan total ternyata masih hidup Normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here