iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…IWB benar-benar penasaran dan gatal, mungkin itu yang IWB rasakan setelah melihat sosok skutik terbaru Suzuki Saluto 125. Desain yang cakep puol koyok ” sogok thuntheng ” dan masih sebatas diperkenalkan di Taiwan membuat IWB berinisiatif kontak pejabat tinggi PT SIS yakni Mimuro san, Pak Yohan Yahya dan Banggas Pardede. Sayang untuk kedua pejabat pertama dan kedua tidak ada respon atau reply. Namun tidak dengan pak Yohan yang sigap memberikan reply kemungkinan Saluto 125 dibawa ke Indonesia. Nah…apa jawaban Suzuki ? berikut detilnya…

Artikel kelahiran Suzuki Saluto 125 benar-benar booming cak. Hanya satu artikel tersebut mampu mendongkrak hits yang cukup signifikan diwarung Iwanbanaran. Bayangin…hanya dalam kurun waktu 24 jam artikel ini sudah dibaca sekitar 25 ribu kali, record bagus untuk artikel brand Suzuki. Itu belum termasuk di Iwanbanaran FB fanspage yang mampu menjaring minat 44 ribu followers termasuk komen yang tembus 400-an komen. Cukup baik dan tanda biker tanah air tertarik banget dengan Saluto 125..

Fakta tersebut juga terungkap dari followers IWB di Instagram. Mayoritas meminta supaya IWB menyampaikan ke PT SIS membawa Saluto 125 ketanah air. Permintaan dan saran yang tentu saja harus IWB sampaikan sebagai amanah dari sampeyan semua mengingat IWB kenal betul dengan para pejabat tinggi di PT SIS. Kendati Mr. Seiji Itayama sudah tidak lagi memegang kendali penuh roda dua karena sekarang telah menjadi President Direktur PT SIS, namun ada tiga nama yang memiliki kekuatan di roda dua yakni Mimuro san, Yohan Yahya serta Banggas Pardede….

iklan iwb

Sayang dari ketiga yang IWB kontak hanya Pak Yohan (Head of Marketing Department) yang langsung memberikan respon secara sigap. Dari penuturan beliau bisa kita simpulkan bahwa Suzuki ternyata memantau berita ataupun artikel yang sedang booming. Pak Yohan secara khusus mengatakan bahwa Saluto 125 merupakan bukti bahwa Suzuki terus memperhatikan arah trend otomotif global.” Pagi mas Iwan ….apa kabarnya ? Memang benar suzuki salutò 125 punya design Yang agak berbeda dengan brand lainnya, dan ini menunjukkan bahwa suzuki tetap memperhatikan arah dan trend otomotif global.…” seru pak Yohan Yahya…

Tapi tentu bukan itu jawaban yang sedang kita tunggu. Namun apakah PT SIS akan membawa Saluto 125 ketanah air ? kuwi yang membuat kita penasaran. Dan ternyata jika kita tangkap dari kalimatnya Suzuki Indonesia tidak menampik ketertarikan mereka terhadap Saluto walau jujur jawabannya masih bersifat diplomatis. ” Mengenai kemungkinan model ini masuk Indonesia, masih kami kalkulasi dari beberapa sisi agar bisa kompetitif di market Indonesia…” tutup Pak Yohan. Nahhhh….ngono cak. Jadi setidaknya mereka-mereka tahu bahwa mayoritas kita tertarik. Bagaimana mereka merespon permintaan ini…kita tunggu saja geliatnya…

Last….dalam pandangan IWB Suzuki saluto 125 memiliki potensi besar untuk mendapatkan perhatian lebih jika dipasarkan di tanah air. Desain yang rupawan alias cakep… enak dilihat dari sisi manapun serta memiliki desain yang berbeda, IMHO…. Suzuki Saluto 125 sepertinya akan disambut antusias biker tanah air. So…. saran IWB, PT SIS betul-betul mempertimbangkan secara serius untuk memasarkan Saluto 125 ini di Indonesia. Tapi IWB tahu, tidak mudah untuk melakukannya karena PT SIS harus mendapatkan restu dari SMC (Suzuki Motorcorps Jepang). Dan dari pengalaman masa lalu, jika sudah mengenai itu, alotnya bukan main. Kendalanya kuwi cak. Semoga saja tidak untuk kali ini. Saluto 125? wisss to ora usah kakehan mikirrrrr…laris neh motor kalau banderol oke, bener ora pakdeee :mrgreen: …..(iwb)

 

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

140 COMMENTS

  1. ” Mengenai kemungkinan model ini masuk Indonesia, masih kami kalkulasi dari beberapa sisi agar bisa kompetitif di market Indonesia… mungkin 10 atau 20 tahun lagi baru kita masukin”

  2. Mahal kayak Kymco kalo CBU Taiwan, kecuali ada agenda buat jadi produk global, baru Indonesia ada kesempatan buat produksi lokal di Tambun.

  3. Ngimpi kan…
    Disini mah cukup nex II sama address aja yg dah ketinggalan zaman. Makanya berdebu kan di dealer. Sy pernah ke dealer semplak bogor

    Tantangan buat suzuki, bisa ga segera bikin produk lokal yg fitur nya mirip freego s dg desain yg ciamik & lbh langsing. Harga kompetitif.

  4. Kalau dimasukin ke sini, bukan suzuki indonesia namanya…. Tunggu beberapa puluh tahun kemudian, baru suzuki masukin… Suzuki…. Semakin ketinggalan….

  5. Jujurrr sing Elek alias ga bagus cuman bagian behel tok alias behel saja caxxx….selaine wes uwapikk kabeh alias bagus semua !

  6. Sijuki butuh waktu 5 tahun untuk kalkulasi, sijuki memang terkenal lemot & tidak bisa membaca peluang market. Mending gak usah dijual disini, dealer & bengkelnya sudah banyak pada koit, kecuali kalau mau numpang di indomaret & alfamart

  7. Yaa saluto emang cakep tapi suzuki indonesia kebanyakan perhitungan nya,,udah ketinggalan jauh baru dibrojolin,keburu ditelikung lawan,,,cobalah suzuki bergerak cepatt,,we love cucuki tapi klo cucuki ga ada respon pasti ditinggal konsumen

  8. wesss ora usahh repot2 ngeluarin produk lg sizuki…lanjutkan trend mbudreeegg mu..agar memecahkan rekor pabrikan termbudreeegg

  9. bikin mesin ngga usah bandel bandel amat,konsumen sini lebih hobi servis/ganti oli tiap 2 bulan sekali,niscaya bengkel resmi pasti nambah ?

  10. Mending suzuki jualan beras aja di Indo, di jamin laku. Daripada kelamaan ngitung2, pabrikan besar koq geraknya lemot.

  11. Mending g usah ikut2an Ki.. Berat Ente bersaing dgn Beat Cs.. Bukti nyata Yanana (Mio Cs) aja g kuat ngejar (Penjualan) apa lagi sizuki yg g konsisten dgn productxa sendiri.. Bakal numpuk n berdebu digudang tuh barang.. Wkwkwkwkwk

  12. Masalah utama ada di SMC yang lambat merespon SIS , jdi tertahan untuk berkembang . Skalinya di acc pasti ada saja penyunatan fitur dan bentuk model yg aneh aneh

  13. Kymco like150i bakal ada temen main.
    Btw kalau like aja udah nyenggol 30jt harusnya ini di bawahnya, tapi lihat trend motor dengan fitur seperti ini… Mungkin akan di bandrol sejajar lexi.
    Semoga segera di acc dan di lokalkan biar bisa sejajar di vario 125. Syukur2 di bawah nya buat penetrasi pasar. Kalau sejajar ke beat-genio jelas bakal overkill ke 2 musuh raksasanya.

  14. Saya siap jd yg pertama beli ni motor kl bnrn djual dimari..racun nya kuat..
    Suzuki dengarkanlah…sblm dsampluk sandal swallow ama gedang goreng
    Tagline nya harus ganti inovasi tiada henti lagi… ?

  15. Gak bakalan di bawa k Indonesia, soalnya model nya tlalu kereen.. sgt bbeda dgn ciri khas Suzuki Indonesia.. ?. Suzuki Indonesia Lebih tertarik bawa model Made in India .. ?

  16. @mikir. saya user address. Ente kata address ketinggalan jaman, emang secanggih apasih metik 110 honda atau yamaha? Bisa terbangkah? Starter senyap cuman ane service rutin diberes samarinda udah senyap tanpa mesti ngikut honda, parking brake lock ada. Apa sih kecanggihan dibanggain selain merk? Paling juga masalah starter, switch stand, idling stop buat hemat bbm? Emang seirit apa klo udah pake idling stop?
    Ane mantan user vario 125 yang borosssss(ane juga pemakai harian vario 110 inventaris sebelum resign). Ga terlalu gunalah gimmick macam itu buat ane yang bukan brand minded honda dan yamaha. Ane adalah tipe user yang memperhatikan desain, build quality, ketahanan mesin, kenyamanan makanya ane ngambil vario 125 old dan mempertahankan address (dan rencana vario 150 2019 karena ane suka desain dan iritnya menemani address).

  17. Pernah beli shogun 110 th 2001, ganti shogun 125 th 2005. Berikutnya matic honda. Kalau saluto hadir, setelah 15 th, akan beli motor suzuki lagi

  18. Di bikin 150cc dan jangan di rubah modelnya lalu harga 22juta bisa laris nih

    Kalo mau sunat fitur paling keylessnya aja, yg lain jangan di sunat biar tetep ganteng 🙂

  19. Apalagi yg harus dipertimbangkan? Lha wong gsx bandit 150 saja mau njual,masa saluto ga berani njual disini? Itu namanya manajemen ga mikiiir…

  20. Lamban ya suzuki. Dengan struktur organisasi yg sangat bergantung jepang, suzuki akan sulit bersaing di indonesia. Kl ga berubah suzuki
    dari sisi managemen dan design, lama2 suzuki bisa gulung tikar Indonesia.

  21. kalau jawabannya diplomatis seperti “masih kami kalkulasi” atau sejenisnya, berarti kemungkinan besar gak akan masuk ke sini.
    jadi jangan terlalu berharap banyak.
    lah itu Brugman saja yg katanya sedang kalkulasi bertahun-tahun tetap gak kelihatan batang shockbreaker nya sampai sekarang.

  22. @Joey
    Ada benarnya Bro pendapat mu
    Tapi ada juga alasan kepraktisan termasuk kemudahan cari bengkel/ sparepart jadi alasan pilih motor.
    Saya pribadi gantian antara Honda dan Yamaha. Kharisma – Scorpio Z – Vario 125 dan sekarang Aerox 155.
    Tapi saluto ini bisa jadi alternatif bagi konsumen selain Vespa

  23. Bungkus cak.. Uwapik pol nek sing iki.. Sumprit.. Scoopy bakal kebanting kalo dijejerin iki.. Asli..
    Ayo suzuki.. Ojo kesuwen.. Gas wiisss

  24. Buruan Suzuki ,kayak beruang kutub aje, dah kenyang molor hybernasi, keluarain produk banyak habis itu adem maning. Ini buat Suzuki Indonesia lho.

  25. suzuki pantesnya jualan gas melon saja. di jamin laku tanpa promosi. tinggal tabungnya di cat biru khas suzuki plus kasih stiker suzuki auto laris ngalahin beat.

  26. Ga didenger kyknya.. jualan motornya msh setengah hati.. lbh profit jualan new Ertiga, Ignis sama baleno n kendaraan komersial kyk carry n apv.. ?

  27. Kalo sampai masuk Indo dan harganya reasonable alias gak harus murah2 banget, mungkin akan jadi motor Suzuki pertama saya 😀

  28. cak didesak trus tuh sis indonesia.mosok respone lambat tenan suzuki…klo jualan di indo mah volume maker.jauh lah sama taiwan…ini pasti laku banget.scoopy killer.

  29. Sprti saya yg pertama kali lihat postingan sampean cak, langsung terpikat dengan design motor ini. Banyak rekan saya yg sama seperti saya penunggang motor kopling pengen beralih ke matic tapi design matic yg ada sekarang sangat membosankan. Sempat terpikir untuk meminang peugeot django tapi harganya diatas 30 dan kelangkaan spareparts membuat saya berpikir ulang. Tapi saat lihat motor ini saya g pikir2 lagi pasti saya ambil klo brojol dimari, yg jelas harga pasti dibawah 25 langsung bayar lunas.

  30. sangat sangat cakep, build qualitinya bukan klaeng2, tp klo masuk ke indo mungkin harganya setara pcx/nmax jd harganya gk bersaing.
    klo di produksi lokal kyknya gk sanggup suzuki.
    yahh sayang sekali cuma isapan jempol belaka.

  31. Suzuki, innovasi tiada henti.

    Tetapi untuk konsumen, nanti-nanti.

    Asal ada model bagus yang sesuai selera konsumen, dihitung2 dulu.
    Pas produknya ga disukai konsumen, dipasarin. Ntah apa yang merasukimu.

  32. Bagus sih modelnya. Kalo masuk sini sy yakin laris.
    Tapi sy tdk janji akan membelinya,…masih banyak angsuran, duitnya blm mencukupi

  33. Gak yakin kalau bakal dibawa kesini.
    Contoh GSX-S minta diubah ke jok datar aja malah keluar Bandit yang culun. Gak seram.
    Gak matching antara muka, nama sama body
    Dulu juga banyak yang minat Swish, tapi mana?
    Sudahlah, gak usah diharapkan ni Pabrikan.
    Kalaupun keinginan kalian terwujud, ambil sisi positifnya.
    Sementara belum terwujud, pilih yang pasti-pasti aja.

  34. Palingan Burgman stress yg dimasukin sini,kan principal Jepang nganggepnya selera orang Indonesia dipukul rata sama ama India, mentang2 dlm bahasa Jepang India itu disebutnya “indo” ?

  35. Kalau beneran masuk indo dan harganya masuk akal untuk motor 125cc, ane batal minang scoopy. Serius ini Saluto modelnya keren abiesss…

  36. Terimakasih kang Iwan yang udah menyampaikan ke petinggi SIS.semoga di boyong ke indonesia.kasih harga maksimal 20jt mantap tuh

  37. To read between the lines.. feeling saya kendala suzuki ada di COST.
    Cost cuma bisa rendah klo kandungan lokalnya tinggi semantara suzuki jepang sepertinya belum percaya quality lokal bisa sama dgn di jepun, alhasil ketergantungan impor masih sangat tinggi, apalagi klo ini produk global yg mungkin ada kuota produksi di tiap market.
    Tapi klo mereka ada kemauan pasti ada jalan kok.. pertanyaannya apa meraka mau spend- resource utk bergelut di market yg sudah 100% dimiliki kompetitor ? rasanya suzuki gak punya daya juang utk itu..sehingga akan lebih masuk akal bila produk ini dijual secara limited/exclusive/CBU. Market motor premium di indo pun sangat gurih.. kaum menengah tumbuh pesat & mereka sangat rela membayar premium utk produk yg anti-mainstream.

  38. “…Tapi IWB tahu, tidak mudah untuk melakukannya karena PT SIS harus mendapatkan restu dari SMC (Suzuki Motorcorps Jepang). Dan dari pengalaman masa lalu, jika sudah mengenai itu, alotnya bukan main. Kendalanya kuwi cak. ”

    dari sini aja udah terjawab kang IWB, bahwa kita semua sedang ngimpi..

    hahahahaaa…. terus kang!.. panas2in teruuuss..!! sampe pak Yohan diangkat jadi direkturrrrr..!! kali aja suzuki berubah seperti era Om Soebronto Laras…

  39. Ccnya jadiin 150cc. Pasang harga dibawah 30jt. Si picex langsung auto kejang-kejang.

    Oiya, ganteng banget lek tampangnya saluto. Kayak muka ku. Ekekekekkee

  40. Mimuro san, Yohan Yahya serta Banggas Pardede
    Kurang satu kang…Du2nk san ga di tanyain …??

    Kalau ane jadi petinggi suzuki langsung ane bawa…kalau ga di ijinin sama SMC ane langsung ngundurin diri…buat apaan jd petinggi SMI/SIS kalau suaranya ga di denger ama SMC…

    Hahaha

  41. Wis Suzuki jgn mikir lama2 buruan masukin ksini di IIMS besok. Kasih dua varian 110 (non keyless) & 125 (keyless). Yang varian 110 kasih harga mepet dibawah scoopy pasti yg inden scoopy langsung pada mlipir dan varian 125 sebagai tipe tertinggi dijamin bakal auto laris. Karena konaumen Indo ngga cuma butuh motor irit dan kencang tapi TAMPAN.

  42. Refreshlah produk2mu suzuki kembali lah keera jaman shogun yang jaman segitu model paling oke paling laris ditempat ane. yakin jika mampu memenuhi kebutuhan pasar pasti market share naik

  43. Suzuki ga akan bawa motor itu ke Indonesia karena Suzuki jepang sedang Fokus ke Alex Rins yang sedang naik guna menguatkan kembali bahwa Suzuki motor kencang.
    Suzuki itu payu ra payu sing penting Nama Besar Brand Kencang tidak pudar.
    Bos jepangnya kayaknya suka motor kencang

  44. SiJuki jualan kemoceng aje udah,
    Ud Kbanyakan mikir,
    Ehhh malah ujung2nya nelorin produk2 yg bkin sakit mata,

    Mending jual kemoceng, trs sisa mesin2nya buat bkin parutan kelapa, sama mesin jahit, wkwkkkk

  45. Butuh lebih dari sekedar pimpinan biasa untuk suzuki indo. Butuh yg berani ngeyel berani bertindak. Ga cuma ngikut jepang aja. Kalo animo udah sangat tinggi, mau gimana caranya harus diusahakan, g cuma diam nunggu keputusan hakim jepang. Kalo ternyata saluto laris apa nggak nyembah2 pimpinan jepang auto yakin sama direktur suzuki indo gantian mereka yg ngikut selera pasar sini. Pabrikan lain aja berani memprioritaskan pasar indo demi kelanjutan pabrikan kok ini masih kekeuh aja. Bukan omongan, tapi bukti. Kalo emang masih nunggu bisa kan impor dulu 20 – 50 unit dengan harga import, dijual auto laris sampe abis barulah CKD in. Harga sesuaikan. Itu pun kalau masih mau dengerin permintaan pasar.
    Kutunggu hadirmu

  46. menurut saya,1 hal yg masih melekat pada tubuh suzuki motor,idealizm.
    itu yg memebuat mereka beberapa step di belakang

  47. Dari dulu seperti ada pengkhianat di dalam management suzuki motor.
    Pas shogun 110 lagi booming2nya bahkan mengalahkan penjualan impressa waktu itu, eeee tiba2 diganti smash.
    Pas thunder 250 lagi mulai banyak peminat, eeee malah disuntik mati, bukannya disegarkan tampilannya, padahal saingan berat tiger 2000 saat itu.
    Pas shogun 125 sp mesin gold mulai mendapat tempat, eeee.. mesin gold identitas sp diganti warna silver.

    Sekarang, pas saluto banyak yg merespon positif, apa lagi langkah blunder suzuki.??

  48. SMC terlalu lama mikir cak, contoh Brugman, DRseries gak nongol”. Ya memang semua butuh perhitungan laba rugi. Tapi kalo masih mau bertahan di Indonesia SMC kelamaan cak keburu tuo. Padahal jujur saya mau beli motor aja rada bosan dengan pabrikan Y, H, dan K. Kurang variatif dan pilihan alternative. Ada sih yg bagus TVS tapi sayang 3Snya kurang.
    Saya harap Suzuki buruan sadar.

  49. Gw penggemar Vespa baru kali ini ada matic Jepang yang gw lirik… Tampilan saluto mirip skutik calssic elegan gaya eropa… Yang pasti harga jangan lewatin Honda bakalan gw incer lo… Kali ini gw salut sama saluto…

  50. Desain gado2 dari Vespa, Kymco, Lambretta gak ada yang “wow” dari motor ini..hanya logo S nya yang bikin orang “gak percaya” klo ini motor S.. karena selama ini desain S nyeleneh semua gak sesuai selera di sini.
    Hanya opini logika

  51. Desain ini hanya untuk pasar Taiwan, karena tau sendiri persaingan motor matic di sana sangat ketat sekali dengan pemakaian matic mayoritas belum lagi untuk melawan Kymco sebagai tuan rumah dan pabrikan yang lainnya.
    Maka desain bukan hanya harus bagus ala2 Eropa, tapi fitur juga harus lengkap

  52. klo bisa kesini……minimal punya pilihan yg tdk itu itu saja…..yg kalo diparkiran mudah mencarinya krn beda dan punya kelas…..

  53. Giliran sek model apik, metune neng luar… Nek sek kurang opo ketinggalan jaman lagi lebok ke Indonesia …. Pantesan kalah saing neng Indonesia..

    Padahal nek metu neng Indonesia , langsung angkut iki.. nek kesuen yooo selak kalah Karo hon,Yama meneh

  54. SMC lebih cinta desain india
    SIS cuma bisa manggut manggut disesatin SMC
    BANGKRUT AJA LAH KALO GA NIAT JUALAN!

  55. sebenarnya males baca berita soal suzuki soalnya banyak ga nyatanya, suzuki sering buang2 peluang…
    tapi krn ini keliatannya bagus jd penasaran, ternyata bnr BAGUS……!!!!! Dan ini jg kemungkinan tdk akan nyata lagi buat masuk ke indonesia….

  56. Buat SUZUKI jangan kelamaan keluarin model bagus seperti ini….karena desainnya memang beda dengan pabrikan lain….kalau kelamaan keburu Honda yang ngeluarin, dan kalau itu sudah terjadi, sudah terlambat buat SUZUKI…karena terlanjur banyak yg udah beli HONDA….

  57. Kurang sithik, Mas Iwan. Besi begelnya mini amat, pada foto ky batang besi cor no.8 sekilas tampak kurang kokoh. Nggak tahu klau asline sepira…😁

  58. Pesan satu cak…..aku sudah pakai Suzuki bravo, sekarang pakai Suzuki sky drive, 10 tahun masih jos mesinnya, waktunya ganti Suzuki saluto. Punya juga Honda beat tapi jarang dipakai. I love Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here