iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…asli IWB bengong terngowoh-ngowoh saat ngobrol santai dengan salah satu pejabat tinggi Suzuki 4 wheels. Lha piye cak…record luar biasa untuk dunia otomotif mengingat inden sebuah produk tidak lagi bulanan namun sudah mencapai 20 tahun. Konfirmasi ini dilayangkan cak Donny Saputra, Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang terpaksa harus menghentikan inden Jimny karena membludaknya inden. Welehhhh…..

IWB mengira inden Honda Monkey 125 sudah paling lama buat kendaraan. Sebab untuk memiliki si “Monyet” setidaknya sampeyan kudu menunggu 1-2 tahun. Namun ternyata rekor Honda Monkey 125 tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Suzuki Jimny. Mobil berbentuk kompak ala Mini SUV tersebut Laris Manis diserbu konsumen yang ingin meminang sang SUV. Namun untuk memiliki mobil ini ternyata butuh perjuangan dan kesabaran yang luar biasa. Konon membludaknya konsumen membuat Suzuki harus menyetop pemesanan sejak bulan ini karena lamanya inden sudah mencapai 20 tahun. Ediannnn…

” Kami putuskan beberapa waktu lalu, inden Jimny setop dulu, penerimaan SPK setop dulu. Kita sudah sampaikan ke diler..” seru Seiji Itayama (Presdir PT SIS). Ditempat terpisah, Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) cak Donny Saputra mengungkapkan..” Update terakhir yang saya dapatkan, ada diler di Jakarta yang daftar indennya sudah mencapai 250 orang untuk satu diler. Coba bayangkan kalau masing-masing diler hanya dapat jatah 1 unit per bulan, artinya indennya sudah mencapai 250 bulan atau 20 tahun,”ujarnya…

iklan iwb

Fenomena inden yang ugal-ugalan tidak lepas Karena rasa antusias yang luar biasa terhadap Suzuki Jimny. Faktor kedua adalah Jumlah kuota yang diberikan oleh Suzuki Jepang yang tidak terlalu banyak. Sebagai informasi Suzuki Jimny hingga saat ini masih diproduksi di Jepang. Dari sana mobil yang memiliki desain legendaris tersebut diekspor ke seluruh negara dunia termasuk Indonesia. Karena hanya diproduksi di Jepang maka kuota yang diberikan juga tidak terlalu banyak. Untuk Indonesia sendiri saat ini hanya mendapatkan jatah 50 unit per bulan. Wiss sampeyan bayangin wae cak…bener-bener eksklusif neh…

Last…. untuk meredam eforia Suzuki Jimny, PT SIS sampai menghentikan segala bentuk aktivitas Digital marketing. Bahkan mereka juga menghentikan berbagai test Ride yang dilakukan oleh reviewer. Namun ternyata langkah tersebut tetap tidak mampu meredam keinginan para konsumen yang ingin memiliki Jimny. Tidak heran harga Suzuki Jimny bekas saat ini melambung tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan barunya. So… Suzuki Jimny inden sampai 20 tahun? Yang inden benar-benar luar biasa. Lha piye cak…. nunggunya dari muda Sampai tuwo…hebat  kieeee :mrgreen: …. (iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

67 COMMENTS

      • build quality jimny asli japan bos, dirakit di sono bukan dinegara lain untuk menjaga kualitas.
        jika dirakit dimari kualitas pasti beda jauh…

    • Kapasitas produksi kecil ya susah…lagian dijalanan jadi biasa ni mobil..kaga eye cathing…masih mending Cooper ? but..oke sih buat tukang koleksi.

      • Fbh otak di dengkul Cooper dibandingin sama Jimny. Beda segmen. Mini Cooper buat di dalam kota, Suzuki Jimny buat offroad. Ini nih kalo mainannya cuma motor, motor mbit lagi, cicilan 36 bulan lagi. ckckck ekekekekkee

      • Itu jimny dan cooper harga mirip2 ,dan gua jamin…kalau jimny yang ini kaga dipake untuk offroad tulen ? kalau spek bisa buat offroad sih iye.
        Otax ente yang d dengkul

    • @wawanprapatan dongok kamu, komen tertololl yg pernah saya liat, motor saya honda, mobil saya crv, tetangga saya juga banyak yg punya mobil sama motor honda, asal bunyi aja mulut kau

    • Inden 20 tahun sebetulnya PHP…..kek motor barunya ngga pernah di brojolin di tanah air…..cuma ada di negeri seberang…kesian Fbs ???

    • Betul pak,

      tp pake air rendaman sendal swallow yg dikasih jampi2 mantra ajian lampah lumpuh pak,

      Dijamin ngacir larinya

  1. Karena susuki gak ngira jimni bakal mbludak .. Biasanya gak ada yang laku keras.. Lakunya biasa” aja.. Akirnya produksinya juga nyantai ..

    • si jimin emang bombastis, design seperti mercy G5, build quality tidak diragukan…japan langsung,
      sayangnya ada permainan dealer dan uping yang bombastis pula.
      harga dari 324 menjadi 350, itu saja tidak mengikat saat unit sampai.

  2. Jatah Indonesia per bln 50 unit, berati 1 tahun indonesia dpt jatah 600 unit cak, lha ya g mungkin smp 20 tahun inden, toh paling banyak yg inden dr pulau jawa, kan bisa shifting tuh jatah utk diler lain di kurangi utk nutup indenan di diler yg inden ny nutup, sampean wes beda koyok bien cak iwb, mohon maaf skrg pean agak lebay bahasa artikel e

    • jimny disebar merata diseluruh indonesia, tidak bisa shifting, jadi pulau jawa dan pulau kalimantan jatahnya sama. apalagi kota besar dengan demand tinggi….otomatis antrean inden bisa lebih lama dibanding kota dengan demand yang rendah. yogyakarta saja tahun 2019 baru dapat 2 unit

  3. Fbh otak di dengkul Cooper dibandingin sama Jimny. Beda segmen. Mini Cooper buat di dalam kota, Suzuki Jimny buat offroad. Ini nih kalo mainannya cuma motor, motor mbit lagi, cicilan 36 bulan lagi. ckckck ekekekekkee

  4. Suzuki menurut saya pabrikan dengan pakem tuning sejajar dgn honda bisa dibilang diatas Tyot dan Dihats. Singkatnya mesin R4 Suzuki khususnya pengerak FWD termasuk bertenaga dan irit.

    Dulu mesin Suzuki pengerak RWD umumnya kompresinya rendah contoh mesin G series, termasuk apv G15A.
    Baru tahun ini suzuki menggunakan mesin generasi terbaru K15B dimana kompresinya tinggi 10,5:1 untuk kendaraan niaga pengerak RWD maupun mobil adventure seperti Jimny.
    *Meskipun didowngrade powernya sedikit.
    *Kendaraan niaga (new carry 2019) & jimny2019 4WD, 2H, 4H atau 4L reduksi gearbox-gardan umumnya lebih rendah dari reduksi FWD (ertiga).
    Mungkin ini salah satunya yang bikin suzuki jimny 2019 sangat menarik & fenomenal. Sayang suzuki terkesan ogah-ogahan.

    Pabrikan Honda, nissan, isuzu, mitsubishi mana mungkin bikin mesin kompresi tinggi, DOHC16 Valve, <1800cc, dgn Pengerak RWD; kecuali pabrikan yg tuningnya mesinnya payah kaya tyot dan dihats
    Cmiiw

  5. Artikelnya Spekulasi. Lebay.. Krna di bilang Jatah 50 Unit langsung d kalkulasi bsa smpe 20 tahun.. ckckck
    sejak ada Berita Upping price dan Inden dan jatah Buat Indonesia jimny cuma sedikit.. Car enthusiast ga ada yg tertarik tuh buat Indent smpe segitunya.. udah Lewat 1 tahun aja Udh nyari Mobil lain.. lgian Mobil itu umurnya cuma 2 -3 tahun Facelift.. hanya orng bodoh yg mau Inden sampe 1 tahun lebih.

  6. Suzuki menurut saya pabrikan dengan pakem tuning sejajar dgn honda bisa dibilang diatas Tyot dan Dihats. Singkatnya mesin R4 Suzuki khususnya pengerak FWD termasuk bertenaga dan irit.

    Dulu mesin Suzuki pengerak RWD umumnya kompresinya rendah contoh mesin G series, termasuk apv G15A.
    Baru tahun ini suzuki menggunakan mesin generasi terbaru K15B dimana kompresinya tinggi 10,5:1 untuk kendaraan niaga pengerak RWD maupun mobil adventure seperti Jimny.
    *Meskipun didowngrade powernya sedikit.
    *Kendaraan niaga (new carry 2019) & jimny2019 4WD, 2H, 4H atau 4L reduksi gearbox-gardan umumnya lebih rendah dari reduksi FWD (ertiga).
    Mungkin ini salah satunya yang bikin suzuki jimny 2019 sangat menarik & fenomenal. Sayang suzuki terkesan ogah-ogahan.

  7. Di australia harganya cuma 210an juta, di sini dijual 320an juta, jangan2 orang indonesia lebih makmur drpd orang australia?

    210an juta itu, dengan tjatatan, suzuki australia udah dapet untung lumajan loh….

  8. Kapan nie HONDA bikin mobil kayak Suzuki Jimmy, DAIHATSU/TOYOTA ntar lagi ngeluarin Mobil SUV Rocky buat bersaing dengan Suzuki Jimmy

  9. semoga kasus inden Jimny ini bisa membuka mata Suzuki & Indomobil kalau konsumen Indonesia itu sebenarnya suka Suzuki JDM, bukan (Maruti) Suzuki India.

  10. keburu muncul jimny2 lain versi ev.. ev didepan mata gais, nggak bisa dipungkiri, bentar lg minyak bumi ditinggal.. trus buat apa recently keren, paling gaul sejagat raya tapi no longer exist.. beli yg biasa aja udah kalo sekarang ini, nabung buat besok beli ev yg paling keren.. maju terus ev for better future!!

  11. Seng kebangeten kuwi Jane Suzuki Jepun. Wong wes ngerti menawa di Indonesia kuwi peminat e Jimny Akeh, mbok Yo PT. SIS diperintah produksi Dewe di Indonesia.. tobaat SMC, krik pokoke ???

  12. Itu pihak suzuki lagi ngelantur dan bohong gede..mosok inden sampe segitu lamanya..biasa deh karena produknya kurang laku dan yang ini ketiban rezeki laris manis jadi ngomongnya hiperbola..inden 2 bulan di bilangnya 20 tahun..emangnya produk apaan biasanya aja tuh..yang ngidem mobil ini palingan juga yang demen ngayal jeep rubicon..lumayan rada2 mirip

  13. Ga ngerti lagi strategi marketing sujuki jepun sono, pinter e ra ketulungan
    Divisi motor di suntik mati, ini jg mau suntik mati divisi mobil, sok ekslusif segala
    Malu cok mau nyamain pabrikan lo sekelas lexus or duo ngeropah

  14. Harusnya di produksi di indonesia aja. Tapi butuh dana investasi yg lebih besar buat diproduksi di indonesia karena Suzuki keukeuh Quality Jimmy harus standar Pabrikan Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here