iklan iwb

Iwanbanaran.com – Ganteng cakkkk….pertama kali melihat foto skutik Suzuki terbaru ini IWB langsung kesengsem. Berlabel Saluto 125, sampeyan akan melihat sebuah desain bergaya Eropa banget. Pendekatan berbeda dan kita seperti melihat sebuah produk garapan Piaggio dengan Vespanya. Yup…kendati konon diracik untuk mengganggu pasar Honda SH125i ataupun Yamaha Filano…tapi desain yang ditawarkan Suzuki ini lebih cakep dari perkiraan. Ahhh tenaneeee ? intip wae detilnya dibawah ini cak….

Di ajang Taipei motor Show 2019, Suzuki secara mengejutkan memperkenalkan platform terbaru sebuah skutik yang memiliki desain Eropa berlabel Suzuki Saluto 125. Skutik yang memiliki desain gabungan Italia, Jepang dan Taiwan memang terlihat sangat rupawan. Mungkin menurut opini IWB dibandingkan dengan dua Rival mereka yakni Honda SH125i ataupun Yamaha Filano, Saluto lebih “Asia”. Tarikan-tarikan tegasnya mampu memberikan sebuah image yang sangat kuat bahwa skutik ini kental Eropa…

Intip saja tebeng depan yang mengkotak namun cenderung Lancip dengan headlamp tipis ditambah siluet DRL. DRL ini akan menyala ketika engine ON. Kemudian di bagian tengah nongol logo Suzuki emblem 3D yang dipertegas dengan sebuah tarikan ke bawah lurus hingga area spatbor. Suzuki Saluto 125 dijejali ban ukuran 12 inchi dengan profil lebar sehingga terlihat padat. Melirik ke area speedometer kita akan menemukan gabungan speedometer model analog serta digital. Untuk angka speed ditunjukkan secara analog sementara odometer hingga display bahan bakar ditunjukkan secara digital…

iklan iwb

Yang membikin motor ini mewah, Suzuki memberikan list Chrome pada cover tepi speedometer. Cakep cak. Cakepnya desain juga terlihat di area Dek. Menganut model rata sampeyan akan tercengang sebab sekilas permukaan Dek mirip Vespa lewat hadirnya garis horizontal mengikuti arah kaki. Tidak hanya itu pada body samping designer Saluto 125 juga memainkan perannya dengan siluet cekung ke dalam hingga bokong. Ditambah behel model Chrome dikombinasikan jok berwarna coklat. Cakepnya Saluto 125 juga dipertegas stop lamp yang sudah dibekali LED yang bisa menyala terang mengitari stop lamp sehingga terkesan seperti cincin ketika engine dinyalakan. Yang unik di bagian tengah bukanlah bagian reflektor…

Yup… justru di bagian ini nongol casing sewarna body. Berani tampil beda euy. Dan untuk Saluto 125 ini Suzuki memasang lampu sein terpisah dari stoplamp alias nempel di casing buritan. Unik cak…. tapi cakep. Kerennya lagi motor ini sudah dibekali dual suspension yang bisa diatur kekerasannya. Termasuk bagasi besar karena tangki BBM dipindah di bagian depan hingga hadirnya fitur hazzard, USB charger ataupun keyless. Juozz tenan kieee. Pertanyaannya Bagaimana sektor dapur pacu dan kapan motor ini akan dipasarkan secara resmi?

Untuk mesin Saluto 125 menggunakan basis engine Suzuki Swish 125 yang pernah IWB bahas sebelumnya. Mesin Saluto 125 memiliki kubikasi murni 124 cc SEP (Suzuki Eco Perfomance) yang mampu memuntahkan tenaga hingga 9,4 PS di 7000RPM dan torsi 10NM@6000RPM. Dan berkat teknologi SEP Suzuki saluto diklaim sangat irit dimana 1 liter bensin Bisa menjelajah hingga 51,1 km. Ini luar biasaaaa. Untuk sementara Suzuki Saluto 125 memang baru dipasarkan untuk market Taiwan. Namun seiring waktu berjalan motor ini disinyalir akan dipasarkan secara global..

Last…dalam pandangan IWB Suzuki saluto 125 memiliki potensi besar untuk mendapatkan perhatian lebih jika dipasarkan di tanah air. Desain yang rupawan alias cakep… enak dilihat dari sisi manapun serta memiliki desain yang berbeda, IMHO…. Suzuki Saluto 125 sepertinya akan disambut antusias biker tanah air. So…. saran IWB, PT SIS betul-betul mempertimbangkan secara serius untuk memasarkan Saluto 125 ini di Indonesia (hayoo Mimuro san, pak Yohan Yahya dan tim, gazzz dipelajari wissss :mrgreen: ). Semoga saja dimasa depan. Nah… Seperti apa sosok nya? Intip saja foto-fotonya berikut ini. Juhhhh iki sih ganteng pakdeeee….setuju oraaaa ? (iwb)

157 COMMENTS

  1. Mantap gila. Masukin di Indonesia, harga 22an pun saya rasa ttp laku, apalagi klo bagasi muat helm fullface. Ketegori ini pembelinya spesifik, bukan kaum mending-mending.

  2. Inibaru inovasi tiada henti Suzuki..kalo mau jualan dimari bawa yg ginian..otomatis laku kaya kacang goreng..buang design wagu aneh nyeleneh ky skrg.. untuk motor ini saya kasih saran cepet dijual di indonesia..gsx tgl ganti rangka deltabox ala fxr dan design rubah.. moga petinggi suzuki melek woy..

  3. Ora percoyo suzuki indonesia mau menelurkan motor seperti ini di indonesia, fokusnya mereka itu India jadi kiblat desainnya itu kesana. Ngimpi !
    Tiwas sakit hati mau boyong burgman lokal ditunggu kagak nongol2. Basi.
    Pergi aja dari Indo kalau gak niat jualan

  4. Desain oke apalagi kalo bahan plat besi.
    Cuma Kalo mesin lebih efisien pake mesin next-II 113cc, Bore/stroke 51mm/55,2mm=0.9239, velg ring 14″.
    Sedangkan swish 125cc bore/stroke 52mm/57,4mm=0,9146, velg ring 10″.
    Jadi bisa diproduksi lokal sedangkan kalo pake mesin swish musti cbu, padahal performa 11-12

    • Performa tidak mesti dari peak power, tapi low torque juga perlu diperhitungkan. Lah itu mesin genio malah long stroke banget, tapi ya performa tidak kalah dengan yang tidak terlalu long stroke,

  5. suzuki daripada jual nex, lebih baik jual ini nih. harus anti mainstream kl mau laku, kl masih ngikut jualnya honda ga bakal kuat bersaing.
    saya bakal balik lg jd suzuki lovers kl ini dijual dimari.

  6. bener2 saluto sama desain nya,semoga suzuki mau produksi scr lokal dan segera dipasarkan di indonesia,sy janji bakal membeli 1 unit,ga perlu body plat besi,nnti akan mahal harganya spt motor itali,Suzuki ayo kamu bisa

  7. Cakep, ayo dong keluarin yang begini, kalo nggak keluar juga dari juki dari pabrikan lain dah. Bosen maxi

  8. Keren banget ini motor suzuki kang, berasa premium dan elegan daripada desain motor merk lain,, tapi yang perlu direvisi kalo misal masuk indo, itu port UsB dkt keyless harus ada penutupnya.

  9. Bikin pake Mesin Nex bakalan laku ni cak. Jadi Suzuki ga perlu repot-repot deplov mesin baru. Strategi Kya mesin satria di GSX setia. ?

  10. Asem yg dibuat dipasarin di sini modelnya yg uelek.. Yg buagus ndak dijual kesanne org sini ga bisa beli ?

  11. Klo suzuki mau maju, mmg basis skutiknya hrs berubah. Buat sasis yg bisa buat bbrp model produk.
    Suzuki sallute ini minimal hrs ring 12 wide tyre. Klo msh ring 10, kyknya susah klo disini.
    Dg sasis baru yg bisa buat wish atau sallute atau model lain yg indonesia bgt dg basis rangka yg sama, SiS bisa leluasa buat produk baru drpd mempertahankan sasis sekarang yg dah jadul.
    Honda saja sdh buat sasis & mesin baru utk model ke depannya dg basis genio. Masa SIS mau jadul?an pertahankan sasis lama nex & address.

    Cukup 1 sasis yg advance & lebih fleksibel. Mau taro tangki di bwh dek atau bwh jok. Ukuran cvt yg flesibel bisa akomodasi lebar ban naik 1 sampe 2 ukuran dr standar.

  12. Haallllooooooooo SUZUKI INDOMOBIL SALEEEESSSSS??????

    CEPETAN BAWA INIII, SAYA BUTUH MATIC SUZUKI YANG INIIIIIIIIII

    INI KEREEEENNNNN!!!!!

  13. hora yakin masuk dimari…burgman 180 masih dilangit 7, apalagi ini yg spektakuler designya, mungkin masih di langit 11

  14. Pada terheran2 muja muji desain mantul,cakep,bagus dll karena selama ini zuki bikin desain gak jelas blass..??
    Padahal ini desain gado2 dari Kymco, Vespa, Lambretta… gak ada desain zuki sama sekali ??

  15. Uedan, cakep bener desainnya cak, tumbenan Suzuki bikin motor sing enak dipandang mata wkwkwk… klo masuk Indo mending ga usah didowngrade, mahal gapapa asal ga bikin malu bawa motornya

  16. Vespa & Lambreta killer money for value. Sekalian aja lokalin swish 125 dan saluto 125 nya.. gw kadang bingung di taiwan sana design maticnya bagus2 keren2 fitur se abrek. Kok gk di bawa kesini sih design2 matic lucu2 itu. Ayolah dri pada bikin design motor yg mon?ton dan berujung gk laku. Ban 12 inc ban 10 inc di matic 125cc itu lucu tau. Bulat padet. Seksihh…

  17. Edian
    Depan mirip Vespa, belakang mirip Lambretta. Apik tenan iki

    Duh kalo bisa dilokalkan bakalan seru ini segmen skuter klasik

  18. Nah iki nembe produk global sing iso nandingi merk H dan Y. Nek swish, terus brugman, tak kiro desaine ora masuk blass. Saluto iki uaapik tenan, umpamane iso tumbas yo ditumbas ning durung ono motore ning kene lan durung ono duite hehehehe…

  19. Iso2 podo kasuse Jimny, inden ne duwooooo bianget, mungkin desainer suzuki iso wae gawe motor apik2 lan mobil apik2, tapi sekaline diproduksi antriane nduwe dowo banget.

  20. Wah yoiki caaakkkkk. Superrr iki. Ban e rodo gedeni sithik velg 12″ plus ban dinding tinggi macem scoopy…joss wes. Alamat kudu diniati nyelengi iki. Rasa2ne duwure 20jt

  21. biasanya SUZUKI Indonesia mah lambat Respon……ya harap maklum krn tetap harus matur dateng Bos Besar di jepang dulu sebelum membawanya kesini……..

  22. kalo udah begini Suzuki harus berani gambling buat investasi di Indonesia, kalo di buat CBU pasti mahal dan efeknya kurang laris.
    seandainya SIS berani invest buat rakitan lokal pasti bisa laris

Comments are closed.