iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……kalau sampeyan perhatikan diberbagai dunia maya serta forum, pasti tahu betul yang dibanggakan para penunggang NMAX 155. Teknologi yang selalu didengungkan oleh para fansboy dan seakan kini menjadi bahasa marketing yang mujarab untuk menonjolkan kelebihan NMAX 155. Sebab kompetitor dekatnya memang masih percaya dengan spek tanpa embel-embel Vtech ataupun VVA. Namun kekuatan ini ternyata tidak sepenuhnya diketahui para owner NMAX 155. Berdasarkan survei kecil-kecilan IWB, mereka tidak paham itu VVA. Welehhhhhh….koq isooo ???

Seperti yang sampeyan ketahui Yamaha membanggakan betul fitur Variable Valve Actuation (VVA). Sebuah mekanisme yang bertujuan untuk meningkatkan efiensi bahan bakar sekaligus meratakan performa baik low hingga high RPM. Boso enaknya cak…..Variable Valve Actuation merupakan sistem yang mengatur kerja klep (valve), berdasarkan putaran RPM…dibekali Solenoid actuator, komponen ini akan mendorong pin untuk berpindah ke profil kem lebih tinggi atau sebaliknya. Batas perpindahan kisaran 5500-6000 RPM…

iklan iwb
” Solenoid actuator…harga 500 ribuan….”

Jadi dalam sistem VVA, kem yang digunakan memiliki dua profil kem isap dan satu profil kem buang. Satu profil kem (isap) fokus pada low RPM dan satu kem lagi (buang) fokus pada high RPM. Ekskusi perpindahan ini dijalankan oleh selenoid actuator. Komponen ini akan mendorong pin berpindah sesuai kebutuhan (sensor dari ledakan RPM yang berada dikisaran 5500-6000RPM). Sebab dengan profile satu kem biasanya ada yang dikorbankan. Enak bawah atasnya kurang atau sebaliknya enak atas bawah kurang. Dengan VVA maka pabrikan bisa ngatur agar power ngisi disemua RPM alias tidak ada yang dikorbankan..kira-kira demikian..

Jadi salah kalau sampeyan berpikir power ngacir semata-mata karena VVA. Bukan cak. Sebab VVA bertujuan lebih untuk mengatur pemerataan power. Dan sumbangsih terbesar dari power sendiri tetap pada 4 katupnya…kuwi core atau inti mesin NMAX dan beberapa varian lain yang menggunakan VVA. Nggak heran Honda sekarang juga mengembangkan mesin 4 katup lewat kelahiran SH150 terbaru. Akan seperti apa mereka meracik mesin ini supaya manajemen power juga merata? IWB rasa Honda punya cara sendiri nanti. Kita lihat saja. Kembali ke soal tema judul..

Nah….ternyata dari beberapa survei kecil-kecilan yang IWB lakukan, tetangga kiri-kanan dan kenalan pemilik NMax…mayoritas nggak paham atau bahkan tidak perduli dengan apa itu VVA. Faktanya Yang membuat mereka tertarik boyong NMAX lebih kepada model. ” Opo kuwi cak (VVA)….nggak paham aku…” tukas mereka bengong merespon perkara VVA. Mereka juga tidak mengerti berapa power NMAX atau performanya. Lhoooo…jebule power bukan masalah euy. Terus kenapa beli NMax bukan PCX misalnya ? “ Aku demen modelnya, kelihatan padat dan gagah (Nmax)….” seru Mahmudi yang datang kerumah IWB. Mahmudi sendiri bukan sosok yang keranjingan motor. Doi hanyalah pemakai biasa dan ketika membandingkan beberapa produk maxi….NMAX dipandang lebih sesuai seleranya…

Tidak hanya itu, banyak juga lady biker atau emak-emak yang memutuskan membeli NMAX karena alasan model. Tanya power dll, pasti mereka plonga-plongo. “ Enak dilihat sih….kompak dan nggak kebosenin. Terus lebih ramping ya..” serunya. Nahhhh…..mengejutkan pakde. Walaupun pengetahuan ini mulai bergeser kalau kita survei pada para biker muda yang suka buka internet. Namun IWB rasa jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan mereka-mereka yang tidak melek internet. Mereka-mereka yang membeli barang berdasarkan penilaian opini dari mata kepala sendiri. Bukan embel-embel fitur ataupun power mesin. So…model atau desain lebih dominan dimata mereka…dan ternyata NMax masih menjadi favorit….

Mesin Honda baru, 4 katup…..

Jelas ini adalah tantangan RND Honda untuk menterjemahkan secara smart seperti apa keinginan pasar…desain maxi skuter yang disukai konsumen. Walaupun PCX laris manis, tidak bisa dipungkiri NMAX masih menjadi skutik yang cukup sulit digeser secara instan. Nggak heran Yamaha memilih aman dengan tidak merubah desain secara frontal pada versi facelift. Jadi itulah alasannya…model diterima pasar dengan baik. IWB yakin pabrikan sayap mengepak memantau tiap pergerakan yang terjadi, termasuk model yang disukai para bikers. Dan persaingan memang baru dimulai cak…

Last…dengan lahirnya Honda SH150 Eropa yang sudah menganut 4 katup, IWB yakin basis mesin ini akan digunakan Honda untuk menelurkan gen 3 New PCX 150 dimasa depan. Desain yang jauh lebih cakep dan mesin juga jauh lebih powerfull. Itu isunya cak. Isu yang IMHO masih terlalu prematur karena IWB juga belum mengendus apapun terhadap project ini. Yang jelas persaingan kedua pabrikan ini akan tetap abadi dan seru. Nah….desain NMax vs PCX ? keren mana menurut sampeyan, monggo berikan opininya pakdeeee….(iwb)

Advertisements

171 COMMENTS

      • Fbh bloonnya dobel kwadrat..mesin kemrosak dibilang merdu,bawa kebengkel kata mekaniknya itu mah bawaan orok,fbh manggut2..sing penting ada logo sayap

      • semua fans boy juga pasti ada yang bloonnya gan. Mau fby, fbh, fbs, fbk, fbd dll. Pasti lah ga semua org juga ngerti motor. Pasti cuman bisa bawa motor aja. Apa lagi metik peruntukannya kan buat wanita gan.

      • Bukan karena bloon, namun karena terlalu banyak fitur sehingga banyak yang tidak bisa memahami kegunaannya. Namun seiring berjalannya waktu pasti para pemilik motor tersebut akan tau kegunaan fitur itu.

      • 4 katup dengan dimensi Ruang bakar segitu ya sama saja kaga guna ? makanya masih bisa diSamperin 2 klep , rumus rancang bangunnya serba nanggung?

      • Ga penting juga sih ya tau begituan, mungkin bagi mereka yg penting bisa jalan, aku mengenal beberapa pemilik nmax dan aku senang menghargai sesama, terkadang otak manusia terlalu banyak persoalan, jadi ga sempat belajar, kalo ada masalah tinggal bawa ke bengkel, itu hal yg wajar.

      • Gw belum pernah liat NMAX dieropa gan….asli…klo xmax sering….uda pernah ke eropa bro ALAN????Tolong foto sendiri klo pernah nenu nmax dieropa ..ane seaman sering bolak balik eropa ga pernah tug ktmu nmax diparkian..mau jerman italy perancis belgia belanda denmark..jgn kbykn ngehayal bro ALAN..salam seaman salam bikers

      • Nmax mantap, ga bosenin.. Picek amburadul, bosenin, wagu, muka tikus got berhias penuh dgn lampu komidi putar, mesin bobrok, belakang kaya pantat tikus. Parabeha mbeat mbeot mah begonya luar biasa, sukanya teriak maling, behaaaaa behhhhaa..

  1. Mungkin juga mereka tidak tahu tehnologi sandal swallow, mereka lebih suka pada model sandal daripada fitur yg tersemat di sandal swallow

    • Ekekekek……
      Kasihan Fby dah sampai berbusa2 mulutnya koar2 VVA ternyata penungang nemex gk mudeng
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

      • Akh….fbh model seperti elu juga go block, mana ngerti iss, mana ngerti parking switch stand, mana ngerti isp, mana ngerti abs, dan yg lebih parahnya lagi KAGA NGERTI APA ITU DOHC, mau bentuknya kayak gentong, mau bentuknya kayak barongsai, mau bentuknya kayak perahu odong odong fbh mah gak perduli, yg penting ada logo sayap sengklehnya, fbh itu beli motor cuma buat dijual lagi….keliatan kan jiwa kisminnya? ???

    • Motor 34jt cuma dikasih mesin lemot + gredeg turunan vario, ban federal yg biasa dipake beat, body dan cat kualitas lion star ?

  2. Ya jelass bin banget ngett nomer siji tampang / Desain nomer dua baru mesinn..
    Golet motor ko yo sing paling banter arep ngebutt terus ning jalan raya ya pekok …sirkuit !
    Motor paling banter tampang culun opo yo semangat nganggo ??

    • Setuju pak,

      bayangkan seandainya desain sendal swallow dibikin mirip telapak kaki bebek, masihkah kita akan semangat nganggo ?

    • Akhirnya terungkap juga
      Ternyata penungang nemex cowok berdaster yg gk tau apa2 tentang mesin
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

      • makanya sih seharusnya ada aturan yang ketat dari pemerintah kalo matic ini hanya untuk perempuan.

  3. Kesan pertama pasti modellah buat semua orang trus buat yg melek internet baru teknologynya. So, mari dukung semua pabrikan upgrade fitur kekinian.

  4. Ckckcck…
    VVA baca: pe pe achhh…
    Fitur ?? Yg boneng gan..??
    Achh itu dusta, jgn dipercaya. Ga ada guna sama sekali . cuma akal2an garpu.
    Sedusta bualan khayalan Beye dongo

  5. Yaeeeelahhh..
    Fitur yg konon katanya sembahan Dan puja puji raza mazapahit.
    Sampe segitunya dia beserTa FBY dongok .tululnya sampe ke sum sum

  6. Jangankan vva cak, lha wong injeksi saja banyak yg ga paham kok..
    Kebanyakan mereka yg beli motor dan tinggal dikampung (ga melek teknologi) karena alasan desain, brand image dan harga jual kembali serta jaringan service yg mudah..
    Jadi mereka bener2 ga peduli apa itu yg namanya iss/sss, blue core, pgmf1 dan fitur2 penting lainnya..
    Dan bahkan lucunya cak, ada beberqpa orang yg menganggap stand swicth off malah bikin ribet, karena kalo manasin mesin motor meski pake standar tengah, padahal itu termasuk fitur penting menyangkut keselamatan juga….

    • Betul pak,

      seperti sendal swallow yg setia menjaga keselamatan telapak kaki kita dari tusukan beling, paku, atau ceceran telek ayam

  7. Gua yakin Honda itu sbnernya udah punya portofolio berbagai macam mesin dr yg 2 klep sohc, sampe 4 klep dohc dengan pengatur bukaan klep atau bisa dsebut ntah vva atau vtec you name it lah, cuma ya mkin prinsipnya honda itu mreka mengikuti apa maunya pasar bukan menciptakan pasar, jd ketika konsumen maunya tipe mesin a,b,c atau d mreka dah siap, tp ya konsekuensinya di cap sbg follower bagi yg gak ngerti, lah mreka ciptakan mesin oval piston aja bs koq apalagi klo cuma nambah vtec doang
    Gua crta dikit nih bagi yg awam ato blm tau sejarahnya, ambil contoh pada era sport fairing 2 tak, ada kawasaki ninja 150rr, yamaha tzm150, suzuki rg gamma, honda nsr, seolah waktu itu era 90an suzuki atau kawasaki yg dluan yg bikin mesin 2 tak 150cc , pdhal honda nsr 150sp yg lahir tahun 2000 mengadopsi bukaan elektronik katub buang dengan bentuk yg sama dgn nsr 250 mc 16 2 silinder V yg lahir tahun 1986, dr sini bs dibaca sebenarnya honda itu sudah punya teknologi yg dimiliki kompetitornya yg duluan hadir, cuma ya itu mreka gak mau mengeluarkan dluan sampe ada tuntutan dr konsumen atau kebutuhan pasar, apalagi cuma katub buang macam vva atau vtec atau vvti dan semacamnya yah gampang aja bagi honda

  8. Sssssttt wes to mas…teknologi canggih sama marketing canggih sesuatu yg berbeda
    Teknologi belum tentu nampak (dilihat, dirasakan, dinikmati)
    Marketing ya harus nampak

    Makanya mau jual teknologi harus selaras dengan marketing
    Kalau bedanya gak seberapa maka :

    Contoh simple lebih payu stater senyap dari pada mesin banter

    Luwih payu bentuke apik dari pada bahane apik

    Pisan meneh kalau bedanya tipis, apalagi brand sudah terlanjur kuat

  9. fix klo orang kita mayoritas beli dari model mas iwb
    kalau dilihat mayoritas konsumen pasti banyak yang ga peduli teknologi tp lebih ke model, cuma yang muncul di internet biasanya orang2 yang “lumayan” melek teknologi
    mau ada matic 150 cc power ampe 20 PS juga klo modelnya kaya odong2 depan mini market pasti kurang laku juga

    • Kalo matic entry level org2 lebih milih yg irit contohnya honda beat, sedangkan yg agak mahalan org2 awam lebih ngelihat desain utk arogan. Org pake nmax pada songong dijalanan, heran…

  10. SeleraKonsumen indonesia atas pertimbangan fitur ( non engine), fresh model, brand dan durability.
    Konsumen pilih nmax kr durability (kualitas produk). Sedangkan yang pilih pcx atau adv lebih kr fitur dan fresh model.
    Nmax masih exist hingga sekarang juga kr durability dan model yang nggak bosenin meski fitur kalah.

  11. Mau disembunyikan bagaimana juga kang, VVA atau Vtec atau VVTi dsb sangat membantu bagi penambahan power untuk mesin namun bisa tetap irit disaat dibawa pelan.
    Kalau ga pake sistem VVA atau Vtec supply udara akan sama dan bahkan cenderung berkurang saat RPM tinggi karena makin cepat cam membuka dan menutup.
    Kalau sistem itu ga berguna bagi power, ga akan mungkin di pakai di mobil atau sekarang yg baru akan di CBR600RR terbaru.

    • Udah dibilang kalo komen harus lengkap pak,

      jozz gandozz kotos kotos njengking mlumah murep sampluk sendal swallow sampe celengan ambrolll…

  12. Kok mirip kisah tetangga saya ya pak,

    Dia kalo beli sendal swallow nggak peduli soal power & fitur2nya…
    yg penting sendalnya enak digenggam & ringan saat dipake buat ngeplakin jidat orang pak

  13. Susah bandingin ahm sama ymi. Ahm punya beat sama vario. Ymi?ngandelin maxinya. Klo ahm serius, bahaya. Bisa mematikan ymi. Jd memang terkesan ahm agak lambat soal teknologi. apa coba teknologi beat?lain halnya dgn mio m3, dgn bluecore lah, diasil2 lah. Honda Lebih k yg simple2 dan fungsional saja…awet, irit…dan gak kencang. Wkwkwkwk. Krn seperti yg kang Iwebeh bilang. Pembeli tu sbgian besar gak ngerti itu vevecrot, idling stop vario.
    Jd, sbg fenboy yg baik, gak ush cakar2an. Org yg jualan aj saling memelihara.

    • mantep nih fenboy yang baik. semua motor semua pbarikan juga bagus, tinggal sesuaikan aja dengan kebutuhan kita nya aja.

  14. Pada akhirnya mesin matic honda 4 klep yg di sh150 overbore tp torsinya jg gede

    Torsi gede=enak bawahnya
    Overbore=enak atasanya
    Btw jd Pgn tau rasanya naik matic overbore macam xmax gt tp mahal, lmyn kan klo ada yg buat versi 150an ccny
    Maklum misqueen =(

      • iya lah secara di motogp juga yang menang yang mempunyai persaingan ketat juga antara honda dan yamaha. makanya saya menyukai 2 pabrikan ini. motor terbaik dengan pembalap terbaik ya dimana lagi kalo di honda dan yamaha? dulu rossi pernah berjaya sekarang zamannya marquez yang berjaya. honda dan yamaha selalu di depan dan selalu bersaing.

  15. kayanya lbh krna VVA itu ga bs kliatan secara Visual cak,
    mayoritas konsumen pasti lbh concern sama hal-hal yg nampak di mata,
    Contoh Parking Brake System, Stand Switch Off, dll
    nah kl VVA?,
    saya aja yg pake nMax tiap hr buat ngantor ga peduli dengan VVA VVA an, Walaupun tahu di nMax ada teknologi VVA dan apa itu VVA, tp ya yg penting motor bs buat kerja trs bertenaga udah,
    sekali lg karena si VVA itu ga nampak di mata,

  16. Vva tidak nampak di mata tapi dirasa…..Kalau kompetitor bisa bikin mesin bisa ngisi di putaran atas dan bawah dan tetep irit tanpa vva ya monggo…
    Mau di naikin kompresinya ya monggo….!

  17. Sama aja sama yg beli mobil pun demikian gak ngerti:

    Skyactive
    VVTI
    TCDI
    VTec
    VVT

    Tp konsumen merasakan benefit dari teknologi tersebut tanpa memahaminya lebih dalam.

    Salam 2 klep zaman purba

  18. Ngak usah jauh2 bro, pengunjung disini aja ada yg sugestinya VVA, VTEC atau variable valve buat meningkatkan power mesin kok…

    • Dikasih motor mahal tp mesin zaman purba diem aja yg penting honda hahahahaha

      Tp pas tau motornya ketinggalan sekebon diem aja

      Ahm untung banyak
      Konsumen merana

      • Mereka sendiri yg milih untuk merana, kan aneh. Dijanjiin spare part murah? ? kualitas ok? ? harga jual kembali tinggi? ? astra memang luar biasa s3 marketingnya ?

  19. Jujur cak aku dari tahun 97 aku pakai honda mulai grand, glpro, glmax, megapro, vartech, oldcb, newcb (keselingan suzuki smash sekali ding wkwkwk)…
    Nah utk matik kelas 150cc pilhan ke all new nmax saja, desain lebih enak dipandang dari semua sisi, lebih power full, spare part mudah, barangnya ada serta murah (lihat di bengkel owner nmax pengin ganti kaliper R15 beli di bengkel terdekat ready)
    Kenapa ngak pilih pcx atau adv wkwkwk, lebih ke desain saja cak ada yg aneh dilihat di salah satu sisi…
    Dan yg paling penting utk honda ketersediaan spare part cak, utk motor kategori baru masih susah contoh saja berdasarkan pengalaman kamkop oldcb apalagi new, paking kopling, water pump set belum tentu semua ahass ready (termasuk yg no wahid di ind) mesti muter2 dulu 1 kota itupun untung2an wkwkwk, online ada tapi harga diatas het…
    Indent mesti pakai fc stnk min spare part ada 14 hari kerja (sabtu minggu ngak dihitung wkwkwk)
    Katalog spare part di ahm sekarang tidak ada (kalaupun ada dulu mesti download gambar mesin dan harga), di yamaha jelas, praktis, berikut harga tinggal klik klik doang wkwkwk
    Sudah gitu saja cak ngak usah cakar2an fansboynya,
    wong para petinggi pabrikan honda atau yamaha kalau weekend pada main golf atau ngopi bareng kita juga ngak tahu wkwkwk

  20. Kang Iwan, orang awam kyk kami mana tau, vva itu apa, kita taunya motor itu terlihat gagah, keren, dan kenceng.. udah beli, taunya tinggal gas rem gas rem, boro2 tau itu VVA, diasil cilinder, forged piston, smart start stop, side stand switch, smart start stop, smart motor generator, traction control, emergency stop signal, ban tubeless, ABS single Chanel/dual chanel, parking brake lock, lampu DRL LED, upside-down, ride by wire, assist & slipper clutch, lampu Hazard.. kita mah tau nya make doang, tinggal gas, wkwkwk

  21. Coba survey yg beli CRF 150 pada tau gak itu adalah mesin Verza icikiwir.

    Pasti pada gak tau dan gak terlalu mikir power (konsumen tak berteknologi)

    Yg di lihat pertama
    Design
    Pabrikan
    Mesin belakangan

    Makanya banyak konsumen gak ngerti teknologi, beda sama yg lain yg memikirkan benefit dari teknologi itu sendiri

  22. Motor keren mah bebas…….pcx motor kaya kapal penumpang ….aneh banget…lele sangkuriang…juga mirip …sama pcx

  23. kang iwan..kang iwan…g harus paham g masalah…coba tanya bini kang iwan yang naik PCX itu paham apa kagak Esp itu apa?

  24. BLOG INI MEMANG TAJAM…TEKNOLOGI EMANG NGAK MUTLAK….YG PENTING MODEL. TERBUKTI NEW VIX SUSAH LAKU WKWKWKWKWKK… EDIANNNNN CAKKK

  25. hampir semua orang sekitar daeerahku cak ra gak peduli teknologi mesin, yg penting desain bagus kencang, boyong bawa pulang , mungkin yg peduli dg teknologi mesin lebih sedikit cak,,, apapun embel2 teknologinya klo desainnya jelek ambyar…

  26. Kalo cari matic kencenf buat harian dalam kota, ay prefer Vario 150.. Handlingnya buat selap selip gak akan bisa ditandingi maxi skutik manapun.. Torsinya juga lumayan njengat.. Adu drag sama Nmax masih bejaban sampe 80 kpj.. di atas itu 4 klep VVA berjaya

    Nmax mutlak unggul di track lurus panjang.. Lebih cocok buat touring

  27. Oo jdi klo bli kendaraan harus paham apa itu istilah teknologi otomotif macem contoh VVA, ESP, blue core, DVVTI, IDSI, turbo comonrail. Keknya gk penting banget deh memahami teknologi tsb utk orang awam, yg di butuhkan konsumen adalah teknologi yg bisa di rasakan performance nya lngsung oleh pengendara, dan pengendara dpt merasakan kelebihannya lngsung, tnp harus di jelaskan panjang lebar.

  28. Kalau ditanya power dan performa motor, tidak semua pemilik kendaraan tahu mas Iwan. Kalau tidak baca brosur, tidak semua pemilik tahu PWR motornya.

    Mereka juga tidak terlalu memusingkan bagaimana cara kerja mesin motornya, sehingga bisa kenceng. Mereka tahunya motor yg mereka naiki, lebih kenceng dari milik tetangganya.

    Mesin yg bagus dan model motor yg bagus itu perlu disamping harga yg rasional.

  29. YG NULIS ARTIKEL EMANG CERDAZ….. fby bingung mau jawab apa? TRNYATA YG KOMEN2 DISINI tidak LEBIH PINTER…mantul Caaakkkkj ini. ????

  30. Makin kesini debat nya cuma sampah. Padahal kelemahan atau kelebihan itu bisa jadi senjata untuk bahan debat. Tapi yang terjadi cuma omong sampah.

  31. Yang pasti harga part body nmax dr depan sampai belakang gak lebih dr 2juta. Beda dengan PCX DAN ADV yg lebih mahal hampir 2kalinya.

  32. Intinya jangan cuma teknologi n power yang disuguhkan tapi ..rata2 indo suka tampilan motor ….percuma teknologi dan power yang di banggakan ternyata tampilan nya memble n ndobleh

  33. Sudah mengusung VVA masih tetap pada lift yg sama dari sebelumnya.harusnya lift angkatan noken yg sudah digeser pd rpm tertentu lebih tinggi dr standarnya.baru ajip larinya…

  34. Lha kalau VVA sih gue faham karna ada keliatan teknologinya… Kalau cc nambah 5cc sama teknologi blue core tuh yg gue bingung… Teknologi cuci otak kali ya… Bahasa sales…

  35. Aku yo isih mantep karo teknologi. Mesin mongtor honda “KAIZEN… GL 100 bisa tak disulap2 dewek jdi Tiger.. Trmasuk uraah meriaah smwa bengkel hampir psti iso.. ?

  36. Ya sama aja laah, pemilik embit pario jg mana tau apa itu ESP, bahkan mungkin fitur Helm-in yg jd andalan Honda aja mrk ngga ngerti buktinya supra x helmin n spacy almarhum duluan ???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here