iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….kompetisi yang semakin meruncing dikelas skutik antara Honda vs Yamaha akhirnya direspon Honda dengan gebrakan mesin serupa. Setelah sebelumnya kita melihat Yamaha bangga dan terus menyuarakan keunggulan mesin 4 katup VVA mereka, Honda sepertinya gerah dan mulai bergerak. Pergerakan dimulai dengan memperkenalkan new engine lewat produk terlaris Eropa yakni SH150i yang kini sudah dibekali mesin 4 katup menggantikan 2 katup old gen. Dan saat IWB intip…wowwww, mesin baru Honda ini unggul semua sisi dari NMAX 155 !!!

Honda resmi merilis new SH150i dengan mesin baru yakni SOHC 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power) di Eropa. Mesin ini diklaim lebih kencang dengan top speed jauh lebih tinggi namun tetap irit bahan bakar. Honda mengklaim dari testing internal, mesin yang memiliki kubikasi 156.9cc ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah 43,5 km….irit cakkk. Yang menarik lagi, pabrikan sayap mengepak ternyata juga sudah menjejali fitur Traction control pada SH150i…

Yup…..disebut sebagai Honda Selectable Torque Control (HSTC), SH150i Eropa memiliki fitur yang memungkinkan ban belakang terkontrol agar tidak selip. Artinya secara global mesin 150cc skutik yang memiliki traction control tidak hanya NMAX sebab Honda ternyata juga merilis new SH150 dengan HSTC hanya berselang dua hari setelah new NMax dirilis ( NMax 2 Desember, SH150 4 Desember). Hhmm…kayak udah janjian aja neh :mrgreen: . Terus gimana dari sisi engine ??

Nahh ini yang menarik. Dengan kelahiran new SH150i Honda juga memperkenalkan new engine yang sudah mengusung 4 katup. Mesin ini merupakan jawaban atas pertanyaan kenapa Honda nggak mengeluarkan 4 katup guna menarik potensial buyer yang demen dengan performa? dilalah inilah jawabannya. Mesin yang secara spek ternyata sukses kalahkan NMax. Intip saja ledakan power atas yang tembus 11,9KW pada 8500 RPM. Jika kita konversi ke PS jatuhnya adalah 16,1PS. Angka ini lumayan drastis. Bandingkan dengan power new NMax 155 2020 yang bermain dikisaran 11,3KW pada 8000RPPM…

” Mesin baru Honda tembus 16,1 ps….”

Jiika kita konversi ke PS power New NMax 155 berada dikisaran 15,3PS. Hhmm…lumayan signifikan euy. Terus gimana dengan torsi? untuk torsi mesin baru 4 katup Honda mampu menghasilkan angka [email protected]. Angka ini ternyata juga unggul dari new NMAX 155 yang memiliki torsi sebesar 13,[email protected]

” Spesifikasi resmi Yamaha new nmax 155….”

Yup…..new engine 4 valve Honda sepertinya cukup menjanjikan cak. Kendati tanpa embel-embel VVA ataupun Vtech pabrikan sayap mengepak sukses menunjukkan tajinya sebagai master dimesin 4 tak. Kenapa ? sebab dengan spek tersebut ternyata SH150i sudah Euro 5….edian juga sebab Euro 5 terkenal tidak bersahabat untuk performa akibat aturan emisi gas buang yang sangat ketat….

Last…gebrakan Honda diduga tidak akan berhenti pada SH150i. Mesin yang diklaim menggunakan “Low-friction technologies” ini disinyalir akan menjadi basis mesin untuk semua skutik 150cc Honda dimasa depan. Persaingan yang pelan-pelan akan merusak klaim ” 4 katup” sebagai andalan bahasa strategi marketing sebab dimasa depan kedua pabrikan diprediksi akan menganut mesin yang sama. Berikut sekilas spek new SH150i yang dirilis Honda tanggal 4 Desember 2019….seruuuuuu kieee (iwb)

 

Spek new SH150i 2020

ENGINE
TypeLiquid-cooled, 4-stroke SOHC
Engine Displacement (cm³)156.9
No. of Valves per Cylinder4
Bore ´ Stroke (mm)60 x 55.5
Compression Ratio12.0:1
Max. Power Output16,1PS/8,500rpm
Max. Torque14.2Nm/6,500rpm
Oil Capacity1L
FUEL SYSTEM
CarburationPGM-FI electronic fuel injection
Fuel Tank Capacity7L
Fuel Consumption43.5km/litre
ELECTRICAL SYSTEM
StarterElectric
Battery CapacityYTZ8V 7Ah MF
ACG Output232w/5,000rpm
DRIVETRAIN
Clutch TypeAutomatic; centrifugal
Transmission TypeCVT
Final DriveV-Belt
FRAME
TypeTubular Steel Underbone
CHASSIS
Dimensions (LxWxH)2,085mm x 740mm x 1,129mm
Wheelbase1,353mm
Caster Angle26°
Trail85mm
Seat Height799mm
Ground Clearance142mm
Turning radius2m
SUSPENSION
Type FrontTelescopic Φ33
Type RearDual-damper unit swing arm
WHEELS
Rim Size Front16M/C x MT2.50
Rim Size Rear16M/C x MT2.75
Tyres Front100/80-16 inch
Tyres Rear120/80-16 inch
BRAKES
ABS System Type2 Channel
INSTRUMENTS & ELECTRICS
InstrumentsHonda Smart Key, USB charger
HeadlightLED
TaillightLED
Advertisements

197 COMMENTS

    • Akhirnya setelah riset 10 tahun dengan mempreteli jeroan mesin Lc4v + vva Yamaha, kemudian di copy part demi part nya lalu baut + mur , serta blok mesin akhirnya lahirlah mesin 4 valve Honda hasil menjiplak mesin Yamaha ???, wis ora keget ora surprise ???

      • H terlalu Genius untux dilawan Kasta2 rendah ?
        H menghadirkan Produk2 biasa saja bisa Larisss Manisss…apalagi melahirkan produk2 seTanding apalagi lebih dengan Spek komplit ?
        Pengalaman dalam sejarahnya telah banyak sekali membuktikan .sekarang , apa tujuan sebenarnya dalam sebuah Produksi..Skala apa yang perlu diprioritaskan..dan dikelas / level apakah yang perlu untuk suatu Produk dijadikan Super…. H sudah memiliki data2 dan akan siap ‘ Kapanpun untuk memainkan Senjatanya ? ‘ jika dengan BEGINI H mampu Meraup keuntungan berlipat lipat..maka , dengan BEGITU pun H bisa melakukan dalam sesaat ?
        Tapi jangan dilupakan..Sumbangsih – Amal dan kebaikan H terhadap Kasta2 bawah akan selalu mengiringi setiap Perjalanandan Sepak terjang H.
        H akan tetap memberikan porsi2 – kue2 dsb kepada Kasta2 bawah untuk tetap bisa hidup .. tapi jangan pernah bermimpi untuk jadi Pembangkang , karena dengan 1 jentikan jari ‘ Klik ‘ pembangkang seketika bisa diberangusss ? dan selama ini hal itu telah tercipta ,masing2 sudah berjalan sesuai Koridornya masing2 dan Taat akan aturan main yang sudah dibuat oleh H sebagai kasta Tertinggi. ?

      • panik ya bro?
        yg 2 klep aja udah bisa jabanin yg 4 klep + VVA
        apalagi klo dgn teknlogi setara.
        pasti jauh lebih powerfull

      • @soundwave 10 tahun???? Ngelawak loe????
        Rcv lbh duluan d motogp d banding KTM heck malah honda yg pertama transisi k 4 tak v engine saat yg lain msh 2 tak
        CBR dri pertama lahir udh 4cyl segaris
        Get your fact straight

    • Udah sekelas mocin memang nih pabrikan jepun satu ini ??? kerjaanya ngekor mulu ??? insinyur nya kyaknya cuma tamatan SMK ???

      • Mesin2 H itu sudah terkenal Bandel ngacir dan ganasnya ,jangan lupa sangat efisien dalam operationalnya.model? Jangan diragukan lagi semua model produksi H sangat enak dilihat dan diterima masyarakat dunia ,makanya..dimana diDunia ini..H selaku meRajai keSultanannya ?
        Memberikan Fitur yang sesuai dengan Kastanya..adalah Mutlak ,bukan sekedar fitur bayangan..Abal2 dan Kw sept tetangga .
        Sebagai Pabrikan Sultan..sudah Hukumnya H menentukan harganya sendiri..dan yang pasti adalah ,harga selalu diatas harga tetangga Kasta2 bawah .
        Masa iya, Pabrikan Sultan kasih harga sama dg Kasta2 bawah? Bisa Auto tutup Pabrik tuh tetangga..tak ada lagi yg bisa d jual bukan? ?
        Sekarang H ( indo ) sudah menjelma sebagai Raksasa Dunia…penghasilannya yang begitu besar semakin membuat Tabungannya berCabang cabang ? tidak sept tetangga para Kasta2 bawah , penghasilannya wajib disetor k japan yg kemudian dibagi2 sesuai prioritas masing2 .
        H sudah jadi merek dan jatidiri Masyarakat Dunia..tentunya ,Yang Larisss Manisss akan semakin larisss Manisss ,400 juta lebih motor yang telah dilahirkan, adalah bukti KEBESARAN SULTAN
        ?

    • Maaf kang tolong sedikit pencerahan buat saya yg masih awam,
      Emang sama antara “Traction Control” dengan “Torque Control” ? Setau saya kan kalau Traction control itu akan aktif hanya saat terjadi selip ban tanpa mengurangi power mesin itu sendiri, sementara Torque control kan mengurangi power mesin itu sendiri sesuai mode yg dipakai, sama seperti CBR250R

    • Bandingin Yamaha dengan Honda ibarat bandingin Iphone dengan xiaomi… ??? Xiaomi selalu nyontek dan njiplak iphone ??? sama kya ngonda selalu nyontek dan njiplak yamaha ???? fakta…
      Catet

      • Iya, masih dibawah dilihat dari salesnya dan parabeha mbeat mbeotnya yg suka teriak maling.. Kelihatan banget bahasanya,” pelan-pelan merusak…” semangat banget ngetiknya..

      • betul.. paling puoool Yamaha bikinnya cuma motor doan lha honda…..? sudah clas mobil mewah pun ada… haaa.haaaa

    • Apa cuma gue yang penasaran sama spesifikasi sh150 dan nyari berat tuh motor.. dan mau bandingin dengan berat nmax.. tapi gak dicantumkan sama Lik iwan

      • Ini Honda..Sang Sultan dan Raja diDunia ?
        Dengan 2 katup saja masih bisa mencium sparkboard getar tetangga..apalagi 4 katup ? masih ada senjata Vitech yang belum diturunkan Honda ! Dan yang tak boleh dilupakan adalah..tetap efisiens dan ramah dikantong ?? .
        Fitur yang dipake Pun Kelas wahid..bukan kelas abal2.
        Makanya Gua bilang…Y melahirkan Daur Ulang kemaren..adalah suatu keterpaksaan..karena Y sudah tau bahwa H sudah siap mbrojollin Produx unggulan..
        Terpaksa melahirkan karena tenggat waktu sudah habisss..3 produk dslam 1 momen adalah solusi menekan biaya ,karena mereka sudah Pesimis…teriakan Operprett dg mesin Daur Ulang mereka akan berbuah Pahit setelahnya ?

      • Betul sekali, karena disini ..dengan 2 katup dah cukup ngimbangin sebelah..gak diJalanan..gak diRacelogic…gak diatas dyno ?

    • Urusan euro 5 ..itu dah dimulai H dari cbexmo ? banyak yang gak tau cbexmo150 itu udah euro 5 kan? Nah ?coba lihat knalpot under bellynya, kaga segede gaban ??

      • 2 Valve aja tembus 37 juta, apalagi 4 Valve 157cc? Ujung-ujungnya kenak diskon…
        Yakkkk kembali ke Mbitttttt….

      • Sebelah makan nasi dan lauk pauknya.. Situ dan honbul makan apa..? Makan makanan yg ada di tong sampah ya mbol..?

      • Motor SH150 yang elegan sajah power ngilani ?? apalagi nanti yang sporty dengan vtec-nya power bisa 20ps ??
        Makin laris manis nih penjualan

    • Emang oonda mau jual berapa? Tuh peceeks ama adipi uda mihil padahal mesin vario ntar emang mau oonda jual harga ama ntuh 2 varian? Mau untung dikit?

      • Dulu waktu CBR250RR blm brojol juga pada bilang begitu bro.
        Dgn fitur dan teknologi yg disematkan mau dibanderol berapa?
        Banyak yg prediksi klo banderol CBR250RR akan tembus 90 juta.
        Tapi ternyata banderol 11-12 sama punya sebelah yg minim fitur.

    • Bagi H Cuman jentikkan jari ‘ klik ‘ ? setelqhnya..ente dan kita2 gak denger lagi yang namanya tetangga..udah berubah jadi Pabrik biji limbah plastik dan Pabrik kerupux Opak ?

  1. 156 CC,,,apakata FBH

    Singkat saya lek Iwan 156 jawaban untuk 155 ,,perkara torsi dan irit ga H ayo Y sama sama bisa otak atik

  2. Ayo fbh….jangan beli itu produk mesin 2 valve…jadul lemot lagi…tapi jangan2 ini ulah fby biar sohc 2 valve jadi kelihatan kuno..untuk menahan kemoncoran jualan adv.

    • N max sudah pakai teknologi matic 150cc 4 klep dari tahun 2015…….brand sayap mau pake tahun 2020……ketinggalan jaman cuk ?

  3. di jual di mari kaga wan tuh mesin. bikin beritanya seregep amat wan. klo kaga di jual di mari biasa aja bikin beritanya.

    edv ma picex masih laku wan slow aja.
    tapi ya ga nmax lakunya

    • Biasa bos penggiringan opini. Disini padahal masih mentok 2 klep tapi bkin berita kayak kesetanan gak jelas. Lagian masak produk eropa disamakan ma ngahaem yg doyan downgrade

    • Pada kepanasan nih para kirik…di bilang penggiringan opinilah…pasahal iwb cuma kasih info tokkk…gimana kalo kayak jurahan sebelah aka pangeran kecil sari majapahit yg dominan artikel.Y..mau di sebut penggiringan???

    • Bener bro tapi mesinnya belum, kalau dibikin mesin ini di adv n vario baru jos, kompresinya broo… 12, otomatis tenaga makin gahar, untuk adv sekarang saya sih nooo…. wokwok…

      • Ngarep jgn terlalu tinggi2. Kalau jatuh sakitnya tuh …..
        Ahm orientasi masih soal fitur. klau soal matic engine 2 valve selama konsumen honda merasa blm perlu engine 4 valve, y pasti tetap 2 valve.
        Disaat kompetitor adopsi teknologi 4 valve dan diterima pasar, baru akan terjun ke 4 valve.

    • Konsumen sih pengenya meain lebih adv..ga m3lulu 2 klep..masalahnya ahm.kan pelit dari dulu bro..
      Yamaha kasih jor2an wajarlah..Y adalah penantang yaa harus kasih lebih dibanding H ..masalahnya kalo Y jadi raja..palingvtabiatnya kaya H..kasih produk gitu2 aja

  4. Tetep udah d test team otomotif matik honda adv keok lawan aerox..
    Kykny vva ngaruh selain 4klep..
    Honda harusnya pake vtech nya..
    Masalah irit mh udah 11-12..

  5. Kalo liat kompresi rasionya terlalu tinggi untuk minum pertalite. Jika diturunkan kompresinya performanya juga ikut turun, imho.

  6. Wes to Hon…ojo gawe 4 klep nang Indonesia…kasihlah nafas panjang buat tetangga…fansboy tetangga gak usah didengerin…mereka becanda kok…

  7. Wah.. Kok offside nya banyak banget kang 5,9 cc (hampir 6 cc)
    N-max aja yg offside 5 cc dibully sepanjang hari-sepanjang bulan-sepanjang tahun…

    Jadi bagaimana ini kang iwan?? ?????

  8. AHM mau bikin matic 4 valve, memang mau dijual harga berapa? Bagaimana dengan matic current 2 valve yang sekarang ( adv, pcx, vario150)? Kasihan tuh konsumen honda yg sekarang hrs terima kenyataan bahwa konfigurasi mesin maticnya masih adopsi 2valve fi.

    • Lihat kompresi rasio mesin sama ukuran borenya. Kalau ga guna VVAnya ngapain bisa nyalip yg pure sport 17ps ? Wkwkwk.

      Nmax 125 cc di eropa pun sudah masuk 15.sekian HP powernya.

  9. Honda mengklaim dari testing internal, mesin yang memiliki kubikasi 156.9cc ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah 43,5 km….irit cakkk.

    Biasa wae wan..namex dlm kota dpet 45-47km/liter kdang lebih
    Luar kota dapet 50km /liter bahkan lbih

      • Menurut saya sih ada benernya

        Awal2 saya ikutin tulisan IWB sih, beliau (iwb) ini lengket kek prangko dengan yamaha.

        Mulai regangnya sih sepertinya komentar mas IWB tetang pergantian struktur marketing di Yamaha (sok tau)

  10. Sh157i cc offside-tanpa subtank suspensi-bagasi depan hanya 1 dikiri-ring velg kecil-tanpa vva-kepala ala motor bebek culun-overprice iya, keren dari mana wan ma bok sampe yan

  11. Klo kata pengamat yang ngertinya cuma bore x stroke , tuning H itu di atas Y yang payah ??
    SOHC yang overbore tanpa embel-embel VTEC aja power NGGILANII ??

  12. Oke lah… Pertanyaanku mek sji.. Terus arep tok dol piro… Lha sing mesin e lebih rendah teko nmax ae regane duwur e nmax.. Trus iki arep d dol piro..

  13. ayo sales sebelah panas2in terus si honda biar cepet brojol mesin 4 katupnya di indonesia..
    biar makin banyak pilihan nanti

  14. Basis mesin CBR150

    45-47jete xoxok sih…

    Sambil baca sambil bayangin mas IWB nulis tulisan ini sedikit jengkel dengan yamahaa..
    Haha

  15. Oh iya ,, kan FBH anti cc offset,, eh ternyata ada motor metiknya yang punya cc 157,, wkwkwwk

    FBH bego lagi nelen ludah lagi,,
    Itu metik honda gak jauh dari gredek2 , kan secara honda juga anti rekal

  16. Sepertinya roadmap nta bgtu, smw akan pakai mesin ini kedepannya
    Tpi gak serentak sih, karna euro 4 akan masuk indo jga
    Tpi bayangan ane sih kang iwan power d buat mepet nmax, tpi torsi sdikit d atas nmax
    Bakal makin seru nih segmen matik 150cc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here