iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Crash atau dlosorrr adalah hal yang sangat wajar bagi semua rider yang berlaga di seluruh ajang Roda dua tanpa terkecuali MotoGP, nahh kali ini IWB akan mengupas data crash yang terjadi di MotoGP tahun ini plus membandingkan dengan data dari tahun sebelumnya. Monggo simak dibawah cakkk…

Tentunya banyak faktor yang membuat Para rider bisa sampai bergelimpungan di aspal maupun gravel pakdeee, entah itu dari faktor teknis maupun non teknis semuanya sekan menjadi pelengkap disetiap akhir pekan race.

Sebagai contoh crash terburuk musim ini yang telah menimpa Jorge Lorenzo ketika menjalani Free Practice 1 Assen, Belanda. Dimana pada menit awal dikala ban belum mendapatkan titik suhu yang optimal, Lorenzo mencoba mempush Honda RCV213V sehingga ia kehilangan grip ban depan dan berakhir dengan Lowside. Meski pada umumnya korban Lowside kebanyakan baik baik saja, tapi tidak dengan Lorenzo cakkk.

Rider Repsol Honda itu yang sempat terpental berkali-kali di atas gravel turn 7 harus menerima kenyataan jika ia mengalami cedera tulang punggung dan berakibat absen selama empat seri. Tidak hanya itu pakdee, cedera tersebut juga menjadi salah satu alasan atas keputusan pensiun yang ia buat sebelum Seri Pamungkas Valencia, Spanyol.

Okee kembali ke Topik cakkk, catatan crash pertama dimulai Dari seri pembuka Losail, Qatar. Dimana ada 51 Crash dari semua kelas, jumlah ini cenderung meningkat dari tahun lalu yang terjadi crash sebanyak 31 kali.

Lanjut Seri kedua yang digelar pada sirkuit Termas De Rio Hondo, Argentina. Musim ini tercatat ada 45 crash dan jumlah tersebut naik dibanding musim lalu dimana crash hanya terjadi sebanyak 20 kali dari semua kelas.

Seri ketiga Austin, Amerika. Sebanyak 42 crash terjadi dari ketiga kelas dan jumlah ini naik jika dilihat dari musim lalu dimana crash yang ada tercatat 30 kali.

Berlanjut seri keempat Jerez, Spanyol. Seri pembuka untuk kawasan eropa ini terjadi crash sebanyak 57 Crash atau naik 1 jika dibandingkan musim lalu (56 Crash).

Seri kelima Le Mans, Perancis. Musim lalu seri ini mencetak 109 crash sedangkan musim ini turun menjadi 90 crash dari ketiga kelas yang berbeda.

Kemudian seri keenam berlangsung di sirkuit Mugello, Italia. Musim ini cenderung menurun cakkk, tercatat ada 40 crash sedangkan musim lalu Mugello mencetak 47 crash diseluruh akhir pekan.

Seri ketujuh Catalunya, Barcelona. Jika musim lalu crash mencapai angka 100 namun musim ini Catalunya alami penurunan sebanyak 27 atau crash yang terjadi adalah 73 kali.

Next seri kedelapan Assen, Belanda. Musim ini crash naik menjadi 55 kali sedangkan musim lalu Assen terjadi crash 34 kali dari ketiga kelas.

Seri kesembilan yang berlangsung di sirkuit Sachsenring, Jerman. Alami penurunan dimana musim lalu tercatat ada 52 crash sementara itu musim ini crash terjadi 41 kali di seluruh akhir pekan.

Seri kesepuluh Brno, Ceko. Sedikit naik jika dibandingkan musim lalu, musim ini crash terjadi sebanyak 49 Kali dan musim lalu crash tercacat 45 kali pakdee..

Berlanjut seri kesebelas yang digelar di sirkuit Redbull Ring, Austria. Musim ini tercatat ada 39 crash atau naik jika dilihat dari musim lalu yang terjadi 34 kali Crash di seluruh akhir pekan.

Seri kedua belas Silverstone, Inggris. Crash terjadi sebanyak 36 kali, Jumlah itu naik jika dilihat dari musim lalu dimana crash terjadi 30 kali dari tiga kelas yang berbeda.

Seri ketiga belas Misano, San Marino. Musim ini tercatat ada 69 angka ini sedikit menurun jika dibandingkan musim lalu yang mencapai 75 kali crash diseluruh akhir pekan.

Next seri Aragon, Spanyol. Musim ini hanya ada 15 crash saja dari ketiga kelas atau turun lebih dari setengah jika dilihat dari musim lalu yang terjadi crash sebanyak 36 kali.

Seri kelima belas berlangsung disirkuit Chang, Thailand. Putaran pembuka dikawasan Asia ini menghadirkan 45 crash atau menurun dibandingkan musim lalu yang mencapai angka 51 kali crash.

Seri keenam belas Motegi, Jepang. Musim ini tercatat ada 49 kali crash. Jumlah tersebut sedikit menurun jika dilihat dari musim lalu yang terjadi crash sebanyak 53 kali.

Lanjut Seri ketujuh belas Phillip Island, Australia. Musim lalu crash yang terjadi adalah 69 kali sedangkan musim ini naik sedikit menjadi 73 kali.

Seri kedelapan belas berlangsung disirkuit Sepang, Malaysia. Musim ini tercatat ada 50 crash dari semua kelas, jumlah itu naik jika dibandingkan musim lalu dimana crash terjadi sebanyak 46 kali.

Dan yang terakhir adalah Seri Valencia, Spanyol. Musim lalu hujan membasahi trcak diseluruh akhir pekan yang berakibat crash terjadi sebanyak 155 kali sementara musim ini dengan cuaca yang lebih baik Valencia mencetak angka 57 crash.

Last…Jika diakumulasi secara keseluruhan total crash yang terjadi musim ini menunjukkan angka 971, jumlah ini menurun dibandingkan musim lalu dimana crash tembus diangka 1.077 alias turun sebanyak 106 crash. Dan jika dipecah lagi, musim ini penyumbang crash terbanyak hadir dari kelas Moto3 dengan total keseluruhan 404 crash sedangkan kelas Moto2 tercatat ada 347 crash dan MotoGP 220 crash. Sementara itu Grand Prix dengan jumlah crash Tertinggi terjadi di sirkuit Le Mans (90 Crash) sedangkan Grand Prix dengan jumlah terendah terjadi di sirkuit Aragon (15 Crash)….(Cc for iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

10 COMMENTS

  1. Ndlosor ki…
    Bagian dari ngebut dhe…
    Sing penting ora gontok gontokan dhe….
    Gak dapat apa apa dari pabrikan
    Belainnya ampe segitunya….

    Is is is……..

    • bagaikan kumpulan sendal swallow yg berterbangan tak tentu arah gara2 ada motor Viar gerobak melesat di depan halaman rumah saya pak… wwuuuzzz…wuzz…nguueeengg…

      begitu bunyinya pak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here