iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..ternyata Kawasaki Ninja ZX25R 4 silinder menjadi perhatian khusus dari Honda. Fakta ini IWB temukan saat bertemu dengan beberapa pejabat tinggi AHM yang sepertinya memang memilih bungkam seribu bahasa. Namun dari sana IWB bisa tangkap bahwa kelahiran ZX25R seakan menjadi fokus utama mereka dikelas 250cc. Memantau dan mengumpulkan data dan pada akhirnya menentukan. Yup….disinyalir Honda CBR250RR 4 silinder bukan harga mati?

Kawasaki memang gila. Mereka tidak sudi menjawab tantangan Honda dengan spek serupa namun langsung menggebrak pasar lewat spek mesin yang melompat dari lazimnya era sekarang yakni 250cc 4 silinder. Gebrakan ini mengejutkan bahkan bagi Honda sendiri. Bahkan bos AHM yakni Mr. T. Inuma sempat mengungkapkan rasa terkejutnya atas keberanian Kawasaki meluncurkan mesin 250cc 4 silinder. Dan bagi Honda bukan hal sulit untuk meracik dengan spek serupa…

Yup….seperti yang pernah IWB singgung diartikel sebelumnya….dimasa lalu Honda juga pernah memiliki produk dengan mesin 4 silinder yakni CBR250RR MC19 ataupun MC22. Sebagai informasi CBR250RR MC22 dirilis Honda pada kisaran tahun 1990-1994. Saat itu motor yang dijejali mesin DOHC 4 silinder inline 16 katup ini memiliki tenaga hingga 45HP dengan torsi 21,5Nm. Yup…ledakan atasnya nggegirisi namun torsi emang jauh dibandingkan inline 2. Itulah karakter 4 silinder cak…

iklan iwb

Lalu untuk kecepatan puncak, CBR250RR MC22 dimasanya mampu meraih top speed dikisaran 205 km/jam. So…mesin era modern 250cc sekarang dipastikan bertekuk lutut melawan CBR250RR jadul ini. Apalagi bobot kosongnya hanya 143 kg. Nah, artinya tidak diragukan Honda sudah memiliki pengalaman luar biasa garap mesin 250cc 4 silinder. Dan seperti pula yang pernah IWB bahas pula, di Jepang sendiri sudah nongol rumor yang memastikan jika Kawasaki merilis produk, sebagai pemimpin pasar Honda pasti akan melakukannya. Walau tentu tindakan ini bukan harga mati. Maksude?

Blogger Jepang Kojinte yakin Honda sudah mengembangkan mesin 4 silinder yang disebut sebagai “Early Stage”. ” Menurut informasi **** yang aku dengar lagi, mesinnya sudah dibuat (250cc 4 silinder). Tapi aku rasa masih cukup jauh karena saat di TMS aku tidak mendapatkan informasi detil perihal itu (CBR250RR 4 silinder). Mungkin belum waktunya. Jadi aku pikir, situasi saat ini adalah tahap awal dari segala pengembangan. Jadi secara pribadi, aku pikir itu (4 silinder 250cc) akan menjadi model konsep dalam 3 tahun..” serunya. Kuwi di Jepang, piye dengan tanah air?

Masih negatif cak…IWB pastikan belum menemukan apapun pergerakan perihal CBR250RR 4 silinder. Justru IWB menemukan versi facelift yang dicurigai adalah generasi kedua CBR250RR. Yup…sampeyan harus sabar dan memantau dari warung ini karena terindikasi kuat akan nongol versi facelift CBR250RR dua silinder. Generasi yang lebih mumpuni lewat beberapa penyempurnaan dengan harapan spek motor ini makin premium. Setelah itu biarlah pasar yang akan berbicara. Jika CBR250RR Twin nantinya mampu bejaban melawan ZX25R secara pasar, ini artinya CBR250RR 4 silinder bukan harga mati. Kira-kira demikian. So….kita lihat saja pergerakan sahihnya tahun depan sebab akhir tahun semua masih mandeg cak, salam dari kampung halaman di Jawa Timur. Wiss ah arep mlaku-mlaku nonton sawah sik….juozzzz :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Previous articleTelah lahir Mini Moto berlabel ST Papio, inikah penantang Honda Grom 125 ??
Next articleLho truk pengangkut koq masih distribusi NMax lawas yaaa ??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!