iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….sopo sih yang nggak penasaran dengan berita yang sangat bombastis perihal kelahiran jalan Tol layang Japek elevated dua. Tol yang diracik setinggi 15 meter dari atas permukaan tanah untuk memecahkan persoalan jalur Jakarta – Cikampek yang memang semrawut puolll. IWB mumet cak kalau udah lewat sana karena musuhnya Truk Tronton dan bus-bus besar. Makanya kehadiran tol layang Japek IWB sambut sumringah sebab jalur tersebut selalu IWB lewati saat mudik. Dan setelah jajal langsung ternyata tidak sesangar yang diberitakan. Maksude???

Kemarin IWB sekeluarga melipir ke Jawa Timur bersama keluarga. Dalam mobil berjumlah 5 orang total dengan barang-barang yang cukup banyak dibagian belakang. IWB wis penasaran tenan cak….pokoke kudu jajal tol baru menuju Cikampek. IWB sudah siap mental pokoke. Maksude? siap mental karena diberita cukup santer diberitakan sambungan masih parah dan bisa bikin mobil lompat-lompat. Bumpy serta berbahaya. “Kek….awakmu mlebu via Cikunir nanti langsung arah Cikampek…”cetus Catur teman IWB….

Sebagai informasi, tol layang yang menghubungkan Cikunir hingga Karawang dengan tujuan Cikampek ini memang cukup panjang. Dibangun sekitar tahun 2017 tol yang disebut sebagai elevated 2 ini jaraknya sekitar 37 km. Dan pada tanggal 20 desember 2019 dibuka secara umum dengan tujuan memperlancar saat liburan Natal dan tahun baru 2020.  Jalan tol ini memiliki tinggi 15 m dari permukaan tanah dan disebut sebagai double Decker motorway alias  tol bertingkat. Dan ternyata setelah melihat langsung jalan tol ini memang tinggi cak. Pohon-pohon dibawah kita bahkan termasuk gedung bertingkat sedang. Wihhh…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Saat IWB masuk gerbang yang diberikan penghalang dengan tulisan kendaraan bertinggi  2,1 meter kebawah only ini…. mobil langsung dipaksa untuk nanjak. Jadi mobil tinggi dipastikan tidak bisa masuk sebab langsung disodorin besi dengan posisi melintang  yang biasa dipasang digerbang tol. Jalan tol yang dibangun untuk memisahkan jalur Jakarta Bekasi, Cikarang dengan jalur perjalanan jarak jauh Cirebon, Bandung, Semarang, Surabaya tersebut ternyata memang luar biasa menyingkat waktu. Kita tidak lagi harus berjuang melawan truk-truk besar ataupun bis. Cuepetttt cakkkk….

” Lhooo…koq wis nyampe AHM…” celetuk IWB ke ibu Negara. Yup…. Untuk menjangkau pabrik Astra Honda Motor biasanya Butuh waktu sekitar 1 hingga 1 jam setengah dari Cikunir. Namun dengan tol layang ini hanya ditempuh sekitar 15 menit sejak mobil masuk gerbang tol Japek elevated 2. Dan ternyata kondisi jalan juga tidak separah yang diberitakan. Mungkin banyak Jalan bumpy dan pembatas juga masih kurang mulus. Namun tidak sampai membikin mobil lompat-lompat seperti yang banyak diberitakan. Sambungan lumayan bagus di awal-awal namun memasuki KM 25 memang ada beberapa sambungan yang tidak rata…

Jalan tol layang japek memang belum sempurna dan saat ini masih terus dilakukan upaya penyempurnaan. Saran IWB perlu dipikirkan secara matang oleh pihak pengelola bagaimana proses evakuasi dipikirkan jika terjadi kecelakaan karena dari awal hingga akhir IWB tidak menemukan adanya pintu darurat yang akan membuat proses evakuasi lebih mudah. Jadi bisa dibayangkan jika terjadi kecelakaan bakal berpengaruh dengan kemacetan luar biasa panjang yang harus dihadapi oleh para pengguna jalan. Sebab dereknyakan harus masuk pintu awal atau ujung cak, butuh berapa lama untuk nyampe kelokasi. Apakah bakal dikerek dengan helikopter ? Nahh itu yang IWB belum tahu….pokoke kudu dipikirkan sejak sekarang..

Last…. tol layang Jakarta-Cikampek elevasi 2 ini memang sangat membantu menyingkat waktu secara signifikan. Namun IWB sarankan ke sampeyan semua untuk selalu Memastikan kondisi mobil, bensin penuh serta kalau perlu ke toilet dulu sebelum masuk ke ke Tol layang sebab tidak ada rest area selama 38 kilometer yang harus sampeyan tempuh nantinya. Selain itu selalu kontrol emosi dan jangan mudah terpancing adrenalin mengingat jika kita kehilangan kendali mobil potensi jatuh dari ketinggian 15 meter mengintai keselamatan kita. So….keep safety driving dan selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan. Tol layang Japek 2, bener-bener menyingkat waktu…mantaappp ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!