iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….makin ngeri cak, sepertinya geliat pabrikan Cina makin agresif dimasa depan. Tidak hanya di roda empat, roda duapun mereka makin serius untuk menantang dominasi Jepang. Analisa ini bisa kita tangkap dari geliat pabrikan Tiongkok CFMoto yang sukses menggaet KTM Austria gabung bersama mereka dalam bentuk saham. Equity dengan tujuan jelas yakni memproduksi motor premium dengan teknologi Eropa milik KTM. Wihh ngeriiiii….

Gebrakan CFMoto yang berhasil menggaet KTM Austria untuk bergabung dengannya menjadi pertanda geliat produsen Tiongkok untuk menggebrak dunia dengan produk produk terbaiknya. Usaha patungan atau disebut sebagai joint venture antara keduanya telah berlangsung sangat serius dengan kata lain pembangunan fasilitas manufaktur saat ini terus berlangsung dengan prediksi selesai sekitar Juni 2020. Pabrik yang dibangun di hangzhou China atau 200 km dari kota Shanghai ini konon akan mampu memproduksi hingga 50,000 unit per tahun dan akan ditingkatkan menjadi 100.000 unit..

Informasinya pabrik ini dibangun atas kesepakatan kedua pabrikan yakni CFMoto serta KTM motorcycles yang sebenarnya sudah ditandatangani sejak 2017 lalu. Namun baru sekitar Maret 2018 pabrik dibangun dengan target selesai pada tahun 2020. Fasilitas ini konon juga cukup modern dengan luas mencapai 10,507 hektar. Kedua pabrikan sangat serius untuk menggunakan seluruh Kemampuan mereka dalam mengembangkan dan memproduksi motor yang mumpuni di masa depan…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Komposisi saham antara keduanya memang sedikit berbeda. CFmoto masih menjadi pemegang mayoritas dengan porsi 51% CFMoto dan 49% KTM. Sebagai pabrikan yang juga dimiliki oleh Bajaj auto India, gebrakan KTM cukup membikin kita penasaran kenapa mereka justru memilih pabrikan Tiongkok yang notabene bukanlah merk terkenal di dunia?Selidik punya selidik ternyata sejauh ini CFMoto menjadi pemasok resmi komponen motor KTM yang diproduksi di Cina sejak 2011 cak….

Yup…CFMoto menjadi produsen yang mengimpor serta merakit secara CKD KTM Duke 200 serta KTM Duke 390 termasuk memasarkan produk KTM di Cina. Kerjasama yang harmonis dan rasa percaya atau trust KTM terhadap CFMoto sepertinya menjadi alasan besar Kenapa KTM akhirnya luluh dan tertarik menanamkan saham pada perusahaan Tiongkok tersebut. Terus apa efek kerja sama mereka di masa depan? Siapa yang untung dan seperti apa?

KTM akan diracik dan dirakit oleh CFMoto untuk beberapa model. Pabrikan Tiongkok dipercaya memproduksi sebanyak 10 motor KTM mulai dari varian menengah hingga atas. Kemudian CFMoto akan membantu pemasaran motor KTM di seluruh daratan Cina hingga beberapa negara Asia. CFMoto juga mendapatkan hak eksklusif untuk menggunakan mesin KTM 990 LC8 pada produknya. Judule rebadge cak. Selain itu rencananya KTM juga akan mengalihkan beberapa produksi motornya di Cina untuk ekspansi secara global. Sebagai informasi KTM saat ini memiliki beberapa fasilitas pabrik di negara-negara seperti India, Kolombia, Argentina, Brazil, Malaysia dan Philipina. So..next target adalah Cina…wihhh mantaapp neh..

Last…CFMoto Rencananya akan memproduksi KTM LC8 yang nantinya diekspor ke daratan Eropa, Amerika Serikat, Australia ataupun kawasan Asia. Targetnya pabrik akan selesai sekitar Juni 2020. Jika kelar, produksi KTM segmen Middle up dialihkan kesana. So…CFMoto? Ora maido desainnya mirip KTM, jebule emang wis dikuasai KTM sebanyak 49% cak…sadizzz euy…(iwb)

KTM

CFMoto

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!