iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….makin ngeri cak, sepertinya geliat pabrikan Cina makin agresif dimasa depan. Tidak hanya di roda empat, roda duapun mereka makin serius untuk menantang dominasi Jepang. Analisa ini bisa kita tangkap dari geliat pabrikan Tiongkok CFMoto yang sukses menggaet KTM Austria gabung bersama mereka dalam bentuk saham. Equity dengan tujuan jelas yakni memproduksi motor premium dengan teknologi Eropa milik KTM. Wihh ngeriiiii….

Gebrakan CFMoto yang berhasil menggaet KTM Austria untuk bergabung dengannya menjadi pertanda geliat produsen Tiongkok untuk menggebrak dunia dengan produk produk terbaiknya. Usaha patungan atau disebut sebagai joint venture antara keduanya telah berlangsung sangat serius dengan kata lain pembangunan fasilitas manufaktur saat ini terus berlangsung dengan prediksi selesai sekitar Juni 2020. Pabrik yang dibangun di hangzhou China atau 200 km dari kota Shanghai ini konon akan mampu memproduksi hingga 50,000 unit per tahun dan akan ditingkatkan menjadi 100.000 unit..

Informasinya pabrik ini dibangun atas kesepakatan kedua pabrikan yakni CFMoto serta KTM motorcycles yang sebenarnya sudah ditandatangani sejak 2017 lalu. Namun baru sekitar Maret 2018 pabrik dibangun dengan target selesai pada tahun 2020. Fasilitas ini konon juga cukup modern dengan luas mencapai 10,507 hektar. Kedua pabrikan sangat serius untuk menggunakan seluruh Kemampuan mereka dalam mengembangkan dan memproduksi motor yang mumpuni di masa depan…..

iklan iwb

Komposisi saham antara keduanya memang sedikit berbeda. CFmoto masih menjadi pemegang mayoritas dengan porsi 51% CFMoto dan 49% KTM. Sebagai pabrikan yang juga dimiliki oleh Bajaj auto India, gebrakan KTM cukup membikin kita penasaran kenapa mereka justru memilih pabrikan Tiongkok yang notabene bukanlah merk terkenal di dunia?Selidik punya selidik ternyata sejauh ini CFMoto menjadi pemasok resmi komponen motor KTM yang diproduksi di Cina sejak 2011 cak….

Yup…CFMoto menjadi produsen yang mengimpor serta merakit secara CKD KTM Duke 200 serta KTM Duke 390 termasuk memasarkan produk KTM di Cina. Kerjasama yang harmonis dan rasa percaya atau trust KTM terhadap CFMoto sepertinya menjadi alasan besar Kenapa KTM akhirnya luluh dan tertarik menanamkan saham pada perusahaan Tiongkok tersebut. Terus apa efek kerja sama mereka di masa depan? Siapa yang untung dan seperti apa?

KTM akan diracik dan dirakit oleh CFMoto untuk beberapa model. Pabrikan Tiongkok dipercaya memproduksi sebanyak 10 motor KTM mulai dari varian menengah hingga atas. Kemudian CFMoto akan membantu pemasaran motor KTM di seluruh daratan Cina hingga beberapa negara Asia. CFMoto juga mendapatkan hak eksklusif untuk menggunakan mesin KTM 990 LC8 pada produknya. Judule rebadge cak. Selain itu rencananya KTM juga akan mengalihkan beberapa produksi motornya di Cina untuk ekspansi secara global. Sebagai informasi KTM saat ini memiliki beberapa fasilitas pabrik di negara-negara seperti India, Kolombia, Argentina, Brazil, Malaysia dan Philipina. So..next target adalah Cina…wihhh mantaapp neh..

Last…CFMoto Rencananya akan memproduksi KTM LC8 yang nantinya diekspor ke daratan Eropa, Amerika Serikat, Australia ataupun kawasan Asia. Targetnya pabrik akan selesai sekitar Juni 2020. Jika kelar, produksi KTM segmen Middle up dialihkan kesana. So…CFMoto? Ora maido desainnya mirip KTM, jebule emang wis dikuasai KTM sebanyak 49% cak…sadizzz euy…(iwb)

KTM

CFMoto

 

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

36 COMMENTS

  1. Baguslah.. Biar produk jepun terinspirasi agar gk nanggung bikin design motor2nya .. Kan yg untung biker jg jd bnyk pilihan… Saat ini cina emang kalah di mesin.. Tp sapa tahu 5 th ke dpn

    • Menurut gw desain model bgni justru ngebosenin,
      Keren diawal aja, desain tajem2 dgn warna2 ngejreng,
      Beda dgn pabrikan jepang yg ud pengalaman puluhan tahun di otomotif, bkin desain yg emg bs enak di liat sampai waktu yg lama,
      Gw yakin kl cm mau bkin desain tajem2 gini, desainer pabrikan jepang dgn sangat2 gampang bkininya, tp balik lg ke filosofi awal mgkn, mereka buat desain yg everlasting,

  2. Menurut beberapa info vlogger di youtube sih engine KTM LC8V emang di produksi di CF Moto Factory cak
    Dan CF Moto juga memproduksi engine untuk Kawasaki er65n makanya di motor CF Moto NK650 Mesin nya hampir mirip

  3. Yg blng karya cina jelek… Itu org Kudet.. Kayak Fbh di mari
    Di cina ada Duit ada kualitas… Mau murah kualitas seadanya bisa..
    Bikin harga bersaing kualitas bagus, Mereka bisa…

    Mereka Uang dan Ahli banyak, filosofi nya bagus banget, Amatin bikin..gk kayak Fbh di mari, amatin bocod dan nyinyir bisanya??

    Semua lini di kuasain, cina, sampai mamarika ajak perang dagang dgn cara, curang.. Membatas gerak Prusahaan Cina ( tapi tetap tak sanggup juga)

    • Penjilat pantat cina ya ?!, ga salah tu elmu politik la u bilang amerika ga sanggup ngadepin cina, think before yer rotten mouth open

    • Penjilat Pantat cina…? Mosok cina jilat cina..
      Marga owe aja Tan ??? cina No 1…

      Mana berani mamarika lawan cina secara, Jujur… Tu nyatanya 2 prusahaan cina Di batasin geraknya oleh mamarika ?? tanda nyata mamarika Panik ??

      • @gilmojiip113, otak kamu rasis mulu, gak bisa maju, debat boleh jangan rasis ok wokwokwok…..

  4. modelnya kayak robot kang…kurang luwes, gk ada sentuhan timeless nya.biasanya kurang diminati konsumen indonesia macam mt 15,xabre….terlalu meruncing.

  5. Astagfirullahaladzim, Sebegitu bencinya anda2 yg diatas sama cina, emang mereka salah apa sama anda…
    Bg iwb, itu komen udh kategori Rasis, secara gak langsung dia bilang cina itu babi…
    Saya tersinggung, krn keluarga saya ada yg Chinese…
    Mohon komentar nya di hapus saja…
    (Nickname : cebong kampret)
    Terimakasih…
    Wassalam..

  6. Font huruf artikelnya jadi kurang art nih kang IWB..malah bagusan yg dulu font hurufnya lebih luwes,klo yg sekarang kaku ni kang..bacanya kurang nyaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here