iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…PT Astra Honda Motor (AHM) terus melakukan ekspansi ke negara-negara baru tujuan ekspor dengan produk yang semakin beragam. Pertama kalinya dalam sejarah, perusahaan mengekspor Honda PCX dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) ke luar Asia, yaitu Brazil. Yup…setelah Jepang dan beberapa negara lain, inilah bentuk kepercayaan dan penghargaan pasar global atas kualitas produk maupun komponen buatan dalam negeri. Wihh buatan Indonesia makin diakui cakkkkk…..

Ekspor komponen sepeda motor Honda PCX ke Brazil, Amerika Selatan merupakan bagian dari rangkaian ekspor sepeda motor Honda dalam bentuk komponen (CKD) maupun secara utuh (CBU). Dalam periode Januari hingga November tahun ini, AHM mengekspor 321.620 set komponen sepeda motor Honda (CKD). Adapun ekspor sepeda motor Honda secara utuh (CBU) tercatat sebanyak 279.716 unit. Angka ini memberikan kontribusi sebesar 37,2% terhadap total ekspor sepeda motor CBU pabrikan motor nasional yang saat ini tercatat sebanyak 750.183 unit.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan, perusahaan berupaya terus memberikan produk sepeda motor dan komponen yang memiliki daya saing kuat di pasar global. Hal tersebut dapat terjadi dengan konsistensi sebagai perusahaan dalam mengembangkan dan memberikan produk dan pelayanan terbaik.

Kami berupaya terus memberikan kontribusi signifikan bagi negeri ini dalam ekspor sepeda motor produksi anak bangsa yang berkualitas tinggi. Kami melakukan ekspor perdana ke Brazil pada kuartal terakhir tahun ini. Ini ekspor perdana kami ke negara di luar Asia. Kami harap ke depan bisa berkembang lebih luas, baik dari sisi negara tujuan maupun produknya,” ujar Kurniawati.

Honda Vario 125 Laris Manis

Pada bulan November, salah satu produk unggulan yang memenuhi kualitas global dan mendapat perhatian pasar ekspor dunia adalah Honda Vario 125. Produk ini menjadi model terlaris AHM yang diekspor utuh (CBU) ke luar negeri, dengan pengiriman mencapai 13.536 unit menuju Filipina.

Performa baik ekspor Honda Vario 125 itu diikuti oleh Honda BeAT yang dikirimkan ke negara yang sama sejumlah 13.008 unit. AHM juga mulai mengekspor secara utuh Honda ADV150 dan Supra GTR150 ke negara Filipina.

Total ekspor CBU AHM pada November 2019 mencapai 33.704 unit, atau naik fantastis 74,7 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu 19.282 unit. Kontribusi tertinggi dari segmen skutik yaitu 561.076 unit, diikuti oleh segmen sport 103.284 unit, dan segmen motor bebek/ cub 85.823 unit.

Last…..saat ini, AHM telah melakukan ekspor ke delapan negara di Asia dan Amerika. Selain Brazil sebagai pasar baru, sebelumnya perusahaan sudah melakukan ekspor menuju Bangladesh, Jepang, Kamboja, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Buatan Indonesia makin di cintai cakkkk…juozz gandozzz ! (iwb)

Advertisements

67 COMMENTS

    • Nie pasti sales2 Yanana ya.. Bisanya cm jelek2an product Honda terus supaya jualannya laku.. Tapi apa lacur orang semakin cerdas & tahu mana Product, merk dan jg kualitas yg Bagus dan mana product yg g jelas! dan g pernah menang/jurdun (lagi) di GP.. Ingat, Fakta membuktikan dan tidak terbantahkan Honda Juara Dunia untuk yg kesekian kalinya.. Mikir..

      • Gak ada hubungannya honda jepang jurdun dengan jualannya AHM
        Justru yg mau mikir harusnya nanya knp AHM ngasih konsumen loyalnya produk ky PCX yg gredeg gt
        Obyektif aj bro,jelek bilang jelek,bagus nilai bagus, over price jg dicaci kok

      • Mesin2 H itu sudah terkenal Bandel ngacir dan ganasnya ,jangan lupa sangat efisien dalam operationalnya.model? Jangan diragukan lagi semua model produksi H sangat enak dilihat dan diterima masyarakat dunia ,makanya..dimana diDunia ini..H selaku meRajai keSultanannya ?
        Memberikan Fitur yang sesuai dengan Kastanya..adalah Mutlak ,bukan sekedar fitur bayangan..Abal2 dan Kw sept tetangga .
        Sebagai Pabrikan Sultan..sudah Hukumnya H menentukan harganya sendiri..dan yang pasti adalah ,harga selalu diatas harga tetangga Kasta2 bawah .
        Masa iya, Pabrikan Sultan kasih harga sama dg Kasta2 bawah? Bisa Auto tutup Pabrik tuh tetangga..tak ada lagi yg bisa d jual bukan? ?
        Sekarang H ( indo ) sudah menjelma sebagai Raksasa Dunia…penghasilannya yang begitu besar semakin membuat Tabungannya berCabang cabang ? tidak sept tetangga para Kasta2 bawah , penghasilannya wajib disetor k japan yg kemudian dibagi2 sesuai prioritas masing2 .
        H sudah jadi merek dan jatidiri Masyarakat Dunia..tentunya ,Yang Larisss Manisss akan semakin larisss Manisss ,400 juta lebih motor yang telah dilahirkan, adalah bukti KEBESARAN SULTAN
        ?

      • Monyong gipi disamain dengan kualitas eksport, export itu ke ngeropah. Bukan ke Brazil Amerika latin

      • Gak.ada korelelasinya jurdun motogp dgn penjualam ahm…fakta di malaysia penjualam honda kalah dengan sebelah.
        Contoh lagi kawasaki juara dunia wsbk berapakali pemjualan kawasaki yo biasa saja

    • Fakta dijalan nemu nmax udah ngebul sering bngt apalagi yg suaranya kaya mio j ngegresek…tapi ga pernah tuh liat pcx udah ngebul…paling sering yg ngebul mio j ,vega zr.bison.mio m3..tapi liat mbit ngebul jarang walaupun populasinya lebih banyak

    • Shocknya belakang pcx sepertinya gk senter aku lihatnya antara kanan dan kiri. Ada yg lihatnya begitu gak, apa cuma visualku saja..?

  1. Sing duwe jepang, otomotif nasional dimonopoli A**** grup,ga mobil ga motor. Jangan harap ada merk lokal asli yg bakal muncul. Bakalan djegal duluan

  2. Aku pernah liat pcx di london waktu berpapasan, aku sempat mikir kalo honda inggris produksi pcx dgn desain yg sama, berarti ahm ekspor pcx ke inggris juga.

  3. Masalahnya tidak secara langsung karena orang Indonesia hebat menurutku. Tapi lebih karena astra punya kapasitas produksi yg besar. (Karena pasar dalam negeri saja mmg sudah besar). Kemudian faktor regulasi dan kurs.

  4. Pertama kali dalam sejarah AHM ekspor PCX ke Luar asia. Tapi bukan pertama u matic 150 buatan indonesia, tapi Nmax sudah duluan Kang!
    Tapi Ok lah, untuk ngikuti Nmax yg sudah ekspor duluan.
    Salut AHM

  5. Bagus Ahm , tapi kalo bisa ya kualitas materialnya di tingkatkan , masa clear catnya mudah pudar + material bodynya tipis banget dan body plastiknya cepat berubah warna

  6. Ahm eksport ke negara yg disebutkan diatas karena hanya di negara itulah yg tidak rewel akan emisi gas buang, build quality dan fitur safety. Dikirim ke eropa unit wajib lulus euro 5 dan itu tidaklah mudah

  7. Silahkan pake alasan2.. pokoknya ahm gak boleh ekspor????..menurut guwe sih karna kebijakan honda pusat… mungkin klo gak di bagi2 produksinya ahm akan membabat habis kue negara2 laen…?

  8. Awas Sales2 Yanana pada Kalap Bro.. Jualannya ‘semakin g laku’.. Makanya buat berita2 Hoak soal Honda.. Sementara konsumen makin cerdas mana produk bagus & jg berkualitas.. Ibarat pepatah bilang Anjing mengonggong kafilah tetap berlalu..

  9. Bagusnya AHM adalah punya andil 50:50 dalam kebijakan honda. Merk memang jepun, tapi Indonesia juga dapet keuntungan banyak. Beda ama sebelah yang cuma manggut2 aja nerima kebijakan pusat jepangnya. karena gak punya andil banyak dan cuma buat titip rakit, trus ekspor ke eropa, kasarnya jadi “budak”. padahal konsumsi motor di eropa gak sebanyak asia afrika, jadinya yo untungnya ya dikit ( kipas2 dollar dipertanyakan ).
    Bagusnya honda adalah punya produk global tapi juga punya produk “lokal”. Seakan dia tidak egois cari keuntungan buat diri sendiri tapi juga berbagi dengan nasional setempat. Bahkan mau ikut membangun merk lokal suatu negara, contohnya Hero di india ( nomor satu di india ). dengan strategi global + lokal maka honda mampu menjadi “tamu yang bersahabat” sekaligus membuat produk lokal negara setempat menjadi “tuan di negara lain”.
    bandingkan dengan yg lain, betapa angkuh dan sombongnya mereka membuat produk. contoh : di indonesia bikernya mimpi facelift tampilan dan mesin yang signifikan, begitu rilis cuman dapet USD tok. katanya facelift tapi bodinya bikin ngilu. dengan airscop berfungsi tipu2. mesin makin lemot, sampe2 di arrc cuma buat bulan2an. itulah keangkuhan dan kesombongan yang tidak mau mendengar kata konsumen, dan itulah yang membuat kita menjadi “budak” tanpa punya kuasa andil apa2

    • Kalimat Bro Mpoooot yg bunyinya spt ini : :Bagusnya honda adalah punya produk global tapi juga punya produk “lokal”. Seakan dia tidak egois cari keuntungan buat diri sendiri tapi juga berbagi dengan nasional setempat “. saya setuju banget,… harusnya bisa seperti di India bisa melahirkan produk lokal dgn merk lokal sebagai motor lokal yang bisa bersaing di negara bersangkutan. sebagai contoh: Honda India punya anak lokal yg namanya Hero….Suzuki punya anak lokal yang bernama TVS….begitu bro bro semua….

  10. Apa yang salah dengan ekspor dengan merek asing ?
    orang eropa juga nggak pernah nyinyir dengan produk honda eropa, bahkan merek2 mereka kalah dengan merek jepang. apalagi dgn orang amerika yg harley nya kalah sama produk jepang. mereka terus mengembangkan produk dengan merek asing.

    jaman sekarang merek dari suatu negara tidak cuma menguntungkan negara asal merek tersebut. bila anda lihat samsung, LG, shell, toshiba, dsb apakah itu buatan negara asal merek2 tersebut ? made in china, itulah kenyataannya. Jadi gak usah alergi dengan merek asing, justru bila bisa ikut andil edngan merek itu malah bikin keuntungan negara kita sendiri jadi meningkat. coba bandingkan, bikin merek motor baru dengan nama indonesia, dengan tinggal kerja sama merek yang udah terkenal trus bikin produknya. sulit mana ?

    skali lagi hari gini merek bukanlah representasi dari kemana / buat siapa keuntungan itu.
    kecuali merek2 yang produknya diharamkan agama dan merusak bangsa, yo say no lah.

  11. Mau pabrikan apapun merk dan namanya klo siap ekspor ujung2nya masuk devisa negara ?? itu sekarang yang di butuhkan negara ini ???

  12. salut sama orang2 yg bekerja di semua tiap2 lini bidang ini (exp/import,dsb) , sangat memerlukan kesabaran & ketelitian .
    Semoga mereka selalu diberikan kesehatan, kesuksesan & Semangat oleh-Nya

  13. Buatan INDONESIA…tapi tidak Indonesia banget krn Label Tetap HONDA yg orang sedunia pasti banyak tahu itu brand JEPANG….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here